sisi lain Turki (Dear turkish Hunter )

Adana'da esi 33 yasindaki Hasan Karabulut'u yatak odasinda tabancayla olduren 28 yasindaki Cilem Dogan, cinayeti namusu icin isledigini belirtti

Adana’da esi 33 yasindaki Hasan Karabulut’u yatak odasinda tabancayla olduren 28 yasindaki Cilem Dogan, cinayeti namusu icin isledigini belirtti (hurriyetdailynews)

silahkan baca link berita di bawah ini, berita yang hampir tiap minggu muncul-.-(berita tentang kekerasan dalam rumahtangga di Turki)

kasus 1

kasus 2

Dear Turkish Hunter..

Or siapapun kalian yang sedang memiliki relationship dengan WN Turki,

Saya tidak akan menulis tentang keindahan Turki semata , pariwisatanya yang menjadi tujuan turis dunia, atau pemandangan selat bhosporus yang selalu membuat jatuh hati siapapun yang menjejakkan kaki di tanah ini.

Lelaki Turki…

Terutama untuk kalian wahai perempuan indonesia:)

Jika berpikir nasip seorang bisa sama karena memiliki kesamaan cerita…

Tapi ingat: karakter setiap orang berbeda..

Berhati hati itu perlu..

jangan terlalu dibutakan dengan rayuan maut dan tebaran pesona wajah ganteng perpaduan barat dan timur nya…

Selidiki…

kenali lebih dalam

Saya tidak nakut nakutin: Tapi faktanya di Turki, Hukum masih kurang berpihak terhadap perempuan.

Didaerah tertentu yang masih kental memegang ‘kultur’ kerasnya, mereka tidak akan segan segan menodongkan senjata jika keluarga ada yang berbuat aib.

Jadi jika hatimu tertaut dengan laki laki Turki: berdoa lah, campur tangan Tuhan dalam menentukan pilihan hidupmu bukan karena mimpi tinggal di negara baru.

Tidak semua memiliki nasip dan keberuntungan yang sama dipertemukan dengan orang baik, semua butuh proses yang panjang..

saya tidak menjelek jelekan pria turki umumnya, saya hanya kasih gambaran……

kendati kasus seperti ini bisa saja terjadi dimanapun termasuk di indonesia.

Prosentase yang besar di turki dan masih menjadi polemik di tengah masyarakatnya.

Menikah bukan hanya tentang dua hati yang dipersatukan..

Ada imigrasi dan setumpuk undang undang tentang dua negara yang harus tahu dan dipelajari..,sehingga kelak tidak masuk dalam deretan ‘korban’…

Saya yakin perempuan indonesia..pintar pintar!  Pilihlah bukan karena jual tampangnya…

sikap dan karakternya..kenali, jika dalam tahap perkenalan saja sudah tidak ada respek dan mau mengatur penuh..dan sebagainya yang membuat hati kamu bertentangan…

ada baiknya pikir ulang…

Tinggalkan lelaki pengecut yang berani main tangan…itu sudah awal yang buruk…

juga termasuk yang berani berkata kasar…

Tidak semua tentang Turki itu indah……

karena saya bukan dalam kondisi berstatus Turis di negara ini….

sisi lain tentang penegakan hukum di Turki dalam kasus rumahtangga masih terlalu lemah…

Hampir tiap minggu ada saja media yang mengangkat berita tentang ini.

Adat turki yang kuat tentang harga diri dan kehormatan keluarga menjadi salah satu pemicu juga.

Masih terekam kuat dalam ingatan saya ketika si babapanda ditelpon rekan kerjanya untuk segera pergi ke rumah sakit.

Ternyata dia membantu temannya selama di rumah sakit, sang teman yang ditusuk pisau dapur oleh istrinya yang terbakar cemburu, selepas perang mulut di hadapan ke dua anaknya, si istri gelap mata langsung menghujamkan pisau tepat di jantung suaminya…ngeri!

Sang ibu masuk penjara, sang ayah meninggal dunia, kedua anaknya diasuh oleh kakek dari pihak ayah nya.

Kekerasan rumah tangga terjadi dimana mana…di Turki pun angka ini meningkat tiap tahunnya.

Saya tidak menakut nakuti…

paling ga..dengan banyaknya kasus yang sering terjadi di Turki, menjadi bahan pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan.

salam:)

Advertisements

24 thoughts on “sisi lain Turki (Dear turkish Hunter )

    • pendidikan tinggi ga menjamin juga, terakhir ada kasus bahkan wanita yg berpendidikan tinggi gelar master, jadi korban kekerasan dr suaminya juga hingga menyebabkan dia koma-.-, sekolah agama banyak di turki disebut:dershane. :peran keluarga yang ngaruh , kl biasa keras, menghasilkan pribadi laki2 kasar jg,kasus banyak terjadi didaerah turki selatan,dimanakultur masih berperan kuat mempengaruhi, ada orangtua yg menembahk mati anak dan suaminya yg kawin lari, krn si lelaki tdk bs menuhi syarat mahar yg diminta, untuk diperkotaan besar, gaya hidup, sprt alkohol, narkoba jg pemicunya.sayangnya byk kasus yg berakhir dipengadilan tdk memihak perempuan sbg korban.

  1. Ya ampunnn…. Gak jauh beda sama di Indo, brita tntang KDRT juga sering msuk bahkan yg msih berstatus pacaran pun banyak yg pake kekerasan bahkan tak jarang ada pria smpe ngebunuh pcarnya lantaran cemburu.
    Ohh iya mbak tpi itu kmbali ke pribadi masing2 kan mbak (?)
    Hmm gak smua pria turki itu kasar kan mbak (?)

    Semoga sii dia kgak gitu ya allah O:)
    Alhamdulillah sejauh ini dia gak prnah ngatur2 atau aku hrus kek gini atau kek gitu…. Pkoknya smoga dia pria yg baik ya allah O:)

    • ga semua pria turki kasar, tapi perlu di garisbawahi: karakter kerasnya pasti tetap ada:D itulah kenapa kita disini suka ledek2an kalau menikah sama pria turki nambah surname baru: sabar

  2. Wah ternyata di sana kasus KDRT juga banyak terjadi ya mbak. Tapi ya bener sih, balik-balik ke orangnya ya. Kalo nemu yang baik, pasti langgeng kan ya 🙂

  3. jadi memang lebih enak dengan wanita dari negara sendiri. jadi bahan pertimbangan lagi. jodoh mah dibuat mengalir aja kayanya mbak

    • jodoh bs dr mana aja, wanita dr negeri sendiri jg ga jaminan, kl dlm islam diterangkan antara:kecantikan, kedudukan dan keimanannya, pilihlah yg keimanannya, ini berlaku buat semua ras didunia, kl akhlaknya baik pasti bs jadi jaminan

  4. Bagus banget postingannya mba rahma sebagai pengingat, emang bener..suami pernah cerita “kalo bule inggris ada konflik gara2 mulut rata2 takut sama org turki, soalnya bukan mulut lg yg ngomong tapi tangannya yg langsung main peran” 😀

    • Waduhhh, cerita nya serem juga hehe, jarang2 komen jd pengen ikut komen, tp gak semua cewek indo gampang kena rayuan orang turky sihh klo yg pinter2, termasuk aku ada cowok turki di jakarta suka sampai kejar2 juga pun aku gak mau buru2, bahkan ada cowok yg tinggal di turky yg suka sama aku juga, bahkan hampir mau dtng ke indo pun masih aku cukein aja, gak tau kenapa saya terlalu teliti soal cowok dan saya bukan yg penting karna bule dan gateng , dan kaya klo menurut ku bule jg manusia banyak yg jelek, dan gak kaya, ada yg pas2 san juga, yahhhh sama ajalah kaya kita orang indonesia,…hihihih

      • hahah iya dennis, mending teliti baik2.., banyak yg masih andelin tampang, emang kl tampang bs menang..tapi karakter..harus bener2 diliat-.- jangan sampe nyesel belakangan itu aja

    • iya..orang sini, ga cm adu mulut,adu fisik aja langsung, pernah liat di jalan, si supir bis nyerempet mobil sedan, ga terima.bukannya diselesain baik2 malah ngajak duel. dilampu merah..kl kata suami:serefsizzz tuh dia…

  5. ternyata serial turki yang tayang di Indo itu menceritakan benar yah, kalo ternyata di turki orang tua bisa saja membunuh anaknya karna telah membuat malu. tadinya aku lihat cerita di serial itu antara percaya dan ngga. karna dalam pikiranku turki adalah negara yg menganut budaya barat masa iya masih ada hukum-hukum begini, dan kalopun emang bener ada, keadilan hukum disana gimana, apa hanya jadi penonton doang. dan ternyata setelah mba nulis begini aku jadi percaya. kejam yah mba ternyata orang turki. sekejam2nya orang tua di indo ngga akan deh sampe membunuh anaknya. contohnya di indo banyak yg hamil di luar nikah, tapi ngga sampeh di bunuh tuh anak.

    • karakter mereka tegas dan masih ada sebagian yg menganggap harga diri keluarga di atas segala2nya, hukum disini sebenarnya tegas untuk beberapa kasus tapi kalau untuk kasus KDRT herannya suka banyak kompromi dan selalu memenangkan pihak pria,makanya banyak kelompok hak perempuan gitu berjuang juga. turki itu mengadopsi budaya barat setengah2..yang hedon nya aja di adaftasi, sekuler..berpakaian seksi atau akrab sama alkohol efek sekulersime jaman bapak sekulernya nya itu,tapi sebagian besar hukum mereka gaya orang timur tengah tidak mereka tinggalkan,sbg bangsa yg keras, mantan bangsa penakluk-bkn kyk indonesia mantan bangsa terjajah:)- jadi karakter ngerasa superrior masih kebawa2 hehe itu sih mnrt saya

  6. makasih mba uda shering,,jadi saya lebih berhati-hati lagi
    kebetulan saya sedang mencari info untuk laki-laki turki.. :p karena saya sedang dekat dengan pria turki yang tinggal diturki sampai sekarang.. tapi bener ga mba kalo pria turki cemburuan? kata dia semua pria turki tidak suka jika girlfriend nya jalan dengan cowo laen walaupun itu hanya teman.. (masih ga masuk akal sih ma kata-katanya walaupun saya sudah menjelaskan kalau saya tidak begitu suka dengan teman cwe :D)
    mungkin kalo berbicara teriak” saya sudah tidak asing walau awalnya sok gt hehehe.. kalo kita skype sering kaya orang marah-marah bagi saya tapi bagi dia biasa aja.. :0

  7. Di bagian bumi manapun yg namanya orang baik orang jahat karakter baik karakter buruk laki laki baik laki laki jahat pasti ada. Semoga setiap orang dipertemukan dengan yg baik untuk yang baik…..yang jelek dapat yg baik juga biar bisa ikutan jadi baik. hhee…

  8. Malah jadi penasaran dengan tingginya angka kekerasan di sana sedikit banyak dipengaruhi tidak dengan keparcayaan atau agama mayoritasnya? atau malah emang tidak ada pengaruhnya, melainkan sudah budaya orang sana ya…

    • agama tidak mempengaruhi banyak,tapi kultur mereka yg keras, leluhur mereka dulu nya kan bangsa nomaden yg hidupnya keras ditambah bangsanya menjadi pusat kekhalifahan terakhir islam sebagai bangsa penakluk, punya banyak daerah kekuasaan termasuk juga tanah suci, sebelum pecah perang dunia, runtuhnya kejayaan, bukan bangsa yg terjajah lama ..jd sedikit banyak..katanya mempengaruhi ke karakter anak bangsanya sampai skrg*untuk sisi positif jg negatifnya-.-

  9. halooo mamapanda, ahahah saya cukup sering baca soal kehidupan mama panda disana, soalnya saya punya temen turki, namanya sevda. dan kebetulan cukup akrab. niatnya awal sih liat blognya mama panda soal tugas dari dosen mengenai kehidupan keluarga di Turki, dan beberapa memang benar, misalnya soal bicara mereka yang keras, padahal temen saya kalau dikampus ngomongnya pelan banget (Ya karena takut salah ngomong) ehehhe padahal aslinya kalau udah ketemu sesama orang turki ya, subhanallah sekali wkwkkw,,, senang berbagi mama panda, lain kali share soal kebiasaan orang turki lagi ya mama panda, salam dari semarang, indonesia ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s