kenapa ribet ya-.-‘make asuransi doang

Saya sempat baca baca di sosmed, keluhan tentang sistem BPJS baik dari warga maupun dari tenaga medis nya.

saya juga tidak begitu paham  banyak tentang sistem SGK (bpjs-ala turki) sedikit yang saya tahu saja saya share disini.

SGK untuk orang asing seperti saya juga WAJİB, terutama berurusan dengan izin tinggal, kalau ga punya SGK ya asuransi lain nya,karena syarat buat izin tinggal salah satunya harus ada asuransi kesehatan yang berlaku baik yang versi pemerintah (SGK) atau asuransi  swasta. Kalau belum punya SGK –diawal awal datang ke Turki, tau tau dapat ‘surat cinta’ dari kantor SGK ke sibabapanda yang ‘HARUS’ ngurusin asuransi buat istrinya kalau engga izin tinggal bisa bermasalah. Sekarang sudah banyak aturan aturan yang di revisi, update-an terbaru saya belum tahu:D*nunggu entar perpanjang ikamet nya lagi pertengahan tahun ini** Nah SGK ini ngikutin umur ikamet (izin tinggal) kalau ikamet nya expired, otomatis SGK dibekukan sementara sampai izin tinggalnya sudah diperpanjang kembali. jadi dalam masa dibekukan tersebut, ya otomatis ga bisa make SGK kalau tiba tiba harus ke dokter, jadi bayar full.

Nah make SGK ini juga aslinya gampang aja, kalau mau ke dokter ya tinggal pilih appointment by telpon ke operator nya atau dengan daftar online di depkes nya, tinggal kalk klik semua, sudah terperinci dan terdata rapih. begitu selesai daftar online kalau mau periksa ke dokter. datang pada hari dan jam yang sesuai dgn appointment-nya, begitu nyampe rumah sakit tinggal registrasi barcode nya di mesin khusus, buat ambil nomer antrian , nomer antrian bisa di print di mesin nya maksimal 15 menit sebelum jadwal dokter nya.intinya sih semua udah ‘urusan komputer’ gimana sama yang gaptek? kalau gaptek ga bisa buka komputer, disediakan layanan operator khusus di nomer tertentu 3 digit, warga tinggal telpon, nanti ditanya tanya sama petugas operatornya deh mau periksa ke dokter dan rumah sakit pemerintah yang mana, nama dokternya juga dikasih tahu beserta jam prakteknya. begitu mau periksa dan ambil antriannya gimana, kalau ga bisa pake mesin nya tetap ada petugas nya kok yang siap bantu ngarahin terutama buat manula manula.

Kalau di rumah sakit swasta gimana, ya mereka tinggal cek SGK si pasien dan ntar dikasih harga yg sudah dipotong SGK, biasanya ga di cover penuh kalau disini, kecuali di rumah sakit punya pemerintah aja. Yang jelas ga pake banyak surat rujukan, surat rekomendasi dari klinik atau dokter, atau banyaknya fotokopian-.-‘ saya pernah sih liat pas kakak saya mau pake bpjs nya, kok rempong banget. padahal disini cukup modal nomer ktp saja, sudah bisa akses semua ga kudu pake nyetor muka dulu sama petugas SGK nya, kalo problem tinggal telpon or ngadu di web nya.

Kalau misal pekerja baik swasta atau pns, mau lihat rincian akun SGK nya ya tinggal buka website nya saja, semua dipaparkan dengan detail dan terperinci. transparan.karena buat para pekerja biasanya sudah dipotong dr gaji perbulan untuk bayar SGK nya, dan alur nya duit bisa di cek di website yang berkaitan.

İntinya sih sistem disini sudah terkomputerisasi dengan rapih, orang İT kepake, jadi banyak motong birokrasi yang ga penting dan buang2 kertas (nguntungin tukang fotokopian tapi ga nguntungin Alam kan…)

Jadi saya agak agak suka bertanya tanya (padahal sih ya gitu deh..) kalau mau bayar bpjs sudah bisa online pake bank pula, tapi kenapa buat make bpjs nya dibikin ribet..-.-‘ kasian kan…belum juga tenaga medis nya –berdasar bacaan aja sih–katanya juga suka telat di bayar tenaga nya sama pihak bpjs..ohhh looohhh.

Ayolah perbaikin….hacker atau orang İT indonesia itu jago jago loh…saya yakin mereka bisa bikin sistem yang lebih OK dr SGk turki kalau??? diberdayakan…., asli saya ngerasain kemudahan kalau cuma modal online doang kan, mau make asuransi nya,

eh e-ktp nya apa kabar, ahhh saya jg blm punya..uppss..masih WNİ loh. Perlu gak ya yang tinggal di LN punya bpjs juga?? katanya ada wacana kudu punya..ehmm *mikir*

 

Advertisements

2 thoughts on “kenapa ribet ya-.-‘make asuransi doang

  1. Bagus ya disana dah ter komputerisasi, tinggal klak klik hemat waktu. Saya lahiran caesar kemaren juga pake bpjs, setiap mau ambil obat harus ada fotocopyan kartu bojs plus beberapa surat juga agak rempong sih krn haris selalu pergi fotocopy pdhal sebelumnya udah saya fotocopy perbanyak tp ya abis terus, keluar dri RS juga tetap bayar sih tp gak banyak,yg jadi masalah memang perinciannya gak jelas, entah brp rupiah yang di tanggung bpjs sya juga gak tau pdhal saya melahirkan juga di RS pemerintah

    • padahal bayar iurannya udah pake bank ya..artinya udah lbh modern lah..tapi pas mau klaim kudu byk dokumen2 kyk fotocopyan gitu, buang2 kertas sebenarnya-.- krn liat kakak jg pas mau operasi..sibuk foto copy mulu..blm harus ketemu org bpjs nya juga, masih tumpang tindih terus, apa msh byk birokrasi yg ga mau digantikan pake sistem komputer-.-, asli saya rasain yg disini, lbh hemat waktu aja, perincian asuransinya pun jelas tertera semua,semua udah serba online. semoga ada perubahan buat layanan bpjs di tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s