8

Main ke pulau

Libur lebaran?

EHm si babapanda ga dapat libur? kasian hahahah

jadi deh make waktu pas dia off aja dirumah.

Babapanda ajak kita ke prince island, salah satu gugusan kepulauan di istanbul, cukup naik ferry 25 menit dari daratan istanbul asia, kita naiknya dari kartal sahıl, harga tiket 3.5 lira.

Oh ya berhubung lebaran itu libur resmi pemerintah,sekitar 3 hari ,naik transportasi umum dapat diskon 50 persen. lumayan lah..buat jalan jalan muterin istanbul hehehe.Metrobus nya dipasang bendera turki semua, saya pikir kok lucu ya kayak hari kemerdekaan saja-biasanya kalau di indonesia- disini hari raya juga pasang bendera:D

11755865_10206884792339134_7557863835134323145_n

anakpanda kepanasan di pulau dan minta pake kacamata:D

Cuaca musim panas tahun ini lumayan menyengat, berangkat dari rumah pas jam 12 siang-nekad hahah– ini jalan jalan dadakan, tanpa perencanaan, kita bingung mau kemana,kalau nyebrang ke eropa side, kok mikirnya bakalan habis waktu dijalan, karena udah siang juga. Mikir jalan yang dekat aja, akhirnya terlintas: BuyukAda! *nama lain prince island*

Saking ramainya penumpang ferry, sampai bikin antrian mengular di dermaga, dan bisa kehabisan spot keren buat duduk.

Di pulau, bingung mau ngapain?

11693953_10206884794739194_4888187884883777041_n

salah satu lokasi renang di prince island: renang gini doang kudu bayar 25 lira:D

mau berenang? kok ya lupa bawa baju renang, tapi sebenarnya juga males, karena cuaca panasnya itu-.-

Jalan kaki bertiga, mau sewa sepeda, si babapanda takut bonceng anakpanda, padahal udah ada standar keamanannya, kursi khusus buat anak. kalau emaknya, ga sangup ah..jalanannya menanjak terus di pulau.

Oh ya, kendaraan di pulau ini kebanyakan sepeda, banyak penyewaan sepeda untuk keliling pulau, kalau yang niatnya olahraga cocok banget nih, jalannya tanjakan semua,lalu kereta kuda-mirip andong lah kalau di jogja- sewanya lumayan mahal sekitar 60 lira, kalau sepeda sekitar 5-10 lira saja, untuk penduduk lokal mereka memakai kendaraan motor listrik yang di desain khusus, di pulau tidak diperkenankan ada kendaraan bermotor kecuali milik pemerintah: mobil polisi dan ambulan. jalanannya jadi bau tai kuda kalau menurut saya:D karena saking banyaknya kuda sliweran.

Dan ehmmm yang menarik selanjutnya, mandangin villa villa mewah di pulau ini, sambil ngayal beli haahha..

banyak loh villa yang di jual, harganya..mungkin sampe si babapanda pensiun juga ga kebeli:D biasanya pulau pulau di istanbul emang identik dengan kaum jetset nya yang punya, yacht, villa..

Lokasi berenangnya ada beberapa spot, biasanya pengelola menyediakan perahu khusus untuk transfer ke lokasi berenang di pulau, dan semua lokasi ga ada yang gratis:D kecuali masuk pulaunya saja.

Pulau ini ramai dikunjungi pas musim panas, dan turis terbanyak dari timur tengah, banyak wajah wajah arab mendominasi sampai cafe cafenya pun menulis menunya dengan bahasa arab juga. Selain arab juga turis eropa lumayan banyak. bedanya jelas: kalau turis timur tengah, mereka selalu ga lupa bawa asisten asisten nya ya, mbak mbak TKW indonesia atau dari negara lain sering saya jumpai ngikutin majikannya sambil ngasuh anaknya si nyonya, tetap ga mau rempong liburan juga:) jadi sering liat gerombolannya banyak hehe.

Banyak restoran seafood di pulau ini, sebagai manusia yang ga gitu suka seafood 😀    

si Babapanda bersyukur banget..karena istrinya ga doyan dan ga maksa buat makan seafood dipinggir laut, eh tapi pernah ding sekali nyicip, waktu pertama kali main ke pulau ini, cuma pesan seporsi cumi isi 5 potong di balur tepung yang cuma dikasih garem-.- dan saosnya cuma mayonaise..hiks… udah 25 lira saja. Makannya maksa kudu bisa nelen. hambar nyahhh, tau gitu bawa kecap ya dari rumah.

Ada beberapa pulau lagi sebenarnya, saya baru kunjungi heybeli ada dan buyuk ada (ada:itu bahasan turki yang artinya: pulau)  buyukada ini pulau terbesar, dibeberapa pulau lain banyak spot menarik juga untuk diving dsb

jadi berkunjung ke istanbul itu lengkap: mau wisata sejarah, bahari, dan juga pegunungan. ada semua:)

Beberapa foto prince island dari link ini.silahkan buka link nya itu jasa tour istanbul in english..siapa tahu ada yang minat:D

Istanbul-Princes-Islands-Tour3

princes-islands-daily-tour-heybeliada princes-islands-ferry-ride-turkey

5

Lebaran keluargapanda

11709754_1612627679001892_3558931869040648434_nselamat hari raya idul fitri buat semua teman teman blogger dan juga  yang rajin blogwalking di hosgoru.wordpress.com

Bagaimana suasana lebaran nya:D

Kami..alhamdulilah…ga masak apa apa:D:D

eh bikin kestengel ding..udah itu aja! Pagi pagi…si babapanda pergi sholat ied, kami berdua beberes dan siap ke rumah amca nya anakpanda buat kahvalti bareng, ehm menunya tetap turkish foods, ga ada rendang dkk..hehe alhamdulilah masih bisa ketelen… zaitun, telor rebus, fetacheese..kalau kata temen: gileee lu lebaran menunya menu diett ..hussss:D

Sehabis sarapan bareng, ikut si amca silaturahmi ke rumah mertuanya, sedang si babapanda ga ikut, karena sore harus masuk kerja. Sebelumnya ke rumah tantenya si yenge dulu, menu lebarannya:

10915251_1612644072333586_9219072348701285690_n

anakpanda makan menu lebaran

Segelas ayran (yoghurt cair yg dikasih garem) yaprak sarmasi–daun anggur gulung- baklava, yg kecil2nya bakava papatya.

EHmmmm

kebetulan tantenya si yenge ini kalau bikin sarma, enak banget. Jadi langsung ludes kecuali baklava…hohoho manisnya ga nguatin karena pake sirup gula-.-

Sebelumnya kita juga makan coklat nih..

coklat di lebaran?

Tradisi turki, nyebut lebaran itu juga:seker bayrami…ehmm panganan manis pada eksis..jadi kalau di indonesia bagi bagi angpao..disini senangnya bagi bagi permen dan coklat ke anak anak kecil yang mengetuk pintu rumah kita sambil ngucapin salam lebaran, terus dikasih coklat atau permen, biasanya mereka datang gerombolan dari rumah ke rumah ngumpulin coklat dan permen– ada juga yang ngasih duit receh-tapi termasuk jarang. lebih banyak yg ngasih coklat.

Dan menjelang lebaran, hampir semua supermarket dan pasar traditional menjajakan aneka macam permen dan coklat, ada yang perang harga juga, dan iklan iklan TV  juga serba ‘manis’ coklat, permen.

10713_1612628725668454_5254606207298027031_n

coklatttt yg nyoklattttt bangettt

Lumayan nih kalau mau lebaran bisa berburu coklat unik unik dan banyak varian rasa, terutama buat para penggemar coklat:) datang aja ke turki hehe.

Pulang sore, si anakpanda langsung tepar karena kurang tidur siangnya. Kumpul dirumah mertuanya kakak ipar, udah kami anggap keluarga sendiri di istanbul, karena babapanda cuma sama kakaknya aja yang menetap di istanbul, hampir semua keluarga besarnya tinggal di corum city dan sebagian kecil di ankara. Kami juga ga mudik, karena libur idul fitri yang cuma 3 harian*yg resmi dari pemerintah*

İdul adha atau kurban bayram, adalah hari raya besar nya, jadi idul fitri disini..biasa aja. Lebih semarak idul qurban, dan acara mudik nya pun biasanya lebih ramai ditambah libur resmi pemerintahpun lebih lama.

Tapi apapun itu…ga akan menghilangkan makna nya…

Hari raya..hari kemenangan…

semoga kita selalu jadi pemenang dalam melawan hawa nafsu, dan terus memperbaiki diri ,menjadi pribadi yang lebih baik di 11 bulan mendatang , dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan yang penuh berkah…

Beda kultur, beda bangsa, tetap satu agama. Walau perbedaan cara menyambut hari raya…menusuk rasa rindu semaraknya hari raya di tanah air…ini lah resiko pernikahan beda bangsa:) mau gak mau harus bisa menerima pasangan dengan kulturnya…so nikmatin aja lahhhhh…

Maaf lahir batin semuanyaaaa:))

24

sisi lain Turki (Dear turkish Hunter )

Adana'da esi 33 yasindaki Hasan Karabulut'u yatak odasinda tabancayla olduren 28 yasindaki Cilem Dogan, cinayeti namusu icin isledigini belirtti

Adana’da esi 33 yasindaki Hasan Karabulut’u yatak odasinda tabancayla olduren 28 yasindaki Cilem Dogan, cinayeti namusu icin isledigini belirtti (hurriyetdailynews)

silahkan baca link berita di bawah ini, berita yang hampir tiap minggu muncul-.-(berita tentang kekerasan dalam rumahtangga di Turki)

kasus 1

kasus 2

Dear Turkish Hunter..

Or siapapun kalian yang sedang memiliki relationship dengan WN Turki,

Saya tidak akan menulis tentang keindahan Turki semata , pariwisatanya yang menjadi tujuan turis dunia, atau pemandangan selat bhosporus yang selalu membuat jatuh hati siapapun yang menjejakkan kaki di tanah ini.

Lelaki Turki…

Terutama untuk kalian wahai perempuan indonesia:)

Jika berpikir nasip seorang bisa sama karena memiliki kesamaan cerita…

Tapi ingat: karakter setiap orang berbeda..

Berhati hati itu perlu..

jangan terlalu dibutakan dengan rayuan maut dan tebaran pesona wajah ganteng perpaduan barat dan timur nya…

Selidiki…

kenali lebih dalam

Saya tidak nakut nakutin: Tapi faktanya di Turki, Hukum masih kurang berpihak terhadap perempuan.

Didaerah tertentu yang masih kental memegang ‘kultur’ kerasnya, mereka tidak akan segan segan menodongkan senjata jika keluarga ada yang berbuat aib.

Jadi jika hatimu tertaut dengan laki laki Turki: berdoa lah, campur tangan Tuhan dalam menentukan pilihan hidupmu bukan karena mimpi tinggal di negara baru.

Tidak semua memiliki nasip dan keberuntungan yang sama dipertemukan dengan orang baik, semua butuh proses yang panjang..

saya tidak menjelek jelekan pria turki umumnya, saya hanya kasih gambaran……

kendati kasus seperti ini bisa saja terjadi dimanapun termasuk di indonesia.

Prosentase yang besar di turki dan masih menjadi polemik di tengah masyarakatnya.

Menikah bukan hanya tentang dua hati yang dipersatukan..

Ada imigrasi dan setumpuk undang undang tentang dua negara yang harus tahu dan dipelajari..,sehingga kelak tidak masuk dalam deretan ‘korban’…

Saya yakin perempuan indonesia..pintar pintar!  Pilihlah bukan karena jual tampangnya…

sikap dan karakternya..kenali, jika dalam tahap perkenalan saja sudah tidak ada respek dan mau mengatur penuh..dan sebagainya yang membuat hati kamu bertentangan…

ada baiknya pikir ulang…

Tinggalkan lelaki pengecut yang berani main tangan…itu sudah awal yang buruk…

juga termasuk yang berani berkata kasar…

Tidak semua tentang Turki itu indah……

karena saya bukan dalam kondisi berstatus Turis di negara ini….

sisi lain tentang penegakan hukum di Turki dalam kasus rumahtangga masih terlalu lemah…

Hampir tiap minggu ada saja media yang mengangkat berita tentang ini.

Adat turki yang kuat tentang harga diri dan kehormatan keluarga menjadi salah satu pemicu juga.

Masih terekam kuat dalam ingatan saya ketika si babapanda ditelpon rekan kerjanya untuk segera pergi ke rumah sakit.

Ternyata dia membantu temannya selama di rumah sakit, sang teman yang ditusuk pisau dapur oleh istrinya yang terbakar cemburu, selepas perang mulut di hadapan ke dua anaknya, si istri gelap mata langsung menghujamkan pisau tepat di jantung suaminya…ngeri!

Sang ibu masuk penjara, sang ayah meninggal dunia, kedua anaknya diasuh oleh kakek dari pihak ayah nya.

Kekerasan rumah tangga terjadi dimana mana…di Turki pun angka ini meningkat tiap tahunnya.

Saya tidak menakut nakuti…

paling ga..dengan banyaknya kasus yang sering terjadi di Turki, menjadi bahan pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan.

salam:)

0

(video) kegiatan ramadhan si anakpanda

Anakpanda baru memasuki usia 2 tahun, masih belajar untuk bicara, baru bisa beberapa kata dan kalimat pendek yang terkadang masih campur aduk antara bahasa turki, indonesia.

Hobbynya kalau lihat buku selain dia coret coret juga membaca dengan gayanya seperti seorang Qori:D

Kadang dia bisa asyik sendiri baca buku sambil melantunkan ‘langgam’ nya sendiri mirip orang mengaji, seperti di video di bawah ini.

Yang menarik pas dia ber ulang tahun, dia ikutan sibuk gelar sajadah dan mengaji dengan gayanya sendiri

Anggap saja dia sedang ber muhasabah diri sambil membaca alquran, mengisi waktu di bulan suci ramadan.

Musim panas dan pas ramadhan gini biasanya anak anak di Turki mengisinya dengan kursus alquran yang dibuka di masjid masjid oleh pemerintah, Anakpanda masih harus menunggu beberapa tahun lagi, Biasanya anak usia TK atau SD yang pergi kursus di masjid, Kemarin sepulang dia İmunisasi nya sempat mampir di masjid dan ikutan gabung sama anak anak,cuma baru jadi penonton:)

Kegiatannya banyak dirumah bareng anne nya, siang kalau pas babapanda libur, pasti diajak bermain diluar rumah. Babanya yang rada parnoan sama anak kalau main kotor kotoran, apalagi kalau anakpanda lihat hewan dan ingin bermain, Babanya langsung panik, buru buru si anak dibersihkan–sedikit lebeyyy sih ya:D–

Tapi jika anakpanda main sama anne nya di luar rumah, gini lah gaya si anne: nyantai dan dibebaskan (mumpung baba nya kerja) pulangnya kasih liat video ini: panik baba nya: nanti kalau sakit gimana? itu kucing liar loh?

Dan pertanyaan pertanyaan penuh nada kekhawatiran lainnya, sampai ujungnya si babapanda nyuruh baju yang dipake pas main dipisahkan nyucinya-.-‘ haha padahal dia yang nyuci sendiri

saya tipikal ibu yang nyantai, biarin si anakpanda bermain sepuasnya, main tanah dsb…dan babanya tipe yang rada clean freak:P 

Rumah kayak kapal dibom atom tiap hari…akhirnya babanya pasrah..haha ya maklum usia balita..

11

Pohon liar yang tak biasa

Musim panas!

Kadang saya suka iseng sambil ngasuh anakpanda jalan jalan disekitaran daerah rumah. Suka takjub melihat pohon pohon liar yang ‘tak biasa’.

Pohon Tin! Buah yang salah satunya ada dalam surah di alquran. Begitu mudah saya temukan tumbuh liar di sekitaran rumah.

Pohon Tin tidak tumbuh di semua daerah di Turki, Pohon ini -kata babapanda- menyukai  daerah yang sedikit lebih hangat dan dekat laut- seperti daerah istanbul.

11693935_1608663876064939_3408300569438380702_n

tumbuh liar di lahan kosong

11692581_1608663749398285_6176129931092745463_n

Buah tin muda

di İstanbul, bisa dengan mudah menjumpai pohon rimbun berdaun lebar ini. Hampir disekitaran daerah saya tinggal banyak pohon Tin liar, Bahkan tumbuh disela sela pagar tembok. Selain Pohon tin, Pohon mulberry putih pun termasuk pohon liar, Musim panas seperti ini sering saya jumpai buah mulberry atau disebut -beyaz dut- dalam bahasa Turki. Buahnya berjatuhan…sebagai seorang foodcombiner.—.tidaaaaakkkkkkkk–…sungguh tidak rela lihat buah berjatuhan:D

11011934_10206494478341528_2387558896100796502_n

mulberry

Akhirnya saya ‘pasang tampang cuek’ ambil sebatang kayu panjang untuk memetik buah ini, kalau saja tidak di pinggir jalan umum, jiwa pemanjat saya sudah keluar…-jaga imej dikit ahhhh-.-‘

Bahkan saya dan babapanda pernah heboh sendiri di pinggir masjid yang untungnya daerah sepi, memetik buah ini.

11698615_1608663409398319_1665735859056196465_n

ditengah cuaca panas keliling jalan..emaknya sibuk moto..si anak dengan cueknya duduk di trotoar sambil menikmati minuman kalengan hasil ngamuk ngamuk pengen beli -.-

Beberapa hari lalu, sambil nemenin si anak kecil main, saya ambil kresek lalu beraksi!:D lumayan buat buka puasa diawali dengan buah gratisan.

Bukan ke dua pohon ini saja, saya masih ingat di awal kedatangan saya untuk pindah ke Turki, di jalanan menuju desa mertua saya tinggal, saya dibuat takjub dengan pohon liar dipinggir jalannya, Pohon apel,  buahnya berjatuhan sampai membusuk dan tidak ada yang mengambil.

Ya musim panas di Turki adalah syurga buah buahan murah meriah.., ritual belanja mingguan di pasar kaget buah dan sayuran selalu membuat saya semangat untuk mencari buah yang kira kira asing buat saya, minggu lalu saya lihat ada yang jual cherry kuning, ehm penasaran, tapi sayang saya sudah beli duluan ceri, semoga minggu depan si penjualnya masih menjajakan cherry kuning.

Untuk pohon tin , kemarin saya coba praktek membuat tempe dengan dibungkus daun tin ini, semoga hasilnya memuaskan, nanti saya posting hasilnya:)

12

Fenomena haters di socmed

CBAAeylUcAAVBzz

Tadi saya iseng iseng cek instagram, Ada beberapa public figure yang  saya ikuti, salahsatu nya bintang TV yang sekaligus chef , Berhubung orangnya juga ga pelit posting resep masakan, jadi lumayan kalau pas buka instagram sambil baca baca resep terus ngebayangin aja bikinnya gimana(karena belum tentu juga saya eksekusi resepnya dengan keterbatasan bahan:D)

Nah hari ini dia posting, selain aktifitas hariannya yang sedang liburan, ada postingan kekesalan si public figure ini terhadap orang yang meninggalkan komen di akun instagramnya, saya aja yang baca ikutan gemes apalagi dia orang yang dituju! komen negatif menyerang fisik anak semata wayangnya! well.

Sebagai seorang ibu, naluri ngebelain anak pasti ada, apalagi kok ya nyerang fisik, ga banget deh! seperti menghina ciptaan Tuhan yang Maha sempurna-.-‘

Si public figure yang biasanya cuek dengan komen negatif di instagramnya, jadi terusik ketika komen itu nyerang anaknya, dia -capture- lalu posting balik, hastag ngingetin orang tentang bulan ramadhan dan perkataan buruk yang sebaiknya dijaga.

Ada beberapa yang sering saya amati, termasuk artis yang berani berhijrah dan merubah penampilannya total, memanjangkan jenggot!

sering saya baca komen negatif tentang dia, insha alloh sih orangnya sabar, tapi istrinya yang kadang suka gemes:) lalu posting belain suaminya tersebut.

Saya suka mikir, apa mereka para haters public figure itu setelah menulis kata kata makian, batin mereka terpuaskan, merasa mereka lebih baik dari yang mereka maki? padahal ya ga kenal,cuma liat di media atau info-tai-ment. Ga suka artisnya tapi tetap follow, lalu kalau si artis posting yang menurut dia, gaa banget..jadi deh panen kata kata kasar lagi, sia sia banget sih orang yang ngabisin waktu buat nulis kata kata kasar, mungkin kurang piknik:) hati hati loh semua bisa balik sama sipenulisnya sendiri.

11189787_740049826122556_1863207642_n

sumber twıtter

Dan saya juga suka iseng ngecek akun akun yang sering nebar komen negatif: Rata rata wajah orang yang cari perhatian, foto foto selfie overdosis:D dan usia muda! boleh disebut: anak alay.:) atau orang orang yang keliatan dari ekpresi wajahnya ga bahagia ,dibuat buat ekpresinya..haha sok ngamatin kayak peramal aja.

Social media, bisa menjadi senjata kebebasan ekpresi setiap orang untuk mengeluarkan isi kepalanya, terkadang tidak terkontrol, jangankan dengan artis, berita berita di cyber media, saja selalu penuh komen orang yang ngomenin orang lagi, saling mencaci maki, menghina secara SARA, apalagi kalah mengangkat isu sensitif seperti agama, seakan semua jadi para juru dakwah, enak sih kalau kata katanya  lembut dan tegas, tapi kalau penuh sumpah serapah?? oh baca nya bikin pening.

avatar

Kata kata kasar, penuh makian sampai menghina fisik dan sebagainya, mungkin jiwa sipenulis juga sakit, atau social media memang dijadikan tempat dia mengeluarkan sisi negatifnya. Saya pernah punya teman kerja, agak pendiam, ga banyak omong, hee tapi setiap nulis distatus socmed nya selalu penuh sumpah serapah. semua tekanan hidup atau ketidaksukaan dia terhadap sesuatu dikeluarkan dalam tulisan kasar di social media.

*Buat yang biasa menulis kata kata kasar di dunia maya, ayo sekarang belajar untuk melatih diri untuk ga nulis kata kata tersebut, bisa jadi makian atau hinaan dalam bentuk tulisan juga bikin sakit hati orang. hal buruk pasti balik ke pelempar nya, tulisan kasar sampai ngehina hina orang bisa jadi suatu saat itu terjadi sama anda sendiri.

Berhati hati juga lah dalam menulis sesuatu, semua ada pertanggung jawabannya kelak…

16

Piknik dan Bukber keluarga

Hari ini diajak amcanya si anakpanda untuk buka puasa bersama,sekalian nikmatin traktiran kakak sepupunya anakpanda yang baru ke terima kerja. Sayangnya babapanda kali ini ga ikutan piknik, karena harus masuk kerja malam. Anakpanda sampai nangis di mobil pas tahu babapanda ga ikutan pergi..ohh dramaaa banget deh:)

seperti biasa lokasi yang kita pilih:aydos ormanlı piknik. Lokasi piknik di daerah hutan pinus didataran tinggi istanbul asia , Lokasinya tidak begitu jauh dari tempat kami tinggal.

Karena akhir pekan selalu penuh pengunjung, sengaja kami berangkat lebih awal sebelum ashar. Sambil mampir mampir ke market dulu selama perjalanan untuk membeli keperluan piknik yang kurang.

Di aydos park ini ada beberapa lokasi, ada 3 pintu masuk, dimana setiap pintu masuk  berbeda pengelola cafe dan tempat penyewaan untuk piknik. Kami biasa pilih masuk di pintu 3, karena lokasinya lumayan lengkap, ada wahana bermain anak, mushola, tempat outbond, penyewaan ATV.

Untuk piknik pun ada dua kategori, kalau ga mau repot repot dan cari tempat duduk yang nyaman, seperti kursi khas anadolu ini, harganya lebih mahal: untuk sewa kursi dan alat barbeque yang sudah dengan arangnya lengkap sekitar: 40 lira.

DSC09431

tempat piknik yang lebih mahal

Kelebihannya tentu saja, lokasi lebih bersih dan ada pelayannya juga (loh piknik apa restoran ya:) biasanya pengunjung tinggal bawa ayam atau daging mentah yang sudah dibumbui sendiri, pengelola menyediakan tempat barbequan nya dan makanan lainnya yang dibutuhkan (yang biasanya pasti lebih mahal dari harga di luar cafe). Kalau mau lebih murah ya tentu saja lokasinya ga diatas ubin tegel seperti difoto,  tapi di tanah biasa, sewa meja dan bangku piknik plus alat barbequan 25 lira, sedikit lebih murah.

DSC09484

DSC09488

DSC09430

para pelayan yang nyiapin alat barbequan sedang manasin arang, kita tinggal pake

DSC09490

kebab

Setiap akhir pekan, lokasi piknik baik di hutan atau dipinggir pantai sekitaran istanbul selalu penuh dan ramai, harus datang lebih awal untuk dapat tempat yang nyaman, Ramadhan yang jatuh pas musim panas banyak yang memanfaatkan momen kumpul keluarga sambil piknik di alam terbuka, Buka puasa di mall mall juga banyak di İstanbul, ehm tapi terus terang lebih menarik di alam terbuka.

Permainan anak pun lumayan lengkap, si anakpanda ngisi waktu sebelum buka puasa dengan naik berbagai wahana.DSC09453

Ada cerita menarik: Karena kami ikut amca nya anakpanda piknik dan si baba ga ikut pergi, naik wahana ini ga gratis, harus beli kartu khususnya seharga 25 lira untuk 10 permainan, nah karena saya cuma bawa uang kurang dari 25 lira, Saya bilang sama si anakpanda. Lain kali saja naik wahana nya,karena uangnya engga cukup! Si anakpanda alhamdulilah ngerti, saya bujuk juga untuk main di lokasi yang lain, lari lari sambil ngejar ngejar anak anjing punya orang:D

DSC09468

main di tempat lain sambil godain puppy

Kemudian si anakpanda ketemu bapak bapak yang sedang nyiram pohon,ada sekitar 4 orang, 1 orang sepertinya bos mereka. si bapak ini pemilik arena bermain dan cafe tersebut. Anakpanda main nimbrung aja ngobrol dengan bahasa yang ga jelas, asyik lihat orang nyiram air sambil bercerita, anakpanda  pembawaannya lumayan supel, berani. Si bapak tersebut dibuatnya tertawa akan tingkah lucu si anakpanda, mereka ngobrol berdua, sampai akhirnya si bapak kasih hadiah kartu bermain gratis untuk anakpanda, Anakpanda senang sekali, lalu langsung main ke wahana, puas bermain, masih juga di asuh sama petugas wahananya di ajak main mobilan gratis lagi. Masha alloh ni anak:D

DSC09478

hadiah dari seorang bapak untuk anakpanda, kartu yang full untuk main wahana, alhamdulilah, murah rezeki kamu nak!

Rezeki memang tidak terduga, Alhamdulilah selalu dipertemukan sama orang orang baik:) kan lumayan jadi hemat heheh (emak emak pengiritan) tapi dasarnya rezeki si anakpanda. Pulang dari piknik, langsung tepar…emaknya kepaksa begadang sampe jam sahur sambil posting tulisan ini:))
DSC09461DSC09477