kabar pemilu Turki

*sesekali nulis politik ala emak emak dikit*

Pemilu parlemen sudah dilaksanakan tanggal 7 kemarin, tepatnya hari minggu diseluruh Turki. Karena saya ada janji sama teman wartawan yang mau datang, jadinya ga sempat ngeliput suasana pemilu di Tps nya kalau orang sini nyebutnya:sandık.

Seperti yang saya udah prediksi..cieee kayak pengamat politik yang benerr aja—

Suara partai penguasa yakni partainya pak erdoğan turun 10 persen. Artinya cuma menguasai sekitaran 40 an persen saja, Walau menjadi pemenang pemilu tetap jadi langkah sulit untuk nguasai parlemen kembali, karena kalau mereka menang 50 persen saja suara. Otomatis  kursi perdana menteri dari partainya kembali – ahmet davutoğlu- adalah Plt perdana menteri turki, karena erdoğan tahun kemarin nyalon jadi presiden Turki, posisi PM kosong dan diberikan dulu ke menteri luar negerinya waktu itu si pak davut ini (baca aja: daud) nah rencananya ni kalau menang 50 persen lagi si pak daud bisa langgeng meneruskan erdoğan di ‘kursi panas’ perdana menteri turki,  Tapi dengan kondisi sekarang: jadi galau deh suasana politik Turki sampai disebut media: suasana politik memanas.

Opsinya: pemilu ulang atau koalisi!

Nah gimana koalisi?

ke 3 partai lainnya: MHP (rada nasionalis) CHP (yang sekuler abis) dan HDP (partainya yang klaim suku kurdi)

semua musuhnya partai erdoğan di parlemen, sebenarnya kalau sama Mhp lebih mending..ideoliginya gak sekuler sekuler banget, mereka masih merangkul muslim turki yang taat, tapi partai ini udah menegaskan gak mau koalisi.

nah kalau sama CHP gimana? wah ini sih berat banget, karena sebelum partainya erdoğan berkuasa di turki, ini kayak partai G di indonesia . partai ini yang turun temurun nguasain pemerintahan turki yang sekuler, jilbab dilarang dsb yaaa di partai ini dedengkotnya..jangan lah kalau ini..suerrr.

HDP? ini yang lagi naik daun di Turki, bikin kaget banyak orang, sampai di daerah rumah saya, malam selepas pemilu ada konvoi mobil pendukungnya, kaget juga, apa mereka pemenang pemilu? ternyata bukan, yang menang tetap akp tapi partainya ini jadi the rising star  nyelip di 4 terbesar pemenang pemilu yang berhak nguasai parlemen, mereka di urutn ke empat.

Banyak yang khawatir tentang si anak bawang HDP ini, karena haluan partai dan basis pendukungnya yang agak bikin ngeri di Turki, sampai menurut teman walau pemimpinnya pinter si selahattin demirtas tapi background si selahatin yang katanya pernah bantu pemberontak kurdi ini yang dikuatirkan. Orang orang kurdi di daerah selatan Turki yang kebanyakan kurdi dan armenia..berpesta pora sampai berujung ada korban jiwa juga, sebelum pemilu sempat ada ledakan bom pula. pokoknya engga banget juga ni partai:( apalagi tv isra*** memberitakan  terus kemenangan partai ini wah makin ngeri deh..mereka pasti bakalan dengan senang hati ngebantu orang orang yang gak suka dengan pemimpin turki sekarang.

menunggu 6 minggu kedepan harus ada keputusan final: pemilu ulang atau koalisi?

Jadi deh tiap hari tv lokal sibuk update berita dari ibukota ankara, semua harap harap cemas dengan kondisi politik dalam negeri turki.

Kehilangan 10 persen suara akp semoga jadi pelajaran buat mereka, karena akp sendiri ga lepas dari isu skandal dan perseteruannya dengan FG dan basis dukungannya, ini yang di prediksi suara pemilihnya beralih karena perseteruan ‘panas’ erdoğan sm mereka.

*ntar ya..anakpanda bangun* udah duluİçerik

Advertisements

6 thoughts on “kabar pemilu Turki

  1. wah aku jadi ikut was2 sama pemilu turki gara2 baca tulisan mba, hehee… semoga yg sekuler, arogan, sarkasme, dll yg buruk2 ga menang ya mba..
    oiya salam kenal, rini 🙂

      • jadi inget pemilu indonesia kmrn, cuma 2 pasangan tapi suasana panas bgt, sampe ada bukti2 kecurangan di yutub. Org turki rame berantem di medsos juga ga mba?

      • hehe sama aja tapi ga separah indonesia*lho* nyerang berlebihan ke salah satu tokoh dsini lbh ke program2 kerjanya yg disorot atau kerjaan si kandidat buat negaranya gmn..ga sampe ngurusian pribadinya kandidat sampe berlebihan kyk di indonesia..ya status duda lah dibawa2:D ya kejawennnya dibawa2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s