6

fenomena

miris! tapi sebelumnya saya juga turut berduka cita atas kematian seorang udje*beritanya menyebar di dunia maya*

walo jujur saya bukan termasuk orang yang ‘ngefans’ sama sosok udje.

agak prihatin ketika beredar foto: entah hoax*tentang awan yang berdoa*

dan lokasi kecelakaan yang bertabur bunga, lalu banyak orang berkunjung dan manjatin doa di bawah pohon palem lokasi kejadian:0Gambar

dan berita yang ini: http://jakarta.okezone.com/read/2013/04/29/500/799145/kembang-7-rupa-di-makam-ustad-uje-raib

😮

jujur saya ga ngerti sama fenomena masyarakat indonesia yang ngakunya ‘muslim’ semakin kesini semakin ajaib2:

ada yang ngambil kembang 7 rupa dimakamnya uje? ada yang niat ‘pesugihan’ di makamnya udje??

Ya Alloh..saya kok jadi kasian sama almarhum udje:S kok perlakuan sebagian orang yang ‘Mungkin’ ngefans sama dia, udah di luar batas kewajaran, bisa bisa nyerempet sirik bagaimana?? apa ga nangis sedih tuh almarhum-.-

Kenapa ga didoakan saja, dan ga mesti harus ‘Nongkrong’ di makam dan merusak makam disekelilingnya..

bacain aja alfatihah, yasin dan surah2 alquran buat almarhum-.-

jujur saya kasian sama udje almarhum, sepeninggal dia banyak fenomena aneh2, entah karena  kerjaan media yang terlalu lebay, atau emang kondisi masyarakat yang ngakunya muslim ‘lagi sakit’ hingga ga bisa membedakan mana bentuk penghormatan dan syirik:S

Duhai para ahli dakwah di tanah air:

ini ladang dakwah kalian..

mereka saudara saudara kalian..

Peduli dengan ‘saudara muslim’ nan jauh di seberang boleh2 saja, tapi jangan lupakan ‘saudara terdekat’ disekeliling kita. 

 

 

Advertisements
0

untuk si utun

waktu kecil saya tipikal anak pendiam tapi banyak tingkah, ehm gimana tuh gambarinnya, saya ga banyak omong, tapi selalu bisa jadi pusat perhatian..

seperti: menjadi provokator anak 1 kelas agak tidak ikut upacara bendera agustusan, bolos rame rame, yahhh dengan manisnya ke esokan hari saya di jemur sendiri di bawah tiang bendera karena ulah terpuji saya ini-.*

Selalu memotivasi sepupu saya untuk bisa manjat pohon jambu yang dibawahnya ada empang, kami sukses manjat, saya bisa turun dan sepupu saya ketakutan sampe nangis ga berani turun karena takut kecebur empang. lalu bapak tetangga saya yang baik bawain tangga untuk nolong sepupu saya turun, yah betapa manisnya saya dulu-.*

Kalau saya sudah ‘cinta ‘ sesuatu saya akan ngotot, seperti cinta nya saya sama sandal hitam hadiah bapak saya, inget aja, belinya di toserba pasar baru tangerang, kan jauh tuh ya dari rumah, betapa bahagianya saya punya sandal hitam itu.

Lalu satu malam, pas saya ngaji di rumah ustaz tetangga, kala itu hujan, seusai hujan dan tiba waktunya pulang, saya tidak menemukan sandal kesayangan saya, nangis campur kesal saya pulang ke rumah.

pokoknya saya tidak akan berangkat ngaji kalau sandal kesayangan saya tidak ketemu! dibujuk dirayu ga mempan, teguh sama pendirian.

Sampai akhirnya sandal kesayangan saya ketemu, ternyata dipake oleh salah satu santri di rumah ustaz tersebut, krn cuaca gelap, hujan dan mati lampu, alasan hinga ‘berhari2’ minjam dan lupa balikin?ehm

#its me..

lalu bagaimana si babapanda

menurut cerita dia: dan kakak juga emak mertua:

si babapanda CENGENG:P

sukanya ngotak ngatik sesuatu sampe rusak, kata emak mertua tipi mereka berkali2 rusak sama si babapanda pas kecil karena ‘gratilan’nya gak bisa diem.

Makan nya susah:S

 

Jadi dari ke 2 sifat manis manis masa kecil kami: manakah yang akan nurun ke si UTUN:D

 

2

terpacu belajar bahasa

DSC01893Gara gara pas kemarin nemenin si habil*dia lumayan lancar bahasa indo nya dibanding si babapanda* ceritanya pas mereka jalan berdua ketemu orang indonesia*pelaut* yang lagi turun kapal di istanbul, kenalan lalu ngobrol lah mereka, si babapanda masih belum lancar ngobrolnya di banding si habil, jadi cuma ‘dengerin’ obrolan saja.

Pulang pulang dia ngadu:D

‘masa aku kalah sama habil!

‘bahasa indonesia ku payah’

Jadi seharian nyatet2 di kertas, buka website belajar bahasa indonesia, sambil bolak balik nanya:*saya yang ngebenerin ucapannya*

pokoknya dia bertekad bisa bahasa indonesia:D

sip

dan tiba tiba sibabapanda bikin aturan: di rumah harus ngobrol  2 bahasa saja: kalau ngeluarin kalimat bhs turki harus ada arti bhs indonesianya*biar sama sama belajar* make bhs inggris sbg bhs ke 3 ketika udah mentok ga ngerti artinya.

Heheh bahasa sehari2 kami masih campur aduk: kadang bhs turki, nyelip bahasa inggris , juga bhs indonesia.

2

survival foods

sari asemsari asem??

bahanya: teh turki campur perasan lemon, lalu untuk pemanisnya make pekmez*grape mollases* masukan kan kulkas, diminum dingin: rasanya: mirip banget sama sari asem:)DSC01902

DSC01889

menu warteg dapurpanda

tumis genjer?? tapi ini bukan genjer:)

çemis otu

nama turkinya: çilis otu:bahasa gaul bule-nya:Asphodelus -the genus was formerly placed in the lily family (Liliaceae)

ternyata khasiat tanaman ini, bagus buat yang  bermasalah sama kolesterol dan hypertensi, katanya juga  obat anti tumor, bisa buat obat wasir, keputihan , haidh yang ga lancar, juga kurap* hehe hasil googling yang kebanyakan ditulis make bhs turki-.*

Untuk beberapa daerah di turki, bayburt , erzurum: mereka punya makanan khas make campuran daun ini, berhubung si babapanda bukan orang sana, dia aja ga ngerti ni daun manfaatnya apa, karena di daerahnya dia ga ada makanan yang diolah dari bahan daun ini.

Hasil intip FB nya teh ira elaziğ, ternyata kalau di tumis ala masakan indo, enak:D kayak GENJER saudara saudara!

genjer

Nah kalau urang sunda tau dong menu masakan yang make genjer, apalagi di tumis terus makan make nasi hangat, sambal, tempe dsb..mantep:)

nah kurang lebih si ciris otu dari turki ini ketika di olah, dari segi tekstur daunnya mirip banget sama tumis genjer:D

dan lalu si TERE:)

DSC01892

tereotu

ini sejenis selada, suka buat campuran salad kalau di Turki, eh ternyata, hasil uji coba beberapa teman: kalau di tumis rasanya mirip sama KANGKUNG:D

*saya baru beli, belum nyoba nih*

nah jadi di negara yang bahan makanannya ala 4 musim dan toko asia nya langka kayak Turki* eits jangan salah walo sebagian turki masuk benua asia, jangan ngarep lah makanan ala asia tenggara ada disini-.- cenderung bahan makanannya serupa dengan eropa style jenis buah dan sayurnya juga. Jadi kudu muter otak ketika kangen makan ala kampung halaman:) otak kreatif harus di puter.

4

berat badan si utun

Gambarhari ini kontrol dokter, sebenarnya rendevu ke rumah sakit specialis*masih punya pemerintah* hee ternyata disana hanya untuk penanganan khusus aja, kalau kontrol biasa, rujukan tetap harus ke poliklinik.

Akhirnya*tanpa rendevu* datang lah kami berdua ke poliklinik kaynarca, tempat biasa kontrol, masih pagi, belum banyak antri pasien dan bisa tanpa rendevu:D*horeee* untuk istanbul : urusan ke polisi, pemerintahan lah termasuk rumahsakit harus bikin rendevu*appointment* alias daftar via website depkes nya turki, kalu ga, agak ribet sih. Untungnya hari ini ‘agak beruntung’:P karena ternyata hari hari terakhir polikliniknya buka, kata dokter nya: semua bakal di pindah ke gedung baru dekat rumah sakit pusat*polikliniknya agak jauh dari rumah sakit pusat dan gedung lama* jadi kayaknya bakal nempatin gedung baru yang udah modern..say good bye deh, karena rumah sakit pendik juga bangunannya emang baru, kecuali si poliklinik ini. so bulan depan suruh ke pusat aja kontrolnya^-*

okeh jadi apa hubunganya sama tabel:D

ehmm pas kontrol tadi, ternyata berat janin alias si utun: kagak sesuai tabel bayi indonesia kayak tabel di atas:D untuk uk 29-30 w: rata2 1300gr, si utun hampir menyentuh 2 kilo:0

gede ya-.*

Tapi dokter kandungan di poliklinik tadi bilangnya:its normal! *buat ukuran turki*  wehh

apa krn campuran gen si babapanda duh apakabarnya 10 minggu kedepan:S moga2 ga gede2 banget*pengen normal* mending gede pas  bayi nya ya-,*

pantesan ni perut berasa bulet banget..:)) 

0

cerita di akhir pekan keluargapanda

Di ajak ketemuan oleh teman teman indonesia, di pendik merkez, lumayan agak deket dari rumah, dengan naik dolmus 1x, kalo acaranya di eropa side saya angkat tangan aja*perut semakin besar, semakin cepat capek ternyata, Mulai ga kuat jalan lama lama*DSC01872Pulang dari ‘pertemuan’ pas jumatan, saya, ayu dan teh iis dengan ditemani sibabapanda, hasil merayu akang tolga suaminya teh iis, melanjutkan acara ke rumahpanda saja. Lalu sore nya zeynep babası nyusul pas pulang kerja.

DSC01881

kopdar ke 2 sama teh iis arslankaya sekeluarga:) kebetulan rumahnya tetanggaan belediye, lumayan gak jauh, heheh masak2 seadanya, ayam goreng ala indo lah, dengan nasi hangat*nasinya kurang:D* karena mikir 3 bapak2 turki ini ga akan ‘ngembat jatah kami’ sudah cukup dengan ketersediaan roti pide dengan ekmek gede2, ternyata jatah para istri di embat juga: 2 roti ekmek gede, ga kemakan..

DSC01879nah si zeynep (4th) ank mix turki indo ini, lumayan gampang ‘nempel’ sama amca2 yg baru di temuinnya, termasuk ‘ngerusuhin si babapanda:)

zeynepAlhamdulilah silaturahmi weekend yang menyenangkan walo lumayan ‘nguras tenaga’:D  sebenarnya kalo ga kondisi hamil biasa aja, tapi berasa capek banget nemenin jalan deket rumah doang juga:) gpp lah sebelum ‘kembali bersemedi’ menunggu kelahiran si utun nanti.

 

 

1

cuaca

pagi pagi online, dari sehabis subuh, karena lapar, dan nongkrong di pingir jendela*  menikmati mentari pagi* berjemur ala bule* oh saya tahu deh rasanya butuh sinar matahari, bule2 yg demen berjemur kayak ikan asin pinggir pantai, ga bisa usil seenaknya, sekarang tahu deh rasanya-.-‘ butuh kehangatan sinar matahri tuh kayak apa. tapi kalau usil bikininya boleh kan ya:P:P

Efek global warming emang kerasa banget 2013 ini, Udah masuk musim semi, ternyata disebagian daerah turki, ada lagi yang turun salju:0 *liat berita di tv* duh kebayang kan kacaw nya cuaca. Para petani yang harusnya jadwal bercocok tanam. Banyak yang panen nya gagal, Ada petani yang lahan sayuranya juga ke rendam banjir di daerah antalya turki.

Kalau cuaca gini terus di seluruh dunia efeknya besar ya, Terutama ke bahan pangan, wah bisa bisa harga bahan pangan bisa lebih mahal dari harga emas ni :D:D lama lama.

So..

Mulai dari lingkup pribadi dulu:

Mulai ‘nyadar’ kalau bumi makin tua, jangan pada seenak udelnya sendiri, Buang sampah sembarangan lah, koleksi plastik lah*duh jlebbb kalo habis belanja tuh*

Dan mulai lah bertani dari rumah sendiri* sambil mandangin pot pohon sereh saya:D*

Di jakarta pada ngeluh panas ga ketulungan  lalu tiba tiba langit mendung bertanda mau turun hujan mereka pun ngeluh lagi takut ke banjiran:0

Lah di sini, cuaca pun ga bisa di prediksi: Musim dingin sudah dinyatakan lewat, mulai peralihan musim, tapi cuaca dinginnya belum beranjak pergi:S malah ada yang turun salju lagi di musim semi! Ga lazim kan. Dan kebayang nanti puncaknya summer-.* dan bulan puasa pula:S

Bumi makin tuaaa