6

etika mana etika

Kalau saya mau tulis: saya bukan pendukung jokowi dan saya juga bukan pendukung prabowo

Pihak yang galau heheh..

Jadi: BBM naik ya..ahh bahas ginian lagi. Bosen yaa dimana mana bahasannya sama, Semua orang yg update di akun social media nya ‘Mendadak’ jadi ahli ekonomi semua sampe ngeluarin hitung hitungan matematis  dan perbandingan dengan negara lain. OK udah!

Saya ga bahas yang bagian itu.

Saya cuma pengen ‘Nyentil’ ETİKA..

Dan apalah itu namanya, Mau bentuk ‘meme..meme’ yang lucu lucuan dan entah apa.

Herannya Pemilu presiden udah selesai tapi dua pihak masih aja saling jegal, Mau yang berbalut agamis, sok nasionalis, sosialis whatever lah luuu..tetap aja ada kesamaan: nyela sana sini.

Emang bener ya kalau jadi pemimpin itu harus tahan banting, kebal karena cacian  , makian ..phiuhhh kalau saya..masih belum naik ‘Level’ kesana.

Sindir sana sini-.-‘

Banyak yang gak mau ‘Move on’

merasa basis yang dia dukung yang terbaik, Dikeluarin segala tameng bahkan nyentil sisi religi. Demi Kekuasaan yang belum tentu dia si pendukung ikut mencicipinya.Mereka saja toh yang disana. Situ apa dipeduliin.?

Oh udah lah…

saya cuma rada pening aja buka akun social media…isinya kok seragam:D

hellooo…lalu saya balas dengan segala postingan makanan  saja hahah

indonesiaaaa

Begini saja:

suka atau tidak suka..

beliau sudah disumpah jadi pemimpin indonesia. Tolong ada sedikit respect atau hormat gitu..mau mukanya ndeso atau apa..tetap saja dia bapak presiden.

Ga puas dengan kinerja nya ..**masih belum teruji …belum juga masuk tahun 2015.

Hebatnya social media….

Bisa gampang adu domba juga anak bangsa karena perang kata kata ehh bisa juga masuk penjara karena posting status..

ngeri ya..

Advertisements
3

pengalaman pertama

Alhamdulilah!

Bisaaaaa

…..Pulang dengan selamat!

yesss

—-

Kamis itu biasanya ada acara pengajian teman teman indonesia di istanbul,lokasinya biasa keliling ke rumah rumah teman indonesia untuk jalin silaturahmi juga. Kebetulan Kamis kemarin di Apartemen salah satu teman di dekat rumahpanda. Cukup 2x naik dolmus-sejenis angkot- menuju apartemennya.

Salah satu teman ngajakin,saya ragu apa si babapanda bakalan kasih izin?

Kayaknya saya udah ‘beken’ kalau kemana mana harus sama bodyguard alias si babapanda:D hampir semua teman yang saya kenal tahu:D

Jadi moment bersejarah dong kalau tiba tiba bisa sendiri ngajak si anakpanda saja! bayangkan!! setelah 3tahun di Turki..huahhh*berkaca-kaca**

Minta izinnya mendadak **toyorr kebiasaan banget**

Malem malem.

si babapanda ga pegang uang, sedang saya cuma pegang 4 lira yang hanya cukup naik 2x dolmus 😀 sambil nahan kesel malem malem dia jalan menuju ATM yang jaraknya lumayan jauh dari rumah. İtu juga aslinya ngetes aja sih biasanya juga ga diturutin dengan banyak alasan.

Ketika dia pulang, saya juga ga sempat dengar suara kunci diputar dari pintu flat kami. Tau tau dia udah di kamar dan taruh uang di atas lemari plastik.Tanpa suara. –wee kayaknya masih marah-

Selepas si anakpanda tidur-saya susui dia di kasur- hampiri si babapanda yang lagi asyik di depan laptop.

‘kustu’

‘yok’

‘only worry’

ım not angry

‘burası indonesia değil, jakarta değil. kotu insan cok…bla..bla..

–intinya dia ceramah dan mengungkapkan segala kekhawatirannya kalau saya jalan sendiri:D

jangan nyamain jaman saya single yang hobby berpetualang di jakarta hahaha

disini (istanbul) lebih serammmm**pokoknya nakut2in- bak film horor-

saya cuma senyum senyum.

‘tapi dikasih izin kan’

‘iya saya kasih izin tapi resiko tanggung sendiri’

‘oh siap’

**Saking cintanyaaa sampai 3 tahun saya kemana mana selalu bareng suami:D:D  sesekali pengen juga sendiri nunggu momentum yang OK dulu (ada pengajian-masa acara agama aja dilarang-alasan yang bagus untuk dia ga bisa nolak)

kebetulan gak begitu jauh dari rumah, kecuali kalau nyebrang ke sisi eropa saya belum di kasih izin sampai katanya turkche saya sempurna–wow banget dehh–

Saking terbiasanya jadi ‘ratu’ yang terima duduk semua di handle suami-termasuk kadang pegang anakpanda dan juga tas nya.

Saya baru tahu ongkos naik dolmus  itu 2lira…

Saya juga baru tahu kalau berhenti dan minta turun dari kendaraan umum itu disini bukan bilang: STOP atau kiri..kiri bang! jiahh dikate metromini:D disini pan stir kanan yak

umumnya bilang: Musait biryerde!-terjemahan bebasnya: tolong turunkan saya ditempat yang kosong (maksudnya sama aja..stop bang! kalau di bahasa indonesiakan dan di praktekan pas naik metromini..ribet ya ngomongnya:)

Alhamdulilah misi pertama sukses.

Pulang maghrib (si anakpanda nangis dan ngamuk di dolmus) tapi ga saya ceritain, pokoknya laporinnya ASS )asal suami senang.

Biar dia yakin. Saya bisa kok!

Heheh maklumlah..Beliau termasuk salah satu tipe lelaki yang super care sama istri..maunya kemana mana ngintilin..sedang istrinya dulu mantan tukang ngelayap..grogol-blok m:D

Jadi sabar dikit buat dapat kepercayaan suami..

Mau naik angkot aja nunggu 3 tahun dulu yak..ckckckcgh

3

lingkungan

pengajian ibu ibu turki

pengajian ibu ibu turki

Karena kalau ada yang nanya saya:Gaul dimana? Mall mana? cafe mana?

Saya orangnya ku-per  ga modern urusan pergaulan jaman sekarang.

Tinggal di Luar negeri ga semuanya ikutan kebarat baratan (bentar cek google maps dulu turki ada di barat apa di timur:D)

İni sekadar gambaran aja, banyak dari kami-perempuan indonesia- yang hijrah ke negara baru ngebentuk pergaulannya sendiri sendiri.

Di istanbul ada grup pengajian ibu ibu dan teman teman indonesia begitu juga di ibukota ankara.

Cuma karena jaraknya jauh jauh saya jarang ikut, baru 1 kali itupun di konjen. Bagaimanapun saya sebagai perempuan yang sudah menikah kemana mana harus sepengetahuan dan izin suami, Kalau suaminya ga ridho, bukannya dapat pahala malah dosa. Masih ada kajian Online via skype dari teman teman indonesia juga.Alhamdulilah..

Mungkin ada yang mikir, Kok saya betah betah aja dirumah? gak gaul pula.

Tipe orang kan ya beda beda, kebetulan dari zaman saya masih kerja di jakarta. Pekerjaan saya memang butuh suasana tenang untuk mendesign, ruang design terpisah dari ruang staf lain. Saya terbiasa kerja dalam keheningan -gak suka kalau sambil denger musik- jadi berlama lama di depan PC atau laptop sudah biasa.Dan sekarang pun kalau dirumah terus juga ya biasa aja dibikin asyik aja. Kalaupun jarang ketemu teman sesama indonesia, Ya saya berusaha membaur sama lingkungan tinggal saya sekalian melancaraan bahasa turki yang masih tahap pas-pas-an-.-

Biasanya kalau udah suntuk: suami pasti tahu dan ngajak jalan jalan atau shoping-yang shoping sih tepatnya  dia.Saya yang nganter—

Di daerah tempat tinggal saya tiap hari jumat ada pengajian ibu ibu dari rumah ke rumah.

Saya sering diajak-frekuensi kumpul pengajian lebih banyak dengan ibu ibu turki dibanding teman indonesia-

Biasanya pengajian dimulai dari membaca surah: yassin, al kahfi,al fath.arrrahman,al waqiah al mulk dan beberapa surah pendek lainnya diakhiri dengan doa dan sholawat nabi-yang saya suka sekali-semua jamaah saling berpegangan tangan erat tanda persaudaraan sesama muslim-memuji rosululloh dalam lantunan sholawat. Nyesss rasanya..siapalah saya ini…

Pengajian biasanya di akhiri juga dengan sohbet atau ceramah dalam seorang ustazah-karena berbahasa turki saya masih kurang tanggap-

Alhamdulilah saya masih bisa mengikuti dan kebagian jatah membaca beberapa surah alquran –saya bersyukur juga kedua orangtua ngedidik saya untuk belajar ngaji sedini mungkin- ketika hidup di rantau gini.Jadi alat komunikasi saya dengan saudara saudara saya di Turki.

Banyak dari ibu ibu Turki yang masih kesusahan dalam ilmu tajwid sehingga bacaan mereka masih banyak yang kurang jelas panjang pendek dan berbagai makhorijal hurufnya. Karena komunikasi masih belum lancar. Saya ngebantu dengan mentartil surah yang saya baca dari cara baca yang benar-semoga bukan riya ya sayaa nulis gini..hii suka bingung nulisnya-

Saya bukan ahli agama.

Sebagai muslimah..sedikit ilmu yang saya pernah pelajari saya ingin sampaikan kepada mereka yang membutuhkannya.Saya pun masih terus belajar untuk lebih baik lagi.

Alhamdulilah di gedung seberang apartemen saya sekarang ada kursus alquran khusus perempuan.

Semoga ibu ibu teman pengajian saya bisa ikutan gabung dan semakin bagus bacaannya.

(entar karena efek sekulerisme turki yang dulu:Banyak generasi muslim Turki yang terbata bata membaca alquran-Dulu sesuatu yang berbau arab di berantas, Mereka di paksakan untuk kenal huruf latin- bahkan alquran yang berbahasa arab tertulis huruf latinnya- jadi hasilnya sekarang:banyak yang tergagap gagap membuka alquran bertuliskan huruf hijaiyah/arab) Alhamdulilahnya kursus alquran mulai banyak saya lihat sekarang. Semoga muslimah Turki kedepan semakin lebih baik.

İni sekadar pengalaman sehari hari saya saja dengan lingkungan.

İnshyaalloh lingkungan yang penuh barokah..

semoga terus dipertemukan dengan orang orang shaleh..

Dan saya bisa terus belajar..

6

akhirpekan kami

Kemarin,

Kami sekeluarga ‘kencan’ ngukur jalan lagi!

Ya..jalan kaki dari rumah menuju pinggir laut di pendik, Jaraknya lumayan…

Cuaca lumayan bersahabat 21 c..di bulan november..berasa musim panas aja kan! Si babapanda pulang kerja pagi bilang: ‘hari ini kita jalan jalan’ denger kata jalan jalan langsung semangat dong, ya maklum lahh saya mah sekarang dirumah terus hehe, Mau jalan kemana pun si babapanda ga bisa lepas kecuali belanja di pasar aja kadang di lepas (kayak ayam :))

Duluuuuuuuuuuuuuuu Pas jaman single dan betah ngejombloo sampe kenyang diledekin temen: Gandengan mana gandengan….jiahh truk gandeng kali. Kemana mana ngibrit sendiri, muter2 jakarta atau kemana pun. Sampe temen temen mandangnya jatuh iba:D Lalu saya ngedoa gini: besok kalau nikah gue gandeng terus deh suami!

Dan!! sepertinya doa itu di ijabah.

Kadang lucu juga: Pernah dia sendiri yang mikir, sesekali jalan sendiri aja ah, lalu jalan lah sama temen temennya, ga pake lama udah pulang kerumah.

jawabannya: ga asyik ahhh..

pernah juga jalan sendiri ke museum: bilangnya mau seharian sekalian jalan jalan ke eropa side, ga nyampe 2 jam udah nongol lagi di pintu rumah. Kalaupun jalan rada lama, pasti nelpon ke rumah:D

Seminggu saya mudik ke rumah mertua, tiap hari itu telpon bunyi-.-‘ Ok baiklah…

İni alasan terbaik saya kalau kumpul2 sama teman indonesia disini, Harus menyesuaikan jadwal ‘bodyguard’ dudududu..

Ok balik lagi kecerita sabtu kemarin:

Jadi ceritanya kami jalan kaki menuju sahıl (pinggir laut) cuaca cerah sayang kalau dilewatkan, baru tahu rasanya tinggal di negara empat musim. Sinar matahari di akhir tahun itu berharga banget, Jadi saya bisa maklumi kenapa bule bule kalau liburan ke daerah tropis pada hobby berjemur kayak ikan asin, Waktu si anakpanda masih bayi, winter tahun lalu. Dari sağlik ocagi (puskesmas) di bekeli vitamin D dalam bentuk oral, Tiap hari netesin vitamin D ke mulutnya. Kalau di indonesia bersyukur banget ya..matahari obral diskonan tiap pagi.. kalau butuh vitamin D alami tinggal berjemur ya pagi2..

Dahh ngelantur lagi..

Jalan dipinggir pantai di istanbul itu lumayan menyenangkan. Apalagi kalau disisi Bhosporus, Sayang tempat tinggal kami di sebelah asia hanya bentangan laut marmara, pemandangan tetap menarik juga sih, banyak orang mancing dan kapal boat , yacht orang orang kaya istanbul sliweran..cuma gigit jari dehh…siapa yang mau ngajak kami liburan di kapal mewah:D

Kalau disisi eropa apalagi Bhosporus..ehmm pemandangannya juara. Cuma sedikit mengganggu itu:SAMPAH KUACİ! yahhh

Orang Turki . Mereka kebanyakan masih suka buang sampah sembarangan. Kemajuan negara belum seiring dengan perilaku cinta kebersihan warganya. Ok lah kalau isi rumah kayak bersaing sama etalase toko bahkan emak emak turki mau bersihin jendela apartemen udah ngalah ngalahin spiderman deh..kinclonggg…semua

Tapi fasilitas umum?? Belum sepenuhnya mereka jaga.

Kalau dirumahnya sih saya jamin ada sampah kuaci dikit langsung dipungutin dibersihin make vacuum cleaner. Tapi coba lihat di taman taman kotanya yang İndah sampah kuaci berserakan-.-‘

Padahal pemerintahnya udah kasih gaji gede buat para pahlawan kebersihan, ngutip dari temen yang punya tetangga rumah tukang bebersih taman di istanbul: Gaji dari pemerintah kota untuk petugas kebersihan sekitar 1500 lira turki: Lebih gede dari gaji yang kerja di pabrik pabrik: Bisa nyampe 7-8 juta rupiah buat tukang bebersih.Make alat modern juga.

Pernah nanya sama saudara yang makan kuaci gini ditaman: Jawabannya, Biarin aja nyampah toh ada petugas kebersihannya ini yg di gaji gede! walahhh mbakyuuuu..-.-‘

Jadi ngapain aja saya dipinggir laut:jadi juru foto anakpanda dan babanya-.- aih ngenes ya..tongsis mana tongsis

Anakpanda senang bisa bebas jalan jalan..ikutan main bola

Banyak yang duduk santai dirumput taman sambil barbequan.

Kebetulan hari sabtu itu di pendik sahıl ada pasar rakyat nya, Macet dan ramainya orang kumpul.

Pulangnya saya pikir si babapanda bakalan ngajak kami naik bis atau taksi gitu karena lumayan capek jalan. Ternyata dia inisiatip pulang kerumah kami jalan kaki lagi..Wew..!

Asal tahu saja di Turki kontur tanahnya berbukit bukit jarang yang selempeng di jakarta. Rumah kami daerah atas ke pinggir pantai sih enak jalannya turunan..apakabarnya pulang ke rumah? menanjak terus.

Sampai halusinasi pas jalan..coba ada eskalator kayak di mall-.- atau bandara.

Dİa bilang: ‘spor ..sporr’ olahraga olahragaaaaa

–emang sih ini maunya si babapanda olahraga: Tapi dia gak mau sendiri, kami harus ikut menemani dia jalan kaki ngukur jalan huaaa

Untungnya perjalanan kami dtutup dengan kencan makan malam direstoran 🙂

Menu makanan turki favorit kami berdua: tavuk sis kebab, Saya kalau kebab lain kurang suka dengan bau dagingnya, Tavuk sis itu kebab ayam:berasa makan ayam bakar aja ..enak dan cocok dilidah.Ditutup dengan dondurma maras: es krim turki yang terkenal dari daerah maras: kayak lem lengket tapi enakk:D

saya sih rekomendasi aja kalau jalan jalan ke Turki:coba tavuk sis kebab sebelum kebab yg extrim make cocolan yoghurt, İnget yaa kebab asli itu ga make mayonaise apalagi saos sambel:))

Dan…

Acara ke pasar rakyatnya batal sih..karena sianakpanda ngamuk..belum tidur siang waktu itu, dia kecapean main.

Jauh jauh jalan cuma nenteng seikat seledri aja seharga 1 lira:D:D ga keburu belanja belanja.

Mungkin kalau hari cerah lagi kami mau kencan ‘ngukur’ jalan lagi.Capek tapi seru juga sebenarnya.

daerah pinggir laut marmara dekat rumahpanda (dekat ehmm kira2 brp KM:D)

daerah pinggir laut marmara dekat rumahpanda (dekat ehmm kira2 brp KM:D)

fg

petugas kebersihan di taman

me

kencannnnn

tavuk sis kebab..menu favorit saya...

tavuk sis kebab..menu favorit saya…

maras dondurma (es krim turki)

maras dondurma (es krim turki)

ms

sebuah masjid indah dipinggir laut

3

Dalam kenangan

Menikah tahun 2011…lalu meninggalkan tanah air dan kampung halaman..mereka yang terekam di album pernikahan saya ini…kini sudah tiada….

İbu inong

Beliau ibu dari sahabat saya, rumahnya tepat dibelakang rumah saya di kampung. Dari kecil saya selalu bermain dirumah beliau sampai dewasa. Setiap mudik ke rumah orangtua saya pasti menyempatkan mampir ke rumah beliau, bertemu Eel sahabat saya atau sekadar ngobrol biasa dengan anggota keluarganya yang sudah seperti saudara sendiri.

Beliau meninggal karena sakit.

Ketika mudik kemarin rasanya ada yang ‘hilang’ ketika saya kembali mengunjungi rumahnya,kangen juga suara cerewetnya yang khas juga kebaikannya selalu nawarin makanan atau ngajak makan dirumahnya sambil berbagi cerita. Semua terasa berbeda sepeninggal beliau, Sedihnya saya berada jauh di Turki ketika beliau meninggal dunia di penghujung 2011.

Uwak saya: Hj rumdanah dan suami: mereka meninggal semua selang 1 tahun.

Uwak saya ini kakak perempuan tertua ibu saya, beliau meninggal karena mengidap kangker paru paru stadium 4..

sedih..

Beliau uwak yang baik hati, seluruh keluarg besar merasa kehilangan. Beliau meninggal selepas dhuhur, meninggal di pangkuan nenek saya, Ketika sakaratul maut beliau meminta nenek saya datang kerumahnya. Sambil bersujud dihadapan nenek saya meminta maaf segala kesalahannya sebagai anak lalu beliau meninggal dengan tenang.

keponakan saya: Chika alfiana

Meninggal di usia 9 tahun 4 bulan, karena terserang lebah. Miris dan tragis:(

Dia tidak sengaja lewat jalan belakang sehabis beli es disebuah warung yang sebenarnya warung itu persis di seberang jalan rumah.Karena dia takut sama ibu saya-neneknya- nyebrang jalan terus- dia ambil jalan pintas.Namun naas.

Firasat sudah banyak tapi tidak kami sadari..

Bahkan dihadapan guru ngajinya pun dia bilang bahwa akan meninggal dunia.Banyak kenangan indah yang terekam dikeluarga saya terutama oleh ibu saya –neneknya– karena beliau  orang terdekat chika selain ibunya.Kakak saya bekerja,sehari hari chika diasuh ibu saya dari kecil.  Saya shock berat ketika tahu keponakan ini meninggal dunia,padahal niat saya akan memberi kejutan mudik ke tanah air tanpa bilang ke chika.

Semua tinggal kenangan.

Hanya batu nisannya yang saya temui di kampung halaman.

Nenek dari pihak bapak: mbah romiyah dan suami.

Sebelum saya pindah ke Turki, Beliau sangat emosional, menangis terus.

Bahkan foto pernikahan saya di Turki yang saya kirimkan ke rumah.Disimpannya dengan baik sampai ditaruh dibawah bantal.

Februari 2014 beliau meninggal, pernah terucap dihadapan bapak saya: saya sempat engga ya ketemu lagi...

Juni2014 saya mudik ke tanah air dan saya hanya menatap nisannya yang berdampingan dengan suaminya juga nisan chika keponakan saya.

Ustaz: KH ahmad hawi.

Masa kecil saya belajar mengaji alquran banyak dihabiskan dirumah beliau,Guru agama juga ustaz. Rumahnya tepat diseberang rumah saya.

Pas mudik juni lalu, Beliau sempat mampir kerumah menemui kami berdua.

Lebaran yang lalu beliau meninggal dunia di hari ke 4. Beliau biasa isi khutbah sholat jumat atau hari raya di masjid kampung kami, Khutbah hari raya perpisahan penuh air mata..doa doa yang beliau ucapkan menusuk sanubari setiap insan yang mendengarnya…

doa dan khutbah terakhir 4 hari sebelum ajal menjemputnya. Meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Beliau yang menikahkan kami

mendoakan kami..

memberi tausiyah kami..

sahabat bapak saya: H aceng

Beliau meninggal dunia kena serangan jantung.

Padahal masih menympan cita cita datang ke Turki mengunjungi kami berdua.

Niat belum kesampean..

Beliau menyukai orang Turki, Menemani suami ngobrol terus..walau terkadang ga nyambung..

orangnya ramah.

Sempat mengunjungi rumahnya sebelum terbang ke turki dan itu pertemuan kami terakhir kali..dijamu hangat di teras rumahnya yang megah-Beliau termasuk orang berada  dikampung saya-

Dalam jangka 3 tahun perniikahan..

Selain berkah kebahagian..saya pun mengalami pasang surut duka cita dari orang orang yang saya kenal…

Menyimpan kenangan dalam foto2 pernikahan..bersama mereka yang pernah ada dalam hidup saya. Semoga mereka semua di ampuni segala dosa dosanya dan ditempatkan di tempat terlayak disisiNya..