18

sinetron Turki yang sedang saya ikuti:D

star-ekranlarinda-bu-yaz-kiralik-ask-var,15HFfhbBW068RxUR-vXtNw

yağmur dinmiyorsa
yollar bitmiyorsa, sen üzülme bi gülümse gel benimle
hey şey bitti derken, şansım döndü birden
Aşk öyle bir mucize
benimle gel gülümse gel hayat bazen zor olsa da yine güzel.
sen misin ilacım…
Ben kalbinde bi kiracı
yerleşicem sımsıkı ben Aşk basladı (gel hemen)


(şarkı sözü) -aydilge-

Belakangan ini saya sedang nikmatin serial Tv di star TV turki setiap jumat malam jam 20:00, Berhubung dirumah masih belum punya tivi:D*belum niat beli* jadi nikmatin via internet atau youtube saja. Judulnya: Kıralik ask (cinta sewaan)

ehmm ini sebenarnya dalam rangka belajar bahasa Turki yg masih blepotan…jadi milih milih nonton dizi atau serial TV yang kira kira  asyik ditonton.

Ternyata serial baru ini mulai banyak fans nya-entah masuk indonesia juga ga:D entar— tapi saya rekomen deh..seru juga, walau kadang masih terbata bata dengerin dialognya-terus di kolom komen youtube selalu ngarep ada yang nulis dialognya dalam bahasa inggris:D:D

Kisah defne dan ömer diperanin oleh artis muda: elçin sangu*duh surname nya lucu juga…makkk menta sanguuuu…*nyarios sunda****

pemain pria nya :baris arduç, silahkan googling…kalau mau ngukur tingkat kegantengannya..LOL..tapi senyumnya emang manis.

si cewek rese nya di perankan dengan apik oleh sinem özturk (yasemin) tapi kocak juga..se rese nya  dan baper sama omer..sisi lain yasemin..ni orang gila selfie dan eksis di instagram wkwkw…lebih ke comedy romantik…*soalnya males nonton yang nguras air mata* lebih banyak hiburan dan ketawanya.

kalau mau ikutin serial tv nya via youtube bisa di link bawah ini, sekarang baru masuk episode 10…

Advertisements
3

museum penjara

Waktu main ke Ankara, saya sempat pinjam buku teman , novel sejarah Api tauhid karya kang abik, 2 harian saya ngebut untuk baca 564 halaman:D*kalo lagi niat baca..cepet selesai yang tandanya itu buku bagus*

Bukunya mengangkat kisah hidup bediuzzaman said nursi, salah satu ulama besar Turki. Sebenarnya saya sudah baca kisah said nursi sebelumnya, sempat dihadiahi teman juga buku tentang beliau, ditambah si babapanda sempat jadi tholabun nur -nya juga selama 2 tahun. Babapanda punya koleksi kitab risale nur lengkap, sayangnya saya belum bisa baca-.- karena semua buku dalam bahasa turki osmanli, sedikit berbeda dengan bahasa turki sehari hari.

Jadi tulisan kang abik yang dikemas dalam novel sejarah jauh lebih menarik saya baca sementara ini, dikarenakan keterbatasan bahasa turki saya kalo baca kitab risale nur punya babapanda:D:D

Api tauhid dan perjuangan untuk tetap membumikan islam di tanah Turki…

selesai baca karya kang abik ini(saya rekomendasiin ya untuk baca)rsz_1bukupct2bapipct2btauhid

Lalu host saya dea dan mustafa mengajak jalan ke museum penjara tua.Jalan jalan ke museum. Mustafa-suaminya dea- nama yang sama dengan si babapanda:D- banyak menceritakan sejarah tentang beberapa tahanan yang pernah dipenjara.

11891207_10207106341837733_5366265619869839056_n

11885357_10207113388173887_4947116168434250313_n

tiang gantung asli:1926-1982

11892196_10207113077326116_2348618921616963544_n

barang2 peninggalan si ustaz selama dipenjara lalu dihukum gantung

Daftar nama nama orang di atas menarik perhatian saya, Mereka yang tertulis di kertas itu adalah daftar tahanan yang dikenakan hukuman gantung! yup hukum gantung pernah berlaku di Turki, Orang yang pertama di gantung seorang ustaz dimasa rezim sekuler awal berkuasa, dia tidak ingin menggantikan sorban nya dengan topi khas eropa. Para tahanan politik dan orang orang yang dituduh komunis.

Si ustaz yang berjuang untuk mempertahankan akidahnya, menentang sistem sekulerisme yang baru saja masuk Turki lewat pendiri republik negeri ini, yang mau menjauhkan ruh agama dari rakyatnya, meredupkan sinar islam yang telah beratus tahun mengakar kuat di bumi ottoman.

Hanya karena sorban!

Di museum inipun di pajang foto salah satu murid bediuzzaman said nursi.

Betapa perjuangan untuk tetap menyalakan api tauhid di tengah gempuran sekulerisme diawal republik ini berdiri..luar biasa…

rasanya kontras karena saya mengunjungi dua kutub berbeda: Anit kabir vs museum penjara:

si penguasa vs korban kediktatorannya….

 

9

Memenuhi rasa penasaran

Akhirnya menjejakkan kaki juga ke Anit kabir.

İni pengalaman pertama saya selama di Turki.

Anit kabir: lokasi dimana museum dan bapak sekuler Turki mustafa kemal attaturk di semayamkan.

Lokasi ini berada di ibukota Turki, Ankara.

Beliau tidak dikubur dalam tanah, mayatnya di awetkan dan disimpan didalam peti yang di marmer.

Wowlohualam…

Cerita tentang akhir hidup beliau sudah tersebar keseluruh dunia.

pengalaman saya menginjakkan kaki ke anitkabir hanya datang sebagai turis  bukan sebagai pengagum beliau…

Biarlah urusan dosa dosanya terhadap islam, urusan dia dengan Tuhannya.

Tapi ada pengalaman sedikit mistik buat saya datang ke tempat ini:

Si anakpanda sering rewel, dia kurang nyaman berada ditempat ini.

Teman saya sempat nulis lewat inbox: agar lain kali tidak mengajak balita ke tempat seperti ini, penuh aura negatif ujarnya.

lalu saya pikir, benar juga, karena saya jadi membandingkan kondisi anakpanda yang sering saya ajak ziarah di istanbul, ke makam muhamad al fatih atau makam para syuhada dan juga sahabat nabi dan terakhir ke makam politikus islam turki muhsin yazicioglu, kondisi dia biasa saja, dia menikmati  saja acara ziarah tanpa rewel. Datang ke anitkabir dia kurang suka. esoknya saya ajak ke museum penjara yang terkenal horor dan lihat tiang gantung: biasa aja anaknya, tidak merasa terganggu.

Mungkin 1x saja sudah cukup buat saya memenuhi rasa penasaran:)

3

Bukan hoax

16496_10205071406884618_1330568197096511514_n

ini bukan hoax…..:))

Dibalik sifat keras, tempramen yang kadang naik turun, Orang Turki murah hati, Buat mereka ‘ikram’ atau bersedekah baik ke sesama manusia atau hewan..sama nilainya…

Ga heran..kalau  ada tempat khusus yang disediakan pemerintah untuk makanan hewan liar,

ga heran juga saya melihat di tiap pojokan jalan selalu ada aja wadah air atau makanan hewan…anjing liar tidak akan kelaparan.

Kebiasaan menjelang musim dingin…selain ngurusin manusianya..hewan hewan juga dipikirin…

Untung saya ga cerita ke si babapanda…kalau di indonesia….ada jg yg menjadikan anjing sebagai santapannya*mungkin dia pingsan kalau liat* jenavar gibi..

Dan banyaknya warung pecel lele yg menyediakan burung dara goreng..:D

Kenapa di istanbul kucing liarnya semok semok? ya insha alloh mereka ga kelaparan disini.

Ayo contoh yang baik baik nya…saya belajar banyak sama orang turki tentang cara menyayangi binatang…belajar ga takut sama anjing:D*karena ternyata disini banyak yang miara anjing hoho..kalau saya jujur..tertariknya miara panda..buat maskot blog:))

5

:D

11887834_825746090854482_4262616413881477031_n

kemarin ada teman yang share tulisan ini di laman FB: kita yang lihat pada komen lucu…:D malah ada yang sengaja memakai kaos bertuliskan seperti di atas.

Dan tulisan ini bukan sekadar nyindir tapi kenyataan:D

7

Malu bilang rindu

Jadi akhir juli kemarin saya ada rencana mau ikut halal bi halal dengan sesama WNİ di istanbul, udah siap masak masak pula dirumah. Karena yakin besok pagi saya ikut piknik bareng.

Rencana tinggal rencana, ketika siang hari si babapanda telpon dari tempat kerjanya, ngabarin mau pulang cepat  kerumah dan siap siap pergi ke izmir city sorenya! jreng!! lhaaaaa

Pas nyampe rumah, tampak wajah kelelahan dia, mana cuaca istanbul sedang  panas panasnya, dia langsung mandi, ganti baju, istirahat nunggu saya nyiapin makan siang yang akhirnya ga keburu karena kelamaan.

Ditangannya sudah ada tiket bis ke izmir, dan tiket untuk service jemputan bis nya.

Dan akhirnya dia cerita, Tadi siang dapat telepon dari orang ga dikenal yang mengabarkan baba nya berada di terminal kota izmir sedang kesakitan..!

Baba mertua di izmir! bikin panik babapanda, langsung saja dia ajukan jatah cuti ke atasannya sekalian 10 hari karena ga memungkinkan minta izin terus, dia berangkat ke izmir untuk jemput baba nya.

Rencana ikut gabung piknik keesokan haripun batal, rencana ambil cuti untuk liburan ke kota lainpun seeprtinya tertunda karena kondisi yang tidak terduga.

Babapanda jemput baba nya, sore berangkat dari istanbul lalu esok paginya sudah balik lagi ke istanbul.

Alhamdulilah orang yang menolong si baba di kota izmir orang yang baik, dia juga yang mencari kontak tempat kerja si babapanda dari internet untuk mengabarkan kondisi baba mertua ini.

Baba mertua memang dalam tahap pengobatan, sakitnya macem macem, sampai saya ngeri sama berapa banyak jenis obat yang harus di minum.

4 tahun lalu sempat operasi jantung, lalu pendengaran beliau memang sudah terganggu, hipertensi dsb juga.

kepergianya ke kota izmir ini…hanya karena sebel di marahin si anne!! gubrakk!!

si Anne sedikit cerewet karena si baba mogok minum obat, si baba udah lelah secara psikis hidup bergantung sama obat obatan dimasa tuanya, titik jenuh dan tidak ada habis habisnya harus tetap bergantung sama obat. dia marah dan pergi aja nyelonong ke terminal nge bis, kota yang dituju selalu izmir bukan istanbul, heee ternyata karena dimasa muda nya beliau pernah mengadu nasib di kota izmir, jadi katanya kalau suntuk dia selalu jalan ke kota ini sendiri.

Nah masalahnya sekarang sudah tua, jalan pake tongkat pula,pendengarannya sudah berkurang. nyampe izmir yang ada ambruk pula untung ditolong orang baik disana.

Akhirnya bikin panik keluarga, babapanda pun jemput baba nya untuk dibawa ke istanbul sekalian.

sudah hampir setengah bulan beliau bersama kami disini, beliau ini pendiam. ngobrol seperlunya.

Babapanda dengan telaten ngurus babanya, saya kebagian servis masak saja, anakpanda bertugas ngehiburnya.

Bergantian dengan kakak ipar berbagi tugas ngurus si baba. di istanbul langsung diajak kontrol ke dokter lagi:D yang awalnya bikin beliau ga suka, tapi demi kebaikan dan kesehatan dia juga, lalu beli alat baru untuk bantu pendengarannya.

Ada yang menarik melihat romansa kedua mertua yang sudah sepuh ini…si Anne di telpon dan bilang minta maaf sama si baba, tapi si baba masih ngambek:D

ga mau ngomong sama anne, tapi tetap nanyain kabarnya lewat anak yang udah nelponin..

kocaknya si babapanda malah mendramatisir…sampai babanya berkaca kaca…

sampai dipancing: kangen ga sama anne, ..

ah ngapain kangen…

terus berkaca kaca mau nangis..lahhhhh

minta pulang..tapi belum dikasih izin sama anak anaknya disini, sampai medical check up nya selesai semua.

ditawarin jalan jalan di istanbul pun ga mau…ditanya kangen istrinya ga..tapi gengsi jawab…

*beda lah sama ABG:)) bahasa cinta nya*

mereka cuma tinggal berdua serumah, tapi anak cucu ada yang berdekatan tinggalnya..jadi terbiasa berduaan..

gecmis olsun baba…sabarrrr yaaaaa…entar juga pulangggg11811412_1618250411772952_1841025402348749894_n