Bawang Putih!

Bawang putih dalam bahasa turki: sarımsak.

Orang Turki biasa mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk tursu (acar) bawang putih salah satu bahan untuk membuat acar ala turki, bawang putih juga biasa bersanding dengan plain yoghurt sebagai saos penyedap ketika makan makanan jenis sup atau sayur. Bawang putih juga untuk tambahan saos salad yang bersanding lagi dengan plain yoghurt.

Bagaimana dengan bawang putih di goreng?

Hasil ujicoba saya di tahun 2011: mertua kabur gak mau masuk rumah gara gara dapurnya bau bawang goreng…:) orang turki jarang memasukan bawang putih untuk di tumis, mereka cukup mengandalkan bawang bombay semata lalu salca alias pasta tomat, jodoh salca= bawang bombay, jodoh nya bawang putih= yoghurt, kayaknya udah saklek! kalaupun bawang putih dimasukkan dalam masakan, biasanya sebagai pemeran pembantu setelah bawang bombay kawin sama salca dan menghaslkan aroma tersendiri, bawang putih ga boleh nyelip di antara salca dan bawang bombay di tumisan masakan ibu ibu Turki.

Lalu apa hubungannya sama saya?

Saya pecinta bawang putih.

Selalu ada yang kurang rasanya didapur kalau si bawang putih tidak masuk dalam bumbu masakan, stok harus selalu ada, suami saking hafalnya gaya masak saya, pernah dia kasih seikat bawang putih 1kg:D hasil dia jalan keluar rumah,terus ada mobil yang menjajakan bawang putih, inget istri dibelilah sebuket bawang putih (karena emang diiket sama tangkai2nya-.-‘) sebagai tanda Tjintahhh, kalau lewat toko bunga lempeng aja, karena pake prinsip ekonomi: bunga ga bisa dikonsumsi kecuali titisan suzana!..bang…sate nya sebungkus bang..*nyengir**

Suami, awalnya kurang suka dengan bawang putih, tapi karena saya jejelin terus setiap masak, lama lama dia terbiasa, sampai ibunya kaget tau anaknya mau makan masakan yang ada bawang putihnya.

Bawang putih juga terkenal sebagai antibiotik alami dan juga untuk pengobatan kanker, kesampingkan bau nya, ambil faedahnya:)

Sebagai orang indonesia diperantauan dan selera saya yang ‘biasa biasa aja’ asal dikasih modal bawang putih dan cabe pedas, cukuplah saya bisa makan, saya bukan fans berat makanan berlemak,bersantan, stok harta karun saya sebagai orang indonesia,di dapur jarang didominasi bumbu masakan instant.saya juga ga banyak nuntut suami buat beliin stok bumbu nusantara yang harganya 2x lipat dari bumbu lokal (tentunya) asal, yaitu: ada kecap,sambal, bawang putih,cabe, bisa ko hidup 😀 kalau stok kecap habis, stok bawnag putih dan cabe lalu pekmez sebagai pengganti kecap. lumayan  buat lidah saya.

Menu makanan sikecil kadang saya kasih bawang putih juga, saya juga bisa menikmati menu makanan Turki yang buat lidah asing terasa ajaib: segala menu yang bersaos  yoghurt dan bawang putih, kadang saya buat menu salad ala turki bersaos yoghurt ,dan yang makan saya sama si anakpanda (malah baba nya ga doyan kalau salad berbawang putih:P)

Apa kah ketek saya bau gara gara saya doyan bawang?

EHm sejauh ini belum ada protes dari pihak terdekat:D  pola makan saya lumayan berdaun daun terus, eh masalah bau membau,ehm ini pendapat umum , sering sekali ketemu orang lokal disini bau ketek nya ga ketulungan-.-”  mungkin faktor genetik dan juga pola makan orang sini yang suka sekali dairy produk,daging dkk, mungkin yaa? kalau yang dirumah,sudah dikarantina rajin mandi..:D:D

Bawang putih fresh yang belum kering, tidak begitu bau dan pedas,tapi kurang begitu kuat aromanya untuk bumbu masakan, saya sering juga memasukan bawang putih kalau masak mie instant :8 *ngurang ngurangin dosa hehehe**

Ketika yang lain mengeluhkan ga punya bumbu rendang, ah dapur saya tetap terasa syedeppp walau cuma menumis bawang putih, biarlah mereka berkata apa, sampai ada yang ga mau masuk rumah..hehe kalau dikolaborasi :bawang putih,terasi,pete,jengkol sama ikan asin: dijamin sih sepertinya ipar dan mertua saya tidak mau datang main ke rumah, kalaupun main jangan2 mereka bawa camasir suyu atau pengharum ruangan-.-‘

harusnya mereka bersyukur ya ,punya menantu yang hidup nya pengiritan, makan ko maunya sama ikan asin ,sambel bawang, ga nuntut beli daging merah yang harganya selangit yaaa toooohh**kemudian dipentung**

Advertisements

2 thoughts on “Bawang Putih!

  1. Wahhh…. Postingan mbak rahma kali ini berhasil bikin saya ngakak gk ketulungan. Jadi penasaran kayak apa ya ekspresi wajah ibu mertua dan ipar kalo mbk rahma masak semur jengkol. Goreng ikan asin. Plus sambal terasi lalap pete😂😂
    Sering2 posting yg gini ya mbk rahma.
    Salam buat keluargapanda.

  2. Kata bumer, turkish paling banyak sakit kanker. Mereka jg tau kalau bawang putih bisa nyegah kanker. Malah bumer bilang, “iya kalian makan bawang putih makanya angka penderits kanker gak setinggi di turki”. Tp tetep aja susah kali deket2 bawang putih 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s