Cerita Mudik ke Çorum

Awal Mei lalu saya dan keluarga pergi ke çorum, kampung halamannya suami, dia ambil sisa cuti tahun lalu yang tidak sempat dia ambil karena kasus juli itu. (masih ya dibahas, episodenya bersambung  terus:)) begitu izin cutinya turun, keesokan harinya keluar haber daftar nama nama seluruh pegawai negeri yang dipecat seTurki setelah penyelidikan jaksa disetiap departemen, termasuk di tempat suami kerja,  6 nama rekan seprofesi yang dia kenal kena ‘sapu bersih’ juga. Liburan yang bikin galau (lagi*)  buat dia.

Singkat cerita lupakan lah dulu, mending bahas makanan, abis kagak kelar kelar yaaa. mau liburan aja kalau kata orang sunda ngadaregdeg terus, kata suami, burasi turkiye (disini Turki)  iya kata siapa bojonggede-.-

Jadi apa yang menarik liburan ke rumah mertua ? rumah mertua?? liburan:D iya aja deh. Yang menariknya  tetap ada dan banyak kok, karena tiap daerah di Turki juga punya ke unikan tersendiri, dari kultur dan kuliner nya juga, kalau Çorum lebih dikenal  dengan leblebi nya.

Leblebi sudah dikenal di Turki dari tahun 1000-1300 M, lalu dipopulerkan ketika  zaman kekhalifahan ustmaniyah , ilmuwan dibidang pangan  menetapkan  bahwa leblebi berasal dari Turki namun mereka tidak memiliki cukup sumber untuk membuktikan keberadaan  yang sebenarnya. Selengkapnya bisa baca di leblebi

Bahan utama leblebi  adalah chıckpea atau nohut dalam bahasa lokal, orang indonesia lebih sering menyebutnya kacang arab, karena  sering  nya para jamaah haji indonesia membawa oleh oleh jenis kacang ini yang biasanya dicampur dengan kismis, populer dengan nama kacang arab, selain pistachio, chickpea pun di sebut kacang arab, pokoknya semua yang dari tanah suci disebut dari  produk arab:) Daerah penghasil Leblebi terkenal di Turki, Provinsi Çorum di daerah Anadolu Tengah,

Kacang chickpea atau Nohut untuk pembuatan leblebi ada jenisnya tersendiri, itu yang saya tahu dari keluarga suami, bukan jenis Nohut yang biasa menjadi  masakan harian  orang Turki.

Lalu apa beda nya beli leblebi di daerah lain di Turki, karena sama aja bentuknya:D??

Menurut lidah saya, soal ‘Rasa’ rasa ya bukan Raishaaaa:D beli di kuruyemis (toko khusus cemilan)  didekat rumah dengan beli langsung di çorum, lebih enak di çorum. lebih krenyes, harum..ah apalagi ya , lumayan enak gitu lah, ga pinter kalau ngungkapin rasa makanan. Salah satu toko penjual leblebi yang terkenal Hassan karakuş

karakus

sumber foto:karakus

Selain leblebi yang sudah terkenal berabad abad:D mari kenalan dengan makanan kampung yang lain, yang tidak akan di temukan kalau lagi jalan jalan di İstanbul.

Namanya Yanıç ,  Sebenarnya  kalau di pikir pikir, bahan dasarnya sama aja dengan ispanak borekli (borek isi bayam)  ispanakli yaniç  lumayan populer di çorum, dan di klaim awalnya dari Çorum , biasanya sambil piknik keluarga, membuat panganan ini menjadi ke khas-an nya tersendiri, masih mirip dengan gözleme, jajanan populer tiap di rest area Turki:D hanya saja isinya lebih mirip borek, Bahan kulit untuk membuat yaniç yang di giling setipis mungkin, lalu di panggang di tungku khusus dengan kayu bakar, ehmmm menciptakan citarasa tersendiri ditambah segelas cay atau teh turki , perpaduan sempurna, kalau suka rasa pedas, biasanya isian yanic di tambahkan bubuk cabe pedas, kebetulan kakak ipar nomer tiga, tahu sekali selera saya, dia sering membuat yaniç bercitarasa pedas, saya menikmati dengan sukacita, suami dengan tersiksa:D akhirnya dia beralih makan katmer (roti maryam) kalau katmer ga usah di jelasin ya udah terkenal di indonesia juga.

18221726_1869982033266454_403939702144403580_n

mau ??

Bahan isianya yanıç biasanya: Daging giling, bawang bombay, bayam, garam, merica, cabe bubuk, ga jauh beda dengan isi borek, tapi proses memasaknya yang membedakan citarasa.

(bersambung makan makannya)

Advertisements

10 thoughts on “Cerita Mudik ke Çorum

  1. ternyata ada wp emus zaman baheula 😀
    jadi koemnnya pake akun WP emus yaa..
    aku dah komen ya ni :p

    Corum terkenal loh di instagram gegara si Crumlu Amir 😀
    tengok-tengok deh instagramnya 😀

    kangen leblebi kangen borek kangen lahmacun kangen iskender kebab :”(
    *tak menyangka bisa kangen makanan hambar tersebut 😀
    *bentar lagi mudik yes 😀
    prikitiw #yangpentingdahkomen 😀

  2. wah namanya leblebi..seprtinya pernah dibawain temen. ini kacang arab tapi ada rasa pedes dan juga ada yg rasa manis seprti dibalur gula gitu. apa itu leblebi?

  3. rahma, terima kasih ceritanya, ditunggu cerita selanjutnya.. suka bgt baca tulisanmu.. dulunya reporter ya?

    • terimakasih mba. novi:)pernah ikutan workshop jurnalistik ,megang mading jaman sekolah sama reporter ala2 majalah pesantren, ga bs disebut wartawan beneran heheh

  4. Suka banget sama chickpea xDD
    Dibikin falafel juga enak 😀
    Btw, selamat berpuasa buat mbak Rahma sekeluarga dan semua muslimin di muka bumi ini, semoga amal ibadah kita diterima Allah Swt, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s