0

lagu kebangsaan

Entah kenapa kalau dengar lagu kebangsaan seperti indonesia raya, rasanya itu haru di dada, ada rasa cinta, kebanggaan sebagai seorang indonesia, lagu kebangsaan yang seringnya di nyanyikan di pertandingan olahraga, atau ketika agustusan, ditambah tinggal di luar indonesia, pasti bawaannya ingin nangis kalau dengar atau menyanyikan lagu indonesia raya.

Satu hal yang saya petik dan pelajari selama hidup di Turki, mereka (orang turki) nasionalisme nya  tidak usah dipertanyakan lagi. mendarah daging. Padahal rakyat turki menganut dwikewarganegaraan, banyak yang punya pasport asing,tapi ketika panggilan untuk ibu pertiwi nya datang, mereka  rata rata siap dan rela mati.  Ketika memperngati hari hari bersejarah bangsa ini, istiklal marsı-national anthem nya sering di putar, spontan semua warga turki yang mendengar lagu kebangsaan mereka di putar, akan menghentikan segala aktifitasnya dan berdiri untuk menghormati, mereka  berdiri dengan bangga mengibarkan dan memeluk  bendera bulan sabit kebanggaan mereka.

Saya pernah mengalami, ketika pergi ke rumah sakit untuk cek kandungan, kebetulan waktu itu tepat peringatan kematian bapak republik negeri ini, sekitar pukul 9 pagi, tiba tiba lagu kebangsaaan istiklal marsı di putar, seketika orang orang yang sibuk lalu lalang  dijalanan yang padat, kompak berhenti untuk mendengarkan lagu kebangsaan sambil tangan kanan mereka di taruh di dada, wujud kebanggaan sebagai anak bangsa.

Cinta tanah air dan nasionalisme nya orang Turki patut diacungi jempol, ga masalah warganya  sebagian sudah menjadi warga global, punya pasport asing tapi tidak pernah mengurangi rasa cinta tanah air mereka, siap sedia untuk tanah airnya, ehmm terus kapan kita terutama kami -kami sebagai diaspora indonesia punya dwikewarganegaraan juga, ga usah kuatir lah bakal jadi pengkhianat bangsa, sudah banyak toh bukti kiprah WNİ di luar negeri yang berkontribusi mengharumkan nama indonesia. –-postingan modus–dukungdwikewarganegaraanindonesia:D***

3

cerita mudik ke corum -end-

Mau nerusin cerita mudik ke corum nya, udah basi belum ya..:D

Blog terbengkalai lagi, maapkeun kalau belum konsisten, banyak yang nanya di instagram, hehe krn kalau hp kan saya cek terus, ngetik2 blog di hp saya mah ribet, karena ada dua bocah yang nempelin nyari perhatian:D 

Lanjut cerita kuliner mudik ke mitoha ya:=))

Çorek

Kalau kata sepupu saya pas lihat foto ini dia nyebutnya , emplag.*  sejenis panganan kampung ala sunda yang terbuat dari tepung **serupa tak sama, tapi bisa juga sama, karena saya juga sedikit lupa dengan rasa emplag.

18814284_1882956318635692_6023655376150052543_n

proses pembuatan corek

Corek ini bahannya sederhana saja : tepung, air, garam dan pengembang, 

kenapa ga pakai mentega, minyak sayur,apa ga lengket adonannya? jelas lengket banget, mensiasati nya, setelah diuleni  biasanya adonan di percikan air.

Bahan sederhana ini di panggang memakai tepsi*nampan di atas bara api, hasil jadinya emang bentuknya ga karuan hehe tapi citarasanya lumayan, setelah corek matang baru di oles mentega di atasnya, mentega homemade buatan si emak mertua.

18813958_1882956288635695_500620116171338777_n

corek matang

Menikmati corek ala orang corum dengan pekmez dan coban salatasi18813398_1882956265302364_6488711256740258653_n

uzum pekmez, pekmez itu bahasa inggrisnya , molasses, hasil penyulingan dari buah, kebetulan si emak mertua seringnya buat dari buah anggur yang tumbuh di kebunnya, kecap manis yang kita kenal juga termasuk jenis molasses, bedanya karena bahan dasarnya kacang kedelai, si hitam manis malika*korban iklan deh:))* kadang saya sering ganti kecap manis memakai pekmez kalau kebetulan stok kecap manis saya habis.

Coban salad itu apa isi nya? kenapa di sebut coban salad? Coban dalam bahasa turki, penggembala, mungkin karena isi bahan saladnya mudah didapat, dan para penggembala kalau bikin salad modelnya itu2 aja, jadi deh di akui itu pencetusnya  para penggembala**teori ini sotoy:D*

Bahan dasar coban salad itu mudah saja dan ini termasuk salad sejuta ummat disini:

Tomat segar

daun bawang

bawang bombay

ketimun

maydanoz/parsley.

kıvırcık/salada air

minyak zaitun,

garam

perasan lemon.

di potong2 terus campur semua, simpel dan enak menurut saya, saya pecinta berbagai jenis salad segar yang ga aneh aneh saosnya cukup garam, perasan lemon, minyak zaitun.

Setiap kumpul keluarga, si emak mertua selalu membuat corek,  panganan sederhana ini  selalu dirindukan anak  juga cucu cucunya, sempat ketika beliau di istanbul, keponakan minta sama babaanne nya untuk membuat corek , katanya mereka rindu buatan tangan babaanne, bahan nya sederhana tapi entah kenapa citarasa buatan si emak selalu berbeda.

Menikmati corek di cocol dengan pekmez,salad, ditemani segelas teh turki, ehmm kenikmatan tersendiri di tanah anadolu…,cheers

10

Cerita Mudik ke Çorum

Awal Mei lalu saya dan keluarga pergi ke çorum, kampung halamannya suami, dia ambil sisa cuti tahun lalu yang tidak sempat dia ambil karena kasus juli itu. (masih ya dibahas, episodenya bersambung  terus:)) begitu izin cutinya turun, keesokan harinya keluar haber daftar nama nama seluruh pegawai negeri yang dipecat seTurki setelah penyelidikan jaksa disetiap departemen, termasuk di tempat suami kerja,  6 nama rekan seprofesi yang dia kenal kena ‘sapu bersih’ juga. Liburan yang bikin galau (lagi*)  buat dia.

Singkat cerita lupakan lah dulu, mending bahas makanan, abis kagak kelar kelar yaaa. mau liburan aja kalau kata orang sunda ngadaregdeg terus, kata suami, burasi turkiye (disini Turki)  iya kata siapa bojonggede-.-

Jadi apa yang menarik liburan ke rumah mertua ? rumah mertua?? liburan:D iya aja deh. Yang menariknya  tetap ada dan banyak kok, karena tiap daerah di Turki juga punya ke unikan tersendiri, dari kultur dan kuliner nya juga, kalau Çorum lebih dikenal  dengan leblebi nya.

Leblebi sudah dikenal di Turki dari tahun 1000-1300 M, lalu dipopulerkan ketika  zaman kekhalifahan ustmaniyah , ilmuwan dibidang pangan  menetapkan  bahwa leblebi berasal dari Turki namun mereka tidak memiliki cukup sumber untuk membuktikan keberadaan  yang sebenarnya. Selengkapnya bisa baca di leblebi

Bahan utama leblebi  adalah chıckpea atau nohut dalam bahasa lokal, orang indonesia lebih sering menyebutnya kacang arab, karena  sering  nya para jamaah haji indonesia membawa oleh oleh jenis kacang ini yang biasanya dicampur dengan kismis, populer dengan nama kacang arab, selain pistachio, chickpea pun di sebut kacang arab, pokoknya semua yang dari tanah suci disebut dari  produk arab:) Daerah penghasil Leblebi terkenal di Turki, Provinsi Çorum di daerah Anadolu Tengah,

Kacang chickpea atau Nohut untuk pembuatan leblebi ada jenisnya tersendiri, itu yang saya tahu dari keluarga suami, bukan jenis Nohut yang biasa menjadi  masakan harian  orang Turki.

Lalu apa beda nya beli leblebi di daerah lain di Turki, karena sama aja bentuknya:D??

Menurut lidah saya, soal ‘Rasa’ rasa ya bukan Raishaaaa:D beli di kuruyemis (toko khusus cemilan)  didekat rumah dengan beli langsung di çorum, lebih enak di çorum. lebih krenyes, harum..ah apalagi ya , lumayan enak gitu lah, ga pinter kalau ngungkapin rasa makanan. Salah satu toko penjual leblebi yang terkenal Hassan karakuş

karakus

sumber foto:karakus

Selain leblebi yang sudah terkenal berabad abad:D mari kenalan dengan makanan kampung yang lain, yang tidak akan di temukan kalau lagi jalan jalan di İstanbul.

Namanya Yanıç ,  Sebenarnya  kalau di pikir pikir, bahan dasarnya sama aja dengan ispanak borekli (borek isi bayam)  ispanakli yaniç  lumayan populer di çorum, dan di klaim awalnya dari Çorum , biasanya sambil piknik keluarga, membuat panganan ini menjadi ke khas-an nya tersendiri, masih mirip dengan gözleme, jajanan populer tiap di rest area Turki:D hanya saja isinya lebih mirip borek, Bahan kulit untuk membuat yaniç yang di giling setipis mungkin, lalu di panggang di tungku khusus dengan kayu bakar, ehmmm menciptakan citarasa tersendiri ditambah segelas cay atau teh turki , perpaduan sempurna, kalau suka rasa pedas, biasanya isian yanic di tambahkan bubuk cabe pedas, kebetulan kakak ipar nomer tiga, tahu sekali selera saya, dia sering membuat yaniç bercitarasa pedas, saya menikmati dengan sukacita, suami dengan tersiksa:D akhirnya dia beralih makan katmer (roti maryam) kalau katmer ga usah di jelasin ya udah terkenal di indonesia juga.

18221726_1869982033266454_403939702144403580_n

mau ??

Bahan isianya yanıç biasanya: Daging giling, bawang bombay, bayam, garam, merica, cabe bubuk, ga jauh beda dengan isi borek, tapi proses memasaknya yang membedakan citarasa.

(bersambung makan makannya)

9

pangeran tamvan ngecay di bhosporus:D

Saya sempat tertegun ketika baca DM dari seseorang dengan kalimat: mbak beruntung ya menikah sama orang Turki? atau mbak enak ya tinggal di istanbul, wah enak bisa jalan jalan keliling Turki..dan sebagainya. Hidup yang orang lain lihat dari luar tentu tidaklah sama dengan yang saya rasakan dan jalani sehari hari:)

İstanbul: iya sih daerah wisata nya kaya, pemandangannya selalu mempesona, enak buat berleha leha, kencan di pinggir bhosporus, makan di restoran restoran pinggir laut marmara. wow kota yang romantis:) gitu yaa—-

Jadi begini.., terkadang kehidupan nyata emang ga seindah drama:) karena kami bukan Turis, yang menghabiskan budget dalam hitungan hari atau bulan saja untuk menikmati keindahan daerah wisata di Turki. Masa iya saya tiap hari ke eminonu:D kerjaan rumah kapan kelar nya.

Jujur saya aja masih ‘Nyicil’ buat jalan jalan di Turki, belum semua tempat wisata terkenal di Turki saya kunjungi, 1: karena untuk saat ini dan entah sampai kapan, hal mustahil buat saya jalan jalan sendiri di Turki tanpa suami(kagak diizinin :P) 2: mikir budget juga, 3: tiap ambil cuti prioritas itu liburan di rumah mertua (rumah mertua ko liburan..yasalam:D berbakti deh)–kadang kalau jatah cuti suami dipakai liburan pribadi, entar emaknya ngambek ga dikunjungin hahah jadi kudu pinter pinter bagi jatah libur.

Tahun ini ga ada jatah jalan jalan liburan di Turki, karena prioritas saya pulang kampung dulu ke indonesia, libur suami ya pasti saya harus setor muka ke rumah mertua dan keluarga besar. Karena saya ga tiap tahun mudik ke tanah air, biasanya liburan musim panas, minimal kita ‘piknik’ lah keluar kota istanbul.

Karena kami bukan turis: banyak pengeluaran bulanan yang harus dipikirkan, sewa apartemen, bayar berbagai tagihan, belum kebutuhan anak anak.  harga sewa apartemen di istanbul didaerah pinggiran pun semakin tahun semakin naik. Harus hemat juga untuk kebutuhan sehari hari, mau nya sih tiap jalan ke luar, ya makan di luar, hal yang gampang kayak di indonesia. Tapi disini dengan tipikal suami yang lebih suka makanan rumahan, maksud saya pengen makan ayam, bukannya di ajak ke restoran yang menunya serba ayam gitu, tapi di beliin ayam utuh di supermarket;:D olah sendiri bisa makan sepuasnya..jiahhh.

Belum dengan kepadatan warga provinsi istanbul baik sisi eropa maupun asia,  mau appointment ke dokter di rumah sakit, ambil antrian online pun kadang panjang. bis bis kota yang full, generasi muda yang semakin ‘tertunduk’ sama gadget sampe kudu di tegur dulu buat kasih duduk manula, ibu hamil dsb.

Selalu indah memandang hamparan selat bhosporus dikala senja yang romantis, ehm  tapi kami juga butuh melanjutkan kehidupan di kota besar ini yang terkadang jauh dari kata romantis, butuh kerja keras, kesabaran yang extra.

Orang Turki?

Mereka bukan turunan nabi semua ko:) kekaguman boleh boleh saja, tapi banyak juga yang ga beruntung ketemu orang yang ga baik kebetulan warga negara sini.  Ya bersyukur kalau kenal dan bertemu dengan orang baik. karakter keras memang sudah terkenal, tapi urusan moral, jelas gak seragam! yang saleh juga banyak yang bejat apalagi, kalau kenalan online terus si orang tersebut minta yang aneh aneh…tendang saja layar komputernya*eh..buang buang…! kayak kurang stok aja laki laki di muka bumi. Jadi kehati hatian harus tetap di nomersatukan selain alasan: orangnya ganteng? kalo kategori ganteng doang ga bisa mencover moral nya loh…

Karena kehidupan asli nya ga seindah drama , pasti ada masa pasang surut nya, dinner romantis di atas cruise sambil nyebrang bhosporus, ehmm…. pangeran tamvan berkuda emang beneran cuma di dongeng. dongeng princes princes-an cuma berakhir sampai  altar pernikahan doang kan ya, kehidupan sebenarnya si princes ga di dongengin lagi, gimana sama kerjaan si pangeran, jangan jangan dia aslinya punya selingkuhan, kerjaan si pangeran cuma berburu doang kah-.-‘ si princes abis lahiran terus galau sama berat badannya yang melambung, galau ga bisa kasih asi, hahah .

iya suami saya orang turki, tapi rasa syukurnya bukan karena identitas warga negaranya, apalagi pasport turki mah belum se sakti kayak german gitu:C liat situasi politik lokalnya aja puyeng, belum kalau mau protes kenapa itu banyak patung patung si bapak itu bla..bla..bla, tau ga dia ini ngebunuh banyak ulama….dst…dah entar debat ga berujung.eh itu kok pegang tasbih tapi minum alkohol, apalagi…, kan pemimpinnya islami, ehm ehmmm….stop ah:D

buat saya lebih ke karakter personal nya suami, yang kadang saya kesampingkan dia orang mana nya, apalagi kalau lagi bersitegang, pengennya ngomong banyak tapi otak ga sinkron kudu mikir bahasa asing, mau nya : ngacaprak***ngoceh sunda….yang ujungnya..malah cape sendiri nyari kosakata yang dimaksud..ya..ya udah lahh ga jadi berantem lama lama.

14702325_1780183325579659_9192730521826314005_n

kenapa TUrki

 

 

9

Arnavutluk di bumi bagian mana

Dulu awal datang di Turki, saya  sempat nonton pertandingan sepakbola penyisihan piala eropa  di TV lokal menayangkan pertandingan Turki dengan negara yang bernama macaristan (bacanya: majaristan) mikir keras! waduh negara mana ini? apa negara baru? apa salah satu negara negara -stan di asia tengah, apa tetangga nya pakistan? tapi kok masuknya grup eropa?? nanya suami, karena dia orang turki ya  bilangnya negara macaristan (saya beneran blank) apa saya ketinggalan berita tentang negara baru yang merdeka?–baiklh untung hidup di zaman –apa apa bisa nanya mbah google– dan menurut mbah google macaristan itu adalah Hungary..Gubrak!!

Kok bisa? jauh banget dari nama yang dikenal secara international nya, nah ini juga saya penasaran kenapa penyebutan negara negara terutama di daerah eropa, Turki punya penyebutan tersendiri: okelah kalau sedikit mirip, kita masih bisa nebak negara yang di maksud: seperti:

ingiltere: inggris

Fransa: france

Hollanda: holland

Danimarka : denmark

portekiz: Portugal

ispanya : spain.

İni beberapa negara dalam penyebutan di bahasa Turki, masih dekat lah dengan nama yang di kenal secara international nya,jadi masih bisa kita tebak, lalu bagaimana dengan nama negara:

Arnavutluk, hirvivistan, karadağ, isvicre, almanya, isvec?? tau ga ini negara di bumi belahan mana:D dan ternyata nama versi Turki ini jauuuuuhhhhh banget dari nama negara yang kita kenal selama ini:

arnavutluk: albania

hirvistan: kroasia 

karadağ: montenegro 

almanya: germany

isvicre : swiss

isvec: sweden.

Hari minggu tanggal 23 april lalu, ada perayaan hari anak Turki , pemerintah lokal ditempat saya tinggal mengadakan festival  Tari, dan mengundang perwakilan tim tari dari beberapa negara sahabat termasuk dari indonesia. Ketika memanggil peserta negara arnavutluk,saya  sempat mikir lagi, ini negara  benderanya ga asing, karena termasuk negara baru, tapi arnavutluk, sedikit asing didengar, setelah cari tahu; albania:C

Jadi salah satu tips  belajar bahasa turki (saya aja masih belepotan terus hehe) afalin juga nama nama negara dalam bahasa turki yang terkadang  beneran asing di telinga kita, biar ga mikir keras kayak saya pas nonton tim turki vs macaristan:D sampe ngafalin bendera nya, Ya Allah..jauh banget hungaria vs macaristan-.-‘ koo bisa..entahlahhh.. lalu arnavutluk? sepanjang acara saya terus mikir sambil nebak nebak warna bendera nya, kemarin saya ga bawa hp sendiri, pulang ke rumah baru sempat nanya mbah google.

18118912_1865178180413506_1007716812754693576_n

arnavutluk:?

13

nindik kuping

Ternyata nindik kuping anak itu bikin ngilu liatnya hehhe..

Minggu lalu kami jalan ke apotik di dekat rumah, untuk nindik telinga anak ke 2 kami, alya. Umurnya belum 4 bulan, dan baru ditindik–setelah sebelumnya selalu dan selaluuuu di tanyain neneknya and the geank:V di kampung— kenapa ko belum di tindik??

Di Turki, urusan nindik kuping anak itu biasanya nunggu anak umur setahun ke atas. Bahkan ada yang sampai gede belum ditindik, alasanya kata keponakan, itu hak si anak kupingnya mau ditindik atau ga?? lohh..*mungkin ini salah satunya yang disebut beda kultur* Tapi saya ngotot selalu minta si bayi ditindik ke baba nya, mumpung masih kecil, kebayang kalau setahun ke atas, lagi banyak polahnya, baru ditindik kupingnya, apa dia ga berontak, belum bekas tindikannya bisa dipegang terus, kalau tangannya ga bersih, kupingnya bisa infeksi. Akhirnya sih suami nurutin mau saya dibanding ikutin saran keluarganya:P

Syukurnya apotik yang kami tuju mau nerima nindik kuping bayi dibawah setahun. Karena ternyata kebanyakan apotik nerima nindik kuping bayi minimal umur 1 tahun. İni juga kita sempat ditanya tanya, ya bilang aja tentang kebiasaan orang indonesia nindik kuping bayi dari bayi baru lahir, sejauh ini ga masalah toh.

17991026_1862371587360832_3883867105404718552_n

cup cupppp

Nindik kupingnya agak serem sih, pakai alat khusus semacam mesin tembak, sebelumnya di tindik, ditandai dulu area  yg mau dtindik, disemprot ice spray, anting kecil dipasang di alat tembaknya,langsung nindik sekalian anting terpasang. anak 3.5 bulan cuma pasrah dan nangis aja, nah kebayang kalau udah setahun apa 2 tahun baru ditindik, bisa kewalahan nenangin atau anaknya kabur.:))

 

3

Pasport Anak campuran

Untuk anak ke 2 ini, akhirnya bisa urus pasport di KJRİ istanbul, sebelumnya harus urus di KBRİ ankara. Waktu intip intip syarat buat pasport anak, tidak banyak perubahan, hanya ada penambahan syarat: surat pernyataan seperti di bawah ini:17991224_1862978513966806_5395063733171790791_n

Gimanapun si babapanda harus ‘ridho’ anaknya mau buat pasport indonesia hehe, kalau ga ridho ancem pake pisau:P

Update-an per 2017

Syarat pembuatan pasport Anak  (mix indonesia -turki) di KJRİ:

  • doğum raporu (surat kelahiran anak yang diterbitkan rumah sakit)
  • foto kopi buku nikah (bisa versi Turki maupun indonesia)
  • pasport ibu
  • kimlik/ktp: ibu, bapak dan anak
  • mufakatname (surat kesepakatan antara ibu dan bapak yang di syahkan kantor notaris setempat)
  • foto biometrik 6
  • surat pernyataan berbahasa indonesia (seperti di atas) ditulis tangan.
  • administrasi: 25 usd.

Dan karena saya juga mau perpanjang izin tinggal alias ikamet, saya butuh perpanjang pasport juga,

syarat untuk perpanjangan pasport di KJRİ:

  1. akta lahir
  2. kartu keluarga indonesia
  3. Buku nikah versi indonesia
  4. ktp
  5. foto biometrik 4
  6. administrasi 25 usd.

Semoga bermanfaat buat yang butuh:) ini syarat yang diperlakukan wilayah KBRİ/ KJRİ di Turki.