nindik kuping

Ternyata nindik kuping anak itu bikin ngilu liatnya hehhe..

Minggu lalu kami jalan ke apotik di dekat rumah, untuk nindik telinga anak ke 2 kami, alya. Umurnya belum 4 bulan, dan baru ditindik–setelah sebelumnya selalu dan selaluuuu di tanyain neneknya and the geank:V di kampung— kenapa ko belum di tindik??

Di Turki, urusan nindik kuping anak itu biasanya nunggu anak umur setahun ke atas. Bahkan ada yang sampai gede belum ditindik, alasanya kata keponakan, itu hak si anak kupingnya mau ditindik atau ga?? lohh..*mungkin ini salah satunya yang disebut beda kultur* Tapi saya ngotot selalu minta si bayi ditindik ke baba nya, mumpung masih kecil, kebayang kalau setahun ke atas, lagi banyak polahnya, baru ditindik kupingnya, apa dia ga berontak, belum bekas tindikannya bisa dipegang terus, kalau tangannya ga bersih, kupingnya bisa infeksi. Akhirnya sih suami nurutin mau saya dibanding ikutin saran keluarganya:P

Syukurnya apotik yang kami tuju mau nerima nindik kuping bayi dibawah setahun. Karena ternyata kebanyakan apotik nerima nindik kuping bayi minimal umur 1 tahun. İni juga kita sempat ditanya tanya, ya bilang aja tentang kebiasaan orang indonesia nindik kuping bayi dari bayi baru lahir, sejauh ini ga masalah toh.

17991026_1862371587360832_3883867105404718552_n

cup cupppp

Nindik kupingnya agak serem sih, pakai alat khusus semacam mesin tembak, sebelumnya di tindik, ditandai dulu area  yg mau dtindik, disemprot ice spray, anting kecil dipasang di alat tembaknya,langsung nindik sekalian anting terpasang. anak 3.5 bulan cuma pasrah dan nangis aja, nah kebayang kalau udah setahun apa 2 tahun baru ditindik, bisa kewalahan nenangin atau anaknya kabur.:))

 

Advertisements

13 thoughts on “nindik kuping

  1. Duh liat anak nangis kesakitan gitu ikutan sedih :(, saya pribadi selalu gak tega kalo liat samir di suntik pas imunisasi jadi selalu mama saya atau papanya yg pegangis samir kalo mau di suntik, emaknya nangis bombay di pojokan,hehe

  2. Anak2 saya ga ada yg saya tindik mbak. hehe. ga tegaaa. lagipula di jepang emang ga ada praktik tindik bayi. sekolah2 di sini juga ga membolehkan siswi2nya pake anting. jadi ya sudahlah, gpp ga usah aja. hehe. untung nenek2nya di indonesia ga ada yg protes.
    saya sendiri juga ga pake anting sejak SMP. waktu mau nikah sempet bela2in nindik kuping lagi karena mas kawinnya ada anting2. dan itu sakiiiittt maaaak… hahaha. kapok deh ga mau tindik2 lagi. sekarang antingnya juga ga kepake, ga biasa. hihihi

    • disini juga dibebasin, keluarga suami ga nyuruh tindik cepat2 juga, tp ya itu ditanyain terus sama neneknya di indonesia, ya udah tindik aja kata suami:D enak ya mba di jepang kalau gitu

  3. Huhuhu ga tega ya kalo ngebayangin rasanya, untung dulu ditindik juga waktu bayi jadi udah lupa. Tapi beberapa hari bulan ini abis ngelepas anting gara-gara sempet gatel, abis baca ini berasa langsung pengen dipasang lagi aja, ngebayangin ketutup dan tidik lagi suatu hari kalo butuh, oh tidaaak~

    • sayajuga ga make anting lagi,, udah lama, terakhir pas newly wed, dpt hadian dr mertua, dipakein anting lagi, yang ada telinga saya infeksi-.-‘ langsung lepas deh, btw salam kenal ya:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s