insiden salah nama

Rada bikin emosi sih sebenarnya, tapi jadi pelajaran juga!

Tepatnya kamis kemarin, sore sekitar jam 6, ada telpon masuk di HP nya si babapanda, telpon dari göç idaresi (keimigrasian) si babapanda ngomong serius, begitu telpon selesai terus narik nafas, terus agak mengeluarkan emosi:D

Ne oldu?

****dijawab dengan bahasa turki yang penuh emosi dan agak berbau makian..LOL**jadi sensor dikit.

Jadi ceritanya ada telpon dari kantor imigrasi pusat İstanbul, bilangnya , syarat dokumen pengajuan untuk perpanjangan izin tinggal saya (ikamet) masih ada yang kurang:

Kurang? kok bisa?? padahal si babapanda selaku sponsor sudah mengikuti semua syarat yang tercantum di website resmi goc idaresi bahkan telpon juga ke call center nya untuk memastikan syarat syarat terbaru pengajuan perpanjangan ikamet saya.

Kekurangan yang diminta: dogum belgesi (akta lahir) yang harus di terjemahkan lalu disahkan notaris dan juga pihak kedutaan atau konsulat indonesia..wewww, telpon kamis sore, jumat suruh kirim karena selasa harus mereka terima untuk diproses! dan minta keterangan asuransi juga nomer pajak saya lagi??

Awalnya saya juga agak panik, langsung WA  petugas KJRİ istanbul yang saya kenal buat nanya legalisasi, beliau juga sampai bantu kasih kontak penerjemah tersumpah dari bahasa indonesia ke Turki. Lalu telpon teman juga yang punya kasus sama harus legalisasi akta lahir.

Si Babapanda yang agak emosi, capek pulang kerja eh dikasih tambahan urusan dokumen buat istrinya yang kurang, kalau saya urus sendiri dia kasihan harus bawa dua anak perjalanan ke eropa side istanbul, sampai tengah malam dia jadi kurang tidur, lalu buka buka lagi website Goc idaresi, dibaca lagi DAN!!!

Tertulis disana dengan jelas dalam dua bahasa pula: Kalau syarat tambahan Dogum belgesi alias akta lahir, HANYA untuk yang mengajukan visa family JİKA yang bersangkutan bawa anak dari luar Turki, atau semisal jika menikah dengan warga negara Turki dan punya anak bawaan dari pernikahan sebelumnya yang notabene si anak bukan warga Turki. Syarat itu ga berlaku buat saya, lah tapi kok disuruh nambah syarat dogum belgesi, wah ga bener nih petugasnya!

Jumat pagi, si babapanda berangkat kerja tapi untuk ambil izin plus nge prnt semua syarat2 yang dimaksud. Siangnya berempat sama anak anak, kami jalan ke goc idaresi pusat di daerah Vatan istanbul eropa side, jauh sih dari rumah, naik metro subway lanjut marmaray sambung subway jurusan attaturk airport dan turun di markas polisi istanbul, dari situ masih harus jalan lumayan ke gedung goc idaresi, Sesampainya di goc idaresi nanya ke pusat informasi jelaskan maksud tujuan, langsung dikasih antrian ke ruang pengurusan ikamet, selang tidak berapa lama, akhirnya ketemu dengan petugas yang kamis sore telpon, Si babapanda langsung berhadapan sama orangnya dan nanya, sampai semua bukti dokumen juga print-nan tentang syarat syarat ikamet dia sodorkan ke hadapan si petugas ini, si petugas cek kembali dan heee human error! kesalahan ditangan mereka, ga baca detail, dan bilangnya karena ada yang mengajukan ikamet namanya persis sekali dengan nama saya,dan dia ada problem keimigrasian??

whattt?? helloooo??

Asli saya dan suami aslinya gemes sama mas nya ini, walau wajahnya ganteng mirip artis teuku zacky versi lebih bule:P tapi tetap rasanya pengen jewer, nampol, nyubit.  dan tipikal umumnya orang turki, udah salah kadang gengsi minta maaf, ih ajaib banget kalau bilang sorry…bla..bla…malah makin ngeles-.-‘  karena petugas baru, jadi hati hati lah (lah hati hati apanya ya, kalau dia hati hati ya pasti baca detail itu dokumen dan cek siapa sponsornya si yang namanya sama dan dijadikan alibi nya) asal telpon sibabapanda aja nyuruh lengkapin dokumen-.-‘ saya ga punya track record buruk di keimigrasian Turki, kan juga ada surat dari pengadilan yang masuk ke syarat syarat pengajuan perpanjangan izin tinggal tersebut, kalau saya di blacklist masa iya, surat dari pengadilan itu bisa dikeluarkan, iya toh? İni malah dikira si Orang yang bermasalah-.-‘

intinya udahlah mereka yang salah tapi ga ngakuin ! si babapanda sih ga emosi didepan mereka, cuma dia udah ketik aduan ke pemerintahnya tentang kinerja petugas ini, gitu aja sihh.

Ya mau dia petugas baru,atau baru keterima jadi pegawai pemerintah, kan biasanya ada pelatihan, dan kok ya petugas nya malah ga hafal syarat syarat kelengkapan pengajuan ikamet, itu kerjaan dia tiap hari-.-‘ nyusahin emak emak aja ini mah..gembol gembol bayi ke imigrasi hanya buat klarifikasi, macem artess:D  Dan saya saking paniknya sampai udah kontak penerjemah, udah terjemahin juga akta lahir, tapi belum ke notaris, dan mau ga mau saya bayar jasa penerjemah juga, yang belum tentu saya butuhkan itu akta lahir,tapi simpan aja sih, Pulangnya mampir area masjid biru, istirahat dari perjalanan yang panas banget cuacanya, duduk duduk di gulhane park, sebelum lanjut pulang…hari yang melelahkan tapi syukurnya beres tinggal nunggu ikamet saya dikirim post. Gara gara urusan sama petugas yang menggemaskan ini, suami kepaksa izin kerja dan saya yang udah punya janji buat MAKAN ENAK (iya lah kalau ngumpul dan ketemu teman teman pasti kulineran nusantara) akhirnya batal malah pergi ke goc idaresi, mau nyusul sepulang dari goc idaresi juga ga memungkinkan waktunya. melayang dah tuu bakso, nasi kuning dkk:P gara gara si mas menggemaskan yang kudu dicubit pake tang.

20729424_1917059115225412_1217484052258988048_n

gulhane park

Advertisements

3 thoughts on “insiden salah nama

  1. Assalamualaikum mbk rama balci….. Menarik sekali membaca tulisannya.. Saya baru kenal pria turki juga via online.. Kira2 seperti apa sih mbak kalo si dia itu serius.. Ciri-cirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s