4

kesambet trabzon:D

Trabzon itu nama sebuah kota dan propinsi di turki, Letaknya di daerah blacksea*karadeniz*

http://en.wikipedia.org/wiki/Trabzon

Jadi obrolan sama si babapanda yang masih suka ‘angin anginan’ berpikir kalau ga balik ke kampung halamannya, Dia pengen nyoba ngerasain hidup di daerah karadeniz:D:D

‘Gimana kalau entar minta Mutasi ke daerah karadeniz aja ?’

Saat dia ngomong itu karena kami juga lagi nonton film turki via laptop yang ber setting karadeniz Turki

*semoga ga karena ‘kesambet’ nonton film’

Nah di ambil dari mbah google, kira2 penampakan kota trabzon seperti ini: Masih ketemu laut:)trabzon-sehritrabzonda-kent-kultur-ve-demokrasi-forumu-3710images

Nah lokasi dari istanbul ke trabzon lumayan jauh:D400px-TurkeyKalau Corum city di tengah tengah dekat sama Ankara sebagai ibu kota, Wah saya sih Ok ok aja di ajak pindah nomaden keliling Turki*kok mikirnya jalan jalan ya* waduh. Selama masa kerja di Babapanda bisa minta mutasi ke luar İstanbul, Tentunya dengan banyak pertimbangan, Salah satunya kemungkinan menempati apartemen dinas bisa jauh lebih besar di banding di İstanbul, Di İstanbul apartemen dinas malah di tempati tingkat manajer manajernya-.- yang penghasilan tentu saja lebih besar, Namanya tinggal di kota besar terus gratisan pemerintah, siapa yang nolak:P Yang  petugas biasa kayak si babapanda malah pada hidup ‘Kembang kempis’ Wah ga adil lah:) Padahal kayak di corum city justru kebanyakan yang nempatin losmanji atau rumah dinas pegawai pegawai biasa yang masih merintis, ngebantu secara ekonomi kan, Beda sama İstanbul yang kota terbesar dengan biaya hidup mahal beuh atasan atasan nya justru yang nempatin-.-‘

Yang terbaik aja lah semoga di buka kan jalan sama Alloh:)

Trabzon indah juga, ga segersang corum city karena letaknya di tengah pegunungan yang gersang, daerah batu2an gitu, Kalau trabzon *belum pernah juga sih kesana* liat dari foto foto dan video daerahnya segar, *kayaknya harus masuk rencana liburan dulu ke sana buat survey ya*

Biasa lah nomaden gitu loh:)

 

 

5

Buat bobo anakpanda

Minggu lalu, entah ke sambet apa si Babapanda tiba tiba beli cat putih, lalu heboh sendiri ngecat kamar*yang ternyata cat nya ga cukup:P* jadi belang deh tembok 1:

Ternyata karena hari itu: Bakal datang besik ehm ranjang bayi buat si anakpanda, Si babapanda udah ‘ngotot’ sendiri dari awal hamil si anakpanda harus punya ranjang sendiri walau kamar sendiri belum terwujud, rumah kami kecil soalnya:)

Padahal perlengkapan bayi lainnya belum ada, Apa kami tipe yang nyantai gitu? membaca saran dari teman teman sih jangan terlalu heboh juga untuk bayi baru lahir, segalanya sampai di beli karena belum tentu terpakai semua? ehm benar juga sih, Nah untuk baju baju anakpanda, kami juga belum beli, tapi udah ada yang ngasih, tetangga ngasih baju bayi, walo bekas pakai tapi masih terlihat baru, Bayi baru lahir cepat gede juga ternyata, Jadi mikir hemat2 juga lah, paling cuma di pakai 1 bulan pun belum tentu, Jadi ga apa2 kata sibabapanda, Ditambah toko perlengkapan bayi tidak jauh dari rumah kami dan hampir lengkap semua, Jadi memudahkan saja kalau butuh tingal melangkah ke jalan besar.

Si babapanda fokus ke yang ‘besar besar’nya dulu, salahsatu nya ranjang bayi, wah susah deh dibilangin:P mau nya dia beli ranjang bayi udah gitu warnanya juga dia yang milih sendiri: ungu dan putih sbg warna dasarnya, karena dia emang suka dengan warna ungu.

Kalau di tanya apa ini mau saya? 100 persen maunya babanya:D yang ga mau berbagi kasur saya bayi*takut ketendang katanya*:) ga tau deh nanti prakteknya kalau si anakpanda udah lahir, ya Maklum Ortu Wanna be^-^

Dan lagi mengumpulkankan informasi terutama untuk tempat lahiran si anakpanda, dimana kah kelak?

Teman kerjanya rekomen di marmara hospital, Yang terdekat dari rumah medicine  hospital, Dia mikirnya cover asuransi yang bagus   di antara 2 rumahsakit swasta itu seperti kata temenya di marmara, yang terdekat  lumayan agak mahal buat kantong kami:)

Atau opsi lain tentu saja devlet hastanesi alias rumahsakit pemerintah.

Dari semuanya itu: yang penting sih ya bisa lahir selamat tak kurang suatu apapun, masalah administrasi dsb tanggung jawab babanya:D yang belakangan agak ‘senewen’ gitu bawaanya: apa ada baby blues syndrome sebelum anak lahir? hahah kayaknya lg kena tuh si babapanda:D

Kasus ranjang bayi yang belum terpasang minggu lalu aja bikin dia uring uringan, si babapanda tipikal kalau beli sesuatu itu servisnya harus memuaskan kalau engga, udah ‘bertanduk’ aja bawaannya-.-

penampakan singgasana si anakpanda yg belum kelar-.*

penampakan singgasana si anakpanda yg belum kelar-.*

Jadi orang toko nya pas datang buat masang, ternyata ada sedikit problem pas ngerangkai tuh ranjang, Hari juga udah malam pas mereka datang:j Jadilah pekerjaan masang ranjang si anakpanda belum kelar, Mereka janji besok kamis datang lagi buat selesaikan pekerjaan masang nya, Etapi  bener dah si babapanda ni pikiranya udah negatif dulu aja, takut ke tipu lah, takut ni yang jual boong sama dia, ngasih kualitas ranjang yang ga Ok dan macem macem pikiran jeleknya:S sampai rencana bikin pengaduan Online segala sama Pemerintahnya yang khusus bikin aduan konsumen gitu wkwkwk please deh sabar dikit ya pakkk:D

hal kayak gini aja bikin dia stress:P duh ga mikir yang mau lahirannya kayak apa-.*

Image
0

Buah buahan musim panas

Buah buahan musim panas

ini baru sebagian, kalau nanti puncaknya summer pas bulan puasa *kebayang kan ohhh puanas dan puasa* muncul buah Tin yang benyek2 manis dan segar sebagai pelepas dahaga, Sekarang edisi buah Tin belum muncul:) Lho kok ada cabe?? kalau menurut saya pribadi: ini jenis buah juga:D yang saya tunggu tunggu kalau musim panas: pedas! nya itu loh, kalau musim lain yang ada jenis carliston, bentuknya aja gede, rasanya malah manis:D apaan tuh cabe kok ‘cemen’ Nah kalau musim panas gini mulai lah bermunculan sayur dan buah yang menggugah selera:
yang ada di piring: strawberry, apricot, seftali*buah peach* ada erik*plum juga, tapi saya ga beli, mulberry juga ada, raspberry juga sering nemu , trus mirip sama buah tropis itu ada malta, di indonesia ada kok, aih lupa namanya. Yang menarik di foto ini tentu saja cabe kan..kann:D:D

Image
6

kisah si Bayam

kisah si Bayam

Biasanya bayam di negara 4 musim berbeda dengan daerah tropis, daunnya lebih besar dan kalo dimasak agak berlendir dan pait, kudu di akalin dulu dengan cara di rendam agak lama kalau mau di tumis, Orang turki nyebut bayam: ispanak : biasanya di masak buat isian börek, roti atau di campur bulgur-beras gandum- pokoknya jauh banget dengan bayam seperti di indonesia.
Musim panas mulai tiba, Ehm apa yang menarik di turki? selain cuacanya panas juga dengan mudah bisa menemukan sayuran sejenis yang biasa ada di negara tropis:D horeee
Hari ini saya ke pasar traditional nya sama si babapanda, Ga sengaja nemu jenis sayuran seperti bayam indonesia, Pas saya tanya sama si penjual nya: Dia bilang, saya ga tahu nama sayuran ini apa, suami saya memetiknya dari kebun, tumbuh begitu saja, lalu kami bawa buat di jual, mereka jual hanya beberapa ikat, 1 ikat dihargai 2lira, wah lumayan, mana se ikat lumayan banyak juga:) Orang Turki ga menkonsumsi bayam jenis ini, Atau mungkin karena mereka kurang tahu ya? Bisa jadi.
Selain bayam, Tahun lalu pas Musim panas, di pasar yang sama saya temukan tukang dagang yang jual kacang panjang juga:D Menjadi ‘sesuatu’ dong buat saya tentunya, Setelah agak bosan dengan pilihan sayur mayur negara 4 musim yang bentuknya seragam, itu-itu aja. Kekayaan jenis sayuran daerah tropis emang luar biasa:) Oh ya di turki emang ga bisa di pukul rata 1 negara iklimnya sama, Yah inilah ke unikan negara transkontinental alias 2 benua, iklim negara dari ujung peta ke ujung peta lain nya bisa beda beda, yang deket eropa apa yang deket tanah arab atau asia tengah Ga mesti sama, Kebanyakan sayuran sayuran tropis banyak di budidayakan di daerah akdeniz, mediterania umumnya di provinsi antalya.

Jadi menemukan bayam saudara kandung dengan bayam di indonesia, Rasanya : nikmat bener dah:D bisa bikin sayur bening:) yup karena saya pecinta buah dan sayur

2

nomaden ala keluargapanda

Tinggal di kota sebesar İstanbul, Bagi yang terbiasa hidup di kota besar mungkin enak, udah biasa ketemu macet dkk nya, hiburan banyak, yaa metropolitan terbesar juga di turki, dan katanya kota terbesar juga penduduknya kalau di liat dari kota kota eropa lainnya, nah kebayang kan.

Soal biaya hidup? ya so pasti jauh lebih mahal di banding kota kota lain di turki, semua orang turki dan banyak nya WNA menjadikan kota ini emang Full manusia: kalau ga salah penduduk istanbul hampir 14 jutaan, terbagi di antara sisi eropa dan juga asia.

Tingkat stress juga lumayan tinggi, macet dan angkutan umum layaknya kota kota besar dunia di jam sibuk! menggilaa.

Untuk sekadar wisata memang lumayan mengundang, ya siapa sih yang ga kenal istanbul..dari zaman ‘baheula’ kota ini udah jadi kota besar di dunia, punya sejarah besar tersendiri.

Sebagai WNA emang jadi pilihan banget hidup di kota besar semacam istanbul kalau di turki, untuk Pasokan makanan, masih jauh lebih mudah ketemu makanan yang mirip mirip negara negara asia dan juga teman teman indonesia, baik pelaku kawin campur atau expat ataupun pelajar indonesia, banyak di istanbul.

Kalau saya: Jujur senang senang aja tinggal di istanbul, walau jarang jarang juga berinteraksi dengan teman sesama indonesia, paling ga lebih mudah ketemu supermarket besar yang menjual bahan bahan asia, kayak metro gross market.

Nah masalahnya tentu saja ada di kepala rumahtangga alias si babapanda.

Sebagai anak yang di lahirkan di kota kecil Turki, Dia tidak terbiasa dengan gaya hidup kota besar dengan tingkat stress yang tinggi, biaya hidup mahal pula, terakhir memang pertimbangan rasional dia sebagai kepala rumahtangga.

Untuk sewa apartemen di istanbul termasuk  Mahal, walaupun gedung lama, atau mungkin karena kami tinggal di daerah ‘Padat’ di asian side, wilayah pendik *tempat kami tinggal termasuk ujungnya istanbul asia, kategori masih murah untuk sewa tempat tinggal di banding daerah sebelah:Kartal.

Si babapanda ‘keukeuh’ kalau KADRO nya udah di acc dia bakal minta pindah tugas ke kota lahirnya yakni CORUM.

Dan masa menunggu kira kira 2016:untuk Kadro buat mutasi: 3-4 thn masa kerja baru boleh mengajukan.

Kadro itu apa: Jadi istilahnya Pegawai tetap yang posisinya udah Aman: yang artinya mereka bisa dengan mudah minta mutasi kemanapun diwilayah turki, Kalau sekarang karena masih baru, yang tentu saja tidak mungkin mutasi. Tiap 6 bulan dia masih di suruh tandatangan ke adliye sarayı *center dephumkam istanbul asian side yang di kartal* semacam masih bentuk Kontrak walau udah berstatus PNS cuma belum ada hak minta mutasi.*ribet ya*

Sebagai Pns biasa biasa saja, tentu saja terasa berat dengan biaya hidup istanbul:) belum lagi karena istrinya ‘Bule’ wkwkwk

harus ada dana khusus buat me-mudik-kan ke indonesia:D

Jadi pertimbangan besar dia Back to Corum city, biar bisa nabung:) Dan target 10 tahun kedepan sesuai potongan KPR-nya:P inshalloh kami baru bisa punya rumah sendiri, Nah ini juga pertimbangan lagi, kalau buat beli di istanbul ya tentu saja cuma sanggup yang biasa saja, berhubung kalau kota kecil dari segi harganya juga lebih terjangkau inshalloh bisa punya lebih layak. Pertimbangan pertimbangan masa depan lah, Walau aslinya saya juga suka agak ‘egois’ kenapa gitu harus balik ke kota kecil:S İstanbul udah enak, akses apa apa gampang, banyak tempat wisata!

Tapi saya juga harus tau diri:) Saya di Turki bukan lagi wisata, Masa depan saya ada di negara ini juga, Belum nanti ada Anak, mikir yang terbaik juga buat dia kelak. Di tambah si babapanda ‘agak gak rela’ saya balik kerja kantoran, silahkan cari kesibukan di rumah saja *ya turkiye banget lah*

Jadi pembahasan di rumah panda itu ga jauh jauh tentang di mana masa depan kami nanti: istanbul atau corum?

Dan saya harus berbesar hati buat nerima keputusan dia kelak-.-‘ walau saya suka banget dengan istanbul, karena mungkin udah teruji hidup di runyamnya jakarta:D buat saya ga masalah ketemu macet dan bis penuh mulu, tapi suami?? padahal 2016 masih jauh ya, dia udah ngomongin mulu:P saking suka stress kalo di jalanan istanbul.

Suami saya benar benar pria desa khas  kota kecil:)) berbeda banget sama 2 abangnya yang udah merantau dari bujangan, Ga bisa juga nyamain ya sama saudara nya:D yang tertua kakak ipar di istanbul, yang satu nya juga punya rumah di Ankara ,ibukota Turki, Tapi sekarang masih Tugas di mesir, Nah si bontot:D ngekor abangnya yang di istanbul cuma ternyata ga tahan, Padahal di Ankara juga sebenarnya ga masalah, si babapanda bisa minta mutasi ke sana, ke penjara anak Ankara di daerah sıncan, kami pernah ke Sıncan ke rumah teman indo di Ankara, Biaya hidup juga masih terjangkau disana. Tapi entah alasan apa, si babapanda enggak suka dengan Ankara:D asli dia ga hafal gitu daerah Ankara, padahal di banding İstanbul, Ankara jauh lebih dekat dari Corum, jaraknya mirip Bandung-jakarta saja, sedang kalau ke İstanbul ibarat Yogya-jakarta jaraknya.

Saya sih ga masalah di Ankara, karena ada KBRİ dan juga komunitas indo, Liat saja nanti kadro nya dia bisa ga di mutasi ke corum yang notabene adalah LP dewasa, sedang di İstanbul dia tugas di Lapas anak, Lapas anak terdekat adanya di Ankara:) Moga moga cuma bisa ke lapas anak juga wkwk*loh ngedoainnya kok gitu:D -biar deket sama supermarket gede aja-alasan ajaib:) Toh kalau ankara mudik ke corum ga makan waktu banyak juga, kalau si babapanda kangen kampung halamannya.

Mungkin karena hidup di Tanah baru ya, rasanya berdekatan dengan sesama warga indonesia itu rasanya hangat aja, bisa ikutan ngumpul ngumpul, kalau sendirian di kota kecil emang kudu benar benar survive. Tau nih lagi pengen ngegalau aja di bagian ini:P

Yah semoga kedepan saya bisa nge handle hati juga, hidup dimanapun asal bareng suami dan keluarga rukun, kalau di indonesia sih saya ga masalah tinggal di kota manapun, secara negara sendiri Justru di banding jakarta saya akan lebih milih yogya:) Nah masalahnya harapan tipis kalau saya dan si babapanda tinggal di indonesia, karena status pekerjaan dia yang terikat negara nya, nunggu pensiun gitu? ya semoga aja ada rezeki bisa tinggal lama di tanah air pas usia pensiun.

Hanya Alloh saja lah yang Maha mengatur kelak:) Oh ya kenapa gitu saya agak kurang sreg dengan Corum city?

Apa besok kelak jadi lahan dakwah juga? wowlohualam

Corum itu kota kecil yang punya sejarah lumayan agak kelam dengan perbedaan prinsip yang kuat:

Antara muslim sunni dan alevi*alewi* jenis sekte syiah yang tumbuh subur di Turki dan sangat di piara oleh pihak sekuler, Di corum itu kota nya seperti terbelah 2 kubu: Blok sunni dan blok alevi, Beda nya di mana?

Kalau di daerah yang banyak muslim sunni nya akan dengan mudah menemukan masjid, wanita berjilbab dsb,dan penjual minuman keras atau kafe2 buat hedon pun hampir bisa di kata Jarang dan nyaris tidak ada.

Nah kalau daerah alevi, selain juga umumnya daerah apartemen elite, dengan mudah menemukan kafe kafe buat mabok mabokan, dan jarangnya ketemu wanita berkerudung, yang seksi seksi sliweran di jalan biasa, benar benar kubu sekuler sekali yang tentu saja di tandai dengan ‘muka muka bapak sekuler pendiri republik ini*

Kota nya kayak kebagi 2 gitu, dan desa desa di daerah corum pun terbagi bagi antara daerah sunni dan alevi, kalau daerah alevi hampir dipastikan tidak akan ngedengar azan sama sekali.

Jadi hal baru juga buat saya sebenarnya, mengetahui sisi lain kehidupan asli Turki, Kadang kalau di corum ngomong aja sama orang kudu hati hati: jangan jangan dia alevian. Antara muslim dan alevi*kayaknya emang sekte syiah alevi bukan bagian islam, jauh sekali, ritual mereka dari ajaran islam, kenal sholat aja engga,sekilas ritual mereka malah kyk yahudi, make krudungnya pun ga berjilbab kayka muslimah lebih mirip gaya yahudian*ni buat golongan emak2nya sih kebanyakn*ada yg make model krudung juga, Si babapanda bisa banget ngebedain, sebagai anak asli corum dia udah hafal luar dalem kayaknya:)

Saya ngerasa antara muslim suni vs alevi kayak gencatan senjata aja, takut tiba tiba provokator berbau politik memancing rusuh dan terjadi pertumpahan darah lagi:S *saya pernah di kasih liat si babapanda foto foto jadul corum city, tarik menarik 2 kubu: antara yang pro ottoman vs kubu sekuler pas turki mau jadi republik, pro sekuler tentu saja banyak orang alevi nya, pertumpahan darah-.- ngeri lah, Pengaruh sekuler kuat sekali, pengaruh suni juga mulai bersaing: pertarungan politik di corum jelas dari partai sekuler vs partainya erdoğan saling merebut pengaruh.

Yah ujungnya ke politik ya:D

Jadi itu gambaran kota kampungnya si babapanda, main kubu2an, padahal saya demennya netral gitu:) kapan kapan saya cerita lagi

 

2

Bukannya nolak rezeki.tapi…,

Saya mau make baju ber payet itu kalau: emang baju ‘eklusif buat kondangan’ atau baju pas nikahan.

Tapi kalau hari biasa terus make baju berpayet payet ala emak emak turki: sekian dan terimakasih:P

Dulu mertua juga ngasih tuh kaos ber payet gitu dada nya: sumpah bukannya ga ngehargain, saya buang juga ga enak, disimpen aja dan ga bakalan juga saya pake:P celana kembang2 dari beliau saya jadiin lap*uppss

Dari dulu saya emang demen baju tuh minimalis , simpel dan ga banyak aksen tambahan kayak payet atau rumbai2 atau apalah, main tabrak warna juga saya ga suka, apalagi baju bermotif terus ngejreng! silau mak-.-

Pernah ngotot2an sama si babapanda, setiap saya beli baju paling banter model kemeja kotak2 saya masih mau, sisanya warna biasa, dia pernah ngotot nyuruh saya beli baju kembang2.wekks.norak banget di mata saya:S entah lah dari dulu emang ga suka saya baju yang terlampau norak*menurut saya* dan umumnya perempuan turki kok demen ya, nabrak2 pula lagi warna dan motif nya hadeuh..*pernah dapat mata kuliah nirmana di design, bikin saya ‘sakit mata’ kalau liat model busana ‘tabrakan’ gitu.

si babapanda bilang: haduh kamu tuh model kaos,kemeja kok kayak cowok, warna itu2 aja, variasi kek kayak perempuan2 itu loh.

Maaf kangmas, ini selera saya:P dan saya paling ga suka di paksa2 suruh make baju aneh2 kayak teyze2 sini.

Nah jadi ceritanya*dan jujur aja saya tuh yang paling ‘agak gimana ‘gitu kalau ada yang ngasih baju bekas. Dari dulu juga saya emang udah ga demen, mending saya yang ngasih daripada di kasih, kalau tas atau apa gitu yg second masih bisa nerima, selagi kondisi masih OK, kalau buat pakaian yang nempel badan?

Jadi si teyze tetangga kami, udah 2x ini ngasih plastik2 yang isi nya baju2 gitu, ada kerudung juga, macem2 lah, eh berpayet pula, eh kembang2 pula:S

nah si yenge juga pernah tuh ngasih baju hamil, modelnya kayak kaftan gitu, warnanya loreng2 pula-.- berpayet di dada:S

ini nantangin saya banget, akhirnya saya nyuruh si babapanda sumbangin lagi ke orang:D dulu juga sepupu ngasih baju kaftannya yang ngejreng, luarnya saya ga pake dalemanya aja yang saya ambil karena warna polos hitam.

Kalau ga jadi lap dapur, mending sumbangin aja, si babapanda tau juga sama watak saya yang ga demen bekasan:) dan ga enak juga kan tuh sama si teyze, jadi plastik2 yang isinya baju2 itu pas si babapanda berangkat kerja dia bawa: siapa tahu ketemu pemulung di jalan, mending buat mereka. Jadi sama si babapanda di sumbangin balik:)

Ya bukanya nolak rezeki, daripada saya tumpuk2 dirumah  dan saya emang tipikal orang yang ga mau ngerubah selera:

Jadi maaf lah teyze^-*

 

 

2

Dan akhirnya ‘nyicipin’ özel hastane:)

ozel-medicine-hospital-asya-hastanesi-7466Selama ini kontrol kehamilan selalu di devlet hastane alias Rumah sakit pemerintah turki, yang tentu saja Gratisan, hemat lah:P cuma butuh stok sabar aja pas antrian karena selalu ramai^-*

Tapi hari ini, karena si babapanda kesel nungguin dokternya yang ga ada di poliklinik, langsung memutuskan untuk ke rumah sakit swasta aja, rendevu sebenarnya masih minggu depan di poliklinik istasyon pendik, tapi berhubung kemarin di telpon dari rumah sakit pemerintah, suruh ngubah rendevu alias *daftar online appointmen nya* karena dokter yang saya mau, mba nilufer:D pas tanggal saya ambil rendevu dia cancel, jadilah di majukan hari ini, dengan pak dokter, yang ternyata beliau pas kami datang malah lagi ambil tindakan operasi di rumah sakit pusat, lama ya nunggu nya ampe lumutan sampai si babapanda keluar tanduk saking keselnya nunggu*hiperbola dikit* beuh make acara ngoceh ngoceh.oh Turkiye lah keluar ‘asli’nya wkwkwk

Kayaknya dimana mana kalau rumahsakit pemerintah terkadang pelayanan nya ga jauh beda ya:D

Lalu kami memutuskan ke rumah sakit swasta terdekat adanya medicine hospital, Ehm semenjak hamil saya belum pernah nih ‘Nyicip’ kontrol di swasta, 1x kontrol di rumahsakit ini kena 34 lira, ya ga make antri panjang ya, cuma kontrol biasa nengok si ‘utun’ lupa mau nanya ada usg 4d apa ga, masih make 2d. Lalu dokter nyuruh test NST, NST penjelasannya seperti ini:http://bidanshop.blogspot.com/2010/01/nst-dalam-kehamilan.html hampir 15 menitan, di 1 ruangan sama 2 ibu lainnya, seru juga,ruangan berisik karena denyut jantung janin yang terdengar keras:D apalagi kalau janin nya tiba tiba bikin gerakan, suara nambah keras^-*hasil test nya kayak gambar di bawah ini.

DSC01993

NST

Setelah hasil NST keluar lanjut periksa ‘jalan lahir’ buat si Utun-.- untung dokternya perempuan ya, kalau laki laki, sumpah saya ga mau:S

pake acara  ‘ngangkang’ dan gitu deh..di cek mulut rahimnya-.-”

Lalu bu dokternya bilang: hasil pemeriksaan semua normal, kepala si Utun juga udah di bawah, sekarang BBJ nya: 2.4 kg an dan dari kertas usg si Utun udah masuk 34 minggu, kok beda sama tabel hitung2an yang saya punya: perkiraan masih 33 minggu kalau dari tabel. Dokternya bilang: bisa normal asal beratnya si utun gak kegedean:D duh tun tuh suruh diet ama bu dokter:P

Untuk test NST: 15 lira

jadi total kontrol di swasta: 49 lira

3 minggu suruh kontrol lagi, mungkin balik ke ozel hastane ini, tapi buat lahiran tetap milih di rumah sakit pemerintah aja: mahal ya di swasta:S

pilihan kalau ga di pendik, kartal atau di marmara klinik ibu dan anak nya, karena asuransi SGK yang mengkover kami cuma berlaku full di rumahsakit negara, pas tadi nanya di ozel hastane, kecil banget tanggungan SGK nya, kalau kata si babapanda makin kecil koveran asuransi pemerintah kalau lahiran di ozel hastane sekarang-.* apalagi pernah dapat ‘bisik2 tetangga dari orang esenyurt’ ada yang lahiran nyampe 2000 liraan di ozel padahal lahiran normal: jlebb ! di medicine hospital ini perkiraan juga kena angka 1000 lira ke atas buat normal:S apalagi lahiran caesar.

Jadi paling aman di keuangan ya lahiran di rumah sakit pemerintah: free

Buat kondisi keluargapanda yang baru ‘Merintis’ heheh dan pns juga yang baru kemarin sore, rasanya ke devlet hastane -rumahsakit pemerintah- adalah pilihan yang ‘sangat pengertian’:=) hello pak erdoğan.naikin kek ni tanggungan buat anak:P jangan iming iming 5000 lira tapi kudu anak 3 dulu-.*

Ada ga sih yang kena  baby blues sebelum bayi nya lahir*sambil mikir ke si babapanda:P*