survival foods

sari asemsari asem??

bahanya: teh turki campur perasan lemon, lalu untuk pemanisnya make pekmez*grape mollases* masukan kan kulkas, diminum dingin: rasanya: mirip banget sama sari asem:)DSC01902

DSC01889

menu warteg dapurpanda

tumis genjer?? tapi ini bukan genjer:)

çemis otu

nama turkinya: çilis otu:bahasa gaul bule-nya:Asphodelus -the genus was formerly placed in the lily family (Liliaceae)

ternyata khasiat tanaman ini, bagus buat yang  bermasalah sama kolesterol dan hypertensi, katanya juga  obat anti tumor, bisa buat obat wasir, keputihan , haidh yang ga lancar, juga kurap* hehe hasil googling yang kebanyakan ditulis make bhs turki-.*

Untuk beberapa daerah di turki, bayburt , erzurum: mereka punya makanan khas make campuran daun ini, berhubung si babapanda bukan orang sana, dia aja ga ngerti ni daun manfaatnya apa, karena di daerahnya dia ga ada makanan yang diolah dari bahan daun ini.

Hasil intip FB nya teh ira elaziğ, ternyata kalau di tumis ala masakan indo, enak:D kayak GENJER saudara saudara!

genjer

Nah kalau urang sunda tau dong menu masakan yang make genjer, apalagi di tumis terus makan make nasi hangat, sambal, tempe dsb..mantep:)

nah kurang lebih si ciris otu dari turki ini ketika di olah, dari segi tekstur daunnya mirip banget sama tumis genjer:D

dan lalu si TERE:)

DSC01892

tereotu

ini sejenis selada, suka buat campuran salad kalau di Turki, eh ternyata, hasil uji coba beberapa teman: kalau di tumis rasanya mirip sama KANGKUNG:D

*saya baru beli, belum nyoba nih*

nah jadi di negara yang bahan makanannya ala 4 musim dan toko asia nya langka kayak Turki* eits jangan salah walo sebagian turki masuk benua asia, jangan ngarep lah makanan ala asia tenggara ada disini-.- cenderung bahan makanannya serupa dengan eropa style jenis buah dan sayurnya juga. Jadi kudu muter otak ketika kangen makan ala kampung halaman:) otak kreatif harus di puter.

Advertisements

2 thoughts on “survival foods

  1. Iya, mirip sekali dgn genjer. Selamat berimprovisasi, membuat perkawinan kuliner antar bangsa. Dan itu sah2 saja, karena ternyata org2masing di Bali juga melakukan yang sama. Mereka mencmpurkan daun basil ke dalam masakan Bali, dan ternyata cocok. Btw, saya dapat oleh2 minuman serbuk, ada juulnya “salep”. Apakah itu?

    • salep minuman hangat*kl kita nyebutnya bajigur ala turki* hehe, walo rasanya beda, biasanya byk di minum pas musim dingin untuk menghangatkan tubuh dan stamina, rasa kayu manisnya biasanya kuat:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s