(shorttrip) yalova termal

Pagi pagi di ajak si babapanda ke yalova:)

yalova  letaknya seberangan dengan İstanbul, lebih dekat dari sisi istanbul asia, nyebrang naik ferryboat cukup 30 menitan.

Nyebrang dari Terminal ferry Pendik sekitar pukul 11 siang, ini trip yang tidak direncanakan sebenarnya, minggu lalu requestnya si anakpanda ingin ke Ada (pulau) dan berenang di pantainya, tapi tiba tiba pagi hari si babapanda bilang trip nya ganti ke yalova aja. Lalu berangkatlah kami sekeluarga ke pendik merkez lalu beli tiket untuk nyebrang ke yalova, sesampai di terminal ferryboat yalova, keluar terminal  ga sampai 5 menit  jalan kaki sudah ketemu terminal minibus.

 

19990173_1903605509904106_7463272152499644593_n

nyebrang ke yalova dengan İDO ferryboat

Menuju Yalova termal dari terminal ferry jaraknya masih cukup wajar antara ga jauh atau deket banget, laaa…, kalaupun di minibus ketiduran ga usah kuatir karena tujuan akhir minibus nya memang sampe masuk ke area termal, entar dibangunin supirnya kok suruh turun hehe.

Termal_resim_3

sumber foto: yalova.edu.tr

selama perjalanan bakal di suguhi pemandangan yang menyegarkan mata, melewati daerah pertanian dan perkebunan warga.

Setibanya di lokai yalova termal, bisa langsung menuju lokasi tiket untuk hamam, ada banyak pilihan :termal pool, sultan hamam, valide hamam dan juga private termal, kami pilih paket keluarga untuk 2 orang, anak2 dibawah 6 tahun masih gratis.  paket keluarga sekitar 50 lira, Berendam di bathtub  ukuran jumbo bisa muat berdua leluasa,tanpa harus risih sama orang asing. İni cocok lah sama traveler muslimah  atau yang lebih suka tertutup. Kami daftar jam 12 siang baru dapat antri private termal nya jam 2 siang. Bisa berendam sepuas2nya. Menunggu sampai dapat antrian private termal ga bosan kok, kita bisa jalan jalan di area termal yang memang letaknya di daerah pegunungan, jalan kaki sambil melihat pemandangan, atau  jalan kaki di area sungai kecil yang mengalir termal untuk relaksasi bisa jadi pilihan, Ada goz suyu  : konon katanya air termal ini bagus buat kesehatan mata, jadi banyak orang yang mengusapkan air termal ini ke mata.

Cafe dan restoran juga market disediakan, ada penyewaaan kostum untuk foto ala sultan ottoman perfoto 20 lira, ini agak sebel sebenarnya, mereka pinter banget strategi marketingnya, biasanya kita pas foto disuruh berbagai pose oleh fotografer nya, ala ala model gitu, bisa di lokasi yang dsediakan atau di taman, nanti bisa milih untuk dicetak, si babapanda kena bujukan juga-.-‘ yang niatnya cuma foto keluarga 1, eh malah 7 foto dan melayanglah 140 lira..huahhh hiks, kena jebakan betmen deh:C tapi lumayan sih hasilnya dibanding foto ala sultan didaerah istanbul hehe..makanya si babapanda sampai terpedaya harus bayar lebih mahal.

keluargapanda

dilarangnyurifotolagiyakalaungakuwartawan:Pdrbloginitanpakulonuwun*

Suasana pegunungan yang bikin nyaman juga  di area termal, kita bisa jalan jalan sambil lihat pemandangan serba hijau.rileks…

Sicak-Su-Havuzu

sumberfoto:googling) krn ga masuk ke lokasi:P termal pool

20108120_1903672866564037_4680905645399741527_n

ayak suyu: buat jalan kaki sambil relaksasi airnya hangat hangat gmn gituu..:D yg ini gratis

19989475_1903671786564145_3338372985458979348_n

goz suyu: katanya sih ya..airnya bagus buat kesehatan mata, banyak yg netesin ke mata dan ngusapin  matanya  pakai air ini.

19990337_1903673033230687_7199456228940224628_n

three virgin sisters, mungkin teman yang katholik lebih tahu kisah ini.

Tidak begitu sulit mencari minibus menuju termal atau tempat pemandian air panas yalova yang terkenal, minibus lumayan banyak dan mereka khusus ke termal beroperasi  sampai jam 12 malam selama musim panas ongkos 1x jalan 4 lira dengan minibus.

Saya berangkat dari sisi istanbul asia, dari sisi istanbul eropa İDOferryboat menuju yalova  bisa naik dari yenikapı terminal, harga tiketnya variasi karena dari pendik lebih dekat, per  tiket 16 lira, sedikit lebih mahal jika berangkat dari sisi eropa istanbul karena jaraknya juga lebih jauh. İni menurut saya bisa jadi alternatif wisata jika ke istanbul. Pemandian air panas dan hamam khas turki tetapi lokasinya di gunung, menarik bukan:) Lokasi yalova termal yang gak begitu jauh dari İstanbul bisa di tempuh pulang pergi : saya berangkat jam 11 siang pulang jam 4 sore dari termal, makan dan jalan dulu di Mall seberang  terminal ferryboat sebelum nyebrang kembali menuju istanbul pukul 6 sore nya.

Kebanyakan Turis asing yang datang ke yalova termal dari daerah arab jadi ga heran kalau banyak sekali tulisan arab di yalova termal termasuk di lokasi lokasi penginapannya.

kalau pas di İstanbul pengen nyoba hamam yang lebih bikin rileks di gunung gitu  bisa jadi pilihan datang ke yalova termal, ga usah takut kesasar,  ke lokasi termal cukup mudah, kendaraan umum nya memadai sekali. Kalau pengen nginep nginep di villa atau hotel2nya  silahkan cek triadvisor aja ya, atau kalau ga mau nginep ya cukup pulang pergi saja naik idoferryboat.

Happy holiday

Advertisements

3 thoughts on “(shorttrip) yalova termal

    • dirimu ngeblog jg tah emel..lahh mari bertetanggai ke termal gampang ko, dr yalova terminal ferry boat tinggal mlipir ke pangkalan angkotnya keliatan dr pintu keluar terminal, tinggal naik aja minibu jurusan termal, itu soon durak jg ke termal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s