8

Proses bikin tempe ala keluargapanda

Saya biasa buat tempe sendiri dirumah, cuaca panas lebih mudah untuk membuat tempe, berhubung masih punya stok ragi tempe dan babapanda beliin kedelai, jadi deh praktek sendiri dirumah. terjamin, lebih sehat tentunya:)

İlmu bikin tempe saya peroleh dari mba youtube..setelah proses trial and error lalu nanya ke teman teman yang sudah sukses bikin tempe. Ga ada yang sulit sebenarnya kalau mau usaha….

Sebenarnya yang jual tempe juga ada beberapa teman, tapi saya kadang suka tantangan,si babapanda juga sukanya nantangin saya untuk bisa ngolah makanan indonesia sendiri. Jadi postingan kali ini special saya tulis:cara bikin tempe sederhana ala keluargapanda (yang makan cuma saya sendiri kadang:D)

Ok.

.langkah 1:

rendam kacang kedelai dlm air bersih semalemaan, difoto ini saya cuma pakai dikit kedelainya.ga ditakar juga berapa gram nya, sekitaran tiga perempat saja kira kira.

rendam kacang kedelai

rendam kacang kedelai

setelah semaleman direndam lalu langkah selanjutnya yang paling malesin itu ya ngupasin kulitnya…suerrr dehhh…

kalau satu satu bisa keriting jari:D jadi saya pake trik: blender kasar pake handblender atau ulekan di tumbuk kasar aja biar kulitnya ngelupas, lalu di bawah kucuran air kran..biasanya ngambang tuh si kulit tinggal saring saring aja, ulangi terus bilas siram nya sampe kulit bersih (untuk bagian ini emang proses yang nyebelin sebenarnya) kalau liat di video:banyak yang pake cara di injek2 kedelainya biar ngelupas–ihh itu pada cuci kaki ga ya:P–

langkah no 2:

Rebus sampai setengah matang aja, pokoknya sampai keluar buih dikit, udah matikan kompornya. lalu tiriskanDSC09339proses perebusan ga makan waktu lama, jangan sampai mateng banget…

langkah ke 3:

DSC09340Pengeringan kedelai rebusnya, saya taruh dikain seperti difoto,sampai benar benar kering,kalau mau pake hairdryer jg silahkan,tapidengan cara pake alas kain gini juga bisa kok.

langkah ke 4:DSC09343

Pemberian ragi:saya pake 1 sendok ragi tempe saja. aduk merata *jangan kesentuh tangan* entah kenapa suka gagal kalau kena tangan ni si ragi sama tempe jadi ngambek ga mau fermentasi.

langkah ke 5:

DSC09344Masukan plastik, lalu tusuk tusuk pake tusukan gigi atas bawah tusukannya merata, untuk saluran udara proses fermentasinya, taruh di wadah berlubang (saya pake rak cuci piring yang di balik) lalu saya peram di tempat yang hangat dan ga kena sinar matahari–kaya drakula gitu dehh ga mau kena matahari:) saya taruh hari kamis siang.

sabtu malam, horeeee tempenya sudah jadi dan siap di olah….paling lama 2 harian jadi. kalau cuaca panas banget kadang sehari semalam juga sudah jadi tempe nya

berhasil…berhasilllll:D:D:D

DSC09345

Nah simpel aja kan, mungkin lebih simpel beli sendiri apalagi kalau tinggal di indonesia, ga kepikiran jg bikin tempe repot repot, tapi kalau penasaran apalagi zaman sekarang banyak  pedagang nakal suka ngasih zat aneh aneh ke makanan.

yuk apasalahnya bikin sendiri dirumah, repot dikit tapi puasss..

kapan kapan saya posting tentang bikin tahu: ehmmm tahu buatan sendiri itu cenderung lembut dan gampang hancur,karena ga pake pengawet, malah pake perasan lemon pula proses bikinnya -lebih sehat-

saya curiga tuh..tahu tahu putih yang dijual dipasar..kenyal kenyal gimana gitu.., karena susah mati bikin  sendiri ga bisa sekeras dan sepadat yang di jual orang di pasar pasar…:D jadi waspadalah…makanan yang sebenarnya sehat tapi menyimpan banyak racun…yukkk balik ke dapur sendiri. ngolah makanan terjamin .halal,thoyyib:)

Advertisements