Lebaran keluargapanda

11709754_1612627679001892_3558931869040648434_nselamat hari raya idul fitri buat semua teman teman blogger dan juga  yang rajin blogwalking di hosgoru.wordpress.com

Bagaimana suasana lebaran nya:D

Kami..alhamdulilah…ga masak apa apa:D:D

eh bikin kestengel ding..udah itu aja! Pagi pagi…si babapanda pergi sholat ied, kami berdua beberes dan siap ke rumah amca nya anakpanda buat kahvalti bareng, ehm menunya tetap turkish foods, ga ada rendang dkk..hehe alhamdulilah masih bisa ketelen… zaitun, telor rebus, fetacheese..kalau kata temen: gileee lu lebaran menunya menu diett ..hussss:D

Sehabis sarapan bareng, ikut si amca silaturahmi ke rumah mertuanya, sedang si babapanda ga ikut, karena sore harus masuk kerja. Sebelumnya ke rumah tantenya si yenge dulu, menu lebarannya:

10915251_1612644072333586_9219072348701285690_n

anakpanda makan menu lebaran

Segelas ayran (yoghurt cair yg dikasih garem) yaprak sarmasi–daun anggur gulung- baklava, yg kecil2nya bakava papatya.

EHmmmm

kebetulan tantenya si yenge ini kalau bikin sarma, enak banget. Jadi langsung ludes kecuali baklava…hohoho manisnya ga nguatin karena pake sirup gula-.-

Sebelumnya kita juga makan coklat nih..

coklat di lebaran?

Tradisi turki, nyebut lebaran itu juga:seker bayrami…ehmm panganan manis pada eksis..jadi kalau di indonesia bagi bagi angpao..disini senangnya bagi bagi permen dan coklat ke anak anak kecil yang mengetuk pintu rumah kita sambil ngucapin salam lebaran, terus dikasih coklat atau permen, biasanya mereka datang gerombolan dari rumah ke rumah ngumpulin coklat dan permen– ada juga yang ngasih duit receh-tapi termasuk jarang. lebih banyak yg ngasih coklat.

Dan menjelang lebaran, hampir semua supermarket dan pasar traditional menjajakan aneka macam permen dan coklat, ada yang perang harga juga, dan iklan iklan TV  juga serba ‘manis’ coklat, permen.

10713_1612628725668454_5254606207298027031_n

coklatttt yg nyoklattttt bangettt

Lumayan nih kalau mau lebaran bisa berburu coklat unik unik dan banyak varian rasa, terutama buat para penggemar coklat:) datang aja ke turki hehe.

Pulang sore, si anakpanda langsung tepar karena kurang tidur siangnya. Kumpul dirumah mertuanya kakak ipar, udah kami anggap keluarga sendiri di istanbul, karena babapanda cuma sama kakaknya aja yang menetap di istanbul, hampir semua keluarga besarnya tinggal di corum city dan sebagian kecil di ankara. Kami juga ga mudik, karena libur idul fitri yang cuma 3 harian*yg resmi dari pemerintah*

İdul adha atau kurban bayram, adalah hari raya besar nya, jadi idul fitri disini..biasa aja. Lebih semarak idul qurban, dan acara mudik nya pun biasanya lebih ramai ditambah libur resmi pemerintahpun lebih lama.

Tapi apapun itu…ga akan menghilangkan makna nya…

Hari raya..hari kemenangan…

semoga kita selalu jadi pemenang dalam melawan hawa nafsu, dan terus memperbaiki diri ,menjadi pribadi yang lebih baik di 11 bulan mendatang , dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan yang penuh berkah…

Beda kultur, beda bangsa, tetap satu agama. Walau perbedaan cara menyambut hari raya…menusuk rasa rindu semaraknya hari raya di tanah air…ini lah resiko pernikahan beda bangsa:) mau gak mau harus bisa menerima pasangan dengan kulturnya…so nikmatin aja lahhhhh…

Maaf lahir batin semuanyaaaa:))

Advertisements

5 thoughts on “Lebaran keluargapanda

  1. wah, beda banget lebaran di turki dengan di indo. di indo begitu sangat meriah. tradisi mudik, sungkeman, kumpul keluarga besar, opor ayam + ketupat + sambel goreng hati, temen sosmed turki aku juga terkesan biasa aja menyambut lebaran. beda dengan masyarakat di indo yg selalu excited. mungkin ini karna budaya sekularisme di turki. aku doakan semoga tahun depan bisa ngerayaain lebaran di tanah air tercinta yaa mba.

    • bukan krn budaya sekuler nya mba, saya udah nulis: lebaran idul fitri di anggap biasa aja…krn emang cm di indonesia aja yg heboh..dinegara2 arab pun..dirayakan ..ada sungkeman jg selanjutnya biasa aja..tp entar idul kurban baru kerasa banget lebarannya disini, mereka lbh memaknai lebaran idul adha..yg hebohh kan cm org indonesia dan malaysia…rempong dgn berbadai masakan dsb..:D

    • kl lebaran emang simpel, serba manis..sekadar kue2 aja…nah tapi kl hari2 biasa, misal ada tamu, undang makan, itu menu rumahan org turki serba wah loh..mereka selalu menjamu tamu dengan baik,ga ada judul menu seadanya,krn mereka selalu percaya, ngundang tamu itu berkah,tamu bawa rezekinya sendiri, jadi kl mau makan enak..ga mesti nunggu moment lebaran…:D*ga heran sih body emak2 turki bohay semua*dan masuk kategori bangsa pemakan daging terbesar-.-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s