5

Pemilu tahun ini di Turki

suasana TKP tahun lalu (di gedung sekolah pemerintah yang di sulap jadi tkp, pemilu dilaksanakan biasanya hari libur sekolah)

suasana TKP tahun lalu (di gedung sekolah pemerintah yang di sulap jadi tkp, pemilu dilaksanakan biasanya hari libur sekolah)

Tanggal 7 juni besok di Turki ada pemilu lagi, kenapa saya tulis ‘lagi’ ?

karena: tahun lalu juga ada pemilu: presiden dan pemilu kepala daerah.

Tahun ini giliran untuk wakil rakyatnya.

Seperti biasa, kampanye mobil van keliling dengan lagu lagu partai dan gambar narsis caleg juga lambang partainya keliling setiap hari, selama siang hari dan ga peduli jam tidur siang anak kecil atau bukan. Suara kencang tentang visi misi partai atau caleg juga  lagu lagu partai-.-‘

Bendera bendera kecil memenuhi jalanan, poster dan spanduk narsis caleg yang ga kira kira -bahkan bisa nutupin gedung 4 lantai- semarak pemilu dan kampanye nya luar biasa.

Di TV apalagi: sessi pertama berita selalu tentang perkembangan politik dalam negeri dahulu, para politisi yang kampanye di daerah basis basis pendukungnya. Biasanya di lapangan besar, menariknya rata rata mereka tetap peduli dengan  tunawicara: jadi begitu sang tokoh berkampanye, akan selalu ada petugas khusus di samping sang politisi yang  menerjemahkan isi pidato memakai bahasa isyarat.

Bagaimana dengan partai penguasa yang menduduki pemerintahan turki sekarang: AKP, partainya erdoğan.

Oh tentu saja sebagai partai penguasa: iklannya paling banyak di TV, mereka pake slogan kampanye tahun ini: onlar konusular, biz yapar, akp yapar: yang kalau di artikan: mereka cuma ngomong doang, kita mah kerja, akp kerja kerja..

jadi banyak deh proyek ngebut menjelang pemilu? hehe..biasalah..namanya juga politik. ga dimana mana.

Saya sebagai pengamat aja yang berusaha netral -ya siapa saya? warga turki juga bukan:D pendatang..imigran dari indonesia yang masih bangga sebagai WNİ berpasport garuda–jadi kalau ada orang indonesia disini yang ikut ikutan terbawa emosi membela partai tertentu ya monggo aja:) hak masing masing..toh juga kita ga punya hak suara, sebagai penggembira saja di samping suami.

Suami saya si babapanda bagaimana pandangan politiknya? dulu diapun sebagai simpatisan akp, suaranya juga banyak dia berikan ke akp, tapi pemilu majlis tahun ini dia ancang ancang mengalihkan suara dari akp. kenapa? itu urusan dia juga sih:) hak politiknya dia sebagai WN turki, dia punya alasan tersendiri, apa dan kenapa nya? dia termasuk warga turki yang gak fanatik buta sama erdoğan.

Memang gak akan ada pemimpin sempurna di dunia ini selain nabi muhamad as dan sebagian orang orang terdahulu di awal awal masa kebangkitan dan kejayaan islam.

Banyak saya baca komen tentang erdoğan layak jadi khalifah?

ehmmm gimana ya, apa ga terlalu berlebihan:)

sekarang era media yang bisa saling tusuk dan juga bisa ‘pesen’ berita juga bisa di bungkam kalau menjatuhkan pemimpin.

Yang terlihat tercitrakan dengan sempurna  di media belum tentu hal yang sama yang dilihat sehari hari. Begitupun dengan pemimpin yang selalu dijadikan target bullying terbesar di indonesia,--gimanapun itu presiden resmi negara, respek dikit lah-

Banyak kasus kasus belakangan ini yang terjadi di sekitar erdoğan dan partainya, tapi apa harus menutup mata? pura pura ga tahu, karena jasanya teramat besar untuk perubahan turki sekarang?

Menurut si babapanda: pemimpin itu juga perlu di kritik, kritik dia jika salah jalan dan mulai membelok dari amanah di awal dia membangun kembali bangsanya. si babapanda malah kuatir  suatu saat erdoğan ‘jatuh’ karena ulah orang orang disekelilingnya sendiri,  citra dan kerja keras yang dia bangun bisa hancur seketika-.-‘ babapanda malah bilang, kenapa dia  pelan pelan menjelma seakan ingin jadi raja atau diktator di negerinya–wow segitunya kah? haha itu sih menurut si babapanda ya- dia yang lebih tahu dibanding saya yang cuma imigran dinegerinya  ngandelin informasi mentah mentah dan dari berita ‘kata’ temen yang juga cuma baca di berita:D atau dari para suami yang fans berat.

Jadi bagaimana dengan pemilu juni nanti?İçerik

tunggu saja kabar selanjutnya dari ibu RTini yang akan jadi wartawan abal abal melaporkan dari TPS -kalau sempat ya dan si anakpanda ga nagih: park..parkkkk*:D:D

5

Project bandara di tengah laut di Turki

Project bandara di tengah laut  hasil reklamasi pantai yang pertama di kawasan eropa, diresmikan kemarin *liat di tv*

di daerah Ordu-Giresun kawasan blacksea turki, direncanakan selesai dan beroperasi penuh akhir tahun ini, Bandara dengan kapasitas 2 juta penumpang dengan panjang 3 ribu meter.

Negara tetangga (kawasan eropa) udah pada heboh dengan project project mercusuar Turki:)*mereka mulai pada galau**  karena bakalan banyak pesawat numpang transit di kawasan strategis ini.

Ok hayirli olsun Turkiye… thayipp amca…

27

cerita dari hati.

Menikah dengan pengangguran?

Bismillah!

Mungkin untuk sebagian orang keputusan saya di tahun 2011 lalu adalah keputusan gila tanpa perencanaan matang.

Hari gini! Mau dinikahin laki laki pengangguran.

Saya mengenal suami lewat dunia maya, hal yang umum di era teknologi belakangan ini. Banyak yang bertemu jodoh lewat internet, salah satunya saya dan suami.

Suami saya berasal dari tempat dimana kekhalifahan islam terakhir sempat berjaya lalu runtuh dan berubah  menjadi negara republik: turki.

Perkenalan terjadi lewat fan page salah satu grup musik sufi yang terkenal di indonesia dan memiliki penggemar juga di tanah kelahiran suami.

Awal tahun 2011 kami semakin dekat semenjak kegagalan beliau mengikuti seleksi cpns di negaranya, dia hampir frustasi karena sudah melepaskan pekerjaan terakhirnya demi seleksi wawancara di kota istanbul, 9 jam jauhnya dari kota kelahirannya di corum.

Hasilnya dia tidak lolos seleksi terakhir sebagai petugas negara, dan diapun sudah kehilangan pekerjaannya di corum.

Bertahan di istanbul menumpang hidup dirumah saudaranya, bekerja sebagai security pun dia jalani, tapi hanya  bertahan tiga bulan saja lalu dia pulang ke corum kembali.

Entah kenapa dipikirannya saat itu justru ingin serius menikahi saya, perempuan yang hanya dia kenal di internet, hubungan kami yang dekat dan saya sebenarnya diawal hanya berposisi sebagai teman untuk dia cerita keluh kesahnya.

Dalam posisi yang saya kira hanya candaan semata, tapi dia menunjukan itikad serius.

Atas restu Anne- nya*, di pihak keluarganya pun terjadi pro dan kontra dengan keputusan suami kala itu, tapi suami hanya butuh doa dan restu ibundanya, dia mantap menuju indonesia untuk menunjukan itikad keseriusannya.

Entah lah saya hanya percaya kuasa Alloh SWT dan jalan jodoh kami yang memudahkan semuanya. Serasa mustahil untuk sebagian besar orang. Saya pun harus kebal kuping mendengar kasak kusuk tetangga dengan  keputusan saya menikah dengan orang asing  yang hanya dikenal lewat internet, kasak kusuk dan penuh kecurigaan, hingga tuduhan tuduhan bahwa saya akan di jual, atau di jadikan budak ! tuduhan yang mengerikan.

Pernikahan berjalan dengan baik, banyak pihak membantu proses nya dengan mudah, bahkan mengurus izin di kedutaannya pun begitu dipermudah, urusan di KUA, urusan pesta hajatan yang hanya dipersiapkan 1 minggu, semua dipermudah jalannya.

Kami berdua hanya modal keyakinan untuk menikah karena Alloh SWT, kendati hanya mengenal lewat dunia maya, saya tidak ingin mengulur waktu, serius! menikah! dalam jangka 1 tahun lebih,Dari awal kenal hingga menikah.proses pendekatanpun terbilang singkat.

Status pekerjaan suami saya kala itu: pengangguran!

Saya dicap nekad sekali, menikah hanya karena ‘rupa’ sang lelaki. Secara materi dia belum mapan.

Keputusan gila kalau diukur dari urusan duniawi.

Datang ke negara suami, tidak ada cerita manis jalan jalan untuk bulan madu, saya langsung harus beradaftasi dengan lingkungan baru. Dari hiruk pikuk kota jakarta yang padat, pindah ke kota kecil yang sepi dan tinggal dipinggiran kota yang sunyi senyap di waktu malam, penduduk desa yang hanya berjumlah puluhan orang saja, tidak ada warung atau toko toko, semua kebutuhan pokok biasanya beli dari pusat kota yang berjarak 15 menitan.

Drastis! suami bekerja serabutan hingga akhirnya diterima kerja di pabrik tekstil. menjadi buruh. Tak sanggup juga saya bercerita kepada keluarga tentang kehidupan awal diTurki, karena sebagian keluarga pun ada yang menilai saya nekad. Saya hanya bercerita tentang segala kebaikan keluarga suami, dan alhamdulilah mereka menerima saya dengan baik dan hangat.

Menerima gaji pertama suami menafkahi saya di awal pernikahan itu rasanya luar biasa, kendati hanya diajak makan di restoran kecil, sekadar beli beberapa potong lahmacun dan segelas ayran, terasa nikmat sekali.

Banyak yang lebih beruntung dari saya di negara ini dan dinikahi pria dari negeri yang sama, tapi saya tidak pernah kecil hati lantas menaruh iri atas keberuntungan mereka yang kehidupannya secara ekonomi lebih baik dari kami. Saya terus belajar untuk bersyukur karena apapun yang sudah saya lalui, ini keputusan saya sendiri dari hati. Memilih menerima pinangan laki laki dari negeri seberang yang tidak menjanjikan tinggal di istana megah.

Bersusah payah belajar  membaur dengan kehidupan ala desa turki, pengalaman baru yang belum tentu semua orang rasakan.

Memasuki bulan ke tiga pernikahan, Suami meminta persetujuan saya. Dia ingin mencoba daftar CPNS lewat website salah satu departemen pemerintahnya.

‘ini kesempatan terakhir bagiku’ ujarnya diantara raut wajahnya yang penuh harapan.

‘Daftar’ jawab saya waktu itu.

Saya tahu pengalamannya yang dahulu, gagal ujian terakhir. Tapi apa salahnya berjuang untuk terakhir kalinya dibatas akhir syarat umur tes tersebut.

Dokumen sudah terkirim via email, dia memasukan poin kpss nya. poin 78, hasil ujian umum untuk cpns tahun lalu masih berlaku dua tahun.seleksi tahap awal: seleksi poin kpss. Lulus.

ujian ke dua: dapat panggilan dari istanbul, untuk jalani tes  fisik.

Dilema kembali melanda berkaitan urusan dengan pekerjaannya di pabrik. Tidak mudah mendapat izin.

Tapi entah kenapa tiba tiba ada temannya yang mau menggantikan pekerjaannya dan suami dapat izin untuk ke istanbul.

Saya berdoa untuk suami, doa yang terbaik mengiringi langkahnya.

Dua hari  di istanbul, hasil tes langsung keluar: syarat fisik: lulus seleksi. Yang berarti masuk tes ke tiga: interview.

setahun lalu dia pernah gagal dites ini. Kali ini saya ada bersamanya, memberi semangat dari dekat.

tes interview alhamdulilah lolos: sehari tes, hari kedua langsung keluar hasilnya, suami langsung histeris, dia berkaca kaca sambil memeluk saya, tidak percaya bahwa dia bisa lulus ujian setelah menikah, bertahun tahun dia mencoba, selalu gagal di ujian terakhir. Suami sangat bermimpi menjadi abdi negaranya, petugas berseragam, pernah tes tentara, polisi. mengorbankan masa awal kuliah yang akhirnya dia keluar demi cita cita.

cita cita teraih setelah melewati rezeki pintu pernikahan.

Menanti panggilan untuk memulai tugas barunya, kami merantau ke kota terbesar di Turki, İstanbul.

Semuanya kami mulai dari awal, mencari kontrakan flat apartemen sederhana, membeli dengan menyicil beberapa isi rumah, sebagian dapat hibahan dari kakak ipar yang memang bermukim di istanbul.

Kebahagian kamipun bertambah setelah 1 bulan suami aktif bekerja, saya dikarunia amanah, kehamilan.

Memulai kehidupan baru, hidup mandiri, suamipun mendapat pekerjaan yang dcita citakannya.

Berdasar keyakinan lah saya dulu memilih dia, lewat shalat istikharah meminta jawabanNya.

Karena saya meyakini bahwa lewat pintu pernikahan Alloh akan mencukupi hambaNya, saya tidak takut dan malu dengan keputusan saya kala itu. Cibiran dan omongan yang negatif saya saring.

Saya meyakini beliau bisa jadi imam yang baik, sifat jujurnya  yang membuat saya menerimanya.

and…..**sebenarnya ini tulisan buat ikutan kompetisi  eksis di buku**tapi kayaknya udah lewat deadline.

ehmm blm rezeki:D sama kyk dulu buat kumpulan buku diaspora indonesia, saya telat buka email nya*biasalah kesibukan İRT..tsahh**dan lupa pula paswordnya-.- tapi di kata pengantar buku, masih ada kutipan dari tulisan saya hahah…gara gara telat buka email.

Ok…ceritanya sih standar aja, bukan kayak pangeran yg mempersunting gadis jelata )jelata ya bukan melata)

yang happy happy ketika tiba dinegara baru..woeyyy luar negeri nih…hahha..gitu kan ya. lebay nya.

ya salam…semua orang sudah digariskan jalan takdirnya masing masing…, mungkin bagian saya jodoh yang berjuang dr bawah…yang ga semua ujug2 sempurnaaa…, jadi maaf ya belum bisa foto2  keliling turki:D kecuali ada yg sponsorin..yaelahh maunya.

Tapi tetap aja selalu ada hikmah dan cara bersyukur, dan tetap aja ada yang melihat saya ‘better than her or him’

padahal kl dr kita yang lihat: justru kalian yg lebih nyaman..udah bisa jalan wara wiri tanpa mikir gimana bayar ini itu:D

manusiawi lah….manusia yang ga akan nemu ujung puas lahir batinnya.

melihat kami: enjoy geboy tanpa campur tangan mertua dan pasukannya. keluarga suami yang asyik.masih bisa me time..me timeee..mau salto jumpalitan dirumah jg asyik aja. suami yang super duper ringan tangan..dalam arti mau bantuin macem2 urusan domestik İRT tanpa harus dipaksa.

kita selalu punya sudut pandang dari kacamata berbeda kalau liat kanan kiri:sama kayak saya kalo liat apartemen or rumah bagus: kapan ya punya..hahha normal ahh manusiawi..

ga akan ada cukupnya kalo ngukur standar materi.

Jadi pesan saya: tetap ga semua orang jalan hidupnya sama persis, kendati saya dinilai nekad,saya punya insting kuat jg sih kl nilai orang*jiahh dukun nihh..ettt just feeling* keyakinan saya terhadapa pilihan saya, tidak akan saya sesali.dan Alloh maha baik.

Bukan berarti pilihan saya juga tersempurna, ya tetap lah si babapanda juga kalo datang masa bertanduknya…nyebelin:D

kami terus berproses untuk menjadi manusia manusia serigala*korbansınetron-.-* ih amit2 dahh

manusia manusia yang lebih baik…terutama dari sisi rohani…,ya hidup didunia..mau dicari apalagi sih..sekarang aja kepala tiga –seremkan kepala ada tiga:0**

nabung nabung bekal akhirat… buat bekel kalau dipanggil pulang oleh yang punya nyawa ini terus ditanya sama asisten2nya: ngapain aja di dunia? umur kamu buat apa?

salah satunya saya mau jawab: saya juga nulis blog ini, bukan berniat pamer,sukur sukur ada yang bisa diambil manfaatnya,dan buang jeleknya. Semoga bermanfaat gitu:) ga sekadar tjurhatannnn 213

salam: keluargapanda:D

5

Wasiat muhammad al fatih untuk Masjid fatih istanbul

11233490_990707744281820_6565664601757438519_n

Wasiat Sultan Muhammad al-Fatih terkait pewakafan masjid Fatih, Istanbul.

1. Sepuluh orang Hafizul Quran harus ditugaskan untuk membaca Al-Quran setiap hari Jum’at sebelum sholat Jum’at.

2. Dua puluh orang shalih harus ditugaskan untuk mengkhatamkan Al-Quran tiap hari ba’da sholat subuh.

3. Dua puluh orang shalih harus ditugaskan untuk membaca 70.000 kalimat Tauhid tiap hari ba’da sholat Subuh.

4. Sepuluh orang harus ditugaskan untuk membaca 10.000 shalawat atas Nabi Muhammad (saw) ba’da sholat Subuh.

Wasiat ini terpampang dekat pintu masuk sebelah kiri masjid Fatih.

Subhanallah, beliau memang pantas untuk mendapatkan julukan “sebaik-baik komandan perang” seperti yang telah dikabarkan oleh Rasulullah beberapa abad sebelum penaklukkan Istanbul.

(diterjemahkan dan ditulis oleh: jaini mukhlis -mahasiswa indonesia di istanbul)

demı kesını...ke makamnya muhamad al fatıh..sang leluhur anakpanda:)

turbesi (makam nya muhamad al fatih )

sekalıan janjıan sama temen mahasıswa ındo yg kebetulan tınggalnya deket sıtu

lokasi masjid fatih di dekat makam nya

2

anakpanda punya cerita

11151062_10206271447085886_2923574656446996421_nHai..apakabar…

lama si anakpanda ga eksis di blog hehhe..

Sekarang sedang masa masanya dia bikin kita jumpalitan, dirumah.

Tiap hari: pak…pak….! minta jalan ke park… kosakata mulai banyak nambah, kendati campur aduk dengan bahasa turki.

iya, anakpanda masih dalam tahap belajar bicara, yang diutamakan bahasa ibu- dulu. komunikasi langsung dua bahasa. Belajar dari teman teman mix marriage juga.

Jadi saya berusaha konsisten berbahasa indonesia dan babapanda bahasa turki. Karena saya juga lihat anak anak teman yang sudah tahap sekolah, rata rata bahasa turki lebih dominan, karena lingkungan juga.

Sehari hari anakpanda senang nonton video anak anak kalau pagi sebelum saya ajak keluar rumah:dan lucunya dia lebih suka video video anak berbahasa rusia:D di puterin yang berbahasa turki atau indonesia,sekarang udah protes-.-‘ kalau yang bahasa inggris dia masih mau.

Anak nya ini super ramah sama orang, setiap ada orang yang lewat, naik kendaraan didepan rumah, bakalan sibuk dadah dadah…tapi kalau di ajak suruh naik..ga mau..:) gampang bergaul sama anak anak,ga pemalu. senang jadi pusat perhatian. apalagi sama anak cewek…ehmm

11078181_10205962764129005_2157839115667939685_nbanyak moment si anakpanda yang kadang bikin terharu:)

dia pernah ga mau menghabiskan menu makan malamnya, ternyata dia nunggu babanya pulang dan baru mau makan bareng:) mau makan yang sama dipiring baba nya,padahal menu sama.

.

22709_10206194951373541_2280915103553910682_n (1)Setiap dengar suara azan berkumandang, dia selalu spontan bilang: Alloh abar..alloh abarrr..buru buru nungging di sajadah. Apalagi setiap lihat ada alquran, selalu dia buka buka sambil bergaya ala qori ..baca dengan bahasa anak anaknya.

Anakpanda juga anak yang ‘kekinian’ begitu diajak foto selfie, dia langsung ambil pose sok imut dengan kedua tangan yang menopang dagu..–aihh belajar dari siapaaa–

next time cerita lagi ya—-:D*biasa deh nggantung***ngejer waktu sama bobo siangnya tuh anak..

1

(berbagi oase ilmu)

Dari Ibnu Amr ra, ia berkata bahwasanya Rasulullah saw. pernah bersabda, “Kebanyakan kaum munafik dari kalangan umatku kelak adalah para ahli baca Al-Qur’an di antara mereka.” [HR. Ahmad]

********************************

Penjelasan dari Mursyid saya ihwal hadits di atas:

“Ahli membaca Al-Qur’an belum tentu ahli Al-Qur’an; seringkali Al-Qur’an hanya digunakan sebagai alat politik semata, atau lebih buruk lagi hanya untuk meraih popularitas dan keuntungan duniawi. Bagaimana pun agar tidak salah memahami, maka Al-Qur’an harus terus dibaca serta dikaji secara mendalam dan komprehensif dengan Al-Hadits dlsb. Bagaimana tidak dibaca jika Al-Qur’an bagi orang-orang mu’min itu seperti nyawa.

Sebagaimana Allah SWT firmankan dalam Al-Qur’an bahwa isi Al-Qur’an tidak bisa dipahami kecuali oleh orang-orang yang memiliki hati (qalb) yang telah Allah bersihkan (sucikan). Dalam Al-Waqiah [56]:79 “Laa yamassuhu illal-muthahharun” [“Tidak ada yg dapat menyentuhnya (isi Al-Qur’an) kecuali orang-orang yang telah dibersihkan/disucikan (hatinya)”]” by: Alfathri Adlin