Pemilu tahun ini di Turki

suasana TKP tahun lalu (di gedung sekolah pemerintah yang di sulap jadi tkp, pemilu dilaksanakan biasanya hari libur sekolah)

suasana TKP tahun lalu (di gedung sekolah pemerintah yang di sulap jadi tkp, pemilu dilaksanakan biasanya hari libur sekolah)

Tanggal 7 juni besok di Turki ada pemilu lagi, kenapa saya tulis ‘lagi’ ?

karena: tahun lalu juga ada pemilu: presiden dan pemilu kepala daerah.

Tahun ini giliran untuk wakil rakyatnya.

Seperti biasa, kampanye mobil van keliling dengan lagu lagu partai dan gambar narsis caleg juga lambang partainya keliling setiap hari, selama siang hari dan ga peduli jam tidur siang anak kecil atau bukan. Suara kencang tentang visi misi partai atau caleg juga  lagu lagu partai-.-‘

Bendera bendera kecil memenuhi jalanan, poster dan spanduk narsis caleg yang ga kira kira -bahkan bisa nutupin gedung 4 lantai- semarak pemilu dan kampanye nya luar biasa.

Di TV apalagi: sessi pertama berita selalu tentang perkembangan politik dalam negeri dahulu, para politisi yang kampanye di daerah basis basis pendukungnya. Biasanya di lapangan besar, menariknya rata rata mereka tetap peduli dengan  tunawicara: jadi begitu sang tokoh berkampanye, akan selalu ada petugas khusus di samping sang politisi yang  menerjemahkan isi pidato memakai bahasa isyarat.

Bagaimana dengan partai penguasa yang menduduki pemerintahan turki sekarang: AKP, partainya erdoğan.

Oh tentu saja sebagai partai penguasa: iklannya paling banyak di TV, mereka pake slogan kampanye tahun ini: onlar konusular, biz yapar, akp yapar: yang kalau di artikan: mereka cuma ngomong doang, kita mah kerja, akp kerja kerja..

jadi banyak deh proyek ngebut menjelang pemilu? hehe..biasalah..namanya juga politik. ga dimana mana.

Saya sebagai pengamat aja yang berusaha netral -ya siapa saya? warga turki juga bukan:D pendatang..imigran dari indonesia yang masih bangga sebagai WNİ berpasport garuda–jadi kalau ada orang indonesia disini yang ikut ikutan terbawa emosi membela partai tertentu ya monggo aja:) hak masing masing..toh juga kita ga punya hak suara, sebagai penggembira saja di samping suami.

Suami saya si babapanda bagaimana pandangan politiknya? dulu diapun sebagai simpatisan akp, suaranya juga banyak dia berikan ke akp, tapi pemilu majlis tahun ini dia ancang ancang mengalihkan suara dari akp. kenapa? itu urusan dia juga sih:) hak politiknya dia sebagai WN turki, dia punya alasan tersendiri, apa dan kenapa nya? dia termasuk warga turki yang gak fanatik buta sama erdoğan.

Memang gak akan ada pemimpin sempurna di dunia ini selain nabi muhamad as dan sebagian orang orang terdahulu di awal awal masa kebangkitan dan kejayaan islam.

Banyak saya baca komen tentang erdoğan layak jadi khalifah?

ehmmm gimana ya, apa ga terlalu berlebihan:)

sekarang era media yang bisa saling tusuk dan juga bisa ‘pesen’ berita juga bisa di bungkam kalau menjatuhkan pemimpin.

Yang terlihat tercitrakan dengan sempurna  di media belum tentu hal yang sama yang dilihat sehari hari. Begitupun dengan pemimpin yang selalu dijadikan target bullying terbesar di indonesia,--gimanapun itu presiden resmi negara, respek dikit lah-

Banyak kasus kasus belakangan ini yang terjadi di sekitar erdoğan dan partainya, tapi apa harus menutup mata? pura pura ga tahu, karena jasanya teramat besar untuk perubahan turki sekarang?

Menurut si babapanda: pemimpin itu juga perlu di kritik, kritik dia jika salah jalan dan mulai membelok dari amanah di awal dia membangun kembali bangsanya. si babapanda malah kuatir  suatu saat erdoğan ‘jatuh’ karena ulah orang orang disekelilingnya sendiri,  citra dan kerja keras yang dia bangun bisa hancur seketika-.-‘ babapanda malah bilang, kenapa dia  pelan pelan menjelma seakan ingin jadi raja atau diktator di negerinya–wow segitunya kah? haha itu sih menurut si babapanda ya- dia yang lebih tahu dibanding saya yang cuma imigran dinegerinya  ngandelin informasi mentah mentah dan dari berita ‘kata’ temen yang juga cuma baca di berita:D atau dari para suami yang fans berat.

Jadi bagaimana dengan pemilu juni nanti?İçerik

tunggu saja kabar selanjutnya dari ibu RTini yang akan jadi wartawan abal abal melaporkan dari TPS -kalau sempat ya dan si anakpanda ga nagih: park..parkkkk*:D:D

Advertisements

5 thoughts on “Pemilu tahun ini di Turki

  1. Mbak rahma senarsis apa sih foto calegnya? Pernah loh saya liat salah satu caleg negri kita di fotonya tertulis si ini…(nama caleg) ayah dari artis ini…
    Hahaha sampe segitunya loh

    • kalo disini lebih ke foto2nya aja..yang ga kira2 dicetaknya, ya bayangin aja gedung 4 lantai, bisa ditutup dgn kain gambar calegnya:D..bener2 tuh tukang cetak panen kayaknya

    • suara AKP hilang 10persen, mereka cm menang 40 persenan kursi parlemen, kudu koalisi atau pemilu ulang,krn penguasa parlemen yg berhak jd perdana menteri ganti erdoğan, davutğlu hanya PLT, tadinya kl AKP menang 50 persen,prediksi davutglu gantiin erdogan, skrg jadi belum jelas, karna partai 4 besar, 3 nya musuh akp semua:) Mhp yg nasionalis ga minat koalisi, sedang klsm chp si sekuler,jelas berat krn berseberangan, dan HDP partai kurdi yg naik daun itu jg dikuatirkan separatisme nya krn banyak ex pemberontak disana, dilema bu..sepertinya suara dr grup cemaat FG beralih dr akp, dan emang sudah diprediksi pas mereka ‘musuhan’ (FG ini yg punya banyak sekolah turki di luarnegeri termasuk indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s