cerita mudik ke corum -end-

Mau nerusin cerita mudik ke corum nya, udah basi belum ya..:D

Blog terbengkalai lagi, maapkeun kalau belum konsisten, banyak yang nanya di instagram, hehe krn kalau hp kan saya cek terus, ngetik2 blog di hp saya mah ribet, karena ada dua bocah yang nempelin nyari perhatian:D 

Lanjut cerita kuliner mudik ke mitoha ya:=))

Çorek

Kalau kata sepupu saya pas lihat foto ini dia nyebutnya , emplag.*  sejenis panganan kampung ala sunda yang terbuat dari tepung **serupa tak sama, tapi bisa juga sama, karena saya juga sedikit lupa dengan rasa emplag.

18814284_1882956318635692_6023655376150052543_n

proses pembuatan corek

Corek ini bahannya sederhana saja : tepung, air, garam dan pengembang, 

kenapa ga pakai mentega, minyak sayur,apa ga lengket adonannya? jelas lengket banget, mensiasati nya, setelah diuleni  biasanya adonan di percikan air.

Bahan sederhana ini di panggang memakai tepsi*nampan di atas bara api, hasil jadinya emang bentuknya ga karuan hehe tapi citarasanya lumayan, setelah corek matang baru di oles mentega di atasnya, mentega homemade buatan si emak mertua.

18813958_1882956288635695_500620116171338777_n

corek matang

Menikmati corek ala orang corum dengan pekmez dan coban salatasi18813398_1882956265302364_6488711256740258653_n

uzum pekmez, pekmez itu bahasa inggrisnya , molasses, hasil penyulingan dari buah, kebetulan si emak mertua seringnya buat dari buah anggur yang tumbuh di kebunnya, kecap manis yang kita kenal juga termasuk jenis molasses, bedanya karena bahan dasarnya kacang kedelai, si hitam manis malika*korban iklan deh:))* kadang saya sering ganti kecap manis memakai pekmez kalau kebetulan stok kecap manis saya habis.

Coban salad itu apa isi nya? kenapa di sebut coban salad? Coban dalam bahasa turki, penggembala, mungkin karena isi bahan saladnya mudah didapat, dan para penggembala kalau bikin salad modelnya itu2 aja, jadi deh di akui itu pencetusnya  para penggembala**teori ini sotoy:D*

Bahan dasar coban salad itu mudah saja dan ini termasuk salad sejuta ummat disini:

Tomat segar

daun bawang

bawang bombay

ketimun

maydanoz/parsley.

kıvırcık/salada air

minyak zaitun,

garam

perasan lemon.

di potong2 terus campur semua, simpel dan enak menurut saya, saya pecinta berbagai jenis salad segar yang ga aneh aneh saosnya cukup garam, perasan lemon, minyak zaitun.

Setiap kumpul keluarga, si emak mertua selalu membuat corek,  panganan sederhana ini  selalu dirindukan anak  juga cucu cucunya, sempat ketika beliau di istanbul, keponakan minta sama babaanne nya untuk membuat corek , katanya mereka rindu buatan tangan babaanne, bahan nya sederhana tapi entah kenapa citarasa buatan si emak selalu berbeda.

Menikmati corek di cocol dengan pekmez,salad, ditemani segelas teh turki, ehmm kenikmatan tersendiri di tanah anadolu…,cheers

Advertisements

3 thoughts on “cerita mudik ke corum -end-

  1. Kalo molasses di Australia itu dari tebu, atau bisa dibilang molases itu gula pasir cair tahap paling awal, alias cikal bakal gula pasir yg biasa kita konsumsi. Di Australia sini molases umum dipakai sebagai pakan ternak (sapi) ketika rumput sudah habis karena musim panas yg panjang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s