Arnavutluk di bumi bagian mana

Dulu awal datang di Turki, saya  sempat nonton pertandingan sepakbola penyisihan piala eropa  di TV lokal menayangkan pertandingan Turki dengan negara yang bernama macaristan (bacanya: majaristan) mikir keras! waduh negara mana ini? apa negara baru? apa salah satu negara negara -stan di asia tengah, apa tetangga nya pakistan? tapi kok masuknya grup eropa?? nanya suami, karena dia orang turki ya  bilangnya negara macaristan (saya beneran blank) apa saya ketinggalan berita tentang negara baru yang merdeka?–baiklh untung hidup di zaman –apa apa bisa nanya mbah google– dan menurut mbah google macaristan itu adalah Hungary..Gubrak!!

Kok bisa? jauh banget dari nama yang dikenal secara international nya, nah ini juga saya penasaran kenapa penyebutan negara negara terutama di daerah eropa, Turki punya penyebutan tersendiri: okelah kalau sedikit mirip, kita masih bisa nebak negara yang di maksud: seperti:

ingiltere: inggris

Fransa: france

Hollanda: holland

Danimarka : denmark

portekiz: Portugal

ispanya : spain.

İni beberapa negara dalam penyebutan di bahasa Turki, masih dekat lah dengan nama yang di kenal secara international nya,jadi masih bisa kita tebak, lalu bagaimana dengan nama negara:

Arnavutluk, hirvivistan, karadağ, isvicre, almanya, isvec?? tau ga ini negara di bumi belahan mana:D dan ternyata nama versi Turki ini jauuuuuhhhhh banget dari nama negara yang kita kenal selama ini:

arnavutluk: albania

hirvistan: kroasia 

karadağ: montenegro 

almanya: germany

isvicre : swiss

isvec: sweden.

Hari minggu tanggal 23 april lalu, ada perayaan hari anak Turki , pemerintah lokal ditempat saya tinggal mengadakan festival  Tari, dan mengundang perwakilan tim tari dari beberapa negara sahabat termasuk dari indonesia. Ketika memanggil peserta negara arnavutluk,saya  sempat mikir lagi, ini negara  benderanya ga asing, karena termasuk negara baru, tapi arnavutluk, sedikit asing didengar, setelah cari tahu; albania:C

Jadi salah satu tips  belajar bahasa turki (saya aja masih belepotan terus hehe) afalin juga nama nama negara dalam bahasa turki yang terkadang  beneran asing di telinga kita, biar ga mikir keras kayak saya pas nonton tim turki vs macaristan:D sampe ngafalin bendera nya, Ya Allah..jauh banget hungaria vs macaristan-.-‘ koo bisa..entahlahhh.. lalu arnavutluk? sepanjang acara saya terus mikir sambil nebak nebak warna bendera nya, kemarin saya ga bawa hp sendiri, pulang ke rumah baru sempat nanya mbah google.

18118912_1865178180413506_1007716812754693576_n

arnavutluk:?

9 thoughts on “Arnavutluk di bumi bagian mana

Leave a Reply

