0

Teater dan kotamadya

 

Mengisi waktu…,

Tiap orang punya cara untuk mendidik anaknya masing masing, banyak metode bertebaran yang bisa dengan mudah kita dapatkan melalui media akun jejaring sosial.

Saya berusaha banget tidak menjadikan anakpanda jadi anak generasi ‘anak Mall’ 🙂 Walau dipostingan sebelumnya saya tulis tentang cerita pergi ke Mall, Bisa di hitung tidak setiap bulan kami silaturahmi ke mall, ke Mall kalau babapanda gajian aja..^:D Minimal 1 kali makan di luar, karena kami jarang makan di luar rumah.

Hidup dikota besar tidak dengan serta merta saya kenalkan dengan budaya  anak kota, kebetulan istanbul bukan kota Mall:D*nyindir jakarta dikit* masih kalah lah sama Jakarta.   Masih bisa nemu ruang terbuka dengan udara yang masih segar di tengah perkotaan itu sesuatu banget. Jadi aktifitas anak banyak di luar ruangan.  Fasilitas taman bermain juga lumayan nyebar dimana mana.

Kreatifitas tiap belediyesi-in english municipality- bahasa: kotamadya-  

Berlomba menyediakan fasilitas untuk anak bermain.

Oh ya İstanbul itu nama provinsi dan juga kota, İstanbul terbagi dengan banyak wilayah kotamadya baik di sisi eropa maupun Asia, pemimpin kotamadya disebuat: belediye baskan = walikota,  posisi tertinggi di pegang gubernurnya yang membawahi semua belediye – büyük sehir başkan-= pemimpin kotabesar-a.k.a Gubernur.

Nah kalau mau ngebedain wilayah di Turki, kota besar atau bukan. Cukup dilihat penulisan nama kota nya:

Kalau tertulis: İstanbul buyuk sehir belediyesi, Ankara buyuk sehir belediyesi, İzmir buyuk sehir..bisa dipastikan ini kota besar dengan cangkupan wilayah dan fasilitas lengkap. Kalau cuma tertulis kayak: corum belediyesi, kota kota yang cuma  tertulis ‘titel’ = belediyesi..termasuk kota kecil:D* like my husband hometown:P* 

OK biasa pembukaan nya ngelantur dulu:D

Jadi cerita intinya sih dari kotamadya kami tinggal belediye baskan nya emang inovatif, kreatif dan ganteng pula* uhuukk abaikan yang terakhir* tapi kalau penasaran saya upload juga si om ganteng pak walikota nya, kembarannya kang ridwan kamil lah 😀 aslinya lebih ganteng karena pernah ketemu*upss* namanya DR. kenan sahın

KE

Beliau Mimpin kotamadya tempat kami tinggal sudah dua periode, pemilu kemarin menang mutlak.

Kenapa kok bisa menang? ya pasti karena kerjanya bagus buat rakyatnya kan ya…boleh dibilang kalau kotamadya yang dia pimpin itu masih dalam level ‘baru ngebangun’ karena posisinya yang hampir di ujung istanbul, bukan termasuk tujuan wisata, jadi belum bisa sejejer sama belediyesi yang ‘bonafid’ kayak kadıkoy yang letaknya paling dekat dengan sisi eropa atau kotamadya yang tersohor: Fatih belediyesi, dimana harga sewa apartemen disana pun mencekek leher buat saya wkwkw.. kenapa tersohor? karena Fatih belediyesi lah letak dimana semua pusat turis istanbul berada: masjid biru dll..center turis, duitnya banyak:D:D

Nah program si pak kenan ini benar benar selalu mikirin ‘keluarga’ aktfitas keluarga.  Biar orang ngerasa nyaman tinggal didaerah dia..gitu kali ya.  Salah satunya kotamadya ini selalu ngeluarin Buku  saku bulanan yang isinya semua  kegiatan yang diadakan oleh kotamadya untuk warganya, konser musik, pameran, teater, ceramah, seminar, pelatihan, kursus dll, jadwal selalu tersusun rapih, semua acara biasanya diadakan pas akhir pekan. atau kalau hari biasa sekitar jam 7 malam, ketika warganya udah pada pulang kerja, bisa konser musik atau ceramah, ceramah dari profesor terkenal atau ceramah agama dari ustaz. Semua terjadwal.

Sebagai seorang İbu tentunya saya paling ngincer halaman jadwal kegiatan anak anak: Biasanya teater dan sinema, musik, pameran.

Tiap kotamadya punya gedung khusus  yang disebut: kultur merkezi, atau gedung kebudayaan gitu, Nah banyak kegiatan  diadakan di gedung khusus milik pemerintah ini, ada ruangan teater tentu saja.

nonton film anak gratis? Yup kotamadya selalu ngadain tiap akhir pekan, film nya apa aja? sudah ada di jadwal nya. Nonton film gratis, biasanya film animasi atau kartun, karena setahu saya, anak anak di umur tertentu tidak boleh nonton di bioskop. Jadi pemerintah memfasilitasi sinema dan ruang bioskop khusus di gedung kebudayaan.

 

katalog

Saya Paling suka ngajak anakpanda nonton teater, biar dia berinteraksi dengan anak anak, para pemain teater kadang membawakan kisah kisah dongeng anak khas turki atau dunia,  ngajak anak anak berinteraksi dan bermain bersama, ga heran panggungnya selalu riuh anak anak, banyak yang  pengen ikut naik panggung:D

Tokoh tokoh dongeng khas turki seperti keloğlan, atau cerita tentang keluarga  dan budaya keseharian turki selalu di tampilkan menarik. Bagaimana cara Turki mendidik generasinya agar tetap mencintai budaya dan warisan leluhur mereka dimulai dari anak anak, ah jujur saya iri sekali dengan banyaknya pementasan seperti ini dikemas begitu menarik dengan fasilitas modern. İndonesia juga punya banyak kisah dongeng atau tokoh tokoh menarik seperti gatot kaca misalnya, atau kisah kisah fabel tiap daerah, supaya anak anak lebih mengenal cerita khas daerah tanah airnya. Banyak pesan bijak dan makna yang dalam.

Selain teater anak, ada juga teater remaja dan juga dewasa, jam dan harinya beda beda, untuk teater remaja biasanya diadakan keliling disekolah sekolah. Pemerintah pun memberikan kursus teater dan berbagai kursus lainnya yang difasilitasi, buku panduang tentang kursus  disediakan juga, ada yang berbayar dan juga bebas biaya. Yang punya bakat nyanyi, dansa atau semacam itu lah didunia seni termasuk lukis dll, semua difasilitasi.

Dan setiap hari anak Turki yang jatuh di musim semi sekitaran april, selalu ada acara dan panggung besar di kotamadya ini, ga tanggung tanggung mengundang anak anak dari banyak negara untuk mengisi panggung perayaan hari anak termasuk dari indonesia selalu diundang, nunggu 2016 kira kira dari SMP mana yang di undang untuk gelar budaya dan menari disini:)

 

0

nge mall nyebrang benua

Kejadian ini hanya bisa berlaku jika tinggal di istanbul. Kota dimana membelah dua benua, sisi asia dan sisi eropa.

Jumat minggu lalu, Babapanda ngajak saya dan anakpanda nge Mall, biasanya nge mall cukup jalan kaki ke daerah bawah, karena lokasi flat apartemen kami berada didataran tinggi, jalan kaki ke mall terdekat dari lokasi rumah, ada dua mall berseberangan. Neomarin dan pendorya, Mall di turki disingkat AVM (alisveris merkezi)  Karena mall ini sudah kami hafal dan termasuk ukuran kecil dengan menu menu food courtnya di dominasi makanan turki, merk international palingan junk food : burger king, popeye, pizza sbaro, nyari yang mirip mirip kayak di indonesia lokasinya rada jauh dari rumah, maklum tinggalnya hampir di ujung istanbul asia, pilihan terbatas.

Akhirnya si babapanda ngajak juga ke cevahir mall, lokasinya di downtown istanbul, dekat dengan trumph tower daerah sislı, ini daerah perkantoran dan pusat bisnis istanbul, keramaian dan kemacetannya mengingatkan saya dengan gatsu atau sudirman jakarta.

Untuk menuju mall ini, lumayan makan waktu lama, kami naik bis tingkat menuju lokasi dari daerah rumah langsung ke sisli , menyeberangi jempatan bhosporus  ikon kota transbenua ini, yup saya paling suka memang liat pemandangan pas nyebrang jembatan, cuma satu kata: indah.

Jembatan penyebrangan ini hanya berlaku untuk kendaraan saja, tidak diperkenankan untuk pejalan kaki, tiap pinggiran jembatan ada pos pengawas yang menjaga. Dulu sempat ada yang lewat seorang musafir dari bosnia yang hendak ke mekkah dengan berjalan kaki, mau ga mau dia harus nyebrang lewat bhosporus, butuh izin yang lama agar dia bisa jalan kaki melewati jembatan ini. Jika ada kendaraan yang melambat atau orang yang curi curi foto dengan memarkirkan kendaraannya di pinggir jembatan, petugas keamanan langsung tanggap untuk mengusir.

bogaz-koprusu-bir-yil-kapanacak,lH7NDJXE7kehDZRY16ao8w

smbr:ntv.com tr

Selain lewat jembatan bhosporus jika berkendaraan pribadi atau angkutan umum. Alternatif lebih cepat untuk menyebrang ke sisi eropa tentu saja naik subway metro yang terkoneksi dengan marmaray-subway yang lewat tunnel dibawah laut- naik marmaray cukup 5 menit nyebrang. tapi malesnya itu jalannya capek..naik turun kebawah:D ini alternatif untuk para pekerja atau yang diburu waktu untuk nyebrang ke istanbul eropa.

Kalau saya paling suka tetap naik ferry:) nikmatin view laut marmara dengan background istanbul lama -topkapı-masjid biru dll-  ga heran kalau bonaparte pernah berucap kalau bumi ini sebuah negara maka istanbul adalah ibukotanya…wah kepanjangan:D ngelanturnya.

OK balik lagi acara nge mall yang jauh jauh nyebrang benua!

Tujuan saya ke mall ini? cuma nyari restoran china. Penasaran sama menu buffet nya yang di patok 23 lira saja. Minimal ada yang ga asing dilidah.

Karena ga ada label halal dan juga banyaknya pajangan alkohol..agak parno sih…alhasil ngambil menunya serba sayur dan gorengan juga salad. ayam juga ambil dikit..bismillah semoga yang masuk halal:D ngambilnya nasi goreng.

soal rasa? sebenarnya agak mengecewakan karena jauh dari apa yang saya idam idam kan hohoh.Lebih enak menu restoran china di dekat masjid biru walau urusan harga tentunya lebih mahal.ya iya lah ada harga ada rupa:P yang di mall ini sistem buffet.

Karena mall ini lumayan gede sudah cukup mewakili kayak mall mall di Bsd atau jaksel tapi foodcourtnya ga bisa disejajarkan:D mall jakarta lebih enak pilihannya. Saya masih bisa ketemu restoran yang familiar, merk-merk nya. Ga selalu serba Turki. Karena mall ini tepat berada dikawasan pusat bisnis istanbul yang tentu saja banyak kalangan ekspatriatnya. İh norak ya saya hahaha..ya maklum tinggalnya di pelosok:P mau nge mall yang isinya lengkap gini kudu pake acara nyebrang benua..phiuhhh..yang lebih rame..dan banyak muka muka asing yang terdampar di istanbul..berasa warga dunia:D:D kalau di mall deket rumah..seringnya ketemu pelaut2 asing yang kebetulan lagi berlabuh kapalnya di dermaga kawasan laut marmara, saya suka kecele…tepatnya sih kerjaannya si babapanda, kalau dia liat wajah wajah asia tenggara, langsung nyuruh saya nyapa tuh orang orang-.- aishh..sejauh ini belum sukses ketemu orang indonesia, tau tau philipina, vietnam terus:c

Si babapanda selalu ngomong: itu kenapa sih muka mereka sama aja kayak orang indonesia, kulitnya juga?

‘ya sama aja kayak kamu…bisa dikira orang arab apa bule sono’ dari jauh ga ada bedanya kalau ngomong baru ketahuan..situ orang mana.

Saya kenyang kalap makan di resto china-yang ngarepnya ketemu kwetiau, capcay or fuyunghai kayak langganan depan kantor dulu-.-* mie ayam..aghhh..jujur saja saya demen banget nyicip masakan oriental dibanding bersantan dan ber kari, pernah ada cooking class bareng teman teman disini, kebetulan langsung diajar oleh chef profesional asli malaysia yang bekerja di hotel bintang 5 istanbul, enak sih menu roti chane dan ayam kari malaysia, tapiiii jrenggg perut saya langsung begah dan mules mules karena kari dan santan..Oh my..ku tak sanggup…bekel aja ga minat buat dibawa pulang:D sukses bikin perut kaget!

Yah ngelantur lagi..Ok balik lagi euy!

Lalu si babapanda makan ga? dia mlipir ke pizza hut:D  makan sambil nyuapin anaknya. Payah ni selera mereka berdua-.-* anakpanda mulai lebih dominan menu Turkish dan bau bau bule dibanding menu indonesia, alamat bakal bikin rempong kalau mudik.10374880_10207836223684323_6100026073539285688_n

Udah kenyang..pulang dong! lahh mau window shoping jam tidur anakpanda..wewwww..tovbehhhh... udah kayak cacing kejer kejer di mall…apalagi lewatin toko mainan..sukses..nari kayang dia di jalan sambil teriak..nangis..tantrum..ih cakeppp pokoknya  jadi pusat perhatian. 3 jam di jalan..PP.cuma buat makan di mall terus lanjut pulang..Ya Alloh niat banget yak:D

Saya  jatuh cinta itu sama menu restoran uighur..soal rasa banyak kemiripan dengan menu indonesia. kehalalannya lebih bisa dipercaya karena mengingat mayoritas muslim china berasal dari suku ini. Untuk restoran uighur saya belum pernah datangin di istanbul,tapi dikota lain pernah. karena lagi lagi lokasinya di sisi eropa.perjuangannya yaa ke lokasi:)   apalagi sibabapanda bukan tipe suami yang demen nge mall..cuma pergi kalau emang butuh dan ada yg mau dibeli..sekadar jalan jalan..duduk2 ngopi2..dia ogah.kadang HP aja dia tinggal dirumah. ngebujuk suami yang susah..karena dia atm berjalannya:D:D:D

Pengennya sih silaturahmi ke semua mall di istanbul…tapi apa daya..saya harus melupakan obsesi itu…hahah kerjaan di jakarta tuh..silaturahmi dari mall ke mall bareng temen.

Oh ya apa saya doyan nge mall?

kagak juga sih..masalahnya ini udah masuk musim dingin..tempat hang out yang enak masuk mall.. anget..kalo di jakarta nyari yang dingin dalemnya. Kalau musim panas…males nge mall enakan out door…banyak tempat keren, nganterin anakpanda show dari park ke park:) kalau main di luar dengan cuaca musim dingin…dingin beudhhh… dirumah kelamaan kadang suka lumutan..tapi bisa khatam drama korea banyak:V..ahh hidup mah dinikmatin dan syukurin aja sih sebenarnya…cuma di ajak ke mall gini doang saya happy aja. walo ngarepnya bisa jajan cireng kraton–ngayal-

8

babapanda

Punya suami kayak babapanda itu:

Ah saya sih ga muji muji dia-semoga dia ga baca blog dan minta di transletin-.-*

Karena ga semua pria turki itu sama:)

Heheh itu yang saya tahu.

Apa semua pria turki kudu dilayanin kayak baginda raja? oh noooooo… hal ini ga akan berlaku dalam rumahtangga kami, kesepakatan menikah dibuat untuk hidup bersama sebagai ‘teman hidup’ bukan sekadar ‘pelayan’ . Teman yang artinya harus ada kerjasama! Saya ga peduli kultur bawaan dia sebagai orang Turki, saya cuma peduli jalan hidup kami dalam berumahtangga untuk mewujudkan segala doa ketika selesai ucap ijab kabul: sakinah.  Ga ada kultur kamu dan kultur aku. Tapi ini rumah kita.

Babapanda dari awal menikah sudah menjadi partner andalan saya dalam rumahtangga, pekerjaan rumah di kerjakan berdua.

Ya saya harus hormat sama mertua..hormattt grak!! tapi mereka pun tahu batas untuk ga melanggar privasi kami. Pernah sih diawal nikah, si emak yang belum terbiasa ngeliat anak bungsunya dilayanin perempuan lain-alias istrinya- jadi saya kayak bersaing:D:D kompetisi memasak hahah… dan saya termasuk menantu yang jail dan muka lempeng seakan ga berdosa.

Kesel diatur atur harus masak menurut pakem beliau,saya masak menurut pakem saya sendiri.

Percaya atau tidak: bawang putih bukan cuma bisa ngusir drakula, tapi juga ibu mertua..:)))

Saya pernah masak, goreng bawang putih  di dapur mertua, biasa kan kalau di indonesia, ternyata bau nya tidak disukai beliau, alhasil beliau ga mau masuk rumah seharian karena bau bawang putih di rumah-saya kipas kipas merasa menang–senyumjail-jangan tanya gimana terasi ? mungkin saya harus manggil ambulan-.-‘ ini sebongkah ‘bau surga’ yang bikin klenger.

Karena kami memulai rumah tangga tanpa bantuan modal banyak dari mertua, ada untungnya? mereka ga terlalu ikut campur isi dapur kami:D karena mereka tahu, suami saya ngurus isi rumahnya sendiri. Ga ada bantuan dari keluarga. Ada beberapa kasus memang, pihak lelaki sudah pasti ngasih rumah beserta isinya? OK..anda beruntung..seberuntung kalo pihak keluarga suami juga ikut nimbrung hihihih…disini saya kadang bersyukur:) Saya ga dipusingkan dengan banyak urusan: anak-mantu-ipar ala drama turki, atau kisah tamu yang hobby rumpi.

Si Babapanda itu, idolanya anakpanda!

kedekatan emosional babapanda sama anakpanda kadang bikin iri saya:D boleh dikata sianakpanda ga pernah mau foto mesra sama emaknya, tapi paling pinter bergaya sama babanya-.-*12239469_10207658885010967_8419083864949448798_n

OK pria turki wataknya keras! yup kadang kadang dia juga suka muncul ego turkish nya, senjata saya cuma diemin! ketika emosinya udah aman terkendali: saya cuma ngomong: woeyy jangan kayak orang turki dong! hahah

dia juga sama, ketika istri mulai cerewet: aduhhh jangan kayak emak emak dong …cerewet! lahhhh.

Sebisa mungkin komunikasi kami berdua layaknya sahabat, apalagi kami seumuran lahir di tahun yang sama, cuma tuaan dia 3 bulan:)

Banyak suka duka, apalagi ketika suami lagi ngerasa stress mkirin pengen mudikin istrinya..hahahah ya resiko situ yaaaa:D:D

Ga banyak nuntut, cuma diajak nongkrong dipinggir laut juga kalau lagi bokek ..alhamdulilah aja, walau pulangnya gempor diajak jalan kaki:D dinikmatin bertiga, sebenarnya bahagia itu sederhana saja.

 

2

Akhir tahun

Ga kerasa 2015 sebentar lagi akan berganti, setahun cepet banget berlalu.

Banyak moment moment berharga, resolusi yang belum kesampaian–**balikin perut rata sehabis melahirkan:D** susahnya menahan godaan-.-‘

Umur yang sudah kepala tiga tapi semangat tetap remaja:=)

Diakhir tahun kerjaan saya: nonton drama terus..yasalaaammm…

Banyak sudah drama korea yang saya tonton disambi masak atau ngasuh anak, biasanya anakpanda kalau tidur di kelonin baba nya, jadi saya bisa nikmatin drama.

Mulai berani jalan berdua sama anakpanda, biasanya harus dikawal babapanda terus, sekarang mulai dipercaya horeeeeee…… bukan apa apa sih, gimanapun kehadiran babapanda itu penting banget, apalagi kalau si anak udah mulai tantrum, ngantuk, minta gendong, jujur saya ga kuat gendong dia lama lama-.-‘

pernah jalan ke eminonu, dari naik kapal ferry yang nyebrang bhosporus dia udah tepar, ga bawa stroller, gendong dia sampe  naik metro subway di kadikoy…turun ke bawah, ampunnn rasanya tulang mau remuk, babapanda ga ikut karena lagi di luar kota. Ok..pencapaian 2015 udah sering wara wiri berdua sama anakpanda .

Ehmm apalagi yahh….

Berita berita tentang Turki? berhubung saya ga punya TV-dan belum akan minat untuk punya–

Jadi cuma andelin info dari social media dan si babapanda.

Apalagi ya…terakhir saya akan tetap nulis: untuk kehati hatian…

lagi lagi saya baca kasus ada perempuan indonesia yang tertipu orang turki dan nasibnya ga jelas selama di Turki.

Gimanapun, dimanapun. Modal cinta sama nekad doang, belum tentu bisa berlaku sama untuk setiap orang.

Kalau ada satu kasus semisal kayak jalan hidup keluargapanda, belum tentu hal yang sama bisa berlaku untuk kisah yang lain.

Saya selalu terbuka jika ada yang mau email, jika itu cara saya bisa membantu orang lain , pengetahuan saya tentang turki pun sebenarnya masih terbatas, saya tidak tahu segala hal tentang Turki, saya banyak bertanya juga dengan teman teman disini yang lebih tahu.

Hanya seorang ibu rumahtangga yang nyambi nge blog…bukan psikolog apalagi konsultan cinta:D  tapi untuk meminimalisir kasus kasus seperti diatas.

Ah udah lah..pokoknya resolusi 2016 tetap sama: perut singset lagi titik! *kemudian ngemil lagi*

11224148_10207774596823690_2661164379826237344_n

anakpanda: prince of park-.-*

 

 

 

7

pesantren

Awal desember ini sebagian daerah Turki sudah di hujani salju…

istanbul cuma kebagian dinginnya saja dengan suhu yang terus turun…yeahhhh akhir tahun 2015..ga kerasa waktu berjalan begitu cepat:)

Mau nulis tentang apa? politik Turki?…hahha lupakan dulu..saya sedang males bahas politik:D

Gara gara buka FB nemu ‘meme’ lucu tentang pengalaman di pesantren, bikin saya ngakak dna juga berterimakasih buat orang kreatif yang sudah menebarkan ‘meme’ ini

12064242_1509694756016954_998409609_n

sumbergambar:alasantri

 

Hampir semua sindiran di gambar saya alami:D

Yup saya pernah jadi anak santri periode 95-98 (mts) 98-2001 (sma) lalu kuliah sempat juga tinggal di pesantren 2 thn terus keluar nge kost.

Awal masuk pesantren karena ikut ikutan ‘trend’ waktu itu hahah, gara gara sepupu ada yang dipesantren, lalu saya juga ikutan , sekitar 9 orang sepupu..yang waktu itu masih pada SD dan saya baru lulus SD ditambah paman paling kecil juga pesantren mahasiswa, jadi deh kita rombongan ngintilin si paman di pesantren jagain keponakan keponakannya, kalau ada apa apa..panggil si paman sebagai kepala suku di kantor pesantren.

Si paman ini selain berjasa ngasuh 9 keponakannnya juga sekalian manfaatin:D ada harga sebagai ‘babysitter’ beliau bisa malakin orang tua kami sesuka hati.

masa masa remaja dilewatin dipesantren, inget pertama kalinya saya harus pakai jilbab kesekolah karena seumur umur belum pernah pakai, hampir mau nangis. Beruntung teman 1 asrama yang bernama Eny  ngajarin saya dan makein, cara berjilbab pertama saya..peniti gede diluar:D sekarang sih udah enak banyak krudung praktis.

jalan kaki 1km ke sekolah, karena letak komplek asrama tinggal dan sekolah berbeda, waktu itu masih termasuk daerah sepi. Daerah kaki gunung merapi jogja, pagi hari sebelum upacara bendera selalu dapat menikmati pemandangan alam luar biasa di bukit belakang sekolah, memandang puncak merapi….,

kalau dibilang sudah lewat 20 tahun lalu dari pertama kali saya menginjakkan kaki di pesantren sunan pandan aran;) walau cuma 3 tahun disana, saya melewati masa masa remaja yang luar biasa.

Jadi santri alim kah saya? oh justru kalau yang ‘lurus lurus’ aja itu ga bakal punya memori indah untuk dikenang dan ditulis di blog:D

jadi tampang kalem ini otaknya suka rada kriminal dikit-.-*

Saya sering melanggar peraturan pesantren yang waktu itu prinsip saya dan teman seperjuangan: peraturan dibuat untuk dilanggar!

Sekolah sering telat, karena komplek sekolah di komplek 2 yang letaknya 1km dari asrama puteri, belum juga panjangnya antrian mand

i12064077_1509696559350107_538900730_n

kebayang ga sih untuk dapat antrian mandi, harus bangun tidurlebih awal sebelum ayam berkokok…

sekitar jam 3 pagi minimal untuk nge-bare-*istilah nge tag antrian *

antrian akan memanjang selepas shubuh, jadi hati tenang kalau udah nge bare  ke temen yang antri kamar mandi, bisa lanjut tidur atau ambil wudhu buat tahajud sambil menunggu shubuh, nderess alquran, lancarin hafalan untuk setor ke ustazah.

yang paling enak itu kalau ngerjain PR, guru kasih PR sekelas, nah sekelas muridnya tinggal 1 asrama, ga usah pusing, karena kadang jawaban PR sudah di tempelin di papan pengumuman, atau nyontek berjamaah:D jadi disitu kadang guru pada males kasih PR.

Pulang sekolah rame rame,  ada jadwal makan siang yang disediakan kantin lalu bisa istirahat tidur siang sebentar, masuk ashar kegiatan asrama akan full kembali sampai masuk waktu tidur.

Apa ga nyiksa masa remaja tinggal dipesantren? kehilangan moment moment berharga…

Justru saya bersyukur tumbuh remaja di lingkungan santri.

Kemandirian, persahabatan, belajar bertanggung jawab. Banyak hal positif. kompetisi.

Jaman saya Tsanawiyah*setingkat SMP* jika berminat ambil extrakulikuler disekolah persyaratan nya harus hafal juz 30 di tahun pertama Mts, masa masa kompetisi setor hafalan:) saling menyemangati. Tes hafalan sebelum bisa ikut khotmil quran*wisuda* adalah test mic di mushola asrama puteri, artinya hafalan juz 30 dı uji publik..meriang panas dingin:)) kalau ada ayat yg terlewat, bacaannya keliru..ada aja santri senior yang hilir mudik bantu benerin..uji mental.

kenakalan saya selama jadi anak santri:

bolos mujahadah, ngumpet di kamar

pergi ke jl solo nonton bioskop , waktu itu titanic lg booming, pulang selepas maghrib, ketahuan pengurus asrama. 1 minggu kena takziran alias hukuman, buang sampah sekomplek puteri:D:D

telat sekolah, kabur pulang cepat ke asrama, guru nya nyamperin .suruh balik ke sekolah lagi.

karena sekolah masih satu yayasan pesantren dan guru gurunya juga kebanyakan tinggal di pesantren, bolos sekolah bisa dicariin ke asrama, ga ada tempat kabur.

Hari jumat adalah hari libur! waktu untuk nyuci baju, nguras kamar mandi gotong royong, hari bebersih. hari bebas, karena bisa keluar asrama dan jajan diluar, bisa ke malioboro atau mirota kampus:D

Selain pengalaman seru ada juga pengalaman horor…tapi tetap dibikin seru:) karena tanah yang dibangun jadi pesantren awalnya adalah tanah pemujaan, tempat orang bermaksiat, ngalap berkah, bau bau klenik, sang kyai membeli lahannya dan bangun pesantren. Jalan dakwah beliau untuk berkontribusi terhadap umat islam didaerah sana.

Banyak gangguan dari makhluk halus sebangsa jin juga banyak, awal awal takut tapi lama kelamaan kita jadi terbiasa. Manusia masa kalah sama makhluk alus..siapa yang lebih sempurna diciptakan:)

to be continuied ..)))**digangguanakpanda**