3

hi nilufer

Sesekali  saya mau berbagi cerita tentang puteri bungsu saya,

Umurnya sekarang menginjak 9 bulan, secara  genetik body nya versi bayi indonesia kecil kayak emaknya,tapi jatah kulit dan rambut jadi sumbangan baba, kecuali idung..ya..hehe emaknya klaim lagi. Kalau si sulung body nya genetik turki.

Waktu baba nya, meng azani: dia nyebut nama lengkap si anak di kupingnya dan bilang gini: nama panggilan kamu:alya.

İya kami memanggil si kecil dengan nama Alya, nama tengah nya, sedang kakaknya kami panggil dengan nama depan nya, kadang juga nama tengah,  secara ga sengaja jika nama tengah anak kami di gabung dalam bahasa inggris : ALPANDALYA , ada kata PANDA 😀 ini ketidak sengajaan pas kami memutuskan memberi nama anak anak kami, nama si anakpanda, nama depan saya yang pilih dan baba nya nama tengah, lalu untuk anak ke 2: nama depan baba nya yang pilih saya bagian nama tengah: entah kenapa malah  berjodoh: menjadi ALPANDALYA, ya jadi cocoklah jadi keluargapanda..hehhe.

di umur ke 9 bulan, Alya baru mau numbuh gigi atas, pertama kali mau numbuh, rewel tengah malah sampai jam 2 dinihari saya terjaga, berusaha untuk nenangin si Alya, jam 2 dinihari, tangisnya berkurang berganti senyum ketika saya ajak niup balon-.-” (lihattttt nakk perjuangan emakmu in-..niup balon jam 2 dinihari, orang tahajud nakkk kita niup niup balon) ditengah mata yang menahan kantuk.

Hari ke2 ,keluar juga demam nya, saya pake metode skin to skin, alhamdulilah panas nya menurun, sarapan dan menu makan nya saya beri full buah, juice, dan hidung nya juga meler, lalu dikamar saya beri potongan bawang bombay di setiap sudut kamar, metode traditional untuk mengusir virus penyebab flu, alhamdulilah berhasil.

Polah nya? Alya dan abi nya udah seperti dua serangkai, abi nya kadang cerewet kalau saya kasih makan alya

21271237_1925872527677404_9043109655323189620_n.jpg dikomen macem macem-.-‘ tanda sayang. Syukurnya dia bia menerima kehadiran saudara nya, dulu saya sempat deg deg-an menunggu reaksi si sulung ketika punya adik, ketakutan saya berkurang,karena ternyata dia ga cemburuan tapi bahagia karena ada teman bermain(tepatnya peran adik yang suka dijadiin sasaran kejailannya)

Berkat dua anak ini lah, saya yang sebelum menikah selalu sulit bersuara keras, tapi sekarang sudah terbiasa bersuara keras dan tegas..haissshhh

Anak anak 24 jam bareng saya, jenuh ga? bosen ga? manusiawi sih kalau kerjaan ibu rumah tangga kadang terasa monoton, ehmmm ga boleh ngeluh ngeluh banyak, kudu banyakin bersyukur.

Si bungsu banyak polahnya sekarang, dia paling ga suka di cium cium baba nya, karena geli sama sisa cukuran baba di wajahnya, dia juga ga suka tidur diatas perut baba, hanya kakak nya yang sampai sekarnag masih suka tidur di peluk baba nya, si bungsu lebih dekat ke saya, mungkin karena Alya lebih banyak waktu dengan saya, waktu kakak nya, baba nya lebih banyak waktu dirumah karena kerja shif malam, ditambah si anakpanda dengan ukuran dan berat badan nya ketika bayi cukup bikin saya kewalahan gendong,babanya yang lebih banyak gendong dan juga nidurin:D alhasil pola kedekatan sama baba nya lebih didominasi si anakpanda. Alya termasuk mungil dengan BB standar saja jadi saya masih cukup kuat gendong ga banyak ngeluh hehe, dulu gendong sianakpanda naik tangga ,rasanya nafas ngap ngapan..

Tahun ini insha allah tahun pertama nya Alya terbang ke tanah air emaknya, semoga yang paling utama adalah: dia ga sakit apalagi kena diare-.-‘ sebagai salam perkenalan datang ke indonesia, seeprti abi nya dulu. Cukup jadi pelajaran buat saya agar ngejaga kebersihan makanan terutama buat anak anak saya, cukup emaknya saja yang nostalgia jajan kaki lima-.-‘ adaftasi di kampung emaknya tentulah beda sama kampung baba nya, yang mana ,air,udara nya sama aja seturki hehe, baba nya udah cerewet aja: jangan kasih minum anak anak air sumur! (kayak ditandai gitu) beli aqu** galon bla.bla…, perhatiin kalau kasih makan anak di luar, apalagi cara cuci piring nya yang???:D haduhh yang bikin horor baba nya . Ga lah saya juga pasti mikir.Banyak PR ternyata, liburan sama anak anak sih judul nya tetetp ngasuh:)**

 

Advertisements
2

Bawang Putih!

Bawang putih dalam bahasa turki: sarımsak.

Orang Turki biasa mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk tursu (acar) bawang putih salah satu bahan untuk membuat acar ala turki, bawang putih juga biasa bersanding dengan plain yoghurt sebagai saos penyedap ketika makan makanan jenis sup atau sayur. Bawang putih juga untuk tambahan saos salad yang bersanding lagi dengan plain yoghurt.

Bagaimana dengan bawang putih di goreng?

Hasil ujicoba saya di tahun 2011: mertua kabur gak mau masuk rumah gara gara dapurnya bau bawang goreng…:) orang turki jarang memasukan bawang putih untuk di tumis, mereka cukup mengandalkan bawang bombay semata lalu salca alias pasta tomat, jodoh salca= bawang bombay, jodoh nya bawang putih= yoghurt, kayaknya udah saklek! kalaupun bawang putih dimasukkan dalam masakan, biasanya sebagai pemeran pembantu setelah bawang bombay kawin sama salca dan menghaslkan aroma tersendiri, bawang putih ga boleh nyelip di antara salca dan bawang bombay di tumisan masakan ibu ibu Turki.

Lalu apa hubungannya sama saya?

Saya pecinta bawang putih.

Selalu ada yang kurang rasanya didapur kalau si bawang putih tidak masuk dalam bumbu masakan, stok harus selalu ada, suami saking hafalnya gaya masak saya, pernah dia kasih seikat bawang putih 1kg:D hasil dia jalan keluar rumah,terus ada mobil yang menjajakan bawang putih, inget istri dibelilah sebuket bawang putih (karena emang diiket sama tangkai2nya-.-‘) sebagai tanda Tjintahhh, kalau lewat toko bunga lempeng aja, karena pake prinsip ekonomi: bunga ga bisa dikonsumsi kecuali titisan suzana!..bang…sate nya sebungkus bang..*nyengir**

Suami, awalnya kurang suka dengan bawang putih, tapi karena saya jejelin terus setiap masak, lama lama dia terbiasa, sampai ibunya kaget tau anaknya mau makan masakan yang ada bawang putihnya.

Bawang putih juga terkenal sebagai antibiotik alami dan juga untuk pengobatan kanker, kesampingkan bau nya, ambil faedahnya:)

Sebagai orang indonesia diperantauan dan selera saya yang ‘biasa biasa aja’ asal dikasih modal bawang putih dan cabe pedas, cukuplah saya bisa makan, saya bukan fans berat makanan berlemak,bersantan, stok harta karun saya sebagai orang indonesia,di dapur jarang didominasi bumbu masakan instant.saya juga ga banyak nuntut suami buat beliin stok bumbu nusantara yang harganya 2x lipat dari bumbu lokal (tentunya) asal, yaitu: ada kecap,sambal, bawang putih,cabe, bisa ko hidup 😀 kalau stok kecap habis, stok bawnag putih dan cabe lalu pekmez sebagai pengganti kecap. lumayan  buat lidah saya.

Menu makanan sikecil kadang saya kasih bawang putih juga, saya juga bisa menikmati menu makanan Turki yang buat lidah asing terasa ajaib: segala menu yang bersaos  yoghurt dan bawang putih, kadang saya buat menu salad ala turki bersaos yoghurt ,dan yang makan saya sama si anakpanda (malah baba nya ga doyan kalau salad berbawang putih:P)

Apa kah ketek saya bau gara gara saya doyan bawang?

EHm sejauh ini belum ada protes dari pihak terdekat:D  pola makan saya lumayan berdaun daun terus, eh masalah bau membau,ehm ini pendapat umum , sering sekali ketemu orang lokal disini bau ketek nya ga ketulungan-.-”  mungkin faktor genetik dan juga pola makan orang sini yang suka sekali dairy produk,daging dkk, mungkin yaa? kalau yang dirumah,sudah dikarantina rajin mandi..:D:D

Bawang putih fresh yang belum kering, tidak begitu bau dan pedas,tapi kurang begitu kuat aromanya untuk bumbu masakan, saya sering juga memasukan bawang putih kalau masak mie instant :8 *ngurang ngurangin dosa hehehe**

Ketika yang lain mengeluhkan ga punya bumbu rendang, ah dapur saya tetap terasa syedeppp walau cuma menumis bawang putih, biarlah mereka berkata apa, sampai ada yang ga mau masuk rumah..hehe kalau dikolaborasi :bawang putih,terasi,pete,jengkol sama ikan asin: dijamin sih sepertinya ipar dan mertua saya tidak mau datang main ke rumah, kalaupun main jangan2 mereka bawa camasir suyu atau pengharum ruangan-.-‘

harusnya mereka bersyukur ya ,punya menantu yang hidup nya pengiritan, makan ko maunya sama ikan asin ,sambel bawang, ga nuntut beli daging merah yang harganya selangit yaaa toooohh**kemudian dipentung**

6

k.u.e

Tiap tahun, kami berdua selalu rayakan moment kecil kecilan, di ulang tahun pernikahan, bukan pasangan yang romantis juga sebenarnya, tapi karena si anakpanda paling senang kalau di kasih kue tart:D Biasanya sengaja nyari kue yang ukuran sedang atau mini, selain karena pengiritan hehe saya dan suami juga ga begitu suka makan kue terlalu manis *karenakamisudahmanishueekkk***

Kenapa ga baking sendiri?  peralatan alhamdulilah ada, bahan kue ,beberapa toko yang menyediakannya lengkap dekat rumah, cuma : NİAT dan MALES..nya lebih besar-.-‘ kalau banyak toko kue dekat rumah, ngapain susah susah 😀 berhubung lokasi tinggal kami saat ini cukup amat strategis, deket ke Carsi (pusat pertokoan) tinggal jalan ke 4 arah mata angin-.-‘ berjejer banyak toko dan minimarket. OK simpel nya beli aja, alibi lainnya karena punya bayi yang ngefans berat sama ibu nya , kemana mana di ikutin, peralatan dapur mulai dilirik buat mainan *nyariaman*

Drama beli kue juga panjang:D Budget saya min 15 lira max 20 lira aja, cukuplah kue yang minimalis, biar sekali abis, karena kalau ga abis terus di simpan di kulkas yang ada si anakpanda susah disuruh makan yang lain, maunya kue terus. Muter muter nyari toko kue yang sreg dan sesuai budget, sampai jalan jauh dorong dorong stroller ditengah hujan rintik, anakpanda ngeluh capek, ketemu salah satu toko, bentuk kue simpel dan ukuran ga terlalu besar, tapi melebihi budget wew…ya sudahlah, lanjut nyari lilin, masuk ke toko khusus pernak pernik pesta, nemu lilin lucu bertuliskan..soo sweet bangett….:P bahasa manis manis ala turki yang kemanisan saking manisnya bisa kena diabetes:D

21766741_1936392589958731_541148439025817457_n

perjalanan..masih panjang, rehat sejenak mengingat moment pertama kali dipersatukan, dan mensyukuri apapun yang terjadi dan kami jalani…segala keputusan  dan resiko nya, masih harus banyak belajar untuk saling menerima,mengerti, memahami, tahun perak,tahun emas dan tahun tahun yang penuh barokah di sisa usia kami…

*efek makan kue coklat jadi sweet gini..LOL*

3

kenapa dengan dollar?

İni pertanyaan saya banget:) Ketika liburan ke indonesia, bawa mata uang asing berbentuk dollar, ketika ditukar di money changer: kelipet dikit nilainya berkurang, ada goresan tinta atau cap juga kurs nya berkurang.

Jadi bawa dollar (ceilahhh kayak bawa jutaan dollar aja:D:D) bukan pilihan yang menyenangkan. Lebih milih bawa mata uang Euro, karena sudah membuktikan,Euro kelipet dikit, lecek pun ga berkurang kurs tukar nya ke rupiah, nyesek kalau bawa dollar, kudu berbentuk licin kayak abis di setrika atau baru keluar dari bank.

Ada yang punya pengalaman sama?

8

geankpandagoestoindonesia

Travelling dengan 1 balita dan bayi…Bismillah aja.

Tahun ini insha allah kami liburan ke indonesia tanpa baba:) dilihat secara ekonomis agak berhemat..LOL dilihat secara realistis berdoa saja ada kemudahan selama perjalanan.

Kenapa saya bilang ‘agak berhemat’??

karena si babapanda lidahnya sulit untuk menerima citarasa masakan indonesia, problem yang akan menguras kantong lebih dalam ketika liburan dikampung mertuanya-.-‘ disodorin nasi uduk, minta roti gandum pagi2, roti gandum yang dijual minimarket deket rumah,kata dia abal abal, masa dipegang langsung kempes:D ga bikin kenyang, alhasil yang cocok dan sesuai banget dengan roti di turki pilihannya jatuh pada roti prancis yang dijual di supermarket besar, 1 roti dulu sekitar 12 ribu-.-‘ , urusan perut nya cukup menguras kantong ketika diajak mudik. İni problem tersendiri bagi kami, hanya nasi putih yang bisa dia santap, masa selama liburan disuruh puasa mutih:D jadi keperluan makannya saja selama liburan harus ada budget tersendiri, andai dia mau makan nasi sama rendang aja saya bersyukur banget, kalau maunya menu turki atau western aja yang cocok,karena dia tipikal orang turki yang doyannya minimalis bumbu.

Beli tiket mudik ketika promo di awal tahun 2017,  padahal saya baru melahirkan 1 bulan, baru selesai nifas, nekad banget  waktu itu, urusan pasport dan lainnya nyusul aja, yang penting tiket sudah kebeli.

nyicil urus pasport si kecil, ke notaris dulu lalu ke KJRİ, id card turki anak anak sempat hilang menjelang idul adha, saya kecopetan dipasar, duh lemes awalnya. Saya urus  laporan kehilangan ke kantor polisi terdekat, karena ikamet alias resident permit saya juga kartunya ilang selain kartu anak anak. Tapi pas tahu kalau saya sedang perpanjang ikamet pak polisinya bilang,oh ya udah ga usah diurus aja, kamu tunggu aja ikamet yang baru datang. syukurlah.

Urus kimlik anak anak ke kantor nufus, ktp anak anak ini vital banget, karena dua anak saya hanya memegang pasport garuda, ktp turki nya sebagai identitas turk citizen nya, untuk keluar turki mereka memakai pasport indonesia saja dan untuk kembali masuk turki cukup tunjukan id card turki nya saja mereka bisa lolos di imigrasi, sebagai perbandingan pembuatan pasport turki itu jauh lebih mahal dibanding pasport indonesia, jadi kami milih berhemat hehe, pasport turki belum secanggih pasport dari negara2 tertentu, jadi anak anak pake pasport garudanya saja.

Nyicil oleh oleh..

ehm ini sih ya..mau gak mau…maunya sih saya bisa kasih oleh oleh banyak,saya senang berbagi, tapi inget juga isi koper dan keperluan bayi dan kakaknya itu harus prioritas dulu, belajar dari pengalaman mudik pertama bawa kakaknya, tahun ini saya rencana bawa diapers sendiri dari turki untuk keperluan si kecil, dihitung2 lebih hemat, pengalaman dulu saya agak kecewa dengan salah satu merk diapers yang terkenal dan banyak iklannya di tv indonesia, perekatnya banyak yang gak kuat, alhasil banyak diapers yang kebuang krn ga bisa dipake, anak saya cocok dengan merk lokal turki, dia juga punya jatah bagasi sendiri, diapers jg ringan, jadi isi tas dia keperluan diapersnya aja selama di indonesia bawa sendiri, bisa lebih hemat, krn setelah saya bandingin harga merk lokal sini dan kalau beli di indonesia, lbh hemat bawa sendiri, dulu 2.5 bln saya di indonesia hampir 1jt lbh buah diaper aja-.-‘ kok mahal :S  gara2 beli banyak yang ga kuat perekat nya dan banyak yang ga kepake, beli merk terkenal dan sediskon2 nya tetap aja diatas 100 ribuan kan, iya semenjak menikah dan saya cuma full İRT dan jadilah mamak mamak perhitungan, kalau bisa hemat uang jajan kan lumayan bisa isi koper balik ke Turki segala makanan indonesia lebih banyak:D

Tapi jujur saja saya tetap deg-deg an bawa bayi dan kakak nya aja, semoga anak anak saya kooperatif selama perjalanan panjang menuju kampung emaknya, kakek nenek nya udah kangen berat, karena kedua cucunya di Turki semua.  Kalau saya bisa sempatkan waktu  bisa kopdar kopdar mungkin di sekitaran BSD saja karena area mangkal bakalan daerah situ, inipun tergantung tim pengantar dirumah:D  Wİsh doakan kami ya:) 21764859_1934726896791967_7471642250902439176_n

3

catatan di tahun ke 6 keluargapanda

Hei september, terimakasih sudah menjadi bulan yang penuh keajaiban 6 tahun lalu.sept

Di taun ke 6, alhamdulilah sepasang anak menjadi anugerah untuk kami, susah senang membangun rumah tangga, maunya selalu happy kayak drakor romantis yang saya sering liat..lope lope di udara, tapi namanya realita  kadang jauh dari hayalan:D ngarep dapat sebuket bunga gitu, dinner romantis berdua dipinggir laut, ya sudah lah ternyata kami bukan tipe romantis kayak orang orang yang upload foto di instagram.

Sering sih diajak breakfast dipinggir laut, direstoran langganan kami kalau si babapanda lagi ada duit:P tapi dengan satu balita dan satu bayi yang lagi aktif2nya ?? kadang  taplak mejanya aja ada yang narik narik, makanan di tumpahin….ya ya romantis aja buat dikenang, sambil babanya diuji ngelola kesabaran dan emosi yang mana kadang jadi ujian berat bagi seseorang yang berdarah turki..LOL.

Di tahun ke 6, panggilan sayang khusus berdua masih tetap bertahan, yang awal awal selalu di tambah: seni seviyorum,udah makan belum, kamu lagi apa?? kalau nge WA, sekarang setiap nge WA :  jangan lupa beli ekmek, air galon abis ya, pulang kerja jangan lupa beliin ikan sekilo, diapers anak abis nih! dan itu lah pertumbuhan cinta sesungguhnya:D

Di tahun ke 6, banyak juga yang berubah diantara kami, yang mana pertumbuhan perut yang..ah sudahlah…janji pengen olahraga cuma manis dimulut doang-.-‘

Masih terus belajar berdua menjadi orangtua, orangtua yang baik untuk dua anak kami, berusaha untuk memberikan dan memenuhi kebutuhan kasih sayang,sandang,pangan (sambil inget tagihan bulanan:P)

Di tahun ke 6, saya bisa nyicip kelle paca (Sejenis sup dr otak sapi atau jeroan gitu ) makan yoghurt, nyicip daging kambing,berusaha nelen lavas, makan margarin bikinan mertua., suami: alhamdulilah bisa makan nasi biasa tanpa berbentuk pilav turki yang fuli lemak:D bisa makan dengan  bawang putih, akhirnya suka sama kopi luwak versi instan, suka teh melati *ong d**, kalau pegel dikit minta minyak kayu putih, mau dikerok dikit.segini juga alhamdulilah, kami bertukar rasa antar bangsa, karena ga semua pasangan kawincampur bisa dengan mudah menyukai kuliner dan kultur  pasangannya, masih banyak yang butuh perjuangan salah satunya :saya dan suami:) butuh 6 tahun buat suami  saya minum teh melati..LOL

Di tahun ke 6, sudah hilang batas gengsi dan rasa malu, kentut sembarangan  sudah hal biasa terjadi. Tapi cinta tidak luntur oleh bau kentut semata, ya kami masih berjuang…masih jauh dari sempurna, biar lah aib aib kami simpan sendiri yang kami pertanggungjawabkan dihadapan Nya.(kalau kentut bukan aib ya..alami:D bahkan yang jalani prosedur operasi besar, kentut itu hal yang sangat dinanti nantikan..ya…kan)

Semoga saya dan suami dan anak anak diberi kekuatan dalam menjalani segala ujian dan cobaan, belajar terus untuk bersyukur apapun itu, bisa terus berbagi dan menebar kebaikan untuk orang orang disekeliling kami, terimakasih sudah menjadi teman ngeblog, dan mengapresiasi blog pribadi saya yang masih jauh dari sempurna.,, untuk jalinan silaturahmi kami di dunia maya. salam

keluargapanda

formasilengkap

 

0

Wajah Para Sultan

Oh ya di lokasi seyh edebali Turbesi, ada komplek taman dan museum tentang sejarah para sultan sultan kekhalifahan osmanli, Beberapa sempat saya foto, karena lukisan para sultan ini menurut saya sangat realistis dibanding  lukisa lukisan sultan ottoman yang pernah saya lihat di istanbul, dan menurut saya setelah lihat dari dekat lukisan wajah kanuni sultan suleyman adalah yang paling ganteng:D kalau hidung jelas ga ada yang pesek-.- ih apa sih jadi sensi saya:P  suka iseng nanya suami, kalau kamu hidup di jaman para sultan ini, pasti punya kumis runcing itu ya…,kumisnya osman gazi, sampai beberapa sultan terakhir ada juga yang berkumis runcing ke atas:)21077768_1924506874480636_8069786295596170706_n21078722_1924506851147305_916093338914485605_n21105879_1924506904480633_8405755259903411609_n21106459_1924506934480630_6571928622269309440_n