Bertetangga dengan orang suriah di Turki.

(agak serius dikit)İçerik

Setahun belakangan ini arus pengungsi suriah ke Turki jumlahnya mencapai ribuan, selain yang tinggal di perbatasan.  juga sudah merambah  ke semua kota Turki, bahkan kota kecil sekelas corum saja sudah tumplek blek orang suriah.

Apa yang terbayang?

Sama kah kondisi mereka dengan yang terlihat di berita TV?

Jelas beda!

Sekarang justru semakin meresahkan untuk warga lokal juga pendatang seperti saya, Banyak warga turki yang mulai resah dengan bergelombangnya orang suriah masuk negaranya, hidup dengan bantuan pemerintah, Menurut informasi dari teman yang saya sering ajak diskusi: per bulan orang suriah di Turki dapat santunan 600 lira, jumlahnya sama dengan UMP di kota kota kecil sekelas corum city. Biaya kesehatan yang dikeluarkan negara ini untuk mereka sudah menyentuh 560 juta lira.

Dan status ‘pengungsi’ bisa di putihkan..dapat izin kerja dengan mudah.

Mereka bisa dengan mudah masuk sekolah pemerintah, Untuk jenjang mahasiswa, mereka bisa masuk kampus turki tanpa tes masuk? padahl.WN lokal saja berebutan kursi universitasnya dengan ikut ujian yang berat?!

Banyak kebijakan erdoğan yang membela mati matian ..wowlohualam…semoga bukan sekadar pencitraan beliau di dunia. TAPİ ‘meeng anaktirikan’ anak sendiri. Warga Turki jangan dikira sudah hidup berkecukupan semua, dipelosok negeri ini masih juga banyak yang kekurangan, Masih banyak yang buta huruf dan ga berpendidikan. Jangan cuma lihat kemilaunya istanbul. Banyak kebijakan erdoğan untuk suriah di protes warganya, anggaran negara mulai ‘rapuh’. Mungkin niat beliau memang bagus. Disaat negara negara lain seakan tutup mata dengan konflik suriah dan pengungsi pengungsinya.  sayangnya Open the door policy pemerintah Turki ternyata banyak disalahgunakan oleh mereka. Lah, jordanıa aja sdh memberlakukan kebıjakan pulang paksa. Lebanon sdh menerapkan cek dokumen dı perbatasan. FYI, perbatasan syrıa – lebanon tak pernah ada cek dokumen sejak th 1947. Skrg dıberlakukan & mrk jg sdh mengumumkan tak menerıma pengungsı lagı. Nah, tınggal dısını yg masıh open door terus. Kl tak hati2, mrk bısa jd masalah besar bentar lagı di Turki-.-

anakpanda main dgn anak suriah di klub

anakpanda main dgn anak suriah di klub

Efek yang kerasa: persaingan kerja wn lokal semakin berat sejak masuknya gelombang orang suriah di turki, jadi masalah sosial sendiri, Pajak yang banyak dinaikan-.-‘ (ini kerasa banget bagi si babapanda ketika nerima tagihan tagihan bulan ini) pajak yang mencekik leher. Yang ‘ngungsi’ dari suriah juga masalah sosialnya, Tingkat kriminalitas naik, banyak ketegangan warga lokal dengan mereka. Bahkan di media lokal ada wacana mereka bakalan dapat kimlik  *–kimlik: id card semacam ktp—* semudah itu? gimana ga nambah sebel wn lokal.

Semakin banyak wn turki yang menjaga jarak dengan orang orang suriah, yang dikasih kebebasan di tanah mereka, sewa flat dengan mudah, hidup dari tunjangan pemerintah, sebagian istilahnya ada yang ‘ngelunjak’ merasa di istimewakan..hmm bahkan ada mereka yang kaya raya dan ngungsi ke turki, beli flat mewah di kawasan elite, gelang gelang emas masih dipajang sambil jalan jalan..seolah olah mereka turis..entah peduli juga kah sama saudara setanah airnya yang masih terkurung di suriah yang tersiksa dengan kekejaman pemerintahnya, padahal di negara negara lain, banyak solidaritas untuk saudara setanah air mereka, tapi malah ada juga dari kalangan mereka sendiri disini: masa bodoh! ngerasa udah bisa keluar dan bebas merdeka tanpa harus takut peperangan mengancam jiwa mereka.

Efek untuk orang asing di Turki, termasuk saya dan teman teman indonesia apalagi untuk perempuan berjilbab: kadang suka disalahsangka salah satu pengungsi suriah, Ada anak teman yang diteriakkan suriyeli! oleh teman teman sekolahnya karena disangka orang suriah. Ada yang sampai adu mulut dengan security di tramvay karena dikira pengungsi yang gak mau bayar jeton. Sampai adu mulut.

Jadi ‘kekesalan’ warga lokal dengan bergelombangnya orang suriah masuk di kota kota mereka tanpa terkontrol. Menimbulkan kecurigaan ke kami- kami juga sebagai pendatang di Turki.

Biasanya orang turki, ramah dengan orang asia apalagi indonesia. Sekarang yang saya rasakan banyak kecurigaan dari tatapan mereka.

Bahkan saya pernah ditanya ibu ibu turki di Park pas ajak anakpanda main sore hari.

‘kamu suriah?’

‘bukan saya orang indonesia’

‘kamu juga korban perang yang datang ke Turki!’ (gile dikira negara indonesia juga negara perang)

‘yok..ben evli’

‘bukan, saya menikah dengan orang sini!’ jawab saya simpel.

Langsung sikap si ibu yang penuh curiga berubah-.-‘

Ehm dulu dulu kalau jalan sendiri tidak pernah di curigain macem macem, sekarang jadi dikira pengungsi juga disini…

Kecuali jalan bareng sama suami. Aman. karena orang turki.

Si anakpanda juga pernah dikira anak pengungsi di klub anak.*karena anak anak suriah juga suka ngumpul disana’

saya, diketusin sama petugasnya..ckckck..

langsung: jebrett!! keluarin kimlik nya anakpanda: id card dia sebagai WN TURKİ. langsung tuh berubah sikap si petugasnya.

‘baba nya turki ya’

‘iya, devlet memuru turki’ langsung sekalian negesin biar ga dicap orang susah yang nyusahin mereka. Tau baba nya petugas negaranya juga. berubah lagi sikapnya jadi lebih ramah…ihh.

Pesan teman dan juga suami: jaga jarak dengan orang orang suriah di sekitaran.

Karena orang turki sendiri sangat berhati hati dengan mereka disini: karena dicurigai tidak semuanya emang pengungsi, bisa saja intel penguasa suriah yang ingin buat turki huru hara, diindikasi dari mulai banyaknya ketegangan antara wn lokal dan mereka ini-.-

***ini sekilas pengalaman sehari hari yang bersinggungan dengan orang suriah yang mulai banyak di dekat rumah** kontras lah dengan apa yang dilihat di media dunia***800px-Flag_of_Syria.svg

Advertisements

26 thoughts on “Bertetangga dengan orang suriah di Turki.

  1. yang sabar yaa mbak rahma 😀
    jadi ingat pengungsi yg ada di kotaku mbak. yang gak mau pulang2 ke tempat asal mereka, karena mereka hidup enak di sini, dapat uang bulanan yang lumayan dari pemerintah, ndak usah kerja, dapat tempat tinggal, padahal tempat asal mereka udah kalem keadaannya -3-

    • itu dmn mba, kl disini, efeknya krn org turki suka ga bs bedain semua WNA yg make krudung..jd dicap pengungsi aja, padahal udah bilang dr indonesia, masih aja ngira negara perang..:)

      • Wkwkwk jangan sampai Indonesia jadi negara perang XD
        di sidoarjo mbak.. Alhamdulillah sih mereka nggak ninggalin efek apa-apa di sidoarjo, tapi yaa begitu, beberapa pengungsi udah ada yang balik, tapi ada juga yang belum dengan banyak alasan, wallahu a’lam sih mbak, mungkin masih trauma 🙂

  2. Setauku peraturan dr pemerintah memang ada ‘jatah’ 10% untuk mahasiswa WNA untuk bs masuk tanpa test (termasuk mahasiswa WNI) bukan?

    JD skrg khusus Suriye bs masuk tanpa test berapapun (di luar 10% td) jumlahnya dong yah??

    • itu kata temen gelin yg ngerti, dia cerita..makanya ni tulisan hasil cerita2 by inbox sama beliau yg rajin mantengin berita tv politik:D nanya2 aja sama dia. agak kaget jg pas dia bilang sampe dana kesehatan pemerintah turki mo defisit juga semenjak gelombang org suriah datang

    • bawa aile cuzdane sekalian yak..ni deket rumah cocuk kulubu banyak bgt anak suriahyg main*setahunan ini deh kyknya nambah banyak org suriah disini* sampe diketusin petugas ismek-.- untung bawa kimlik anak..diem deh

    • ngeri2 banget sih belum tapi ya jangan sampe juga sih..yang ga enak nya ke kita2 ini dipukul rata dikira pengungsi suriah yg keliaran dikota istanbul-.-cuma krn sama2 berkerudung, j:D tapi kalau tau dr indonesia gt balik lagi sih mereka ramah.

    • nah yg masalah di jalan ini jg banyak, dulu saya lihat di carsi, krn mereka blm bs bhs turki, mereka menulis di kertas karton, mohon sumbangan dsb. menurut teman saya yang tahu seluk beluk mereka: yg di jln juga dapat*kl dia ter data* bisa saja dia sengaja melarikan diri dr brak pengungsian.atau memang org miskinnya-dulu saya bertemu pengemis yg mengaku suriah juga* yang minta2 suaminya, anak dan istrinya dgn berniqab menunduk seakan malu kl mengemis, tapi seminggu kemudian mereka sudah tidak ada pengemis di carsi*pusat keramaian*dekat rumah. sebelum org suriah dtg ke turki, yg ngemis di istanbul ya ada, tapi ga sebanyak skrg,terakhir ke eminonu..makan salad ikan, dibuntutin anak2 kecil minta uang mereka ngakunya suriah juga. jadi masalah sosial tersendiri di turki. ipar saya jg cerita,ada kasus pencurian jg yg melibatkan mereka-.- dan sahabatnya si ipar yg jd korban. dan akhirnya bikin keluarga turki saya jd antipati juga

  3. Saya beberapa kali ngobrol dengan teman soal pengungsi dimana-mana& pengungsi ditempat dia tinggal.hopeless kami ga tau musti gmn. Saya pernah bertemu dg orang suriah yg mampir ditempat saya kerja (jakarta), sedih. Lbih sedih kl baca berita ttg suriah dari media2 itu bingung yang mana yang benar yg mana yg provokasi

  4. saya kalau baca di media, kadang emang simpati tapi kok melihat didaerah saya*setahunan ini yg makin banyak hampir setiap ngajak ke park selalu bertemu ibu2 suriah * bingung mau simpatinya: sebagian yg saya temuin di park, malah bergaya seperti orang kaya, ga seperti org susah, mereka juga mampu sewa apartemen bagus. di corum city skrg sampai harga sewa di naikkan, mereka ga terlihat kyk org susah diturki.

  5. iya tunjangan kesehatan mereka free… malah klo ada obat yg hrs dibelı rs akan kasıh dulu uangnya trs mereka ambil di apotik.mgkny suami sempet bete pas asuransi kesehatan aku di tolak

  6. AssalamU’alaykum Mbak Rahma, salam kenal. Saya martania dari Jakarta coret (tepatnya Tangerang ….hehehhehe). Senang dengan blog Mbak Rahma tentang Turki, tapi baca tulisan yang ini jadi ikut prihatin juga dengan kondisi nya.

    Saya berencana mengunjungi istanbul bulan maret atau april ini, tapi ada berita 16 WNI hilang di turki kok saya jadi agak takut gimana gitu. Bisa bantu kasih saya pencerahan Mbak Rahma?^^ supaya tetap yakin aman pergi ke Turki. Pengen banget mengunjungi Turki dengan sejarah Islamnya.

    Terimakasih.

    Salam,

    Martania

    • waalaikumsalam.
      untuk kasus hilangnya 16 wni msh dlm tahap pencarian, blm ada kabar resmi dr kjri, insha alloh msh aman kok mba..Turki kan luas, kasus mereka yang ‘menghilang’kan diri bkn krn org turki nya, tp katanya dr pihak mereka sendiri yg misahin diri. april insha alloh cuaca bersahabat ,tulip2 mekar..timing yg tepat untuk berkunjung ke istanbul atau turki. ada festival tulip jg di emirgan park istanbul…jangan kuatir mba..aman kok, biasalah media:) suka lebay kadang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s