(masih) tentang efek obat Tb kelenjar

*buat yang ngerti atau dokter atau siapa kek* please help meee..

Efek obat tb belakangan ini luar biasa dasyat, Kemarin saya benar2 seharian menahan sakit, sakitnya mirip kontraksi mau melahirkan dan itu berjam2 pula, 2 hari ini efek obat Tb menggila di bagian perut:S

saya takut apa ga kuat sama lambung, hati atau apa?

Si babapanda sudah nanya ke dokter keluarga, beliau cuma kasih resep obat2 pereda sakit semacam obat maagh?? diminum jika2 benar2 sudah ga tahan..

Si babapanda juga membeli stok herbal sebagai back up: habbatussauda cair, bal macun, teh h ijau, ginseng dll, Apapun dia belikan untuk saya, terkadang dia kasihan , terkadang diapun ikut putus asa melihat saya tiap hari ngeluh sakit, perut melilit.

Obat Tbkelenjar yang harus saya habiskan :izoniyazid 300 mg dan 100 mg – rifamfisin 300 mg dan 10 mg pirazinamid 500 mg, ethambutol 500 mg

kalau efek ethambutol saya udah bisa adaftasi,  untuk efek perut melilit dan nyeri yang hebat, seperti orang mau haidh, sakit perut..campur aduk: saya ga tahu dari obat yang mana: rifamfisin kah? rasanya ga karu2an efek yang ini:(( apa ada gangguan di fungsi hati

semua orang nyuruh sabar..sabar.., tapi saya jalani berat banget, karena rasa penasaran kenapa perut selalu kesakitan setiap minum obat, kalau sekadar demam, saya sudah bisa atasi .

Benar2 saya ga bisa ngapa2in: ipar bantu saya pas rasa sakit kambuh, masak sup2, lemon dan mint, madu, apapun saya makan, tapi perut tak kunjung baikan.

Tiap hari ngejalani sakit perut yang melilit kayak org kontraksi itu Ga enak:(( sakitttt dan itu bisa 8 jam saya menahannn sambil mikir, makanan yang bisa menyembuhkannya..nihilll, saya jadi takut minum obat:( karena lelah sama efek sakit perutnya yang luar biasa, demam aja saya terima..tapi jangan make sakit perut..hiks

untuk bangun dari tempat tidur, sholat, makan, sulit…benar2 kayak orang pesakitan, sedang anak butuh perhatian juga..

111 thoughts on “(masih) tentang efek obat Tb kelenjar

  1. gecmis olsun canim! apa ga coba di usg or dicek area perutmu yg sakit ma? takutnya efek obat bs jd merangsang satu penyakit or apalah yg ada di sekitar itu…soalnya kasus tmnku, yg ketauan ada kista 15cm-an, itu ga ada tanda2x apapun eh pas anaknya mukul area perutnya sampe dia masuk UGD br ketauan lah klo ada kista d situ…dan diriku jg br tau klo pas lahiran kemaren tnyata sang dokter ngambil miom di dlm rahimku, asli kaget, ga ada tanda2x sama sekali soalnya dan dokter bilang pas hamil kemaren dia liat tp cuma kecil, walo pas diambil ukurannya skitar 7cm an sih, aku baca di beberapa artikel pemicu miom tjd selain krn stress dan makanan, yg utama krn meningkatnya hormon estrogen pd saat kehamilan…coba deh ma kontrol lg ke doktermu! mdh2xan memang cuma krn efek obatnya ya, Allah Syifa Versin, aamiin.

    • siang bener2 mati gaya:( nahan sakit sana sini, malem gini baru benar2 bisa ngerasain sedikit ‘kenikmatan’ tanpa pengaruh obat, mau ke dokter gimana:( ni dimasakin corba2 terus, krn ga nafsu makan terus, maksa2in buah masuk, suami nyuruh kurangin takaran obatnya, tp kudu konsul tasi dokter jg*kasian dia pusing bolak balik ke dokter terus:(

  2. Gimana dg baby panda? Siapa yg urus mba? Semangat yaa mba rahma… sesungguhnya Allah bersama org2 yg sabar… saya turut berdoa untuk kesembuhan mba rahma… keep smile mba 🙂

  3. Mba rahma coba obat2 trsebut dikonsultasikan lg ke dokter setempat, mgkin bisa diganti dgn kualitas yg sama tp minim efek samping. Dulu saudara saya seperti itu, ga kuat perutnya utk terima bbrp obat2an trsbut. yg terpenting trskan pengobatanya yah ,,,kalo menyerah ditengah jalan takutnyan obat trsbut jadi resistensi ke tubuh. Dan dosis obat bisa ditingkatkan apabila resistensi. Kalau sakit coba dzikr diperbanyak biar tenang dan ga mikirin yg buruk2 utk meminimalkan stress jg utk support pengobatan. Ganbatte ya mba…semua penyakit dtg dr allah sebagai rasa kasih sayang ke hambanya makanya postif thingking trus dijagabyaa walau dlm kesakitan sgt..

  4. Semoga sampai saat ini mbak Rahma masih tetap semangat. Kalau saya lihat komposisi obat TBnya sebetulnya tidak terlalu besar. Kalau di Indonesia, Rifampicin buat dewasa seberat mb. Rahma bisa dikasih 600 mg dan isoniazid (INH) bisa 400 mg. Tapi memang obat Rif ini yang bikin efek mual (bisa ringan sampai berat, tergantung sensitivitas masing2). Ada juga efek toksis ke hepar, dari ringan (peningkatan serum transaminase) sampai berat (hepatits, kuning). Nah, kalau sekarang yang dirasakan nyeri perut seperti haid, mestinya bukan mual, ya. Apakah dengan obat penghilang nyeri yang diberikan dokter bisa hilang? Kalau tidak , maka silakan datang lagi ke dokter yang memberikan obat TB untuk berkonsultasi. Bisa juga datang ke dokter kandungannya, untuk melaporkan pengobatan ini dan sekalian keluhan nyeri perutnya.

    • bu kl saya kurangi sendiri rimf pengaruh ga ya kepengobatan, suami bilang*hasil dia googling2, saya minum 1 kapsul aja, 1 lg ga usah, kata dia ga masalah, emang kl saya cm minum 1, mualnya sedikit berkurang, kl dua2nya saya minum, luar biasa rasa sakit dan muali sepertinya sensitif sekali dgn rimfafisin ini tubuh saya-.-

    • disini ada klini khusus* verem savası* khusus untuk tbc, walo saya konsul ke dokter ,semua dokter di rumahsakit langsung kasih note buat pengobatan pihak klinik yang handle semua, termasuk pemberian dan oemantau obatnya, saya udah layangkan keluhan jawaban mereka cuma: itu normal.. keluhannya, gt terus-.-

    • Seperti yg sdh sy bilang, dosis Rifampicin mbak Rahma itu sdh tergolong rendah. Jangan dikurangi lagi. Jangan sampai jadi MDR TB, lho. Kalau di Turki sampai ada klinik khusus TB, berarti kasusnya banyak. Lebih hati2 lagi. Coba saja konsultasi ke dokter kandungan, utk cek nyeri perut spt haid itu. Demikian, mbak saran saya. Syafakillah

  5. Mba rahma salam kenal ya.. apa sekarang efek obatnya masih terasa sakit?
    saya juga sedang terapi kelenjar baru mulai 30januari tapi minggu kemaren saya dirawat kena typus dan dbd nah dari situ obat itu mulai memberi efek samping ke perut terasa melilit perih dan lutut saya hingga ujung jari2 kaki serasa di sayat pisau sakit sekali inginnya di usap2. Hingga saya putuskan berhenti sejenak karna tidak kuat menahan sakitnya. Udah seminggu saya berhenti padahal sudah 1bulan saya terapi. Mau ke dokter lagi melanjutkan terapi mudah2an ga sakit dan dosisnya ga naik yah. Soalnya kelenjarnya sudah hampir tidak terlihat alias mengecil. Oh ya rifamfisin saya 450.
    saya jadi butuh semangat hidup. Senang sekali menemukan blognya mba, jd tidak merasa sendirian. 🙂

    • kl berhent harus ngulang dosisnya lg, pengobatan bs lbh panjang krn bacternya jd lbh kuat kan:- iya saya jg awal2 parah banget, demam, perut melilit, nah yg di perut tu kena lambung, saya konsultasi ke dokter, diresepin obat kyk buat maagh gt, syrup, dimnum sebelum mnum obat tbc nya, jd perut lama2 kuat,skrg udah ga mnum sirupnya lg, ini udah bulan kr 4, dosisnya udah berkurang, tubuh bs adaftasi kok lama2, awal2 emang parahhh sakitnya. ayo terapi obat lg

  6. Halo Bunda, saya jg lg pengobatan TB Kelenjar, umur saya mash 23 tahun.. awal awal pengobatan saya sampai muntah 4 hari berturut”, rasa nyeri dilambung luar biasa. semenjak minum obat TB, kelenjar saya lama” agak lembek dan pecah. skrg di leher saya ada lubangnya. buat ngerapetin lg agak lama ya kira-kira?
    saya jg mau tanya, apa obat tb kelenjar itu bisa bikin peranakan kering atau tidak? soalnya saya belum menikah, jadi agak takut kalau ngaruh sama peranakan hehe

    • saya krg tahu untuk masalah peranakan,tap sbg ibu menyusui msh aman2 aja kok buat saya, makanannya d jaga aja..yg sehat2 mula kurangi makanan yg ga sehat inshaalloh ga akan timbul masalah..ttp semangat:)

    • numpang jawab, soalnya ada singgungan dengan “peranakan”. Insya Allah obat TB tidak berefek ke rahim (peranakanN dan sekitarnya. Kalau tidak diobati, malah bisa berefek. Luka yang terbuka, dijaga jangan sampai infeksi bakteri lain. Tapi kemungkinan sembuhnya berbekas, ya

  7. Assalamu’alaikum.Mba Rahma, sy baru minum obat TB kelenjar 8 Mei yllu. Setelah dioperasi benjolan di leher kanan, eh 2 mg kmudian muncul benjolan baru di atas bekas operasi yg nyeri. Skrg benjolan tsb melunak, mengering, berubah warna dari merah ke kecokelatan, dan kulit arinya mengelupas/nggolodoki tp g perih. Sejak benjolan melunak, keluar nanah via bekas operasi di bawahnya sehingga perban mesti diganti 3x sehari. Ini normal gak ya? Apakah ini indikasi kesembuhan? Skrg badan lemes jd blm bs masuk kerja.

  8. Saya juga lagi terapi tbc paru selama 1bulan.efek samping obat juga membuat perut kembung rasanya ngak karuan trus sering pusing,mual dan mau muntah.Tiap hari rasakan hal yg sama rasanya ngak tahan,jadi jgn dipikirin.jalani aja

  9. boleh gak ya klo minum obat nya itu malam, setelah makan atau sebelum makan, karna klo siang dan pagi hari rasanya mual banget.

  10. Hi bunda, salam kenal semuanya. Apakah ada yang mengalami nyeri2 di sendi saat menjalani terapi TB Kelenjar? Sangat tidak nyaman rasanya. Melangkah saja sangat sulit buat saya. Mohon inputnya…

    Cheers

    • salam kenal juga:) kalau tahap awal, iya banyak keluhan bun..saya jg.sampe demam segala.
      kuncinya jaga kondisi tubuh jgn sampe drop banget. makan makanan sehat.bantu jg pake madu.teh herbal.misalnya..alhamdulilah perlahan2 tubuh bs adaftasi kok sm obatnya.masuk bulan ke dua atau ke tiga terapi biasanya mulai baikan…

      • siang mba rahma…saya kan lagi terapi tb dah masuk bulan ke 6,pas bln ke 5 perut,muka,sama kaki saya bengkak semua…malahan pinggang jga bengkak+sakit,apa itu cma efek samping obat tb atw ada kelainan…sdangkan dokter cma ngsih obat bwt ngeluarin cairan lwat urin…
        mhon pnjelasannya…makasih ya mba rahma

      • reaksi bisa beda2, emang obat TB itu antibiotik yg keras, saya pernah perut melilit, menggigil,sampe alergi keluar..badan gatal2, panas tinggi, kalau sampe bengkak..saya kurang paham, apa itu kena ginjal? jd dokter kasih obat buat keluarin cairan lewat urin, kebutuhan minumnya tercukupi kah? min 2.5 gls gitu sehari,kalau bs dibantu air mineral yg ber alkali kyk kangen water gitu. pola makan juga di jaga untuk ngebantu daya tahan tubuh, saya dulu dibantu minum madu, habbatusauda, jg sayur dan buah, hanya sampe bulan ke 3 reaksi obatnya, masuk bulan ke 6 biasa aja..tubuh sudah adaftasi dgn obatnya ga ada reaksi sakit lagi

  11. Halo mbak rahma, saya marisa. Saya baru menjalani terapi TB kelenjar satu bulan dan seperti yang mbak rahma alami perut saya sakiiiiiiiit sekali. Pertanyaan saya adalah apakah sakitnya akan membaik seiring lamanya terapi atau bagaimana ya mbak? Terima kasih sekali mbak sebelumnya 🙂

    • halo marisa, salam kenal, sorry ya br bls:) iya untuk awal terapi obat tbc reaksinya luar biasa emang ke tubuh, satu bulanan lebih dasyatnya..bertahap..lewat tiga bulan mulai adaftasi badannya sama reaksi obat yg keras.sabar ya..kudu kuat.motivasi buat sembuh, drpada harus ngulang lg minum dr awal kl ga diminum ehari,bantu juga dengan asupan makanan sehat, minum madu, banyakin buah2an dan makan sayur..buat imunitas tubuhnya biar kuat dan ga sampe drop, hindari jajanann ga sehat dulu ya slm terapi.salam sehat

  12. Assalamu’alaikum mba rahma dan smua yg sedang terapi tb. Saya sudah jalan 6 bulan terapi tb kelenjar. Sesudah operasi 1 bulan di tahun lalu baru saya mulai berobat tb krn efek operasi di leher kiri.
    Di awal saya merasa mual demam dan sakit di semua otot sampe bolak balik panggil tukang urut. Tp dokter bilang gpp itu hanya efek dan obat tetep jalan. Dokter kasih vitamin asthin force yg harus saya tebus dan setiap hari saya minum. Asthin ini bagus sekali buat kurangi efek obat di kulit dan sebagai anti oksidan. Nah untuk susunya saya di kasih proten dan susu proten ini setiap habis di minum pasti smua sakit otot hilang. Di bulan kelima berat badan saya naik jadi 72kg dan obat saya di tambah krn jumlah obat dihitung dari berat badan. Mual pun kembali Melanda. Rasanya klo uda waktunya mau minum obat mual uda datang duluan. Tp mau gimana lagi obat harus tetep di minum dan dokter kasih hepa Q sebagai penguat fungsi hati.
    Semoga kita smua bisa ikhlas dan sabar atas sakit yg kita alami dan Allah sembuhkan kita smua…… Semangat terus ya buat kita smua ☺️
    Waasalamu’alaikum

  13. Saya di vonis tb kelenjar pada 22 desember mulai minum obt warna merah.. benjolan sebesar jempol tangan pun ilang di 2 minggu pengobatan. Masuk minggu ke 3 efek mulai kerasa.. muntah mual tiap hari bdan drop berat badan nyusut.. tp ttp sy gamau putus obt pdhl tu benjolan dah gada (gada drama pecah benjol n nanah2an). kelamaan dipaksa saya beneran dah kyk org sakit.. dah gabisa masuk mkn, minum pun muntah, ternyata pungsi hati saya keganggu SGOT SGPT sampe 400 lebih nilainya(normalnya 37). Sy berenti dl mnm obt, dganti antibiotik krg lebih 2 mnggu, walo parah efeknya tp tekad sy kuat buat sembuh, lanjut lagi pake obt yg engga merah, efeknya bukan mual muntah linu lagi, tp mata burem, paksain tetep minum. Ketika masuk bln maret dah kerasa nyerah saat badan bentol gede n lebar .. gakuaaat merah2 pergi ke dokter praktek lah, karena RS ga ada dktr spesialis hari itu, takjub saat hasil lab yg dibaca dktr tersebut blg saya tdk sakit tb kelenjar. Itu bagaimana keterusannya coba? Sy bingung, kesel, ada seneng juga kelepas dr obat mengerikan itu. Sebulan berlalu tp sy penasaran balikblah ke RS cek darah LED sy 30, yg awalnya 41 (normalnya 20) tp kata dktr emng iya suruh stop aja, karena benjol tb gada yg ilang dlm 2 mnggu. Bener ituteh? Mohon koreksi kata2 sy yg salah, maaf sblmnya atas segala perkataan yg kurang berkenan. Mohon penjelasan kelanjutan nasib kesehatan sy, tes apa lagi yg harus sy lakukan utk meyakinkan sy. Thx

  14. Saya di vonis tb kelenjar pada 22 desember mulai minum obt warna merah.. benjolan sebesar jempol tangan pun ilang di 2 minggu pengobatan. Masuk minggu ke 3 efek mulai kerasa.. muntah mual tiap hari bdan drop berat badan nyusut.. tp ttp sy gamau putus obt pdhl tu benjolan dah gada (gada drama pecah benjol n nanah2an). kelamaan dipaksa saya beneran dah kyk org sakit.. dah gabisa masuk mkn, minum pun muntah, ternyata pungsi hati saya keganggu SGOT SGPT sampe 400 lebih nilainya(normalnya 37). Sy berenti dl mnm obt, dganti antibiotik krg lebih 2 mnggu, walo parah efeknya tp tekad sy kuat buat sembuh, lanjut lagi pake obt yg engga merah, efeknya bukan mual muntah linu lagi, tp mata burem, paksain tetep minum. Ketika masuk bln maret dah kerasa nyerah saat badan bentol gede n lebar .. gakuaaat merah2 pergi ke dokter praktek lah, karena RS ga ada dktr spesialis hari itu, takjub saat hasil lab yg dibaca dktr tersebut blg saya tdk sakit tb kelenjar. Itu bagaimana keterusannya coba? Sy bingung, kesel, ada seneng juga kelepas dr obat mengerikan itu. Sebulan berlalu tp sy penasaran balikblah ke RS cek darah LED sy 30, yg awalnya 41 (normalnya 20) tp kata dktr emng iya suruh stop aja, karena benjol tb gada yg ilang dlm 2 mnggu. Bener ituteh? Mohon koreksi kata2 sy yg salah, maaf sblmnya atas segala perkataan yg kurang berkenan. Mohon penjelasan kelanjutan nasib kesehatan sy, tes apa lagi yg harus sy lakukan utk meyakinkan sy. Thx.

    • Wah itu gimana sampe jatuh vonis tb kelenjar? kamu tes mantoux ga, tes yang nyuntikin obat di tangan,kl ada tubercolosis di darah kita, itu tgn yg disuntik dlm 3hr keluar benjolan cair, tanda ada tb nya, or tes darah ngecek benjolan pake biopsi dulu,hasil dr lab nya ketahuan kl ada tb kelenjar, kakak saya yang kena tb kelenjar juga benjolannya di cek dulu ga main asal vonis, ada hasil2 lab nya, benjolan tb itu proses penyembuhannya lama, min 6 bulan, yakin itu 2minggu? jangan2 benjolan kamu bkn tb kelenjar tp tyroıid biasa, aduhh kl kasus kayak gitu mending second opinion jg ke dokter yang terpercaya, efek obat ga nyampe mata burem segala, paling cm perut dan demam aja, untuk perut diresepi obat magh cair.udah gitu doang, coba tes mantoux, lalu tes darah lewat biopsi*ambil jaringannya di benjolan*periksa lba. saya pake prosedur yg lumayan panjang disini, dokternya ga sembarang vonis tb kelenjar, kudu tes darah segala biar meyakinkan, skrg jg benjolan ga 100 persen hilang,tp masa pengobatan udah selesai hampir satu tahun,terserah saya mau di operasi benjolannya or di biarin aja,dokternya bilang ga mengganggu. tbc ga 100 persen hilang dr tubuh kita kl udah kena, ibaratnya cuma di ‘tidur’kan, kl gaya hidup sm pola makan ancur2an mereka bs datang lagi, katanya sih gitu.

  15. Siang mba Rahma, saya baru 4 bulan lahiran sesar, lalu kena tb paru. Saat ini masih menyusui. Waktu mba Rahma minum obat tb, anak tetap disusui asi ga? Efek obat tb nya masuk ga ke asi? Karena banyak yg saran saya stop asi karena dikatakan obat tb yg saya konsumsi bs meracuni Bayi. Saat ini saya sedang stop sementara obat tb nya karena sgpt n sgot naik drastis. Mohon info nya yah mba. THX

    • siang mb yenny, saya dulu pas terapi jg sedang asi eklusif 6 bulan, usia anak br 4 bulan, sebelumnya konsultasi ke dokternya juga, kata dokternya aman kok buat ibu menyusui obat tb, ga ngaruh sama kualitas asi, jadi saya tetap lanjut, optimis. alhamdulilah anak gak knp2 skrg udah mau 2 tahun.

      • Saya juga udah konsul ke dokter anak, gpp katanya cuman dokter paru nya yg khawatir dengan efek samping dari ethambutol nya. Karena ethambutol kan bs ganggu pengelihatan, sedangkan pada anak, test mata baru bs dilakukan pd usia 4 tahun. Jd bingung lagi. Yah mudah2an smua baik2 aja deh. Thx mba.

  16. Selamat malam mbak rahma,
    Saya juga divonis tb kelenjar, belum mulai minum obat yg dikasih dokter, saya masih ragu.
    Saya cuman dibiopsis yg hasilnya lymphadenitis kronis. Lalu dokternya bilang saya tb.
    Tidak Ada tes tes yang lain. Hanya itu saja.
    Apakah Ada tes tes yang lain?
    Saya Tanya tentang tes mantoux dokter, katanya smua hasilnya memang positip meski ga tb.
    Please balas, saya lagi mencari kepastian sebelum memutuskan minum obat yg mengerikan itu.

    • hasilnya positif meski ga tb?aduh saya bingung sama kalimatnya:) tes mantoux itu untuk meyakinkan kl di darah kita ada TB nya,ya kalau udah positif..bismillah aja terapi,kalau bs dibantu sama pola makan yang sehat biar lbh cepat prosesnya dan efek obat ga gt dasyat jadinya, kl imun kita lemah..nyiksa banget obat TB itu

  17. Dear mbak rahma, bgaimana obat TB nya mbk apakah sudah terbukti ampuh? mbak saya juga sedang menjalani recovery pasca oprasi kelenjar dgn obat TB kelenjar. Kebetulan saya harus berobat disaat sy sedang hamil muda. dokter TB bilang kalau konsumsi obat itu aman untuk ibu hamil. Sy juga optimis percaya pd Allah bhw janin sy pasti sehat meski digempur obat yang skali minum 3. Baca cerita mbk rahma sy jadi teringat diri saya sendiri yang sudah trauma obat. tiap kali minum obat itu langung kluar lagi obatnya saking enegnya saya. Tapi memang simalakama, obat itu harus diminum, jika berhenti akan mengulang lagi. Mbak aku butuh teman sharing yang kasusnya mirip/sama dg saya.

    • mb OBat tB itu ga sepenuhnya membunuh bacteri TB nya, akan tetap ada ditubuh kita, fungsi obat hanya melemahkan mereka..kalau kita ga jg kondisi tubuh..someday bakal nongol lg..saya terapi sudah selesai, tapi msh menyisakan benjolan di leher,dokter menstop terapi saya yang hampir 11 bulan,tapi msh ada benjolan, dia bilangnya ga masalah, krn sudah tidak aktif, kalau mau, di operasi, diangkat dan di buang,tapi saya blm minat,saya biarkan saja,skrg cm fokus gmn hidup sehat ,makanan sehat yg masuk tubuh, mengurangi konsumsi protein hewani, saya percaya tubuh bs menyembuhkan dirinya sendiri jika kita memberi asupan makanan yg emang dibutuhkan tubuh bukan cuma krn enak dimulut.

  18. Assalamualaikum mba rahma…..2 minggu yg lalu saya di vonis tb kelenjar, itu berdasarkan hasil dari rontgen thorax, akan tetapi hasil rontgen tersebut sebenarny tidak menunjukkan kelainan pada paru2 saya, saya kurang menengerti kenapa dokter tersebut memvonis saya dengan tb kelenjar…kemudian saya di beri 2 opsi yang pertama biopsi untuk memastikan kenapa kelenjar saya membengkak kedua terapi obatan selama 2 bulan lalu kemudian dilihat perkembangan kelenjarnya…karna saya takut biospi saya memilih opsi ke dua…..2 minggu pertama alhamdulilla saya belum merasakan efeek obatnya…akan tetapi masuk minggu ke 3 dan obat saya ada yg di ganti dan ada yg di tambah…maka pada malam pertama saya langsung merasakan perut melilit, kepala pusing, badan gatal-gatal, dada sakit, badan meriang dan badan kedinginan.. apakah ini normal selama terapi obat ini mbak? dan *maaf warna air seni saya lebih pekat dari air teh, saya sempat menanyakan ke dokter mengenai air urin tersebut..beliau menjawab ” hal itu wajar itu reaksi tubuh..mengenai warnanya itu disebabkan racun-racun yang di keluarkan tubuh” saya ingin bertanya apakah terapi pengobatannya sampai setahun mba? dan apakah bila sembuh ada kemungkinan menyerang lagi ? Terimakasih..

    • waalaikumsalam, knp takut biopsi? itu ga ngeri kok..cm diambil sampel darah aja..bukan di belek:D kl dokter di turki lbh hati2 ngediagnosa..prosedur yg saya jalani lumayan panjang, saya USG jg tuh kelenjarnya, biopsi juga sampe dokter kerajinan jalani MRT..*yg USG seluruh badan ituu masuk tabung* rempong-.- tes mantoux jg ,dan hasilnya semua positif itu emang TB kelenjar, bukan kanker kelenjar getah bening ..br jalani terapi..nah selama terapi diawasin dokter keluarga, kl ada keluhan atau efek slm pengobatan..dia yg kontrol, pas perut melilit terus ..dikasih obat maagh.., emang terapi TBC itu berat..hrs ada tekad kuat untuk jalaninnya, terus yg paling penting..barengi dgn gaya hidup sehat,efek obatnya bs semakin berkurang..bantu dgn minum madu,habbatussauda atau herbal2 untuk bantu jaga kondisi badan.banyakin minum air putih, buah sayur..kurangi makanan yg ga sehat.kl imun tubuh kuat..efek sakitnya bs dilawan*saya udah buktiin sendiri*kl kondisi kita lemah..makan ga teratur..makin menjadi2.smg lekas sembuh ya

  19. saya juga lagi terapi obat tb kelenjar mbak. udah sbulan. efeknya ke tubuh saya sering menggigil, badan lemes, mual,muntah. tapi alhamdulillah dokternya ga nyuruh saya untuk biopsi krna kelenjarnya masih kecil dan hasilnya ketahuan dari tes darah dan suntik mountoux. kira2 efek obatnya dapat berangsur pulih ga ya mbak seiring berjalan waktu? saya niat banget untuk sembuh mbak

    • insha alloh bisa.. emang reaksi obatnya keras..nah slm jalani pengobatan coba dibantu dgn makan makanan sehat…dibantu madu atau habatussauda..banyakşn buah dan sayur..kl kondisi kita fit, imun nya kuat berangsung2 efek obatnya akan berkurang kok..entar ga berasa reaksi apa2 lg…dibantu minum madu dan makanan sehat lainya, kurangi jajanan dan makanan junk food kl lg jalani terapi..beneran ini ngebantu banget ke daya tahan tubuh..

  20. Ass
    Ba sya di ponis tb. .
    Sya dh mnjalani pngobatn slma 2 bulan. .
    Dan efek ea tuh mual. Pusing . Dan yg saya alami skrang gatal di sluruh bdan sya smpai ke muka2. .
    Solusi ea gimna y ba biar ngurangi gatal ea itu

  21. Mbak Rahma kalo demam gmn cara ngatasinya apakah bopeh minum panadol? Saya br hari ini ngejalanin terapi…tp gak kuat dengan demam sampai 38.7.makasih

  22. Ikutan tanya ya mbak.
    Apakah selama divonis tb kelenjar ada penyusutan berat badan ?

    Saya jadi tambah stress kalo tau celana pasa longgar sekarang.

  23. Terimah kasih ya Allah…
    Sujudku padamu semata beribadah,wajar bila ditengah doaku memohon padamu. Hingga air mata menetes tanpa kusadari.
    Selama Seminggu ini,
    Rasa2nya aku tlah putus asa setelah makanan yg kutelan kembli kumuntahkan. Tentu hal yg ngeri.!!!

    Hingga aku berpikir tentang kematian jika memang takdirku,aku ingin kembali /wafat ditempat kelahiranku. Sungguh sejauh itu aku alami,aku ingin dimakamkan disamping ibuku. Ya Allah…

    Jam 9 malam ini,2 desember 2015 aku menengguk obat 3 macam yg diberi oleh dokter sebgai obat TB Kelenjarku.
    Jam 2 dini hari aku kesakitan bgian lambung. Rasa panas yg tak pernah kurasakan sebelumnya. Aku pikir aku lapar. Lalu aku makan. Namun apa yg terjadi,kembali aku muntahkan. Hingga aku merasa lemas.

    Ya Allah…
    Kuatkan sy.
    Seusai shalat subuh,sy meraih hp dan browsing ke google.
    Alhasil blog ini,menjawab apa yg kualmi.
    Terimah kasih ya Allah. Dan tambhkn nikmat imanmu dan rejekimu pada pemilik blog ini “RAHMABALCI”

    T.Kasih.

    • terimakasih mas ihsan..tetep semangat, jalaninnnya emang berat di awal, jgn dibawa stress, banyak konsumsi makanan sehat hindarin dulu makanan prosesan, banyakin buah dan sayur, madu,habbatusaudah..kalo kondisi tubuh fit, lewatin pengobatan akan lbh mudah

  24. Mas ihsan. Bukannya aturan minum obat untuk tb itu pagi hari sebelum makan.

    Mungkin karena diminum malam hari jadi efeknya ke lambung ya…

    Semoga segera sembuh semuanya.

    Saya juga lagi berjuang.
    Sekarang2 ini leher juga kadang sakit .

    Banyak2 dzikir kalo sudah sakit badannya.

    • iya harusna pagi pas kondisi perut kosong, jgn minum obat malem krn masa untuk tubuh menyerap nutrisi makanan…bs merusak dan ngeganggu pencernaan ygsedang bekerja keras nyerap nutrisi makanan..

  25. dear mba rachma,aku sudah biopsi dgn hasil diagnosis tb kelenjar,, skrg aku lg menyusui jg mba.. mau tanya apakah obatnya mengurangi jumlah asi g?kebetulan aku lagi nunggu dokternya jd blm tau bakal dkasi obat apa cuma worry aja sm produksi dan kualitas asinya.. kalo interaksi sm bayi gmn ?oia bayinya perlu d cek tb juga g?makasih mba rachma

  26. assalamualaikum..mba rahma hari ini saya dinyatakan tb kelenjar benjolannya ada di ketiak bukansprti kebanyakan orang di leher..
    kaget mba, sy hrs terapi obat tb kt dr 9 bln…obat tersebut baru akan sy mulai besok subuh ..tapi ngeri juga membacaefeknya…sy jd takut mual muntah…bisa tidak yaa sebelum mkn obat tb sy makan obat ranitidin dulu…

    • waalaikumsalam..setahu saya obatnya kudu di minum jam nya tertib..kalo pagi pas perut kosong..kalau nge back up obat lain biasanya kasih jeda setelah obat tb..krn saya jg sempat sakit perut dan demam

  27. Mba rahma mau nanya , saya ada benjolan dileher dan baru minggu kmaren operasi pengangkatan . Setelah hasil nya d tes lab ternyata saya d vonis tb klenjar dan besok saya harus mulai mnum obat tb , tp antibiotik stelah saya operasi belum habis . Apakah boleh setelah minum obat tb mengkonsumsi obat lain ?
    Mkasih

  28. Aslkm,günaydın nasılaınız….
    Mba perkenalkn nm saya via,sya mau curhat mba hehe mf y mba ganggu.saya sngt ingin sekali bekerja d turki sdh cba cri info sna sni tp hasilnya nihil,kmudian sya bca blog ini mungkin sj mba bisa bntu sya dgn info yg mungkin mba tau teşekkur ederim: ))

    • waalaiikumsalam…wah kalau tentang lowongan pekerjaan saya kurang paham, lapangan kerja di turki sekarang semakin ketat apalagi ditambah banyaknya pengungsi syuriah disini, kalaupun mau kerja profesional ada jalurnya sendiri dr perusahaan2 asing, kyknya mereka ga sembarangan jg nerima pekerja asing, ijazah nya aja kudu ada persamaan dgn standar turki-kl perusahaan lokal- kalaupun ada biasanya dibidang spa and message gitu, banyak pekerja indo terutama org bali disini, pake jalur resmi ya, jangan nekad pake agen ga resmi, banyak wni yg terlunta2 disini jg..goodluck

  29. Assalamualaikum mba rahma,salam kenal.. saya br dvonis tb klnjar td pagi dan jumat terapi obat tb br saya mulai tp saya udah duluan takut mba sama efek samping obatnya. Oia apa bener bisa mengakibatkan kebutaan?? Sekarang saya juga asix. Selain punya baby saya juga punya jagoan umur 7th, klo tb kelenjar apa bisa juga terkena tb paru? Krna saya biopsi benjolan dleher sebelah kiri dan hasilnya tb kelenjar tp 3hari ini saya mulai batuk + flu mba.. mohon dbalas ya mba

    • waalaikumsalam,setahu saya ga sampe ke tahap kebutaan, asix ga masalah kok mba,krn saya jg dulu pas terapi jg lg asix,setau dr dokter sini bilangnya tkelenjar sbnrnya ga seberbahaya kyk tb paru,tulang, gejala2nya ga separah tb yg lain, cuma bagian pengobatan nya suka lbh lambat dr tb yang lain,saya aja benjolan msh ada tp blm diangkat,dokternya malah bilang terserah saya.mo diangkat atau ga,slm ga ganggu gpp,harus telaten jalanin terapinya mba,biasanya akan timbul reaksi2 kyk demam dsb diawla terapi, tp kl mb backup sm makanan sehat dan pikiran postif insha alloh mudah lewatin terapinya, semangat ya demi kesembuhan

  30. Assalamualaikum.mba Rahma..apa kabar..? dr pengalaman sebnya sy mau nanya …
    -sy baru mulai minum obat smlm jam 6 bada maghrib seb makan malam krn biar tatib nti pas ramadhan…kira2 efek dan reaksinya obat nti bagus ga soalnya ga minum pagi2 .
    -sy merasakan benjolannya dileher rasanya nyeri bgt mba…nyerinya boleh pakai salep atau balsem ga mba ?
    Terima kasih atas jawabannya ya mba…

    • waalaikumsalam, kyknya gpp deh dii minum malam..asal jadwalna teratur aja..tiap org reaksi obatnya beda2, awalnya emang keras, timbul banyak efek sampingnya..tp ntr lama2 tubuh adaftasi jg kok..di bantu makanan sehat aja mba..kyk suplemen madu..habbatusauda..sayur, buah..biar kondisi tubuh tetap fit dan bs meminimalisir efek obat tbc nya, buat ngilangin efek nyeri nya gpp..tetep ga ngaruh ke benjolan dalemnya kok krn emang dilawannya pake obat tbc..saya jg dulu dikasih minyak angin malah

  31. Dear mba rahma, ibu saya sudah 3 minggu minum obat TB kelenjar getah bening. tapi setelah itu mulai muncul efek samping pusing yang lama dari biasanya dan ga nafsu makan. Sy khawatir asupan gizinya kurang, karena makan nasi dan buah aja gak nafsu. Ibu saya sempat berhenti 3 hari ga makan obat TB krn dirawat inap kena asam lambung. Skrg beliau gelisah kalau malam ga bisa tidur karena dadanya sesak dan kepala pusing. Juga dia susah BAB krn stress. Gimana ya mba? Apa perlu dikasih suplemen nafsu makan?

    • mba..pertama saya bkn dokter, takutnya kasih saran yang salah, kalo udah timbul gejala sampe asam lambung dsb coba konsultasiin ke dokter nya, gmn baiknya jalanin terapi tb kelenjar, efek stress dan pikiran bs memperburuk kesehatan, bkn cm sakit tb aja, emang obat TB di awal cukup keras, saya jg berjuang untuk minumnya, saya berusaha tertib buat minum, kena demam, kram perut, sakit kepala, luarbiasa efeknya, saya ada dokter keluarga yang mengkontrol selama terapi minum obat tb, kalo saya ada keluhan dokter tersebut emang kasih resep obat tambahan, kayak obat magh atau vitamin, ini berdasar resep dokter ya,saya ga berani beli bebas juga di luar, suplemen tambahan saya minum madu, habbatusaudah, kalo mual saya minum jahe anget, kalo ibu ga tahan dgn pengobatan, coba pake alternatif yang aman, rubah pola makan, saya saranin ngikutin pola makan foodcombining aja,dengan disiplin, banyak yang terbantu. coba mba googling tentang foodcombining indonesia, atau baca2 bukunya. semoga membantu.

  32. Hei m Rahma….tulisannya sangat membantu banget…. Anak sy umur 4 tahun divonis tb paru, begitu dikasih terapi hari-2 suhu badan naik tertinggi 39 C. Batuk makin menjdi-jadi sempe muntah lendir Dan kurang asupn makanan. Badannya gatel2 Dan kemerahan. Apakah ini termasuk efek obat. Apakah INI wajr? Smpe berapa lama ya.…panas Dan batuknya? Sy sedih banget. Mohon sharenya temen….trims banget

    • semoga lekas sembuh puteranya mba:( aduh umur 4tahun..ga tega bacanya, saya ngalamin hal yang sama seperti anak mba, rasanya ga karu2an, kalo panas kasih paracetamol, asupan nya harus tetep di jaga mba, coba dibantu habbatusauda atau sari kurma yg asli gitu, buat daya tahan tubuhnya, asupan buah buahan segar dan sayur,jug air putih, daya tahan tubuh kalau kuat membantu adaftasi pengobatan lbh cepat, jd nanti efek2 kyk diatas bisa berkurang,saya butuh waktu hampir dua bln ngerasainnya,sampe nangis2 krn ga kuat, di backup sama makanan yang sehat ya mba,kasian anaknya, coba dibantu pola makan yang sehat jg kayak pola foodcombining, banyak yang terbantu. sekali lagi semoga lekas sembuh anaknya ya mba

  33. Asslm mb rahma. Slm kenal. Blog mb sangat mmbantu. Anak saya (20 bln) jg divonis tb kelenjar stlh 2x biopsi (biopsi jarum halus dan bedah) dan tes mantoux. Sblmnya anak saya terkena infeksi pasca operasi di bag inguinal. Sampai 6blnan lukanya tdk kering2. KGB nya juga membengkak bahkan KGB yg dipangkal paha juga memecah hingga doktr mminta biposi.
    Ini hari pertama minum obat. Anak saya muntah2. Saya sampe g tega. Kira2 gmn cara ngatasi biar rasa mualnya tdk menjadi jadi y mb? Anak saya badanny kecil. Saya tkut dia jd tmbh kurus.

    • waalaikumslm, mb itu operasinya setelah biopsi kah? prosedur yg saya jalani pas jaşani terapi nya, setelah hasil biopsi keluar, saya jalani terapi, dpt surat dr dokter di rs buat dibawa ke pusatpenanganan tb-kebetulan disini-ada klink khusus pny peemrintah buat nanganin TB- sblm diberi obat tb,sempat jalani rontgen dan usg khusus buat memastikan letak benjolan, kemudian br dikasih obat terapi dan hrs diawasi dokterkeluarga,jd kalo ada keluhan slm pengobatan,saya konsul ke dokter keluarga. setelah selesai masa terapi obat saya jalani USG lagi, buat kontrol benjolan,krn tidak 100 persen hilang,hanya mengecil,sampai skrg pun msh ada benjolan,tp dokter disini cm bilang:selama tidak mengganggu tidak perlu ambil tindakan operasi.dan dinyatakan aman.saya tdk jalani prosedur operasi,dan benjola kecil msh ada. obat tb emang keras mba, coba untuk dosisnya nanya dokter termasuk dokter anak biar dikasih solusi terbaik nya, krn ga bs jg kita maksain buat nelan obat, takutnya psikologis dia jg keganggu j dtrauma, susah makan juga,konsultasikan sm ahlinya mba,kyk dokter anak gitu gmn caranya ngasih obat ke anak yg kena tb,saya ga bs ksh masukan ,krn bkn jg ahli nya,apalagi kan urusan sm anak kecil. slm

  34. Halo mbak salam kenal,
    Sy juga di diagnosa tb ,baru 2 minggu minum obat tb,yg saya rasain skr asam lambung naik, sy suka nyeri otot leher kiri dipegang suka sakit trus urat kyk merengkel,padahal benjolannya ada di kanan,apa nyeri otot itu termasuk efek dari obat yaa mbk ?mohon jawabannya

    • slm kenal jg..wah kurang tahu apa hubungannya sm nyeri otot, mending tanya ke dokternya mba:) kalo asam lambung naik bs jd salah satu efek nya jg,tiap org beda2 jg sih, kalo saya panas dingin, sakit kepala ga ketulungan, nyiksa bgt

  35. Mba ayah saya sudah 3 bulan menkonsumsi obat tb baru kali ini dia mual mual perut perih nafsu makan berkurang apakah itu pengaruh obat jga

    • sepertinya iya, kebanyakan pd ngalamin hal yang hampir sama, nanti juga efek nya berkurang, di bantu multivitamin atau madu atau habatussauda , sayur dan buah..juga ,kalo perih perutnya bs dibantu obat magh jg buat nenangin

  36. Ass mba rahma…
    Sy mau nanya nih.. Sy baru 2 hari yg lalu divonis tb kelenjar, di leher memang ada benjolan. Dan sy pernah di usg katanya di rongga perut saya ada cairan bebas. Lalu sy d suruh rontgen, da hasilnya sy terkena tb kelenjar, lalu sy di suruh terapi obat tb slma 6bln. Kalau pengalaman mba rahma gimana ya? Apa ada cairan bebas juga di rongga perut? Kl sy tanya dokter cairan itu katanya jg karna tb kelenjar tersebut. Makasih

  37. Salam kenal mba rahma,,

    Saya Asiyah, usia 26 tahun. Empat bulan yang lalu saya divonis menderita TB Kelenjar, tapi dalam serangkai test saya, tidak ada test darahnya, hanya rontgen paru dan disuntik di benjolannya untuk diambil sample cairannya, lalu ditest di lab. Apa itu sudah cukup untuk menyatakan saya menderita TB Kelenjar?

    Ini sudah memasuki bulan kelima saya mengkonsumsi obat TB Kelenjar. Obatnya hanya dua macam : Rafastar (3 tablet x 1) dan vitamin (1 tablet x 1). Tapi semakin hari benjolan – benjolan kecil (di leher sebelah kanan saya) justru menyatu menjadi sebuah bengkak dan berwarna merah. Lalu sekarang nambah lagi beberapa benjolan di leher sebelah kiri. Apakah ini artinya TB saya tidak merespon obat yang saya minum? Apa yang harus saya lakukan?

    Terakhir, saya penasaran sekali. Di awal saya bertanya kepada dokter saya, apakah TB Kelenjar menular? Jawabannya TIDAK. Yang ingin saya tanyakan, jika TB Kelenjar tidak menular, darimana saya mendapatkan penyakit seperti ini? Saya rasa bukan faktor keturunan, karena di keluarga saya tidak ada yang memiliki riwayat penyakit TBC.

    Mohon dibantu jawabannya ya mba… Terutama yang point kedua, karena saya takut sekali membayangkan jika harus menjalani operasi.. :”(

    Terima kasih banyak mba….

    • wah kok bisa sampe bengkak mba? kalau proses saya pas tau TBkelenjar cukup panjang: awalnya juga ada benjolan dan sempat membesar kyk bisul juga, terus ke dokter, dokternya nyuruh USG, bolak balik dokter sampai nyuruh jalanin MRİ juga,seumur2 baru tahu rasanya MRİ, ampe sesak nafas pas di rontgen full body. dari situ juga dokternya baru ambil tindakan biopsi-saya ke dokter specialis penyakit dalam nya- nunggu seminggu hasil biopsi keluar:dan positif dinyatakan TBkelenjar, terus disuruh ke bagian klinik TBC nya, dokter nya nyuruh lagi ke bagian khusus TBC: buat jalani terapi: nah dokter yg bagian penanganan TBC juga ga sembarangan langsung kasih resep obat: saya di test mantoux dulu, nyuntikin ke tangan ga tau zat apaan, disuruh tunggu 3 hari, bekas suntikan ga boleh kena air: kalo dalam 3 hr di bekas suntikan timbul bintik2 berarti beneran positif bahwa dalam darah saya ada TBC nya, sempat di rontgen lagi :buat liat ukuran benjolannya dgn jelas:dari situ baru saya dapat obat TBC sepaket yang harus saya habiskan 1 bulan: ditambah 1 lembar kertas kontrol yang ditujukan buat dokter keluarga, yang akan mantau saya selama terapi pengobatan TBkelenjar-dokter keluarga ini semacam dokter di puskesmas terdekat didaerah rumah, jd kalau pas ada keluhan selama pengobatan TBC,dokter ini yang akan mantau, kalau saya pas pengobatan sempat demam, perut melilit, dokter ini yang kasih resep tambahan obat buat meredakan efek obat TBC nya, jd terkontrol ga asal sembarang obat saya minum. ini prosedur yang saya jalani pengobatan di istanbul. semua nya free. BTW untuk masalah penyebaran TBC: itu bisa dimana aja mba, saya juga keluarga ga ada yg punya sakit TBC, tapi kata dokter disini bisa jd ketika di jalanan saya ketemu banyak orang lalu lalang, ada yang batuk2 tapi saya ga nutup mulut sm hidung pake sapu tangan or masker, bs jd itu penyebaran TBC, kita ga tahu org batuk itu batuk biasa apa batuk nya org TB paru*yang biasanya menularkan itu para pasien yang kena TB paru, apalagi kalau kondisi tubuh pas drop. atau lingkungan yang kurang sehat dan bersih, saya ngidap tbkelenjar bawaan dr jakarta pas kerja, krn saya kost jg di daerah yang padat penduduk di grogol-.-‘ mikirnya dr situ jg kena nya.

  38. Salam kenal mba rahma,,

    Saya Asiyah, usia 26 tahun. Empat bulan yang lalu saya divonis menderita TB Kelenjar, tapi dalam serangkai test saya tidak ada test darahnya, hanya rontgen paru dan disuntik di benjolannya untuk diambil sample cairannya, lalu ditest di lab. Apa itu sudah cukup untuk menyatakan saya menderita TB Kelenjar?

    Ini sudah memasuki bulan kelima saya mengkonsumsi obat TB Kelenjar. Obatnya hanya dua macam : Rafastar (3 tablet x 1) dan vitamin (1 tablet x 1). Tapi semakin hari benjolan – benjolan kecil (di leher sebelah kanan saya) justru menyatu menjadi sebuah bengkak dan berwarna merah. Lalu sekarang nambah lagi beberapa benjolan di leher sebelah kiri. Apakah ini artinya TB saya tidak merespon obat yang saya minum? Apa yang harus saya lakukan?

    Terakhir, saya penasaran sekali. Di awal saya bertanya kepada dokter saya, apakah TB Kelenjar menular? Jawabannya TIDAK. Yang ingin saya tanyakan, jika TB Kelenjar tidak menular, darimana saya mendapatkan penyakit seperti ini? Saya rasa itu bukan faktor keturunan, karena di keluarga saya tidak ada yang memiliki riwayat penyakit TBC.

    Mohon dibantu jawabannya ya mba… Terutama yang point kedua, karena saya takut sekali membayangkan jika harus menjalani operasi.. :”(

    Terima kasih banyak mba….

    • coba cr second opinion kayak ke dokter bedah atau penyakit dalam, ttg benjolan tersebut, prosedur saya ketika di vonis TB, yang biopsi dokter specialis nya, trus ke lab, kalo hasil nya beneran positif br saya dirujuk ke dokter yg nanganin TB, saya jg ga ada keturunan TBc kok, banyak faktor yang bs membuat kita kena TBC: lingkungan yang ga bersih, penyebaran lewat batuk2 org yg kn TBC paru-dan kita ga pake masker- apalagi ditempat umum yang padat.., coba cr dokter specialis mba ..yg lbh ngerti ttg benjolan tersebut knp bs membesar dll…jd tahu..ikhtiar ya..jgn putus semangat, smg lekas sembuuh

  39. Selamat malam mb rahma.perkenalkan nm saya asti.saat ini saya sedang pengobatan tb hari ke 3.dan efeknya luar biasa.dada kiri terasa nyeri hingga keleher dan tangan.ditambah lagi suka kesemutan.terus perut kiri juga sakit.thn 2011 udah pernah berobat tb juga.tapi efeknya ngga sedahsyat ini.apa mungkin karena kali ini dosisnya lebih besar kali yaa.5butir sekali minum.klo lagi sendirian .rasanya ga karuan .tiap hari nangis.kenapa sakit ini tak kunjung sembuh.sampai stres mikirinnya

    • sabar mba…nanti jg efeknya berkurang kok jngan dibikin stress…coba alihkan, kalo daya tahan tubuh ikutan menurun..malah nambah ke siksa…nahannya, byk doa dan coba berpikiran positif aja..biar sembuh2 gitu..

  40. asalamualikum mba,,,,mba saya mau tanya klw di suntik d tangan hsil yh negativ tpi hasil rongseun ada bercak2 putih trs kelenjar d leher bengkak apah itu trkena tb jga,,,soal yh kn anak kecil klw lgi pns tw skit klnjr yh biasa yh bengkak juga,,,mksih

    • waalaikumsalam, saya bukan dokter mba, nanya sama yg lbh ahli ya, konsul aja sm dokternya, setau saya suntik mantoux*untuk ngetes ada tb atau ga di darah* kalo positif ya pasti kena tb, kalo hasil negatif mungkin sakit yg lain, lbh baik tanya dokter aja mba

  41. Hai mba rahma, saya mau sharing jg.. awalnya saya ada benjolan di leher kanan, lalu saat biopsi FNAB hasilnya TB (hasil keluar 21 juli). Selanjutnya sy ke dr.paru, saya bawa rontgen thorax (yg sy lakukan tgl 5 Mei), Dr liat rontgen itu bilang sy kena TB kelenjar (padahal hasilnya tertulis bagus, kata Dr nya sih di paru kanan ada seperti benjolan yg sama dgn leher kanan), Saya tidak tes darah maupun mantoux.
    Akhirnya saya mulai terapi minum 4 obat: RZHE (rifamipicin, pyrazinamide, pehadoxin, ethambutol. setelah 1 bulan minum obat ternyata kelenjar makin membesar, sama Dr diresepin suntik streptomycin 60x dan ethambutol ditarik. 1 bulan kemudian (sudah minum obat 1 bulan dan minum obat+suntik 1 bulan) kelenjar masih besar dan merah, akhirnya dirujuk buat operasi ke dr.bedah onkologi di RS yg sama. Di surat rujukan tertulis operasi pengangkatan kelenjar. Saat k dr.bedah onkologi, saya dikasi tau jg kalo kelenjar sy sudah timbul abses (benjolan mengandung nanah, ditandai warna merah dan kelenjar melunak), akhirnya sy dirujuk untuk operasi biopsi eksisi. Dr.ny tidak berani kalau diangkat 1 kelenjar, sehingga cukup sebagian saja diambilnya.
    Nah, apakah keputusan sy untuk biopsi eksisi ini tepat? Kalo kata Dr, biopsi eksisi berguna untuk diagnosa lbh lanjut agar pengobatan lbh tepat sasaran..
    Agak ngeri sih ngebayangin operasinya. Trus kata dr.nya, kalau nanti nanah nya tidak semua bisa dikeluarin, berarti g dijahit supaya nanahnya bisa keluar. Sehingga nanti mesti ganti2 kasa untuk lukanya. Mohon sarannya..

    • halo mba..saya juga benjolan sempat abses bernanah, lalu biopsi, tindakan biopsinya cuma bius lokal, dan ngambil jaringan di benjolannya, operasi kecil . prosesnya termasuk cepat kok, insha alloh ga menyeramkan hehe:)

      • Mba, alhamdulillah saya udah operasi biopsi KGB tgl 6 Oktober lalu.. operasi 2 jam, bius total..
        Trus lukanya tidak dijahit, baru 3x ganti kasa: Jumat, Senin dan Kamis kemarin.. terakhir dimasukkan alginate di dalam rongga lukanya.
        Kalo dulu mba dijahit apa g? berapa lama lukanya sembuh/menutup?

  42. Hai mb rahma, alhamdulillah… senang sekali nemu blog ini saya jadi semangat dan optimis bisa sembuh. Saya baru saja divonis tb kelenjar dan baru mulai terapi OAT nya. Saya masih menyusui anak saya umur 1th dan waktu saya tanyakan ke dsa apa boleh tetap menyusui, saya malah disarankan agar anak di test mantoux juga & pengobatan profilaksis INH (yg kalau saya baca2 itu untuk pencegahan tb ya). Yang ingin saya tanyakan pengalaman mb rahma bagaimana? Apa dulu anak mb juga jalani test dan pengobatan? Karena kalo saya baca2 tb kelenjar tidak menular, yg menular itu tb paru dan hasil thorax saya bagus paru2 bersih. Minta info nya ya mb. Terima kasih banyak sebelumnya

    • hi Ana, kalau dulu anak saya ga diminta juga sih sm dokter sini, cuma saya aja yg test mantoux, ya alasannya krn tbkelenjar bukan tb yg menyebabkan penularan Tb kayak paru,krn setelah lewati proses MRİ, paru saya juga bersih, cuma di kelenjar aja,itu mungkin alasan kuat dokter tidak memnyarankan pengobatan ke si anak juga dan saya tetap ASİ ga masalah,krn ga ngaruh ke anak.

  43. Haii mbaa salam kenal…
    Saya juga divonis tb kelenjar yg efek obatnya luarr biasa 😢..mba mau tanya saya diksh obat untuk 2minggu dulu klo habis harus kontrol tp kmren obat saya habis pas saya kontrol dokternya cuti jd gmn ya klo saya telat 3 hari untuk obat pagi yg sebelum makan nanti harus ulang dr awal ga ya mba?

    Thanks mba

  44. Saya putri sudah 2 minggu menjalani terapi tb kelenjar.awalnya ada benjolan dipayudara kanan saya,dioperasi diambil benjolannya saja kmudian dicek lab patologi anatomi hasilnya tumor jinak yaitu pembekuan air susu.namun setelah 6bulan operasi payudara pertama luka operasi tidak kunjung kering,kemudian usg payudara kata dokter terjadi infeksi di dalam pyudara,sljutnya dilakukan operasi payudara yg kedua,mengambil jaringan yg terinfeksi tsb,namun setelah di cek lab patologi anatomi kembali jaringan hasil operasi dinyatakan positif terkena tb kelenjar.adakah yg kasusnya sm seperti saya,trjadinya dipayudara?apakah tes lab patologi anatomi sudah cukup mbuktikan bahwa saya positif tb kelenjar?apakah bnr tb klenjar tdk menular?soalnya saya mmiliki anak umur 5thn?penularannya bgaimana?saat ini dipangkal jari telunjuk kanan saya yg hampir dkt jempol membiru dgn sendirinya.ada apa ya?apa pngaruh pnyakit tb ini ya?adakah makanan/aktivitas yg harus kita hindari?mohon pencerahannya..terimakasih..smg kita selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dslam menghadapi semua ujianNya.amiiiinnn

    • salam mb puteri, jujur saja saya ga bisa bantu jawab untuk kasus mba..saya nulis di blog ini sekadar sharing pengalaman pas saya terapi tbkelenjar, setahu saya TBkelenjar ga nular mba, dibanding TBparu,saya juga masih bisa kasih ASİ untuk bayi saya waktu itu, krn kata dokternya ga ngaruh. kalo aktvitas yg hrs di hindari tentu saja kyk lingkungan yg kurang bersih, sehat dan kalo ketemu orang dijalan yg batuk2 parah, baiknya pake masker buat pencegahan krn kita ga tahu dia batuk biasa atau batuk2 krn TB,mb bisa nanya ke forum2 kesehatan ttg kasus mba, saya ga punya kapasitas untuk menjawab apa tes lab nya sudah cukup bukti untuk TB kelenjar: kalo prosedur yg saya jalani: sempat jalanin MRİ untuk ngecek penyebaran dr benjolan tersebut, hasil nya cuma di kelenjar dan paru saya bersih, lalu tindakan biopsi di benjolan, hasilnya positif, lalu tes mantoux hasilnya positif, rontgen juga hasilnya positif TB baru dokter memberikan terapi TB lewat badan khusus nya disini:jadi ada satu gedung milik pemerintah khusus penanganan TB, semua pasien TB dr rumah sakit di rujuk ke gedung tersebut dan akan ada petugas medis yang kontrol perbulan.

  45. Hiii mba rahma, salam kenal sehat selalu,, 2 mingu yg lalu saya baru menjalani operasi benjolan dekat ketiak, awalnya dibilangnya abses, n lansung jadwalkan operasi bius total untuk membersihkan nanah yg sudah meradang, namun setelah dioperasi ada seperti biji2 buah markisa gitu dikter menyaankan dicek ke lab patalogi, hari ini baru saya ambil hasilnya, keebtulan bude saya perawat bedahnya, beliau bilang tb kelenjar , hiksss saya jd stress sendiri denger vonis tersebut, karna saya masih punya baby 1 th dan masih menyusui, ini saya masih tunggu dokter untuk konsultasikan hasil lab dan apa sy sudah bisa buka jahitan , apa benar mba ini tidak menular ke anak kita, atau kita perku memeriksakan anak kita juga

  46. Mba sebenarnya ini kita ini tertular dari mana ya mba? Td saya lupa nanya dokternya karna ngurusin jaitan belum jyga kering

Leave a Reply

