18

Tentang Wamil

Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 – 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu dan biasanya diadakan wajib untuk lelaki.*sumber mbak wiki*

Apa sih yang dikhawatirin ketika kenal pria turki?

1432937974326

sumber:hurriyet

dia udah ikut wajib militer atau belom:D

Wajin militer atau disingkat Wamil,  di Turki lebih dikenal dengan Askerlik. İni program wajib untuk para pria Turki sampai batas waktu tertentu. Semua warga yang ber ktp Turki baik yang tinggal di dalam negeri atau diasporanya yang masih pegang pasport Turki wajib jalanin wamil.

Jika benar benar tidak bisa jalanin biasanya harus bayar kompensasi ke negara yang jumlahnya lumayan buat beli 1 unit apartemen.

Tentang denda ini sempat jadi kontroversi didalam negeri, karena tentu saja memudahkan untuk mereka yang lebih berduit mangkir dari kewajiban ini, tapi dapat info dari teman, walau bayar denda tetap ada wamil dengan waktu lebih singkat.

Untuk yang lulusan universitas, wamil biasanya dijalani hanya setengah tahun saja biasanya mereka tidak turun kelapangan langsung tapi tetap akan diperbantukan di instansi militernya, dan untuk yang jalanin wamil lulusan SMA, hampir 1.5 tahun.

Kalau ada yang nunda nunda wamil biasanya mereka yang sedang melanjutkan study, atau yang sedang jalanin bisnis.

Babapanda jalanin militer 1.5 tahun, karena cita citanya emang jadi tentara walau ga kesampaian *dalam hati  saya: alhamdulilahhhh ga kesampean:D*** 

Dia cukup menikmati pengalaman nya jalanin wamil di kota diyarbakir Turki. Diyarbakir ini kota didaerah perbatasan Turki, rata rata suku kurdi yang menempatinya dan  banyaknya separatis dan simpatisan  pemberontak kurdi, lumayan beresiko karena ditempati langsung di garda terdepan:0

selama jalani wamil, selain dilatih bela negara, pegang senjata dan banyak olahraga—makanya kalau pria Turki ikut wamil bisa pada sixpack perutnya,tapi begitu kelar wamil pada melendung lagi :D:D—karena latihan yang ketat, bangun subuh, disuruh olahraga, dikasih makanan yang ga nafsuin katanya jadi bikin mereka cepet pada kurus heheh.

Wamil yang dijalani si babapanda benar benar bukan cuma latihan perang. Tapi Turki memanfaatkan tenaga warganya untuk bela negara juga, si babapanda  pernah bercerita masa masa terberatnya wamil, harus naik turun bukit ngamatin pemberontak. Seringnya wamil inipun memakan korban:( banyak pemuda yang syahid di medan perang beneran.

Begitu kelar wamil dapat sertifikat kalau sudah jalani wajib militer. Sertifikat ini berguna banget, kadang dibutuhin juga untuk melamar kerja, ada beberapa instansi yang minta bukti ijazah bahwa yang bersangkutan sudah wamil. Termasuk si babapanda waktu daftar cpns, bukti wamil nya harus terlampir.

Rasanya untuk menghapus wamil sulit di Turki, karena posisi negara yang strategis ditambah negara timur tengah disebelahnya rawan konflik, ditambah separatis Pkk selalu merongrong Turki. Terakhir ada serangan BOM bunuh diri di ibukota ankara hampir 100an orang meninggal dunia.

Dan kelak kalau anakpanda tetap milih jadi warga negara Turki, diapun akan jalanin wamil..ohhhh nooo-.-‘

 

Oh ya ada tradisi unik setiap warga yang mau lepas anak laki lakinya wamil, biasanya para pemuda ini jalanin konvoi arrghhh…unik namun ngeganggu sebenarnya, mereka pake acara joget joget..hellooooo…terus konvoi bunyiin klakson dan nembakin senjata ke udara..iniii yang paling ngeganggu-.-

Semua pria Turki WAJİB…yup termasuk warganya yang berkebutuhan khusus pun wajib jalanin. Untuk warga yang berkebutuhan khusus wajib militernya cuma 1 hari, dan itu sebenarnya cuma model perkenalan sama militer Turki, mereka dikenalin baris berbaris, dipakein seragam juga, dikenalin sama militer turki termasuk persenjataannya. Kebetulan kami punya keponakan laki laki berkebutuhan khusus, dia sudah masuk umur untuk wamil, dia jalanin wamil 1hari, wamilnya menyenangkan menurut saya:) tentara  berkenalan sama mereka lebih dekat, ga ada tampang komandan garang, tapi prajurit dan komandan komandan yang memeluk hangat warganya untuk bisa lebih cinta tentara dan tanah airnya. program khusus wamil 1 hari biasanya diadakan di lapangan belediyesi*pemerintah lokal*

100520121743513770291.jpg

wamil untuk warga berkebutuhan khusus*sumber:ggl*

23651_1383762963691_3848617_n

jaman si babapanda mau berangkat wamil

4325_1124868851500_1063332_n

pelatihan pelatihan si babapanda selama wamil

21837_1336517502584_4163533_n

24760_1343623000217_4536988_n

selama ikut wamil dijamin  pada punya perut sixpack, begitu wamil selesai back to onepack….

 

 

 

Advertisements
0

untitled

Buka socmed dengan tema parisattack ?

Banyak reaksi,….

Ada yang lagi lagi disudutkan..

Guyonan tentang pasport ‘heybatt’ yang tidak kebakar atau ancur..ehmm

Saya cuma ngamatin, akan ada skenario apalagi…

Berasa kayak nonton drama penuh konspirasi, banyak aktor ‘heybat’ main di belakang layar, ada perang opini media, lalu jadi trending topic disegala socmed.

Oh dunia…

Apa fitnahdajjal sudah semakin menyerang bertubi tubi…

saya bersimpati atas tragedi kemanusian, bukan cuma paris tapi diseluruh dunia, bukan cuma tentang palestina dan syuriah..termasuk saudara saudara setanah air sendiri yang kemarin pun terkurung Asap…hak hidup, bernafas, hidup damai, rukun, sejahtera? terampas oleh orang orang ‘dibalik layar’ yang merasa tidak akan tersentuh hukum dunia!

Untuk saya: Tuhan itu ada…,

 

 

14

Lagi nikmatin K-drama

Belakangan ini lagi asyik nikmatin K-drama, jadi lupa update blog hehehe..

Tentang K-drama atau drama korea, terus terang saya bukan penggemar berat tapi cukup menikmati juga beberapa judul drama yang menurut saya ceritanya bagus, apalagi sekarang mulai masuk musim gugur, frekuensi keluar rumah juga jarang, lumayan isi waktu buat menikmati drama drama menarik lewat layar kecil handphone.

Yup..cuma lewat handphone android, karena laptop selalu dikuasain anakpanda dan babapanda-.-. İnternet, koneksi Wifi adalah hiburan kami dirumah, saya dan babapanda sepakat untuk ga punya TV dirumah. Yang hasilnya bikin si anakpanda norak kalau ketemu TV layar lebar di rumah amca nya:D maaf ya nak…

Oh ya..selama nonton Kdrama saya kok demen ngamatin wajah pemainnya sambil nebak nebak, hee kira kira operasi plastik ga ya:D:D ada beberapa wajah pemain yang menurut saya ganteng dan cantiknya ga alami, misal hidung yang terlalu besar, eh jadi inget haji jeje..tapi OK lah saya kesampingkan masalah fisik mereka, tapi saya akuin beberapa akting pemainnya luar biasa. Bisa mengaduk aduk emosi yang nonton, beberapa kali juga saya keluar air mata atau juga tertawa.

Salah satunya drama yang saya tonton: kill me, heal me: tentang seorang pria yang memiliki penyakit kepribadian ganda, asli saya jatuh hati dengan karakter yang di main kan Ji sung terutama Ahn Yo  :d ini ada cuplikan video tentang ke pribadian yang muncul bernama yoo na.

na

cukup menghibur dan juga nguras air mata. Jempol empat deh buat aktornya.

Saya bukan penggemar Kpop:D *tau umurlah*

Dan hari ini saya baru tau kalau Si won itu vokalisnya super junior..LOL...duhh tanteee kemaneee aje-.-‘

Gara gara saya nonton salah satu drama: she was pretty, ada karakter yang dimainkan choi si won, saya penasaran  siapa ni orang, baru baca profil nya di internet..weww ternyata dia beken yakk..aduhh tau nya cuma merk mi-won-.* padahal dia udah nyampe amrik..dadah dadah di red carpet sama artis holywood…dan saya baru tahu hari ini tanggal 3 november 2015 kalau dia itu artis korea yang tenar…*diguyursebaskomkimchi*:D

Apalagi yah…

Oh ya kalau lewat hp saya nonton pake app dramania, saya install saja dan cukup nonton online  lewat aplikasinya. Biasanya nanya nanya sama temen yang saya anggap sudah khatam semua Kdrama, beliau tinggal di lisbon portugal rajin kasih referensi drama drama bagus, dan seorang teman lama yang tinggal di singapore, selau rajin ngajak diskusi via WA untuk bedain nama aktor aktor korea yang saya kira sama aja mukanya, bahkan sempat sempatnya tengah malah ngirimin foto oppa oppa..alias aktor aktor korea yang menurut dia mukanya beda dan saya suruh ngafalin..haha..duhhh nyebut namanya aja kebalik balik terus-.-‘Saya nikmatin drama dramanya tapi suka lupa nama para pemainnya dan si teman saya ini selalu bisa jawabin…kalau saya tanya.

Mungkin karena sesuai umur yang udah kepala 3:)

Saya pilih pilih juga tontonannya, rada males kalau nonton Kdrama yang temanya tentang anak ABG sekolah…jadi milihnya yang rada rada sesuai umur: Tentang hubungan orang dewasa, keluarga, problematika pekerjaan.

Kalau melodrama yang melow melow saya juga kurang suka, saya suka yang ceritanya  susah ditebak, karakter karakter yang dimainkan bagus. Dan Unsur komedi yang banyak selain adegan kissing yang overdosis:P

Dan sejauh ini saya masih menghindari tontonan Kdrama yang temanya tentang makanan huaaa…daripada bikin ngiler mending ga usah nonton, makanan asian susah di Turki, kalau di indonesia sih gampang nyarinya.:D

Kalau saya perhatiin  hampir semua Kdrama selalu ada adegan minum alkohol ya, soju..bir dkk..

patah hati, pulang kerja, stress…bahkan kumpul keluarga kayaknya mereka selalu nyediain alkohol? hee apa itu memang budaya sehari hari orang korea? saya jadi penasaran.

Warung tenda di musim dingin, nikmatin daging panggang sambil nikmatin soju. Pasti ada aja adegan ini.

Sang pria yang selalu bergelar CEO, presiden direktur, anggota keluarga konglomerat *chaebol* wow aja dah:D

Beberapa drama banyak kemiripan 🙂  Dan selalu ada dua pasangan yang bahagia dan dua pasangan yang patah hati:D

OK itu menurut saya aja sih