wejangan mbahpanda untuk galaures turki:D

Ternyata  dari para pengunjung blog banyak yang  ‘curhat’:) baiklah saya bikin artikel lepas ala keluarga panda aja ya, biar ga pada bolak balik nanya dan inbox jd full banyak yang masuk Spam dan saya ga sempat baca:) maaf ya, jadi mbahpanda nulis disini ajaini spesifik aja:  Khusus yang nanya2 2relationship’ sama orang Turki, kalau WNA lainnya tanya lapak yang lain ya:D

*Kalau saya ceritanya gimana ketemu si babapanda* udah di bikin drama berjilid2 di MP sama BS ya* jadi saya ga akan mendongeng itu lagi: cuma berbagi saran aja:

1. Hubungan lewat Dunia maya?  ga masalah kok..*banyak yang sukses sampe jenjang pernikahan* coba tunjuk hidung:D:D

Nah masalahnya: gimana ‘mengiring’ hubungan yang udah kembang kembang ini ke jenjang serius,? kalau untuk urusan ini ilmunya sama:

HATİ’2 SCAMMER cinteee* di grup grup fb udah banyak yang bahas cinta dunia maya yang ujungnya rugi bandar duit melayang entah kemana, percaya aja segitu gampang nya.Big no.no ga ada ceritanya belum ketemu,mau kirim berlian sama duit ribuan dollar..makk atau mau kirim warisan xşxşxş bullshit abis apalagi pake acara ketahan cukai di Malaysia?? oh no..tanda2 scammer* WARNİNG

Yang pasti nyetor muka make Webcam itu buat saya dulu WAJİB* ga cuma gambar diem, tapi ngobrol, dı suruh dadah apa nyannyi2 apa suruh ngaji sekalian..jangan suruh telanjang ya eit no no 😛

*jangan terlalu ngarep ketinggian tetap mikir realistis juga* buka hati dikit2 sama yang nyata dulu juga ga apa apa

2. pelajari bahasa nya dikit2*saya aja masih payah turki nya:P*

3. Pelajari kultur nya yaa, jangan asal modal cinta semata, buat saya ternyata ini sangat penting-amat-sangat-jangan cuma terpesona sama masjid birunya doang:D:D kehidupan nyata nya ga seindah gambar foto loh

secara turki bukan kayak negara ‘bebas’ dalam artian kultur kekerabatan mereka sangat kental juga, muka bisa sama sama bule, tapi urusan kultur keluarga, ehmmm, biar ga kena shockkulture yang akut lalu entar ujungnya protes kok gini kok gitu,ahhhh

Deketin emaknya:) peran emak nya,biasanya amat dominan, karena minimal emaknya tahu calon mantu nya kayak apa, tau lah hubungan :mertua-mantu: suka banyak drama Jadi selalu ‘jalin komunikasi via dunia maya* minimal tahu lah ‘rombongan keluarga’nya, apalagi kalau si calon termasuk deket sama keluarga nya.

ini yang versi ketemu di dunia maya, lalu misal serius dan ngajak ketemuan? misal:saya ambil contoh dikit dari saya sendiri: jemput orang turki di bandara: sama kakak heheh, dan minimal*karena biasanya orang turki payah bhs asing:P* si OT*singkatan orang turkiye*si OT udah berkorespondensi sama sesama OT yang bisa dia kenal di dunia maya atau lewat kontak pertemenan, supaya ada kemudahan komunikasi apalagi sampe urusan nikah, dan dia ga cukup bawa rombongan keluarganya,seorang diri, minimal ada orang yang sesama OT sebagai wakil keluarga, lalu ngelamarin ke emak bapak kita, jaringan OT banyak di indonesia cari aja info nya sendiri:) kalau dulu suami: karena ada teman cemaat*kayak pengajian gitu deh* di malaysia,atas rekomen temennya ini yang akhirnya minta bantuan temennya lagi di indonesia. Dari link temen ke temen dan yakin ni si OT bukan orang  yang niatnya jelek, alhamdulilah di bantu. Karena yaa maklum:) ongkos turki-indo lumayan yaaa kalau bawa keluarga*nahan nafas* apalagi kalo dari keluarga biasa heheh.

*Siapin mental besar-.-‘ asli

Hidup di negara dan kultur baru, keluarga baru, ga seseru kalau cuma baca blog ini doang banyak drama di balik layar juga sebenarnya tidak anda ketahui.

saya sering dapat komen: kok seru ya, asyik sepertinya and the bla.bala bala.. yah kalau cuma baca tulisan saya doang sih emang dibikin asyik, pusing2nya disamarkan:P

*pusingnya sama aja kayak yang nikah sama WNA manapun, tentang status kewarganegaran terutama: haduh suruh pindah warga negara, ga semudah nulis yaa* kerasa banget pas hidup di luar indo terus pasangan suruh ngelepas WN gitu? nah ada baiknya urusan kayak gini dibicarakan sebelumnya, sebelum memutuskan menikah, pelajari segala UU tentang kewarganegaraan, mulai urusan property, tentang anak campuran hukumnya gimana di ke 2 negara, coba cari info lengkap selengkap lengkapnya kalau bisa, pokoknya jangan cuma MAKAN CİNTE banyak organisasi2 perkumpulan pasangan kawn campur di dunia maya , silahkan googling berbagai sumber, jangan males mencari tahu biar ga nyesel belakangan dan kelabakan kalau terjadi sesuatu di kemudian hari karena minim info: pernikahan 2 bangsa itu ibarat nikahin ke imigrasian saya aja masih ‘nanya2 tetangga atau senior2 juga*apalagi mau ada Anakpanda: prosedur kalau punya anak buat pasportnya gimana dan macem macemnya, ga cuma modal brojolin doang kan, kewarganegaraan anak harus di perhatikan juga.

Kalau ada yang nanya2 kultur turki umumnya*saya aja masih yunior disini* baru bisa kasih gambaran dikit:

tipikal OT rata2keras:o

Baik dari segi suara, teriak teriak dsb ahh biasa ntar denger orang teriak2 dari jendela rumah gitu, biasaa jangan kaget.

OT umumnya penggila kebersihan dalam rumah nya, wah untuk urusan ini, coba biasakan dari sekarang:)) yang biasanya andelin asisten, no no kalau di turki, secara asisten rumah tangga minta gajinya UMR kayaknya:D lumayann nguras kocek, kecuali kalau calonnya jetset apa jet tempur, mungkin cuma duduk manis dirumah sambil mandangin bhosporus.owhh*tapi orkay gini jarang kayaknya sempet nyari jodoh online:D sibuk jalan2 bisnis heheh.

Kalau mereka udah ‘bersih’in isi rumah, rumah kayak baru lagi dah bentuknya ..suer, debu bisa kabur semua.

Apalagi kalau di ajak di rumah mertua dulu, jauh kan dari sifat malas.bisa raaamee entar heheh,tapi jangan salah hidup misah pun, biasanya ada aja inspeksi mendadak dari keluarga suami: ngecek kebersihan rumah kadang, jadi kalau kultur ‘kemproh’han bagusnya di pensiunkan. saya juga masih kadang *eh*

Ot bau, Ot jarang mandi?ehmmm umumnya si iya heheh, kalau ini apa pengaruh negara 4 musim? saya jg kurang tahu:P yang ga cuma OT doang, biasanya etnis 4 musim sama aja, tapi kalau si OT muslim yang taat, tau hadast besar dan kecil, mandi pasti kenal lah:)

Nah urusan prinsip banget: karena di Turki, hukum masih sekuler, buat muslimah tentunya, ada baiknya pelajari dulu, gimana kehidupan beragama sang OT, sholat dsb,

hello turki masih berpaham sekuler ya-.- banyak yang ga kenal sholat, masih banyakk, mabok, karena miras juga di jual bebas yaa, jangan ketepu sama penampilan khas OT yang megang2 tasbeh tapi megang rakı*arak khas turki* wew, busana dan keagamaan kadang banyak yang masih seperti aksesoris, berjilbab belum tentu sholat? banyak..

jadi daripada kena jebakan ‘Betmen’ di urusan akhlak dan iman: investigasi di bidang ini penting. Oh apa ini saya ngejelekin OT? tergantung anda liatnya dari sudut di ‘mabok cinta’ apa mau realistis, kalau ga anda anggap penting urusan akidah, ya monggo..itu hak anda.

Jadi mengenal kultur dan terutama buat muslimah, penting banget menurut saya,biar ga ada kejadian nikah sama yang gila sekulerismenya*apalagi si penggila bapake sekuler republik ini* lalu ngoceh2 kalau kita sholat*masih ada loh* padahal ktp islam. Di Turki nikah beda agama di akui hukum negara nya*tapi belum tentu sih kalau keluarga*:) rancu kan hukumnya, karena pernah ada kejadian pasangan nikah beda agama, akhirnya di tembak mati sama pihak keluarga, ya secara negara mereka sah menikah, tapi keluarga turki yang walo keliatan ‘angin2nan’ sholat dsb, urusan bertahan sama akidahnya tetep tuh kuat, keluar deh ‘Tanduk2’ asker nya:) kadang keliatan cuek2 tapi kalau di sentil bedil keluar.

Kecuali anda ‘menomor 2 kan urusan agama’ so silahkan aja:) pilihan masing2.

Kalau dibilang karakter OT*laki2nya gimana* umumnya tanggung jawab abis, bagusnya mereka juga ga segan bantu urusan rumah.

tapi yang suka main pukul , pelit juga banyak, umum lah sama aja dimana mana, pinter aja milih2nya.

Menikah dengan bule atau WNA atau OT apa menjamin kebahagian? itu balik ke niat masing2 pas memutuskan memilih. Pada dasarnya sama aja, membina rumahtangga, ngalamin pasang surut, bokek juga*ya iya lah sama2 manusia* emang langsung jadi nyonya besar gitu, bisa jadi yang terbiasa enak, apa2 gampang, terutama di soal kuliner, sekarang berdarah2 bikin sendiri*like me butuh mental besar penuh perjuangan lah, ga bisa jadi anak manja di negara orang. Banyak cerita teman2 di berbagai negara, yang ‘berdarah2’ juga adaftasi kultur, kemana2 jalan kaki lah*secara ongkos angkot kan mahal juga:) turki ga disubsidi BBM nya*ga ada ojek yaa. Yang biasa gampang ke salon karena harga masih Wajar, disni salon perempuan juga ada, tapi ga selengkap indonesia dengan paket2 kecantikannya lulur dsb, kayaknya spa2 gitu ada, ada harga nya juga..yang bikin suami teriak ntar..wkwkwk

apa lagi ya? ah kapan2 lanjut artikel terjun bebas ala keluargapanda nya, semoga agak ‘mencerahkan’ atau bikin nambah bingung heheh, saya senang2 aja nulis di blog selagi itu bisa bermanfaat buat yang blogwalking ditengah ke galau-an:) karena saya pernah melalui  ‘fase’ yang sama,  ga putus asa nyari info di dunia maya, intip2 blog pasangan kawin campur juga, intip2 berbagai dokumen, baca2 tentang kultur turkiye, intip masakannya. Ga cuma modal Cinta intinya:)  Selebihnya tetap balik keDoa, dan Alloh SWT yang bakalan Acc- ikhtiar kita.

so…

Advertisements

36 thoughts on “wejangan mbahpanda untuk galaures turki:D

  1. Salam kenal Rahma ..Wahh ini postingan yang pas sekali dan blak2an tapi saya sangat suka
    senang baca kisah perjalanan cintanya Rahma sama mustafa,mulai dari Mp,blogspot sama wp nya saya lahap semua,seolah olah saya juga ikut merasakan apa yang kalian alami.
    Tetap setia menunggu postingan berikutnya
    oh ya photo baby bumpnya di post donk 🙂

  2. blognya mba rahma tu salah satu yg rajin kubaca..hhaa..yang aku suka dr tulisan2 mba itu ya..selalu berpikiran positif gt. bener emang ya kalo dblg bagian berdarah2nya di samarin..lol..hhaa..

    kalo dlu tempat annenya ali, mb yuana jg gt..ceritanya ky idup gt jadi ikut ky ngos2an baca ceritanya di aleppo..ato pas wkt mrk msi di yeni zelanda..

    seru semua kalo baca cerita kalian -)))

  3. Salam kenal mba, aku suka sama blognya…
    Mba maaf aku mau tanya, apakah biaya hidup di Turki sama dengan di Indo mba ?
    Dan apakah pemerintah di Turki memberikan fasilitas pendidikan gratis seperti hal nya di negara barat?
    Berapakah upah minimum buruh di Turki ? Dan apakah pekerja disana (orang tuki asli) mendapatkan pensiun di hari tua mereka ?
    Maaf saya banyak ya pertanyaannya…. Karena saya agak mendapat kendala berbicara dengan cowo Turki yg saat ini sedang dekat dengan saya, biasalah kendala bahasa…. Kadang untuk mendapatkan jawaban dari dia membutuhkan waktu sampai 15menit.
    Terimakasih mba….

    *maaf ini no alamat email saya, cismisbrown@gmail.com

    • biaya hidup hampir sama dgn indonesia
      pendidikan gratis di sekolah pemerintah: dr sd sampe sma free
      upah min kurang tahu
      disini semua dilindungi asuransi pemerintah semacam jamkesmas kl di indo, namanya SGK, dan WAJİB, ada asuransi hari tua jg, kl pns ya dr pemerintaah,jd akses kesehatan jg free karena ada SGK itu, semua transparan bs dicek di internet, disini data lumayan rapih terkomputerisasi dgn baik,klaim asuransi gampang,

  4. Hallo mba, maaf mau tanya. Cowo saya org turk, agama dia islam hanafe katanya, dan kitab nya adlh kuran’i kerim. Serta Peygamberim Hz. Muhammed. dan mnrt dia, agamanya memperbolehkan nikah beda agama. Apakah benar begitu mba? Setahu aku stlh lhat di google, islam hanafe adlh turunan dr islam sunni. Dan apakah Hz. Muhammed adlh nama lan dr nabi Muhammad SAW ? Makasih mba. Mohon penjelasannya

  5. hazretı muhammed ya nabı muhammad, kuran kerım ya alquran ıtu kan dlm bhs turkı nulısnya jengg…, nıkah beda agama bısa dı beledıye***pemerıntah*** krn hukum pemerıntahannya masıh sekuler, emang byk yg nıkah beda agama dı turkı

  6. assalamualaikum mbak
    mau tanya dikit , eemh misalnya saya pingin nikah sama orang turki dan sudah punya temen deket asal turki , mungkin gak sih mbak kalo sudah menikah , si calon suami turki ini tinggal di indonesia karena saya anak tunggal . mohon sharingnyaa yaa mba , barakallah buat keluarga disana 🙂
    wassalamualaikum..

    • waalaikumsalam.
      bisa aja si calon kamu stay di indonesia, ya cari kerja di indonesia, atau buka usaha gitu join kerjasama. banyak jg kan komunitas turki di indonesia kyk sekolah2 turki gitu. kamu pelajari segala hal tentang ketenagakerjaan asing.urus visa sponsornya gmn. atau kalian berniat mandiri buka usaha berdua. cari2 infrmasi aja sebanyak2nya ga terbtas dgn org turki. tapi jg komunitas expatriat di jakarta dsb biasanya banyak forum2nya. untuk tinggal dimana kelak itu tergantung keputusan kalian berdua. ada baiknya dibicarakan sedini mungkin dgn alasan yg kuat. dan dipersiapkan juga.

  7. iyaa terima kasih banyak mbak atas sharinnya saya akan mencoba lebih keras lagi hehehe , oh yaa lupa salam kenal yaa mbak rahma 🙂 . wassalamualaikum

  8. Dear Mba Rahma. Duh aku beruntung banget nemu ini site. Kebetulan aku iseng nyari temen di Badoo. Ternyata nemu org bule. Ngakunya orang turki kerja di Shell Jakarta. Dia tgl di Apt di sudirman. Terus dia blg mau serius dan ngajak ketemuan.
    Tapi pas aku nyari namanya di FB, gak nemu (entah di fb dia pake nama samaran atau apa). Terus aku bingung mau nyelidikin doi gimana. Secara dia ngajak ketemuan tapi gak bolehin aku bawa temen. Aku sih rencana ngajak abang sepupu.
    Btw setelah dr badoo, aku chat sama dia lewat whatsapp. Dia pas aku tanya akun FBnya balesnya lama. Cuma di read (sebelumnya dia bilang lg lunch). Nah abis itu aku tlp pake nomor temen aku. Emang sih yang ngangkat bule.
    Menurut mba beneran manusia nyari jodoh apa scammers sih? Aku jadi dagdigdug euy :”(((

    • halo juga:)
      kl kyk gitu kesannya dia cm main2, kl emang serius pasti dgn mudah di akses ttg dia lbh mudah kl dianya sendiri gak interest..ngapain di harepin.simpel aja kan

    • klpun ni pria ngajak ketemu, tetap bawa org dekat, kl dia ngotot gak ijinin, suruh sodara km ngamatin aja dr jauh, buat jaga2, gak semua orng turki jg baik, bs aja dia player..cm nyari kesenangan,ketika tau banyak perempuan indonesia yg mudah diperdaya cm dengan modal wajah ganteng dan bule. kasus kyk gini udah banyak. saya ga nakut2in cm kasih gambaran real nya aja, waspada itu lbh baik drpada nyesel belakangan.

  9. Assalamualaikum…Mba Rahma, salam kenal mba…Saya senang sekali ketemu blog ini singkat cerita saya kenal cowok Turki di Instagram…Saya coba chat sama dia pake bahasa Inggris tapi gak di jawab sama dia saya coba pake bahasa Turki juga sama gak di bales jg mohon petunjuk nya mba…Apa dia gak bisa bahasa Inggris…

    • mungkin dia ga ada ketertarikan buat kenal lbh jauh sm kamu..simpelnya sih gitu, kalo dia menunjukan ketertarikan untuk kenal, bisa bahasa inggris atau ga, toh skrg ada banyak aplikasi translater kyk google juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s