15

anakapanda dan kucing liar

11081050_10205947319822907_8824057268934652793_n

İstanbul dan kucing liarnya …memang selalu menjadi daya pikat saya..

apalagi kalau jalan ke pinggir pantai, melihat deretan kucing liar yang ngarep dikasih ikan ikan kecil hasil  pancingan para pemancing di pinggiran laut marmara.

11080922_10205947319542900_1578009667260202969_n

rumpiiiii sama kucing,dan tangan babapanda yang siap narik:D

Untuk para pecinta kucing, datang ke turki bisa jadi wisata ‘tambahan’  bermain dengan kucing kucing liarnya yang tidak kalah menggemaskan dengan kucing piaraan. Bulu bulunya tebal dengan ukurannya lebih besar, kadang ada yang mirip dengan ras persian.

Anakapanda paling heboh kalau di ajak jalan ketemu kucing,  ngejar ngejar..ngajak ngobrol…tangannya selalu ingin pegang bulu bulu kucing, dan si babapanda yang selalu sigap sambil teriak: piss…pisss:D *kotorrrr..kotorrr***

untuk urusan kebersihan anak, babapanda proteksi habis habisan ..kalau pulang bepergian: dia selalu bilang: el yıkaaa…

11036371_10205904932243244_6368847739718313217_n

kalau jalan sama anne: bisa bebas gupak:D beda kan sama baba…

anaknya selalu di angkut ke kamar mandi untuk cuci tangan:) bagus sih..ya biarkan lah babanya yang rempong…:D

alhamdulilah lagi urusan rasa peduli sama binatang: orang turki lumayan lahh…

rasa kepedulian mereka terhadap hewan liar cukup tinggi, kalau musim dingin saja banyak yang sibuk menebar makanan ke hutan hutan ataupun perbukitan, baik makanan burung maupun anjing liar dsb…

ada tempat khusus  yang disediakan pemerintah untuk warganya yang mau nyumbang makanan hewan..dan hewan liar tinggal makan di tempat tersebut *nanti kalau lihat saya foto*

****udah duluuuu:)) nguriwaktuanaktidur***

11007_10205947321222942_54688536807841273_n

8

meninggalkan istanbul

Rasanya berat sekali saya menulis judul di atas. saya sudah jatuh cinta dengan kota terpadat di turki ini, hiruk pikuknya mengingatkan saya dengan kehidupan di jakarta, kota yang saya tinggalkan sebelum hijrah ke Turki.

Keputusan bimbang…

Karena banyaknya warga indonesia dikota ini, akses yang jauh lebih mudah dengan segala makanan asia. Banyak acara kumpul kumpulnya, ya wajar ga sih..paling tidak rasa ‘homesick’ sedikit berkurang dikota ini.

Tapi semakin tahun bertambah, si babapanda mengingatkan kembali. Kapan waktu yang terbaik untuk pindah?

Dalam 3 tahun kedepan, keputusan harus ada.

Saya mungkin bukan petualang sejati, saya kurang suka rasa sepi, entah kenapa saya menikmati hiruk pikuk keramaian kendati saya bukan tipikal orang yang menyenangkan dan banyak mengumbar tawa di tengah kumpul kumpul teman.

Tapi saya harus juga bisa mengerti posisi sibabapanda. tentang rangkaian impiannya,hidup dikota kecil lebih baik untuk mewujudkan sebagian mimpinya, begitu ujarnya.

Biaya hidup istanbul termasuk tertinggi di Turki, belum harga properti, untuk kami yang mengandalkan gaji pns biasa semata, memang cuma bisa dicukupcukupi hehe.Entah bagi mereka yang memang orang turki yang sudah beranakpinak di istanbul.

Oh ya jadi mau berbagi cerita, kemarin saya nonton cuplikan video yang di sebarkan di youtube tentang peredaran narkoba di indonesia terutama di lapas-lapasnya yang sudah masuk kategori: Gawat darurat.

si pengedar yang disamarkan bercerita tentang cara kerja peredaran narkoba di lapas dan petugas petugas hukumnya yang masih bisa di’beli’! ya faktanya masih banyak seperti itu di tanah air.

Lalu saya ingat cerita si babapanda tentang reformasi di tubuh adalet bakanliği *departemen kehakiman keadilan turki*

tempat si babapanda menggantung nasip nya hehe.

Reformasi dan pembangunan infrastruktur untuk lapas lapas Turki benar benar mengalami kemajuan semenjak reccep thayyip erdoğan memimpin bangsa ini.

semua jalur distribusi narkoba di pangkas habis, kondisi turki sebelum seperti sekaran tidak jauh berbeda dengan indonesia.

Dulu ujar si babapanda:memur *pns* punya rumah2 mewah dan kendaraan terbaru udah biasa, sekelas sipir penjara juga. karena bisa mengutip uang dari tahanan.

sekarang:?

Tiap akhir tahun harus isi formulir daftar kekayaan dengan detail dan terperinci, beli rumah duit dari mana, sumber harus jelas, diakalin pun percuma, sistem kependudukan turki lumayan sudah tertata rapih:bisa di cek dari Tc kimlik/ ktp nya.

dan banyaknya reformasi lainnya, tidak boleh memukul tahanan sembarangan, ada tahanan kelahi bahkan sampai meregang nyawa, petugas yang berjaga semua diseret kepengadilan untuk diminta pertanggung jawaban.

dibalik reformasi nya tetap aja sih ada kendala, yakni orang orang lama! yang belum terpensiunkan dan yang ga pro erdoğan, semua balik ke urusan politiknya. kebanyakan yang setingkat pejabat2 atasnya yang pro partai yang berseberangan sama pemerintah. yang selalu siap menelikung.

Harus sterril dari gadget, jaringan internet masuk lapas, tapi akses sosmed di blokir semua:D

ruang tahanan lebih manusiawi. Didalam lapas ada market, jadi kalau mau jajan di supermarketnya masih bisa, gimana caranya?

-tiap keluarga si tahanan hanya bisa kirim duit pake rekening khusus si tahanan, jadi si tahanan hanya menerima kartu yang sudah ada saldo nya untuk belanja atau jajan di dalam lapas.

Kebetulan si babapanda di lapas anak istanbul yang tingkat stress nya tinggi,

kenakalan remaja istanbul umumnya:narkoba dan sex bebas, ada yang berprilaku sex menympang harus extra di jaga, kalau sampai si tahanan melakukan tindakan  tidak senonoh ke sesama tahanan yg lemah, petugasnya yang bertanggung jawab.

Bahkan si babapanda bisa memetakan wilayah istanbul dengan kenakalan remaja nya terbanyak daerah mana:karena seringnya menerima tahanan dari daerah yang sama.

Jadi berimbas ke super protektifnya dia, kamu kalau kedaerah sini…bla..bla… wuihhhh.

Ok balik lagi:S

karena alasan itu dia ingin buru buru mutasi…kami masih berdebat apa balik ke corum city atau merantau ke kota lain, pertimbangan saya menyertakan kualitas pendidikan kota tertentu juga demi si anakpanda.

saya juga harus banyak istikharah kayaknya:D biar bisa happy kalau pindahan lagi, se-happy-nya waktu tahu pindah ke istanbul 3 tahun lalu dari corum hehe..iya jujur lahh

Banyak pertimbangan demi masadepan kami juga…

nomaden lagi dahh..

dsc00829.jpg

2

cuaca galau

cuaca galau istanbul.

Semingguan ini tepatnya sih semenjak memasuki bulan maret,cuaca galau ga karuan, hujan mendung, berangin, bahkan salju pun sempat turun lagi, rasanya pengen cepat masukin coat musim dingin ke lemari.

Anakpanda sempat sakit plus mencret mencret, demam disertai kejang.Tiap pagi saya sediakan air lemon hangat plus sarapan eklusif buah, untung anaknya mau, banyak air putih. Asi.

Pemulihannya lumayan cepat, tapi mencretnya bertahan lebih lama sehingga menguras persediaan diapers:)

Sİ Anakpanda sembuh gantian babapanda yang sakit juga, kecapean kalau pas dinas malam ditambah cuaca yang ga menentu, Beliau langsung beli stok greyfruit, orange lebih banyak dari biasanya. tapi tetap nelen obat obatan juga-.-

Lumayan ngurus dua orang dirumah, dan saya? sepertinya di takdirkan untuk tidak sakit dulu, jalanin pola makan ala foodcombining walau belum tertib alhamdulilah cukup membantu daya tahan tubuh di cuaca yang gak jelas di bulan maret ini.

Masih inget waktu jalani terapi TBkelenjar, betapa repotnya jika saya sakit,ngurus anak dan suami, urusan rumah saya ga kepikiran tapi urusan masak, beliau ga bisa masak. Semenjak sakit dulu itu, si anakpanda sampai sekarang ga mau tidur di babycrib nya lagi, karena saya nyerah tidurin anak di satu ranjang agar mudah menyusui tengah malam, ujungnya sampai sekarang dia gak mau lagi tidur di babycrib nya ..-.-

Oh ya kemarin d istanbul juga sempat terlihat gerhana matahari, walau cuma sepotong kecil, yang lebih jelas di dataran eropa.

10

klarifikasi dari ppi turki.

Belakangan ini berita tentang hilangnya WNİ di Turki lumayan menghangat menjadi pembicaraan kami kami warga indonesia disini, Kabar tentang tertangkapnya orang indonesia di kota gaziantep turki oleh otoritas keamanan turki dan berita yang ‘menyesat’kan diangkat oleh salah satu media besar indonesia membuat keprihatinan kami, PPİ turki menurunkan klarifikasi:

http://chirpstory.com/li/256454

http://chirpstory.com/li/256445

Pelajar indonesia di Turki tidak ada sangkut pautnya dengan isis, mereka murni menuntut ilmu di Turki.

Tentang isu isu yang beredar di media tanah air bahwa ada mahasiswa indonesia yang ‘membantu’ WNİ yang mau nyebrang ke suriah demi isis, berita bohong semua.

——-

ini isu sensitif sekali, dan keheranan saya kenapa ada orang indonesia yang tertarik gabung İSİS?

hati hati kalau hanya tau dari media yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya 100 persen.

Yang datang dari ‘barat’ blm tentu 100 persen salah, dan yang datang dari ‘timur’ pun belum tentu 1000 persen berita yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jujur secara pribadi saya heran, motivasi yang menggebu gebu untuk ke suriah tanpa tau medan sebenarnya, untuk apa?

sedang orang suriah sendiri berbondong bondong pindah ke turki demi keselamatan nyawa mereka dan keluarganya, berharap dapat kehidupan lbh baık.ini politik…jangan karena baca sekilas sekilas..darah langsung panas..lalu teriakkk harus jihaddddd..nekad pergi lewat turki dan justru merepotkan wni disini, sebagian wni susah payah bangun citra positif mengenalkan indonesia di turki: culture day dsb, lalu tiba tiba keluar berita di tv lokal ttg wni yg tertangkap.

saya pikir jihad atau berperang pun ada syarat syaratnya, yang saya heran kelompok yang tertangkap itu ada anak anak dibawah umur ikut serta:(

**sampai sekarang kami masih menunggu berita dari sumber akurat: kjri maupun kbri di turki*

semoga mereka yang ‘menghilangkan’ diri 16 orang itu segera ditemukan, walau turki negara yang masih aman secara pemerintahan, tapi orang orang jahat juga banyak diluaran sana. Alloh korusun

15

Nama nama orang Turki

İni yang belakangan ini sering saya pikirkan*asli kurang kerjaan**:)

suka penasaran nama nama orang Turki, yang terdengar aneh baik secara tulisan atau pengucapan. Banyak juga nama nama serapan dari bahasa arab yang di Turki-kan. Dan nama nama pasaran yang artinya: banyak sekali orang turki mempunyai nama yang sama, yang membedakan hanya surname nya saja.

Nama pasaran di Turki itu:

untuk laki laki:

Mustafa (karena ini nama lain dari nabi muhamad, orang turki senang sekali memberi nama mustafa..entah ada berapa juta mustafa di Turki)

ahmet, mehmet. mesut—)) ini juga banyak banget dan ciri khas nama orang turki: mehmettttt

terus nama nama nabi: yusuf, yakub, ibrahim, etc

nama nama khas turki: misal : serkan, volkan, hakan..

untuk perempuan: yang terpopuler: ayse (aisha) zeynep, esma., fatma

ada juga nama yang sedikit ‘lucu’ untuk pengucapan bahasa indonesia:

Berrak-.-

Betul….

adem..surnamenya sarı (ada pemain bola turki: jadi deh di tulis adem sari:D)

dan untuk anak perempuan seringnya mereka memberi midle name: Nur..

ayse nur, fatma ny, rauza nur..

Dan hobby nya orang turki ‘mewariskan’ nama:

semisal:nama kakek yang sudah almarhum, kemudian dipake ke nama buat cucu nya, jadi turun temurun dengan nama yang sama dan surname yang sama..

(to be cotinued) anakpanda bangun:D:D

2

Belanja sayur mayur mingguan

Setiap hari senin, dekat rumah selalu dibuka pasar buah dan sayur yang lokasinya memotong jalan raya, Umumnya di Turki, pasar traditionl sayur dan buah memotong jalan raya, lalu lalu lintas di alihkan. Kebetulan di dekat rumah kami lokasinya tiap hari senin, jalan besar di tutup, lalu pedagang membuka lapak lapaknya, mobil truk yang mengangkut sayur dan buah segar di parkir di jalan atau gang2 lebih kecil.

Ada juga lokasi pasar yang ditentukan pihak belediye, di Pendik tempat kami tinggal, setiap sabtu pasar traditionalnya di buka di daerah sahıl-pinggir pantai- lokasi yang asyik untuk menghabiskan akhir pekan bareng keluarga sambil berwisata, juga belanja kebutuhan sehari hari.

Lokasi pasar terbesar se belediye(municipality). Tapi pasar mingguan dekat rumah di buka hari senin untuk wilayah mahallesi *kelurahan* tempat saya tinggal, Para pedagang akan keliling ke daerah daerah penduduk untuk membuka lapak di jalan yang sudah ditentukan pihak pemerintah.

Kesibukan para pedagang mempersiapkan lapak lapaknya sering saya dengar tiap senin pagi.Kebetulan gedung flat apartemen tempat kami tinggal cukup dekat dengan jalan raya dimana lokasi pasar akan dibuka, bisa dilihat dari jendela dapur tenda tenda pasarnya.

Biasanya pasar akan ramai  selepas dhuhur sampai menjelang isya. Suara teriakan para pedagang  memanggil para pelanggan, bahkan ada yang sambil nyanyi nyanyi untuk menarik perhatian, sering terdengar sampai rumah kami, tanpa perlua TOA atau mikrofon suara orang turki sudah melebihi speaker nya hehe

umraniye

(sumber:google) salah stau lokasi pasar di istanbul

Sekarang saya sudah terlatih belanja sendiri, maklum lah ibu ibu, beda harga sedikit saja saya kejar hahah..dari ujung ke ujung di jabanin, padahal lokasi pasarnya ini di jalanan yang naik turun, phiuhh kebayang sehabis belanja serasa olahraga. Saya paling suka belanja jika  ada tulisan: Sec/al  di lapak pedagangnya: artinya kita bisa milih milih sayur atau buah sesuka kita tanpa takut dicampur sama yang sudah busuk. Biasanya harga akan sedikit lebih mahal. Awal awal saya tergoda harga yang lebih murah semisal: orange squash sekilo 1 lira: wow murah banget kan, dirupiahin aja ga nyampe 6 ribu rupiah 1 kilo.eh tapi ga boleh milih, pedagangnya yang milih sendiri, kadang untung kadang buntung kalau kayak gini, alhasil dicampur buah yang sedikit busuk atau lama. Yang ada gak kemakan semua dan berakhir di tong sampah di dapur.

Kadang saya suka ngeyelan juga sih, kalau beli sipedagangnya yang milih sendiri, saya tuker lagi sambil tunjukin buah yang jelek, tampang cuek aja, saya tuker sendiri:D jualan kok ga jujur.

Tapi kalau pedagangnya baik saya juga jadi pembeli yang loyal, tiap ke pasar saya pasti beli di tempat dia,  seperti pedagang buah apel langganan saya, minggu ini harga apel sedikit lebih mahal dari minggu sebelumnya, kendati di pedagang yang lain ada yg jual lebih murah 25 krs, saya tetap beli di pedagang langganan saya. Karena terjamin kualitasnya dan biasanya apel lokal, dia pun lebih suka para pembelinya milih sendiri, apel yang kualitasnya jelek biasanya dia pisahkan dan dijual lebih murah. Pedagang yang jujur, ga heran lapaknya selalu penuh, karena kita tidak pernah kecewa dengan kualitas dagangannya.  Jatah belanja buah dan sayur perminggu 30lira, untuk konsumsi seminggu sekeluarga, itu diluar belanja di market biasa, yang  kadang si babapanda suka nambahin belanja buah sendiri. kulkas alhamdulilah selalu penuh sayur dan buah segar dengan kualitas baik, kami mulai mengurangi konsumsi protein hewani atau daging dagingan, palingan stok telur aja yang selalu ada.

Dengan kualitas produk pertanian lokal turki yang terjamin, alhamdulilah bisa pelan pelan ‘serius’ hidup sehat:D:D konsumsi buah dan sayur lebih banyak.Ditambah punya suami yang gak senang wisata kuliner di luar, jarang jajan di luar rumah, pokoknya kurang ‘gaol’ deh gak kayak jaman di grogol dulu..yang bentar bentar nengokin CL:) mari kita ngunyah ngunyah salad terus..

Menjelang sore biasanya puncak keramaian pasar ditambah pasar mendekati harus di tutup! karena jalan raya akan di buka kembali, banyak pedagang yang banting harga. Kalau ada pedagang yang ngeyel belum mau menutup lapaknya , banyak petugas zabita-semacam satpol PP-yang akan memberi peringatan. Jam tutup ditentukan.

Begitu pasar bubar, tinggal pihak kebersihan belediye yang dikerahkan nyapu jalan dengan mobil khususnya, jalanan kembali bersih, biasanya para petugas ini kerja sampai tengah malam membersihkan sisa sampah pasar, saya sering mendengar suara mesin dan para petugas kebersihan setiap pasar tutup. Keesokan hari jalanan sudah bersih kembali.

Para pedagang yang membuka lapak itu sudah ditentukan lokasi lokasinya, mereka tidak bisa sembarangan nyerobot lokasi pedagang lain, sudah teratur. dan mereka pun ada iuran dan wajib bayar lokasi ke petugas belediye.

Hampir semua produk pertanian lokal turki, kalaupun ada buah import itu biasanya buah yang memang tidak tumbuh di Turki, semacam nanas atau alpukat juga pisang. Untuk perkakas rumah tangga pun produk lokal masih mendominasi, hanya sedikit produk made in china saya lihat. Urusan cinta produk lokal dan cinta tanah airnya, orang turki itu bisa diacungin jempol.

Saya paling suka belanja di pasar pas musim panas! buah buah syurga yang  manis ,ranum mendominasi: plum, apricot, buah tin..dan itu harganya terjangkau semua..secara kurs rupiah pun masih jauh lbh murah:D

buah lokal turki

buah lokal turki

images

sumber google

.