nge mall nyebrang benua

Kejadian ini hanya bisa berlaku jika tinggal di istanbul. Kota dimana membelah dua benua, sisi asia dan sisi eropa.

Jumat minggu lalu, Babapanda ngajak saya dan anakpanda nge Mall, biasanya nge mall cukup jalan kaki ke daerah bawah, karena lokasi flat apartemen kami berada didataran tinggi, jalan kaki ke mall terdekat dari lokasi rumah, ada dua mall berseberangan. Neomarin dan pendorya, Mall di turki disingkat AVM (alisveris merkezi)  Karena mall ini sudah kami hafal dan termasuk ukuran kecil dengan menu menu food courtnya di dominasi makanan turki, merk international palingan junk food : burger king, popeye, pizza sbaro, nyari yang mirip mirip kayak di indonesia lokasinya rada jauh dari rumah, maklum tinggalnya hampir di ujung istanbul asia, pilihan terbatas.

Akhirnya si babapanda ngajak juga ke cevahir mall, lokasinya di downtown istanbul, dekat dengan trumph tower daerah sislı, ini daerah perkantoran dan pusat bisnis istanbul, keramaian dan kemacetannya mengingatkan saya dengan gatsu atau sudirman jakarta.

Untuk menuju mall ini, lumayan makan waktu lama, kami naik bis tingkat menuju lokasi dari daerah rumah langsung ke sisli , menyeberangi jempatan bhosporus  ikon kota transbenua ini, yup saya paling suka memang liat pemandangan pas nyebrang jembatan, cuma satu kata: indah.

Jembatan penyebrangan ini hanya berlaku untuk kendaraan saja, tidak diperkenankan untuk pejalan kaki, tiap pinggiran jembatan ada pos pengawas yang menjaga. Dulu sempat ada yang lewat seorang musafir dari bosnia yang hendak ke mekkah dengan berjalan kaki, mau ga mau dia harus nyebrang lewat bhosporus, butuh izin yang lama agar dia bisa jalan kaki melewati jembatan ini. Jika ada kendaraan yang melambat atau orang yang curi curi foto dengan memarkirkan kendaraannya di pinggir jembatan, petugas keamanan langsung tanggap untuk mengusir.

bogaz-koprusu-bir-yil-kapanacak,lH7NDJXE7kehDZRY16ao8w

smbr:ntv.com tr

Selain lewat jembatan bhosporus jika berkendaraan pribadi atau angkutan umum. Alternatif lebih cepat untuk menyebrang ke sisi eropa tentu saja naik subway metro yang terkoneksi dengan marmaray-subway yang lewat tunnel dibawah laut- naik marmaray cukup 5 menit nyebrang. tapi malesnya itu jalannya capek..naik turun kebawah:D ini alternatif untuk para pekerja atau yang diburu waktu untuk nyebrang ke istanbul eropa.

Kalau saya paling suka tetap naik ferry:) nikmatin view laut marmara dengan background istanbul lama -topkapı-masjid biru dll-  ga heran kalau bonaparte pernah berucap kalau bumi ini sebuah negara maka istanbul adalah ibukotanya…wah kepanjangan:D ngelanturnya.

OK balik lagi acara nge mall yang jauh jauh nyebrang benua!

Tujuan saya ke mall ini? cuma nyari restoran china. Penasaran sama menu buffet nya yang di patok 23 lira saja. Minimal ada yang ga asing dilidah.

Karena ga ada label halal dan juga banyaknya pajangan alkohol..agak parno sih…alhasil ngambil menunya serba sayur dan gorengan juga salad. ayam juga ambil dikit..bismillah semoga yang masuk halal:D ngambilnya nasi goreng.

soal rasa? sebenarnya agak mengecewakan karena jauh dari apa yang saya idam idam kan hohoh.Lebih enak menu restoran china di dekat masjid biru walau urusan harga tentunya lebih mahal.ya iya lah ada harga ada rupa:P yang di mall ini sistem buffet.

Karena mall ini lumayan gede sudah cukup mewakili kayak mall mall di Bsd atau jaksel tapi foodcourtnya ga bisa disejajarkan:D mall jakarta lebih enak pilihannya. Saya masih bisa ketemu restoran yang familiar, merk-merk nya. Ga selalu serba Turki. Karena mall ini tepat berada dikawasan pusat bisnis istanbul yang tentu saja banyak kalangan ekspatriatnya. İh norak ya saya hahaha..ya maklum tinggalnya di pelosok:P mau nge mall yang isinya lengkap gini kudu pake acara nyebrang benua..phiuhhh..yang lebih rame..dan banyak muka muka asing yang terdampar di istanbul..berasa warga dunia:D:D kalau di mall deket rumah..seringnya ketemu pelaut2 asing yang kebetulan lagi berlabuh kapalnya di dermaga kawasan laut marmara, saya suka kecele…tepatnya sih kerjaannya si babapanda, kalau dia liat wajah wajah asia tenggara, langsung nyuruh saya nyapa tuh orang orang-.- aishh..sejauh ini belum sukses ketemu orang indonesia, tau tau philipina, vietnam terus:c

Si babapanda selalu ngomong: itu kenapa sih muka mereka sama aja kayak orang indonesia, kulitnya juga?

‘ya sama aja kayak kamu…bisa dikira orang arab apa bule sono’ dari jauh ga ada bedanya kalau ngomong baru ketahuan..situ orang mana.

Saya kenyang kalap makan di resto china-yang ngarepnya ketemu kwetiau, capcay or fuyunghai kayak langganan depan kantor dulu-.-* mie ayam..aghhh..jujur saja saya demen banget nyicip masakan oriental dibanding bersantan dan ber kari, pernah ada cooking class bareng teman teman disini, kebetulan langsung diajar oleh chef profesional asli malaysia yang bekerja di hotel bintang 5 istanbul, enak sih menu roti chane dan ayam kari malaysia, tapiiii jrenggg perut saya langsung begah dan mules mules karena kari dan santan..Oh my..ku tak sanggup…bekel aja ga minat buat dibawa pulang:D sukses bikin perut kaget!

Yah ngelantur lagi..Ok balik lagi euy!

Lalu si babapanda makan ga? dia mlipir ke pizza hut:D  makan sambil nyuapin anaknya. Payah ni selera mereka berdua-.-* anakpanda mulai lebih dominan menu Turkish dan bau bau bule dibanding menu indonesia, alamat bakal bikin rempong kalau mudik.10374880_10207836223684323_6100026073539285688_n

Udah kenyang..pulang dong! lahh mau window shoping jam tidur anakpanda..wewwww..tovbehhhh... udah kayak cacing kejer kejer di mall…apalagi lewatin toko mainan..sukses..nari kayang dia di jalan sambil teriak..nangis..tantrum..ih cakeppp pokoknya  jadi pusat perhatian. 3 jam di jalan..PP.cuma buat makan di mall terus lanjut pulang..Ya Alloh niat banget yak:D

Saya  jatuh cinta itu sama menu restoran uighur..soal rasa banyak kemiripan dengan menu indonesia. kehalalannya lebih bisa dipercaya karena mengingat mayoritas muslim china berasal dari suku ini. Untuk restoran uighur saya belum pernah datangin di istanbul,tapi dikota lain pernah. karena lagi lagi lokasinya di sisi eropa.perjuangannya yaa ke lokasi:)   apalagi sibabapanda bukan tipe suami yang demen nge mall..cuma pergi kalau emang butuh dan ada yg mau dibeli..sekadar jalan jalan..duduk2 ngopi2..dia ogah.kadang HP aja dia tinggal dirumah. ngebujuk suami yang susah..karena dia atm berjalannya:D:D:D

Pengennya sih silaturahmi ke semua mall di istanbul…tapi apa daya..saya harus melupakan obsesi itu…hahah kerjaan di jakarta tuh..silaturahmi dari mall ke mall bareng temen.

Oh ya apa saya doyan nge mall?

kagak juga sih..masalahnya ini udah masuk musim dingin..tempat hang out yang enak masuk mall.. anget..kalo di jakarta nyari yang dingin dalemnya. Kalau musim panas…males nge mall enakan out door…banyak tempat keren, nganterin anakpanda show dari park ke park:) kalau main di luar dengan cuaca musim dingin…dingin beudhhh… dirumah kelamaan kadang suka lumutan..tapi bisa khatam drama korea banyak:V..ahh hidup mah dinikmatin dan syukurin aja sih sebenarnya…cuma di ajak ke mall gini doang saya happy aja. walo ngarepnya bisa jajan cireng kraton–ngayal-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s