saya dan makanan turki:D

14680924_1773483809582944_2855819812359519150_o

kahvaltı (breakfast)

Lima tahun menikah, apakah saya sudah terbiasa dengan makanan turki?

Tidak.

Saya kurang suka sarapan dengan ‘Menu berat’ cukup dengan sarapan buah sampai jam makan siang dilanjut makan nasi berserta lauknya. Ekmek atau roti rotian jarang saya sentuh,selain juga full gluten, kalau babapanda libur, saya tetap menyediakan sarapan ala turki —karena hal yang mustahil kalau saya masakin nasi uduk:D– aneh bagi dia sarapan kok makan nasi, nasi kan termasuk lauk pauk buat orang turki, double carbo dong? ya begitulah mereka, pilav atau nasi ala Turki terkadang dimakan juga bareng roti.

Bisa dalam hitungan jari saya menemani sarapan si babapanda dengan menu turki, misalkan kalau pas diajak sarapan di luar rumah, seperti foto di atas, palingan saya pesan toast, kentang goreng, tadinya saya nunjuk menu tavuk siş karena pasti ada nasi nya, tapi kata si babapanda:inget yaa kita mau sarapan! sarapan yang berarti: Turkish breakfast! bukan indonesia breakfast 😛 masih aja nyari nasi-.-

Ah menikah sama orang turki bukan berarti merubah kebiasaan makan kita juga,  saya sebenarnya masih bisa kok ‘Nelen’ makanan Turki kalau pas ada mertua :D:D demi menghormati keluarga besar suami atau pas lagi jalan-jalan. Tapi kalau dirumah ga kemana mana, ya masak menu indonesia, saya tetap masak menu Turki untuk suami, dengan porsi kecil, karena dia makan sendiri. repot ya? awalnya sih iya, saya tetap masak menu dua bangsa, masakan nusantara untuk saya dan kadang juga sama anakpanda,dan menu turki untuk si babapanda, kalau anakpanda dia fleksibel, dia suka makanan indonesia maupun turki, makanan favorit si anakpanda:sup yoghurt (yoghurt corbası) dimakan sama salad sayur,dia pasti lahap. Saya jarang jarang makan menu turki, ya kalau pas di rumah kakak ipar, ya saya makan apa yang disediakan mereka, lidah saya bisa aja kok nerima, tapi ga ngebiasain juga, pokoknya kalau dirumah sendiri ya saya masak suka suka saya.

Cay atau teh turki pun, saya batasi pas weekend karena biasanya ketemu ipar, saya ga begitu suka minum teh, kopi, cukup air putih.

Kalau ditanya tentang kuliner, saya emang payah, bukan pecinta kuliner sejati, Saya pernah nyoba kokorec,dan saya ga doyan, karena pake daging kambing. kebab pun belum semua saya cicipi kalau bahan dasarnya daging merah, pilihan saya paling mentok di iskender kebab, dan menu favorit tavuk sis-alias kebab ayam, ya berasa makan ayam panggang aja.

Jadi kalau ditanya apa saya pernah nyicip semua kuliner Turki, belum! karena balik ke selera. Apa saya suka baklava? engga! dessert yang terlalu manis bikin gigi ngilu.

Waktu ke denizli nyoba kuliner kebab lokal, si babapanda yang pernah ke denizli sebelumnya, cerita kalau kebab denizli itu enak, iya enak menurut lidah dia.

karena saya penasaran, saya nyoba juga kebab denizli, jauh dari ekpektasi-.-”

Ternyata kebab denizli hanya daging yang dibumbui garam saja sodara sodara:V:V mungkin yang terasa spesial rasa daging asli yang di panggang  didalam oven khusus gitu, tapi tetap saja:daging yang dibumbuin garem doang., karena perut laper ya abis juga, tapi tetap…rasanya hambar:D

 

waktu mertua nanya, mau dikirim butter sama keju ga dari rumahnya, lalu saya bilang: mak dikebon cabe udah dipanen belum? saya minta kirim itu aja.Akhirnya beneran saya dikirimin aneka macam cabe dari kebon beliau plus sayuran segar–ini sih ga bakal saya tolak– dia tau menantunya ini bersaing sama sapi piaraannya, suka dedaunan.

 

 

 

 

 

 

 

 

15 thoughts on “saya dan makanan turki:D

      • sekali nyoba sih ok bu,tapi kalau tiap hari, kadang jenuh juga, kuliner uyghur kemaren jauh lbh enak dr menu turki menurut saya, krn pakem masakan turki serba berpasta tomat.

      • sekali nyoba sih ok bu,tapi kalau tiap hari, kadang jenuh juga, kuliner uyghur kemaren jauh lbh enak dr menu turki menurut saya, krn pakem masakan turki serba berpasta tomat. insha alloh manfaat bu:D beras setingkat lbh mahal di banding roti hehe maklum.

    • kebab turki banyak,yg di indonesia sudah modifikasi rasa, kalo nyoba kebab denizli juga pasti pikirannya sama:D asli daging panggang hanya bumbu garam, kalo mau ada rasa..kyk blackpepper dll nambahin sendiri

    • islam yg kayak gimana? rata2 di ktp nya orang turki ya ditulis agama nya islam, mau dia aslinya atheis, sekuler, alevi (syiah) tetep aja ditulis islam. mo sholat atau kagak juga mayoritas di ktp beragama islam.

      • kamu bisa tanya2 aja ke orangnya, dia sholat ga, pergi ke mesjid ga, didaerah manapun diturki ga ngejamin seseorang berislam dgn baik, mau di istanbul pun banyak kok yang lalai dlm urusan ibadah, daerah dia tinggal ga ngejamn, tergantung gmn keluarga nya ,lingkungan dia.to the point aja tanya, kalo dia heran km nanya kayak gitu, bilang aja buat kamu urusan ibadah itu prioritas. krn org sini rata2 ga suka ikut campur masalah prinsip kyk ibadah.urusan masing2.

      • wah kalau ini sih ga bs di pukul rata juga, umum nya pria aja gmn, kalau terlalu di cerewetin juga pasti ga suka. terlalu ngatur. krn mereka biasanya deket sm ibu nya, dan kalau ibu nya ga suka sm kita trus kita ada omongan yg sedikit negatif ttg ibu nya, mereka suka kesinggung. pinter2 pilih kata2 dan jaga sikap aja.

Leave a Reply

