Bersiap dengan kondisi apapun

Kehilangan, kepergian…datang silih berganti, hampir 5 tahun saya hidup di Turki, sudah berapa sanak family yang berpulang ke rahmatullah….

Yang paling menyesakkan dan sempat membuat saya shock ketika keponakan satu satunya berusia 8 tahun berpulang di akhir tahun 2013. Kepergiannya mendadak…membuat hampir semua keluarga shock berat apalagi saya yang tinggal di luar negeri, cuma bisa mantau kabar dari keluarga via sosmed dan telpon ke rumah, disinilah terasa sekali teknologi memudahkan.

Lalu sanak family satu satu berpulang, uwak saya, nenek saya , guru ngaji dalam jangka waktu berdekatan…Cuma hanya bisa berbela sungkawa dan kirim doa.

Beberapa hari lalu, tiba tiba kakak pun mengabari saya tentang kondisi ibu, beliau masuk İGD karena ada penyumbatan di jantungnya, dilarikan ke RS harapan kita jakarta, sakit sudah seminggu lebih dikabari dalam kondisi kritis, ya saya pun tersentak, hanya bisa mantau kabar dan kirim doa, semoga ibu dalam kondisi baik baik saja, Alhamdulilah kondisi nya mulai membaik, dipasang ring , sekarang dalam perawatan.

Suami selalu mengingatkan tentang kemungkinan seperti ini terjadi sekarang atau dimasa depan, bagaimanapun saya harus siap dengan kondisi terburuk pun, kehilangan, kepergian atau tidak bisa mendampingi keluarga ketika sakit.

Pulang ke tanah air bukan hal mudah dengan kondisi  finansial kami, kalau jalur jakarta-depok saja mungkin hal mudah, tapi jakarta-istanbul:) banyak hal yang perlu disiapkan, apa cukup tabungan, gesek CC aja mudah, bagaimana bayar cicilannya, yah seperti itu harus dipertimbangkan matang karena saya pun ga mau membebani suami dengan keinginan bisa sering sering pulang ke tanah air, disini kamipun sedang merancang masa depan, salah satunya ya impian punya rumah sendiri tanpa harus sewa apartemen terus. berniat juga untuk dapat resident permit khusus, biar ga urus urus perpanjangan terus, tanpa harus kehilangan status WNİ, memegang ikamet khusus , status hampir sama dengan WN turki hanya tidak boleh ikut Pemilu, bisa bekerja tanpa harus urus visa kerja lagi. Yah itu impian banget buat pelaku kawincampur disini. Dan syarat khusus untuk mendapatkan ikamet ini ya salah satunya dibatasi keluar turki nya dalam jangka 8 tahunan.

Seperti ini gambaran buat teman teman yang masih merancang masa depan dengan pasangan asingnya. Kenapa selalu saya tulis, persiapkan dengan matang tentang hal apapun ,diskusikan terlebih dahulu dengan calon pasangan tentang lingkungan, keluarga, finansial, semua harus -jelas- ga cuma modal cinta…jadi cinta itu berat…tuh ditinggal rangga 14 tahun**upps…

Disaat ngadepin kondisi yang saya tulis di atas, pengen berandai andai punya pintu ajaib doraemon , solusi singkat namun ngayal:) t

IMG_5767

kenangan mudik 2014

Hidup memang pilihan..

sebagai seorang istripun  pastinya ga mau jadi beban suami terus untuk mengabulkan semua keinginan, tetap harus ngukur diri dengan kemampuan finansial pasangan, syukur syukur memang kalau punya penghasilan sendiri, ,itu point khusus. Jarak jakarta-istanbul bisa disamain dengan jakarta-depok. Ya bersyukur lagi jika memang kemampuan finansial pasangannya mencukupi.

Setiap orang punya alasannya sendiri kenapa ga bisa sering sering pulang kampung..,.bisa karena finansial atau sudah tidak menemukan kenyamanan kembali seperti dulu..

Beragam…, Banyak keluhan bukan berarti yang tinggal di luar negeri kena Syndromnyonyah..:)) kita sama aja, disini ya berjuang untuk hal apapun.  Kalau akhirnya jadi pilih pilih untuk urusan kuliner, cukup pelajaran buat saya: ketika anakpanda harus masuk UGD karena diare, nyicipin kuliner diluaran-.-‘ liburan ga indah kalau masuk rumah sakit, tapi pulang ketanah air pasti selalu dirindukan buat saya pribadi hehe.

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Bersiap dengan kondisi apapun

  1. Resiko jauh dengan keluarga.. memang faktor finansial jadi pertimbangan jika ingin pulang… apalagi bagi pasangan LDR yang dipisahkan oleh jarak.. ke bayang cuma satu, yaitu pintu doraemon.. hihikss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s