meninggalkan istanbul

Rasanya berat sekali saya menulis judul di atas. saya sudah jatuh cinta dengan kota terpadat di turki ini, hiruk pikuknya mengingatkan saya dengan kehidupan di jakarta, kota yang saya tinggalkan sebelum hijrah ke Turki.

Keputusan bimbang…

Karena banyaknya warga indonesia dikota ini, akses yang jauh lebih mudah dengan segala makanan asia. Banyak acara kumpul kumpulnya, ya wajar ga sih..paling tidak rasa ‘homesick’ sedikit berkurang dikota ini.

Tapi semakin tahun bertambah, si babapanda mengingatkan kembali. Kapan waktu yang terbaik untuk pindah?

Dalam 3 tahun kedepan, keputusan harus ada.

Saya mungkin bukan petualang sejati, saya kurang suka rasa sepi, entah kenapa saya menikmati hiruk pikuk keramaian kendati saya bukan tipikal orang yang menyenangkan dan banyak mengumbar tawa di tengah kumpul kumpul teman.

Tapi saya harus juga bisa mengerti posisi sibabapanda. tentang rangkaian impiannya,hidup dikota kecil lebih baik untuk mewujudkan sebagian mimpinya, begitu ujarnya.

Biaya hidup istanbul termasuk tertinggi di Turki, belum harga properti, untuk kami yang mengandalkan gaji pns biasa semata, memang cuma bisa dicukupcukupi hehe.Entah bagi mereka yang memang orang turki yang sudah beranakpinak di istanbul.

Oh ya jadi mau berbagi cerita, kemarin saya nonton cuplikan video yang di sebarkan di youtube tentang peredaran narkoba di indonesia terutama di lapas-lapasnya yang sudah masuk kategori: Gawat darurat.

si pengedar yang disamarkan bercerita tentang cara kerja peredaran narkoba di lapas dan petugas petugas hukumnya yang masih bisa di’beli’! ya faktanya masih banyak seperti itu di tanah air.

Lalu saya ingat cerita si babapanda tentang reformasi di tubuh adalet bakanliği *departemen kehakiman keadilan turki*

tempat si babapanda menggantung nasip nya hehe.

Reformasi dan pembangunan infrastruktur untuk lapas lapas Turki benar benar mengalami kemajuan semenjak reccep thayyip erdoğan memimpin bangsa ini.

semua jalur distribusi narkoba di pangkas habis, kondisi turki sebelum seperti sekaran tidak jauh berbeda dengan indonesia.

Dulu ujar si babapanda:memur *pns* punya rumah2 mewah dan kendaraan terbaru udah biasa, sekelas sipir penjara juga. karena bisa mengutip uang dari tahanan.

sekarang:?

Tiap akhir tahun harus isi formulir daftar kekayaan dengan detail dan terperinci, beli rumah duit dari mana, sumber harus jelas, diakalin pun percuma, sistem kependudukan turki lumayan sudah tertata rapih:bisa di cek dari Tc kimlik/ ktp nya.

dan banyaknya reformasi lainnya, tidak boleh memukul tahanan sembarangan, ada tahanan kelahi bahkan sampai meregang nyawa, petugas yang berjaga semua diseret kepengadilan untuk diminta pertanggung jawaban.

dibalik reformasi nya tetap aja sih ada kendala, yakni orang orang lama! yang belum terpensiunkan dan yang ga pro erdoğan, semua balik ke urusan politiknya. kebanyakan yang setingkat pejabat2 atasnya yang pro partai yang berseberangan sama pemerintah. yang selalu siap menelikung.

Harus sterril dari gadget, jaringan internet masuk lapas, tapi akses sosmed di blokir semua:D

ruang tahanan lebih manusiawi. Didalam lapas ada market, jadi kalau mau jajan di supermarketnya masih bisa, gimana caranya?

-tiap keluarga si tahanan hanya bisa kirim duit pake rekening khusus si tahanan, jadi si tahanan hanya menerima kartu yang sudah ada saldo nya untuk belanja atau jajan di dalam lapas.

Kebetulan si babapanda di lapas anak istanbul yang tingkat stress nya tinggi,

kenakalan remaja istanbul umumnya:narkoba dan sex bebas, ada yang berprilaku sex menympang harus extra di jaga, kalau sampai si tahanan melakukan tindakan  tidak senonoh ke sesama tahanan yg lemah, petugasnya yang bertanggung jawab.

Bahkan si babapanda bisa memetakan wilayah istanbul dengan kenakalan remaja nya terbanyak daerah mana:karena seringnya menerima tahanan dari daerah yang sama.

Jadi berimbas ke super protektifnya dia, kamu kalau kedaerah sini…bla..bla… wuihhhh.

Ok balik lagi:S

karena alasan itu dia ingin buru buru mutasi…kami masih berdebat apa balik ke corum city atau merantau ke kota lain, pertimbangan saya menyertakan kualitas pendidikan kota tertentu juga demi si anakpanda.

saya juga harus banyak istikharah kayaknya:D biar bisa happy kalau pindahan lagi, se-happy-nya waktu tahu pindah ke istanbul 3 tahun lalu dari corum hehe..iya jujur lahh

Banyak pertimbangan demi masadepan kami juga…

nomaden lagi dahh..

dsc00829.jpg

Advertisements

8 thoughts on “meninggalkan istanbul

  1. Senasib deh kita, Rahma… Ini kita juga mau pindah lagi karena Singapore udah gak kondusif… Benernya sih kita udah cinta berat sama Singapore, tapi biaya hidup (terutama properti) terlalu mahal, dan suamiku juga udah stuck di kerjaannya, karena di sini sekarang sangat memprioritaskan warga asli Singapore. Yah, good luck deh, just remember, we can be happy wherever we are… karena yang bisa bikin kita happy kan kita sendiri 😉

    • iya mba..walo msh ada waktu..cm kepikiran..krn udah ngerasa nyaman sm temen2 di istanbul:) biaya hidup jg termasuk termahal di turki, istanbul. suami pengen ke kota kecil

  2. Wah sabar ya, Rahma.. Apapun keputusannya semoga itu yg terbaik untuk kalian sekeluarga.. Kalo saya malah dari awal udah diwanti-wanti sama suami bahwa kami gak akan tinggal di kota besar sekelas ibu kota negara. Ada 2 alasan: pertama, karena tipe pekerjaannya yg cenderung di area terpencil; kedua, karena biaya hidup di kota besar tinggi di negara mana pun itu. Walhasil, di Indonesia kami tinggal di kota kecil yg nyaris gak ada orang asingnya. Di Australia pun tinggal di kota kecil yg sampai saat ini saya belum pernah ketemu sesama orang Indonesia..😄
    Good luck dengan rencana kepindahannya..

    • wah mba..saya perlu belajar dr dirimu nih…terlalu ‘nyaman’ di istanbul,yg akses kemana2 lbh mudah,byk wni, makanan jg lbh bersahabat hahha..ini ketar ketir kl jd mutasi ke kota kecil..

    • aminn..masih lama mb itje:D tp biasa deh suami suka hobby bahas..
      iya semoga ada perubahan mendasar.suami saya pegawai rekrutan era reformasinya..jd lbh keras..butuh 10 tahunan jg buat turki kok merubahnya..ga semudah membalikkan telapak tangan. disini pejabat korup jg msh banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s