0

lagu kebangsaan

Entah kenapa kalau dengar lagu kebangsaan seperti indonesia raya, rasanya itu haru di dada, ada rasa cinta, kebanggaan sebagai seorang indonesia, lagu kebangsaan yang seringnya di nyanyikan di pertandingan olahraga, atau ketika agustusan, ditambah tinggal di luar indonesia, pasti bawaannya ingin nangis kalau dengar atau menyanyikan lagu indonesia raya.

Satu hal yang saya petik dan pelajari selama hidup di Turki, mereka (orang turki) nasionalisme nya  tidak usah dipertanyakan lagi. mendarah daging. Padahal rakyat turki menganut dwikewarganegaraan, banyak yang punya pasport asing,tapi ketika panggilan untuk ibu pertiwi nya datang, mereka  rata rata siap dan rela mati.  Ketika memperngati hari hari bersejarah bangsa ini, istiklal marsı-national anthem nya sering di putar, spontan semua warga turki yang mendengar lagu kebangsaan mereka di putar, akan menghentikan segala aktifitasnya dan berdiri untuk menghormati, mereka  berdiri dengan bangga mengibarkan dan memeluk  bendera bulan sabit kebanggaan mereka.

Saya pernah mengalami, ketika pergi ke rumah sakit untuk cek kandungan, kebetulan waktu itu tepat peringatan kematian bapak republik negeri ini, sekitar pukul 9 pagi, tiba tiba lagu kebangsaaan istiklal marsı di putar, seketika orang orang yang sibuk lalu lalang  dijalanan yang padat, kompak berhenti untuk mendengarkan lagu kebangsaan sambil tangan kanan mereka di taruh di dada, wujud kebanggaan sebagai anak bangsa.

Cinta tanah air dan nasionalisme nya orang Turki patut diacungi jempol, ga masalah warganya  sebagian sudah menjadi warga global, punya pasport asing tapi tidak pernah mengurangi rasa cinta tanah air mereka, siap sedia untuk tanah airnya, ehmm terus kapan kita terutama kami -kami sebagai diaspora indonesia punya dwikewarganegaraan juga, ga usah kuatir lah bakal jadi pengkhianat bangsa, sudah banyak toh bukti kiprah WNİ di luar negeri yang berkontribusi mengharumkan nama indonesia. –-postingan modus–dukungdwikewarganegaraanindonesia:D***

3

cerita mudik ke corum -end-

Mau nerusin cerita mudik ke corum nya, udah basi belum ya..:D

Blog terbengkalai lagi, maapkeun kalau belum konsisten, banyak yang nanya di instagram, hehe krn kalau hp kan saya cek terus, ngetik2 blog di hp saya mah ribet, karena ada dua bocah yang nempelin nyari perhatian:D 

Lanjut cerita kuliner mudik ke mitoha ya:=))

Çorek

Kalau kata sepupu saya pas lihat foto ini dia nyebutnya , emplag.*  sejenis panganan kampung ala sunda yang terbuat dari tepung **serupa tak sama, tapi bisa juga sama, karena saya juga sedikit lupa dengan rasa emplag.

18814284_1882956318635692_6023655376150052543_n

proses pembuatan corek

Corek ini bahannya sederhana saja : tepung, air, garam dan pengembang, 

kenapa ga pakai mentega, minyak sayur,apa ga lengket adonannya? jelas lengket banget, mensiasati nya, setelah diuleni  biasanya adonan di percikan air.

Bahan sederhana ini di panggang memakai tepsi*nampan di atas bara api, hasil jadinya emang bentuknya ga karuan hehe tapi citarasanya lumayan, setelah corek matang baru di oles mentega di atasnya, mentega homemade buatan si emak mertua.

18813958_1882956288635695_500620116171338777_n

corek matang

Menikmati corek ala orang corum dengan pekmez dan coban salatasi18813398_1882956265302364_6488711256740258653_n

uzum pekmez, pekmez itu bahasa inggrisnya , molasses, hasil penyulingan dari buah, kebetulan si emak mertua seringnya buat dari buah anggur yang tumbuh di kebunnya, kecap manis yang kita kenal juga termasuk jenis molasses, bedanya karena bahan dasarnya kacang kedelai, si hitam manis malika*korban iklan deh:))* kadang saya sering ganti kecap manis memakai pekmez kalau kebetulan stok kecap manis saya habis.

Coban salad itu apa isi nya? kenapa di sebut coban salad? Coban dalam bahasa turki, penggembala, mungkin karena isi bahan saladnya mudah didapat, dan para penggembala kalau bikin salad modelnya itu2 aja, jadi deh di akui itu pencetusnya  para penggembala**teori ini sotoy:D*

Bahan dasar coban salad itu mudah saja dan ini termasuk salad sejuta ummat disini:

Tomat segar

daun bawang

bawang bombay

ketimun

maydanoz/parsley.

kıvırcık/salada air

minyak zaitun,

garam

perasan lemon.

di potong2 terus campur semua, simpel dan enak menurut saya, saya pecinta berbagai jenis salad segar yang ga aneh aneh saosnya cukup garam, perasan lemon, minyak zaitun.

Setiap kumpul keluarga, si emak mertua selalu membuat corek,  panganan sederhana ini  selalu dirindukan anak  juga cucu cucunya, sempat ketika beliau di istanbul, keponakan minta sama babaanne nya untuk membuat corek , katanya mereka rindu buatan tangan babaanne, bahan nya sederhana tapi entah kenapa citarasa buatan si emak selalu berbeda.

Menikmati corek di cocol dengan pekmez,salad, ditemani segelas teh turki, ehmm kenikmatan tersendiri di tanah anadolu…,cheers