di ujung surah attiin

bala waana ala jaalika minasyahidiin..

pernah baca kalimah ini ga, pas terakhir baca surah attiin?

kalau nyari di surah nya sendiri, jelas ga tertulis, saya dulu di ajarinnya di akhir surat attin  membaca: bala waana ala jaalika minasyahidiin, 

Saya lupa lupa ingat, tepatnya sih banyak lupa nya hehe, tapi kemudian nanya sama temen mahasiswa indonesia yang kuliah di turki, kebetulan dia dulu juga anak pesantren:) semoga orangnya ga keberatan saya posting penjelasannya*belum minta izin:D karena via japri -inbox* semoga jadi amal kebaikan buat si adik mahasiswa ya bagi2 ilmunya:)

Surah Tin adalah surah yang berisi sumpah sumpah Allah..
Contohnya ayat pertama, kedua, dan ketiga : Demi buah tin, buah zaitun, dan gunung sinai, dan demi negeri yang aman ini (Mekah), dilanjutkan dgn ayat ke 4, 5, dst : Telah kami ciptakan manusia dalam sebaik2 rupa, kemudian kami kembalikan dalam hal yang seburuk2 (serendah2nya), kecuali orang2 yg beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka bagi mereka nikmat yang tak ada putus2nya, maka apakah yang membuat manusia mendustai hari akhirat? Bukankah Allah adalah seadil2nya hakim?

Nah, jika kita lihat di akhir ayat adalah sebuah pertanyaan, “Bukankah Allah sebaik2 hakim?” dan juga sebagian besar surat berisi “sumpah Allah”, maka sebagai hamba-Nya, kita menjawab “Balaa wa anaa ‘ala dzalika minas syahidiin yang artinya Iya, dan aku juga bersaksi (atas kebenarannya)

Note : terjemahan diatas, tidak didasarkan pada meal (Qur’an terjemah), cuma terjemahan ane sendiri yg baru bngun tidur, hehe
jadi tolong dicek lg ya takut ada yg salah 
dan juga arti “Wa ana ‘ala dzalika minas syahidin” itu sebenarnya “Dan saya juga (atas hal itu” dari orang2 yg bersaksi”
cuma sy rubah untk menyesuaikan dgn bhs indo ..

Nah, menarik kan? ada yang punya sumber lain lagi kah penafsirannya? mari berbagi ilmu :)) 

kayak di link ini: hoca inipun membaca kalimah tersebut: http://www.youtube.com/watch?v=a8NUC4qsWq4

 

Advertisements

7 thoughts on “di ujung surah attiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s