15

Hasil jepretan foto babapanda

Si babapanda ikutan program belajar fotografi dari fujifilm istanbul, fujifilm biasa mengadakan event ini, meminjamkan kamera mereka sekalian promosi, peserta bisa daftar di website resmi fujifilm turki.

Modalnya cuma bawa card reader sendiri, kamera dipinjamkan seharian, peserta meninggalkan tc kimliknya, para peserta bebas hunting foto di sekıtaran area kadıkoy.

.latepostwınter

Nb: kalau ada yang mau komen:yang baju merah single atau bukan:iya single:P bujangan yang sedang mencari jodoh wkwkwk*tapi jangan minta dicombalangin sm saya yah* tetangga sekaligus temen kerja si babapanda.kasian euy ngontrak sendiri..masak..masak sendiri:D pernah ngasih roti homemade buat dia, happy bener..dan senangnya undang si babapanda sama anakpanda sarapan di rumahnya–saya ga diajak:P– maklum lah disini turki gitu..:) karena dia jomblo,kasian kalau ngundang temen trus temennya pada bawa istri hahah..jadi yg di undang selalu bapak2 terus:)—ini NB apa promosi sih yaaa-.-*

18

simit itu jajanan sejuta umat di Turki

simit itu

Dimanapun anda berada selama di Turki…

Simit akan mudah dijumpai…

ibarat tukang bakso atau tukang jual gorengan…

simit itu ikon kaki lima di Turki.

pengganjal perut…cukup mengenyangkan.

Berawal  dari kerja sambilan jadi tukang jualan simit

kini Reccep thayyip erdogan jadi presiden dan pemimpin turki yang sukses:D

simit itu = Turkish bagel
DSCF4426

DSCF4453DSCF4457

12

Sahur dengan buah

DSC09347

Puasa tahun ini saya mencoba terapkan total puasa dengan menu foodcombining, salah satunya sahur dengan Buah buahan saja.

Apa kenyang? alhamdulilah dengan sahur cukup buah buahan dan air putih saja ternyata luar biasa.

Lama puasa di Turki tahun ini 17 jam lebih. buka puasa hampir jam 21 malam, Tahun tahun awal di Turki, adaftasi waktu puasa dengan cuaca musim panas luar biasa berat buat saya.

Tapi sekarang hanya makan buah buahan ketika sahur, badan tetap fit menjalani puasa sehari penuh, rasa haus pun  masih bisa ditolerir, rasa lapar wajar saja, tidak sampai bikin perut melilit dan lemas, tubuh seperti menyimpan tenaga cadangan yang besar.

Dan saya sudah membuktikannya sendiri. Dibanding si babapanda yang sahur dengan menu besar dan berat ditambah teh panas pula, bawaannya buka puasa dia kalap:D

14397_1147372098611985_597996296079377402_n

share dr grup FCI

Badan tetap fit dan ber energi, saya cocok dengan pola makan foodcombining ini, ga pake ribet dengan padu padan makanan ala diet dietan yang beredar, dan saya emang ga dalam kondisi berdiet juga.Berawal dari pecinta sayuran  dan kurang suka makanan berat protein hewani, bukan hal yang sulit buat saya untuk mengubah pola makan yang lebih sehat.

Tentang pola makan dan sahur dengan menu Foodcombining link diblog mba ken andari ini patut dibaca wied harry

Apa berat jalani pola makan seperti ini? jawaban saya? biasaaaa ajaaaaaa.

Bisa karena terbiasa ditambah niat kudu kuat, ibarat kata ,  perut saya itu kayak baru dapat hidayah pas tau ada pola makan keren ini>:D

Dulu, saya emang ga bisa sarapan menu berat.saya paling males kalau sarapan nasi uduk pagi pagi. perut pasti mules mules. lalu ada mitos yang awet kalau pagi pagi makan buah itu ga sehat bikin sakit perut?? ternyata bertahun tahun saya pun mempercayai mitos ini.ehmm semua sudah terpatahkan.

Sekarang kalau makan buah sesudah makan besar, justru punya rasa bersalah sama perut dan usus ehmmm numpuk racun deh karena bisa telat antrian dicerna dan bisa busuk duluan di jalan, manfaatnya ga dapet. Buat saya: Buah itu bukan pencuci mulut yaaa, kalau mau cuci mulut pake odol aja:p

happy fasting

8

Proses bikin tempe ala keluargapanda

Saya biasa buat tempe sendiri dirumah, cuaca panas lebih mudah untuk membuat tempe, berhubung masih punya stok ragi tempe dan babapanda beliin kedelai, jadi deh praktek sendiri dirumah. terjamin, lebih sehat tentunya:)

İlmu bikin tempe saya peroleh dari mba youtube..setelah proses trial and error lalu nanya ke teman teman yang sudah sukses bikin tempe. Ga ada yang sulit sebenarnya kalau mau usaha….

Sebenarnya yang jual tempe juga ada beberapa teman, tapi saya kadang suka tantangan,si babapanda juga sukanya nantangin saya untuk bisa ngolah makanan indonesia sendiri. Jadi postingan kali ini special saya tulis:cara bikin tempe sederhana ala keluargapanda (yang makan cuma saya sendiri kadang:D)

Ok.

.langkah 1:

rendam kacang kedelai dlm air bersih semalemaan, difoto ini saya cuma pakai dikit kedelainya.ga ditakar juga berapa gram nya, sekitaran tiga perempat saja kira kira.

rendam kacang kedelai

rendam kacang kedelai

setelah semaleman direndam lalu langkah selanjutnya yang paling malesin itu ya ngupasin kulitnya…suerrr dehhh…

kalau satu satu bisa keriting jari:D jadi saya pake trik: blender kasar pake handblender atau ulekan di tumbuk kasar aja biar kulitnya ngelupas, lalu di bawah kucuran air kran..biasanya ngambang tuh si kulit tinggal saring saring aja, ulangi terus bilas siram nya sampe kulit bersih (untuk bagian ini emang proses yang nyebelin sebenarnya) kalau liat di video:banyak yang pake cara di injek2 kedelainya biar ngelupas–ihh itu pada cuci kaki ga ya:P–

langkah no 2:

Rebus sampai setengah matang aja, pokoknya sampai keluar buih dikit, udah matikan kompornya. lalu tiriskanDSC09339proses perebusan ga makan waktu lama, jangan sampai mateng banget…

langkah ke 3:

DSC09340Pengeringan kedelai rebusnya, saya taruh dikain seperti difoto,sampai benar benar kering,kalau mau pake hairdryer jg silahkan,tapidengan cara pake alas kain gini juga bisa kok.

langkah ke 4:DSC09343

Pemberian ragi:saya pake 1 sendok ragi tempe saja. aduk merata *jangan kesentuh tangan* entah kenapa suka gagal kalau kena tangan ni si ragi sama tempe jadi ngambek ga mau fermentasi.

langkah ke 5:

DSC09344Masukan plastik, lalu tusuk tusuk pake tusukan gigi atas bawah tusukannya merata, untuk saluran udara proses fermentasinya, taruh di wadah berlubang (saya pake rak cuci piring yang di balik) lalu saya peram di tempat yang hangat dan ga kena sinar matahari–kaya drakula gitu dehh ga mau kena matahari:) saya taruh hari kamis siang.

sabtu malam, horeeee tempenya sudah jadi dan siap di olah….paling lama 2 harian jadi. kalau cuaca panas banget kadang sehari semalam juga sudah jadi tempe nya

berhasil…berhasilllll:D:D:D

DSC09345

Nah simpel aja kan, mungkin lebih simpel beli sendiri apalagi kalau tinggal di indonesia, ga kepikiran jg bikin tempe repot repot, tapi kalau penasaran apalagi zaman sekarang banyak  pedagang nakal suka ngasih zat aneh aneh ke makanan.

yuk apasalahnya bikin sendiri dirumah, repot dikit tapi puasss..

kapan kapan saya posting tentang bikin tahu: ehmmm tahu buatan sendiri itu cenderung lembut dan gampang hancur,karena ga pake pengawet, malah pake perasan lemon pula proses bikinnya -lebih sehat-

saya curiga tuh..tahu tahu putih yang dijual dipasar..kenyal kenyal gimana gitu.., karena susah mati bikin  sendiri ga bisa sekeras dan sepadat yang di jual orang di pasar pasar…:D jadi waspadalah…makanan yang sebenarnya sehat tapi menyimpan banyak racun…yukkk balik ke dapur sendiri. ngolah makanan terjamin .halal,thoyyib:)

12

Menu Ramadhan di Turki

Bismillah…

Alhamdulilah  dipertemukan kembali dengan bulan penuh berkah dan juga suci:Ramadhan di tahun 2015.

Di Turki memasuki musim panas jadwal puasa pun lebih panjang:17.5 jam untuk puasa.

Awal puasa jatuh hari kamis ini, (saya ngetik blog sambil nunggu sahur:)

Mempersiapkan sahur sekitar jam 2-an, imsak jam 03.22, maghrib jam 20.48 , isya: 22:39.

Lumayan ya:)

Alhamdulilah kalau tinggal di tanah air atau kebetulan mudik pas bulan puasa:D

Bulan puasa di Turki seperti apa?

Ehm sama aja sebenarnya, cuma sedikit yang membedakan tentu saja menu menu buka puasa nya, karena ga akan nemu sirup yang selalu eksis di iklan tv itu, es degan, cendol, kolak..ahh lupakan lah sejenak, Burasi turkiye:))

Orang Turki untuk menu sahur, sama aja seperti menu mereka  untuk sarapan, hanya di maju kan jam nya jadi lebih awal. Biasanya terdiri dari menu serba keju, roti ,zaitun dan tentu saja cay (teh)

contoh menu sahur (sumber go0gle)

contoh menu sahur (sumber go0gle)

akdeniz-orta-kure-caydanlik-55-24-B

foto:muftakev.com caydanlık (teko untuk masak teh)

Biasanya saya tinggal memanaskan teh dengan caydanlık seperti gambar di atas, Sebelumnya memanaskan air di teko bagian bawah sampai mendidih, kemudiah isikan sekitar dua sendok bubuk teh di bagian atas, siram dengan air mendidih dari teko bagian bawah, sisakan setengahnya, panaskan kembali dengan api kecil sekitar 5 sampai 10 menitan agar kepekatan teh di teko atas merata, lalu siap di hidangkan panas panas dengan cara: isikan di gelas teh seperempat atau menurut selera teh di gelas, lalu masukan air panas untuk mengaduknya. Teh dengan gelas dan sendok khusus tentunya dengan bentuk  seperti di foto sebelumnya.

Pendampingnya sudah siap saji di kulkas tinggal keluarkan:seperi beyaz peynir (feta cheese) kasar peynir (mirip lah sama keju biasa yang sering beredar di indonesia) dan juga jenis jenis keju lainnya yang saya sendiri tidak hafal–diTurki ada sekitar 50 an jenis keju juga– İbu mertua pun sudah mengirimkan keju buatannya sendiri untuk kami, Homemade dan benar benar bau keju:D –jujur saya bukan penikmat keju– keju buatannya mirip keju mozarella.

Lalu telur rebus atau telor orak arik, kentang, madu, selai, zaytun, dan tentu saja ekmek –roti baget turki-

Untuk menu favorit si Babapanda, biasanya saya masak yumurta patatesli alias orek telur kentang: kentang goreng yang saya masak dengan telur cukup bumbu garam. Atau juga saya bikin pancake dengan bahan pengganti susu yakni :yoghurt plain.

Tak lupa irisan tomat atau timun juga dihidangkan, diberi sedikit garam dan taburan minyak zaytun.

Ya itu kira kira menu sahur orang Turki umumnya, mereka ga akan makan nasi pas sahur, menu sahur hanya menu sarapan yang dimajukan jam nya saja.

Untuk hidangan berbuka puasa:

Menu umumnya ramadhan hampir sama,di awali dengan kurma, menjelang ramadhan di Turki pun penjual kurma bermunculan, market market pun menjual kurma, yang paling mahal kurma madinah, sepaket 10 tl.

Turki import kurma dari daerah tunisia,iran dan negara timur tengah lainnya (Semoga ga ada kurma made in isra***) karena turki punya hubungan dagang sama negara ini jadi tetap kudu teliti baik baik.

Di Turki pohon kurma ga numbuh, kalau zaitun dan Tin –wattini wazzaituunii— alhamdulilah ada semua di Turki.

Lalu menu khas lainnya roti pide ramadhan.

ntv.com tr (foto)

ntv.com tr (foto)

Roti pide ini khas ramadhan di turki, sepertinya mirip dengan menu khas timur tengah jenis roti ini, kalau di Turki mereka menamakannya roti pide. Orang orang pun bisa rela antri di toko roti yang menjual pide hangat yang baru keluar dari oven tungku nya yang khas.

cilekli-gullac

google foto

lalu untuk dessert nya yang khas: Gullac..

ehmmm juara:D

Gullac ini selalu hadir pas ramadhan, untuk bahan bahannya, karena saya belum pernah bikin  sendiri dan toko kue dekat rumah selalu menjualnya pas ramadhan jadi enaknya: beli jadi saja

Gull itu dalam bahasa turki: Bunga mawar.

Gullac ini memakai yufka khusus -di market pas ramadhan gini banyak yang jual yufka siap pakai untuk membuat gullac)

Yufka:adonan tepung yang ditipiskan.

Bahan bahan yang saya tahu:untuk gullac biasanya  pakai susu, gula dan air mawar, dengan isi kacang kacangan seperti walnut.

Dessert yang kadar manis nya cocok di lidah , beda sama baklava yang terkadang -kebangetan-manisnya di lidah saya-.-

Saya suka dengan Gullac ini, rekomen deh kalau main ke Turki pas ramadhan,wajib nyicip gullac,

Tiap daerah di Turki punya menu khas ramadhan nya, ini hanya gambaran umum saja yang saya tahu, bahkan ibu mertua setiap ramadhan juga membuat menu khusus daerahnya, sejenis manti (mirip siomay  di indonesia, cuma beda kuah:so pasti kalau turki kuah yoghurt )

Lalu bagaimana dengan menu andalan saya:

alhamdulilah untuk sahur saya makan menu yang ringan saja tapi ber energi: sahur dengan buah buahan .

Lalu untuk menu buka puasa: babapanda sudah membelikan sambal , kecap dan 2 kg kedelai,kacang ijo, nanti tinggal saya olah jadi tahu atau tempe (ya Alloh perjuangan banget ya haha) karena punya ragi tempe,sayang kalau ga dipake, apalagi cuaca musim panas begini.İnsha alloh buat tempe jadi mudah–cuma ngupasin kulitnya itu yaa..phiuhh-

untuk menu buka puasa saya fleksibel saja, bisa jadi ikut makan menu turki kalau lagi males repot menyiapkan menu indonesia. kalau sahur: kita berdua beda selera:D mencoba dari tahun kemarin:sahur dengan makan buah buahan saja itu lumayan berenergi dan tidak cepat lapar. Saya untuk puasa tahun ini mecoba menerapkannya kembali.

Setiap negara memiliki keunikan dan cerita tersendiri lewat kulinernya..

tapi buat saya sebagai seorang indonesia: menu ramadhan indonesia tetap juaraaaaaaaanya..

kenikmatan ramadhan dan semaraknya ramadhan di indonesia selalu dirindukan untuk para perantau seperti saya.

(yukk lanjut nyiapin sahur)

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini buat teman teman, semoga amal ibadah kita di bulan penuh berkah ini diterima Alloh SWT dan diberi panjang umur agar dipertemukan kembali dengan ramadhan ramadhan Nya..

Salam hangat dari keluargapanda. Maaf lahir bathin

apalagi  jarang blogwalking ke tetangga…ohhohoh tau lah kenapa:P rebutan sama anakpanda terus:)

7

pikiran negatif (tips ala keluargapanda)

mengenyahkan pikiran negatif.

Saya ini mungkin termasuk orang yang tidak suka nyari gara gara—–

meninggalkan perdebatan yang ga penting yang ga ada urusannya sama saya langsung.

Berusaha untuk terus berpikir positif! yahh masih berusaha terus.

Pikiran negatif menurut saya cuma menjadi tumpukan penyakit hati,sesekali memang sering mampir pikiran negatif apalagi kalau mau pms penuh ‘drama’ rasanya kalau lihat sesuatu yang bikin mood saya naik turun.

Saya selalu menilai gak ada orang yang benar benar jahat atau judes atau sengak…akan dengan mudah kita menilai sesukanya seseorang cuma karena baca status sosmed nya yang isinya energi negatif.

Sementara saya jauhi dan berusaha gak baca..lewatin aja dulu nunggu adem ayem.

Pernah kejadian,karena statusnya yang selalu negatif, banyak yang jauhin dan musuhin dia,lalu jadilah ghibah massal dengan kata kata kasar pula ditujukan sama orang ini--ada hukum sebab akibat kalau menurut saya–Ok lah.

Tapi karena orang ini tidak bersinggungan sama saya langsung,kok iya saya harus ikutan arus musuhin dia? oh ini bukan gaya saya banget.

Selalu menarik ketika kita tahu kepribadian aslinya diluar dunia maya tidak semenyeramkan status status nyaNah orang pun bisa mengira kalau saya se heboh tulisan tulisan saya hihihi terkadang inipun ga sesuai..*pengakuan jujur* saya rada pendiam jika bertemu orang baru, ga langsung bisa ngakrabin diripengamat situasi dulu.

Tips saya berusaha untuk terus berpikir positif dan gak emosian:

1. kurangi konsumsi makanan daging-dagingan

–menurut saya setelah ujicoba sendiri, apa yang kita makan itu berpengaruh juga sama karakter dan emosi.

ya gak jauh jauhlah: orang turki itu masuk kategori pemakan daging terbesar di dunia. Hasilnya karakter keras, emosi gampang meledak, —darah tinggi, kolesterol– akrab dengan pemakan daging dagingan kalau ga di imbangi asupan sayur segar dan buah, enzym alami gitu loh

 ini bukan berarti saya nyaranin jadi vegetarian itu lebih baik, kalau vegannya beneran makanan sehat semua, terutama:raw vegan, ok lah, tapi kalau jadi vegetarian tapi masih ‘ngakalin’ bentuk daging dagingan dengan makan seitan (mak setan dimakannnn))) sama aja bo’ong ya..karena setau saya hasil ngintip di youtube: seitan itu daging buatan dari gluten. iya gluten yang ada di tepung tepungan, Gluten yang dihindari para pelaku makan sehat karena kandungannya yang ga baik untuk usus kita. Banyak kan tuh tepung free gluten yang beredar di pasaran, tepung gasol yang dipakai untuk makanan bayi demi bebas gluten. Kok ini malah ngakalin makan’daging imitasi’ make gluten. Makanya ga heran kalau yang ngakunya vegetarian kok masih kena penyakit elit, kanker lah.

ini yang saya rasain secara pribadi aja: konsumsi buah dan sayur yang porsinya lebih dominan dibanding makanan pabrikan, saya ga butuh suplemen tambahan dalam bentuk kapsul2an buatan manusia, langsung dari alam aja yang minim prosesan. –sehat, halal, thoyyib- juga syarat mutlak lainnya.

2.Kalau emosi melanda, amarah datang tiba tiba:

air..mana airrr

:wudhu…., istighfar yang banyak, ambil tasbih. sebab setan juga ambil kesempatan ngobrak ngabrik emosi kita pas labil.

3. Udara segar!

saya selalu butuh udara segar–bahasa gaulnya: emosi memuncak kalo kurang piknikhahah…ini asli sebagai İRT yang banyak menghabiskan waktu dirumah, kadang juga butuh hiburan..menyegarkan pikiran dari segala urusan rumah tangga: 24 jam ya kita kerja:) karyawan aja kalo kerja butuh jalan jalan . masa kita ngelumbuk aja kayak lap dipojokan dapur..Babapanda tau banget ini, kalau saya udah ngomong gak ngenakin: ne istiyom, nerede..gezmek mi.. 

langsung dia ajakin jalan..walo lagi bokek juga.. buat saya jalan jalan gak harus mahal kok, kami jalan kaki bertiga ke pinggir laut dari rumah juga biasa , tinggal bekel makanan buat piknik kecil kecilan di  pinggir laut. Yang penting otak segar.

4. Baca juga bacaan yang positif  yang gak melow melow kadang juga nonton film lucu, efektif buat melenyapkan pikiran negatif, kalau saya paling suka:buka youtube:nonton video ust yusuf manshur, kalau bacaan:selain alquran dengan maknanya, juga tulisan atau pesan pesan positif dan ini banyak bertebaran di sosmed baik dalam bentuk meme atau nasehat,saya simpen di hp, buat saya baca baca ketika mood jelek.

5.Tinggalkan perkara yang gak penting dan ga ada kaitannya sama kamu, ada yg nulis status jelek padahal bukan buat kamu, kok kesinggung, terus bales nyautin status lagi…heyyy coyy ini sosmed woless aja lahh.Tapi kalau punya kepribadian -kekepoan-jadi pengen nimbrung terus,ya salam kalau entar tuh pikiran negatif kebawa bawa ke mimpi juga.

6 Sabar.

Bersabar itu pelajaran seumur hidup emang..

Nulis gini aja sih gampang, semua juga bisa bilang: sabaaaarrr: kalau ada yang ngerasa dijahatin, difitnah dsb.

Kalau misal ada temen yang janji tapi ingkar—kayak lagunya audy–pikiran kita udah jelek aja kan…nahan emosi lebih susah daripada nahan kentut.

Saya juga masih terus menggali ilmu sabar walau masih tingkat RT.

Oh mungkin si dia lagi sibuk..atau lagi kena macet di jalan, or lagi anter mamah arisan:D *eaaa edisi abg ditipu cowoknya**

Terus orangnya datang: tetap bersikap biasa tanpa emosi, itu tanda kamu lulus uji kesabaran nungguin dia..hohoh*jgn asah golok dibelakangnya ya**

yang negatif negatif sumbernya kalau bisa dikurangi salah satunya baca berita politik kebanyakan baca berita artis sensasional juga..apalagi berita gossip….terus ikutan jadi haters nya di akun instagram artis tersebut..no..no…

itu sumber masalah kejiwaan kita juga…numpukin yg negatif dan jadi penyakit hati…padahal untungnya jg apa buat kita maki maki orang yg ga kita kenal, nambahin dosa sih iya, kl sampe keluar sumpah serapah..bukan cm  dengan kasus artis,yang pada ngerasa pinter pinter agama ber ustaz sm google terus nulis kata kata negatif karena ga suka dan beda pandangan..juga kejiwaannya dipertanyakan..:)

6

kabar pemilu Turki

*sesekali nulis politik ala emak emak dikit*

Pemilu parlemen sudah dilaksanakan tanggal 7 kemarin, tepatnya hari minggu diseluruh Turki. Karena saya ada janji sama teman wartawan yang mau datang, jadinya ga sempat ngeliput suasana pemilu di Tps nya kalau orang sini nyebutnya:sandık.

Seperti yang saya udah prediksi..cieee kayak pengamat politik yang benerr aja—

Suara partai penguasa yakni partainya pak erdoğan turun 10 persen. Artinya cuma menguasai sekitaran 40 an persen saja, Walau menjadi pemenang pemilu tetap jadi langkah sulit untuk nguasai parlemen kembali, karena kalau mereka menang 50 persen saja suara. Otomatis  kursi perdana menteri dari partainya kembali – ahmet davutoğlu- adalah Plt perdana menteri turki, karena erdoğan tahun kemarin nyalon jadi presiden Turki, posisi PM kosong dan diberikan dulu ke menteri luar negerinya waktu itu si pak davut ini (baca aja: daud) nah rencananya ni kalau menang 50 persen lagi si pak daud bisa langgeng meneruskan erdoğan di ‘kursi panas’ perdana menteri turki,  Tapi dengan kondisi sekarang: jadi galau deh suasana politik Turki sampai disebut media: suasana politik memanas.

Opsinya: pemilu ulang atau koalisi!

Nah gimana koalisi?

ke 3 partai lainnya: MHP (rada nasionalis) CHP (yang sekuler abis) dan HDP (partainya yang klaim suku kurdi)

semua musuhnya partai erdoğan di parlemen, sebenarnya kalau sama Mhp lebih mending..ideoliginya gak sekuler sekuler banget, mereka masih merangkul muslim turki yang taat, tapi partai ini udah menegaskan gak mau koalisi.

nah kalau sama CHP gimana? wah ini sih berat banget, karena sebelum partainya erdoğan berkuasa di turki, ini kayak partai G di indonesia . partai ini yang turun temurun nguasain pemerintahan turki yang sekuler, jilbab dilarang dsb yaaa di partai ini dedengkotnya..jangan lah kalau ini..suerrr.

HDP? ini yang lagi naik daun di Turki, bikin kaget banyak orang, sampai di daerah rumah saya, malam selepas pemilu ada konvoi mobil pendukungnya, kaget juga, apa mereka pemenang pemilu? ternyata bukan, yang menang tetap akp tapi partainya ini jadi the rising star  nyelip di 4 terbesar pemenang pemilu yang berhak nguasai parlemen, mereka di urutn ke empat.

Banyak yang khawatir tentang si anak bawang HDP ini, karena haluan partai dan basis pendukungnya yang agak bikin ngeri di Turki, sampai menurut teman walau pemimpinnya pinter si selahattin demirtas tapi background si selahatin yang katanya pernah bantu pemberontak kurdi ini yang dikuatirkan. Orang orang kurdi di daerah selatan Turki yang kebanyakan kurdi dan armenia..berpesta pora sampai berujung ada korban jiwa juga, sebelum pemilu sempat ada ledakan bom pula. pokoknya engga banget juga ni partai:( apalagi tv isra*** memberitakan  terus kemenangan partai ini wah makin ngeri deh..mereka pasti bakalan dengan senang hati ngebantu orang orang yang gak suka dengan pemimpin turki sekarang.

menunggu 6 minggu kedepan harus ada keputusan final: pemilu ulang atau koalisi?

Jadi deh tiap hari tv lokal sibuk update berita dari ibukota ankara, semua harap harap cemas dengan kondisi politik dalam negeri turki.

Kehilangan 10 persen suara akp semoga jadi pelajaran buat mereka, karena akp sendiri ga lepas dari isu skandal dan perseteruannya dengan FG dan basis dukungannya, ini yang di prediksi suara pemilihnya beralih karena perseteruan ‘panas’ erdoğan sm mereka.

*ntar ya..anakpanda bangun* udah duluİçerik