tour singkat ke uludag bursa

Menulis tentang Turki, ada aja yang pengen saya tulis. Banyakk…

sayangnya saya belum menjelajah seisi negerinya heheh..sebagian masih dari internet, dari cerita suami , teman.

Tapi saya bertekad pelan pelan membujuk si babapanda nagih travelling..doain yaaa..biar isi blognya penuh cerita.

Semoga musim panas tahun ini terlaksana untuk jalan jalan ke beberapa kota Turki..nyicil gitu.

Minggu lalu baru ke uludağ, sebuah pegunungan bersalju, 3 jam dari istanbul. Tempat wisata musim dingin yang paling ke sohor di Turki. İnipun saya jalan jalannya bareng komunitas orang indonesia di istanbul (Mİİ) yang mengadakan tour ke Bursa city. Lumayan loh ngajak anakpanda…gembolan tas nyaa…makkkk-.-‘ belum adegan PUP pas bis jalan dan lupa bawa tisu basah..hadeuh semerbakkk**jangan bayangin** cranky nya…ditengah badai salju, si anakpanda sempat di gendong turis yang entah darimana, saya sampai kewalahan nenangin anakpanda yang ngamuk.pokoknya seru lah bawa balita:D:D*phiuhhhh full of dramaaa**

IMG_9159

Dari uludağ turun ke Bursa, tadinya mau ke yesil cami juga selain ulucami yang terkenal. Dua masjid indah ke banggaan warga  Bursa sayangnya waktu tidak memadai jadi hanya sekitar ulucami dari bada ashar sampai maghrib saja itupun sempit sekali waktunya karena masih berlaku jam musim dingin.

Bursa city ini bekas ibukota ottoman sebelum istanbul.

Jadi centernya Bursa mirip sekali dengan istanbul, mulai dari lorong lorong carsi nya, hanya bentuk bangunan masjidnya yang sedikit berbeda, karena yang beken di ulucami, adalah lokasi tempat wudhunya di tengah masjid

tempat wudhu

tempat wudhu

tahun di bangun

tahun di bangun

IMG_9215

Sayang waktu yang sempit tidak cukup untuk menjelajah keindahan kota bursa.

Babapanda berjanji suatu saat kami datang lagi ke Bursa atau untuk tinggal?..ohhh bolehhhh:D

Bursa juga salah satu kota turis, kota terbesar ke 4 di Turki. setelah: İstanbul, Ankara, izmir lalu Bursa.

Jaraknya ibarat jakarta dan bandung, Untuk menyingkat waktu ke Bursa, biasanya naik penyebrangan ferry dari  daerah kocaeli -tetangga kota istanbul-nyebrang ke yalova lalu lanjut Bursa.

Dan sedang dibangun juga kontruksi jembatan lautnya agar jarak semakin dekat! bravo Turkiye!!

Untuk urusan infrastruktur, negara ini seperti sedang royal membangun dimana mana..

toh gimanapun harus diakui 40 juta turis tiap tahun yang datang ke Turki  itu menghidupi ekonomi rakyatnya, jadi hal yang wajar kalau pemerintah turki membangun terus infrastruktur kelas dunia untuk menjamu para tamu nya.

Sepertinya Bursa dan uludağ itu tidak terpisahkan, karena gunung uludağ (yang mana puncaknya sampai minus-40 an:D* )beuh lumayan yaa bekuuu* selalu tertutupi salju.

Jadi kalau penasaran pengen main sky..terus  bikin visa scengen susah ke eropa, diTurki gak kalah cakepnya..kok..Uludağ juga sejarahnya panjang..dulu katanya gunung ini tempat para rahib atau pendeta romawi bertapa juga…Jalannya mengingatkan saya menuju arah ciwidey..tapi sepertinya masih kerenan ke ciwidey soreang bandung. deh..tukang jajanannya enak enak-.-‘ disini?? ahhh begitu dehhh..ga ada yang nafsuin hehe, mana ada yang jualan seblak pinggir jalan:D cuma ketemu villa villa dan restoran yang menawarkan menu yang sama: kebab.

Jadi enaknya emang bawa bekel sendiri…:))

Advertisements

8 thoughts on “tour singkat ke uludag bursa

  1. Ah makin pengen aja ke Turki.. Oh ya, kalo belum sempat banyak jalan-jalan.., mungkin nulis tentang budayanya aja, tentang orang sekitar mungkin, atau hal-hal sehari, kayak pasar, supermarket di sana macam mana.. Trus soal bahasanya.. Sekedar saran..:-)

  2. Mbak insya Allah, april saya ada rencana umroh plus turki.. suami saya mau yg ada paket uludagnya,. Mohon info dong apa masih ada salju disana. Soalnya beda travel beda info. Ada yg bilang sudah gak ada saljunya, tapi tavel lain bilang kalo di uludag salju abadi. Info ya mbak. Tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s