Teater dan kotamadya

 

Mengisi waktu…,

Tiap orang punya cara untuk mendidik anaknya masing masing, banyak metode bertebaran yang bisa dengan mudah kita dapatkan melalui media akun jejaring sosial.

Saya berusaha banget tidak menjadikan anakpanda jadi anak generasi ‘anak Mall’ 🙂 Walau dipostingan sebelumnya saya tulis tentang cerita pergi ke Mall, Bisa di hitung tidak setiap bulan kami silaturahmi ke mall, ke Mall kalau babapanda gajian aja..^:D Minimal 1 kali makan di luar, karena kami jarang makan di luar rumah.

Hidup dikota besar tidak dengan serta merta saya kenalkan dengan budaya  anak kota, kebetulan istanbul bukan kota Mall:D*nyindir jakarta dikit* masih kalah lah sama Jakarta.   Masih bisa nemu ruang terbuka dengan udara yang masih segar di tengah perkotaan itu sesuatu banget. Jadi aktifitas anak banyak di luar ruangan.  Fasilitas taman bermain juga lumayan nyebar dimana mana.

Kreatifitas tiap belediyesi-in english municipality- bahasa: kotamadya-  

Berlomba menyediakan fasilitas untuk anak bermain.

Oh ya İstanbul itu nama provinsi dan juga kota, İstanbul terbagi dengan banyak wilayah kotamadya baik di sisi eropa maupun Asia, pemimpin kotamadya disebuat: belediye baskan = walikota,  posisi tertinggi di pegang gubernurnya yang membawahi semua belediye – büyük sehir başkan-= pemimpin kotabesar-a.k.a Gubernur.

Nah kalau mau ngebedain wilayah di Turki, kota besar atau bukan. Cukup dilihat penulisan nama kota nya:

Kalau tertulis: İstanbul buyuk sehir belediyesi, Ankara buyuk sehir belediyesi, İzmir buyuk sehir..bisa dipastikan ini kota besar dengan cangkupan wilayah dan fasilitas lengkap. Kalau cuma tertulis kayak: corum belediyesi, kota kota yang cuma  tertulis ‘titel’ = belediyesi..termasuk kota kecil:D* like my husband hometown:P* 

OK biasa pembukaan nya ngelantur dulu:D

Jadi cerita intinya sih dari kotamadya kami tinggal belediye baskan nya emang inovatif, kreatif dan ganteng pula* uhuukk abaikan yang terakhir* tapi kalau penasaran saya upload juga si om ganteng pak walikota nya, kembarannya kang ridwan kamil lah 😀 aslinya lebih ganteng karena pernah ketemu*upss* namanya DR. kenan sahın

KE

Beliau Mimpin kotamadya tempat kami tinggal sudah dua periode, pemilu kemarin menang mutlak.

Kenapa kok bisa menang? ya pasti karena kerjanya bagus buat rakyatnya kan ya…boleh dibilang kalau kotamadya yang dia pimpin itu masih dalam level ‘baru ngebangun’ karena posisinya yang hampir di ujung istanbul, bukan termasuk tujuan wisata, jadi belum bisa sejejer sama belediyesi yang ‘bonafid’ kayak kadıkoy yang letaknya paling dekat dengan sisi eropa atau kotamadya yang tersohor: Fatih belediyesi, dimana harga sewa apartemen disana pun mencekek leher buat saya wkwkw.. kenapa tersohor? karena Fatih belediyesi lah letak dimana semua pusat turis istanbul berada: masjid biru dll..center turis, duitnya banyak:D:D

Nah program si pak kenan ini benar benar selalu mikirin ‘keluarga’ aktfitas keluarga.  Biar orang ngerasa nyaman tinggal didaerah dia..gitu kali ya.  Salah satunya kotamadya ini selalu ngeluarin Buku  saku bulanan yang isinya semua  kegiatan yang diadakan oleh kotamadya untuk warganya, konser musik, pameran, teater, ceramah, seminar, pelatihan, kursus dll, jadwal selalu tersusun rapih, semua acara biasanya diadakan pas akhir pekan. atau kalau hari biasa sekitar jam 7 malam, ketika warganya udah pada pulang kerja, bisa konser musik atau ceramah, ceramah dari profesor terkenal atau ceramah agama dari ustaz. Semua terjadwal.

Sebagai seorang İbu tentunya saya paling ngincer halaman jadwal kegiatan anak anak: Biasanya teater dan sinema, musik, pameran.

Tiap kotamadya punya gedung khusus  yang disebut: kultur merkezi, atau gedung kebudayaan gitu, Nah banyak kegiatan  diadakan di gedung khusus milik pemerintah ini, ada ruangan teater tentu saja.

nonton film anak gratis? Yup kotamadya selalu ngadain tiap akhir pekan, film nya apa aja? sudah ada di jadwal nya. Nonton film gratis, biasanya film animasi atau kartun, karena setahu saya, anak anak di umur tertentu tidak boleh nonton di bioskop. Jadi pemerintah memfasilitasi sinema dan ruang bioskop khusus di gedung kebudayaan.

 

katalog

Saya Paling suka ngajak anakpanda nonton teater, biar dia berinteraksi dengan anak anak, para pemain teater kadang membawakan kisah kisah dongeng anak khas turki atau dunia,  ngajak anak anak berinteraksi dan bermain bersama, ga heran panggungnya selalu riuh anak anak, banyak yang  pengen ikut naik panggung:D

Tokoh tokoh dongeng khas turki seperti keloğlan, atau cerita tentang keluarga  dan budaya keseharian turki selalu di tampilkan menarik. Bagaimana cara Turki mendidik generasinya agar tetap mencintai budaya dan warisan leluhur mereka dimulai dari anak anak, ah jujur saya iri sekali dengan banyaknya pementasan seperti ini dikemas begitu menarik dengan fasilitas modern. İndonesia juga punya banyak kisah dongeng atau tokoh tokoh menarik seperti gatot kaca misalnya, atau kisah kisah fabel tiap daerah, supaya anak anak lebih mengenal cerita khas daerah tanah airnya. Banyak pesan bijak dan makna yang dalam.

Selain teater anak, ada juga teater remaja dan juga dewasa, jam dan harinya beda beda, untuk teater remaja biasanya diadakan keliling disekolah sekolah. Pemerintah pun memberikan kursus teater dan berbagai kursus lainnya yang difasilitasi, buku panduang tentang kursus  disediakan juga, ada yang berbayar dan juga bebas biaya. Yang punya bakat nyanyi, dansa atau semacam itu lah didunia seni termasuk lukis dll, semua difasilitasi.

Dan setiap hari anak Turki yang jatuh di musim semi sekitaran april, selalu ada acara dan panggung besar di kotamadya ini, ga tanggung tanggung mengundang anak anak dari banyak negara untuk mengisi panggung perayaan hari anak termasuk dari indonesia selalu diundang, nunggu 2016 kira kira dari SMP mana yang di undang untuk gelar budaya dan menari disini:)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s