0

ada untungnya belum lancar bahasa.

Nasip weekend nya bagaimana?

huehue saya mentok di culik yenge*istrinya kakak ipar* nemenin dia pergi ke rumah adiknya, di undang sarapan Janjian berangkat jam 9 pagi, udah di telpon, bilangnya di tunggu depan BİM deket rumah*BİM nama market* meluncurlah, nah masalahnya di tengah jalan bingung: BİM deket rumah dia apa rumahpanda saya kok punya inisiatif  malah ke Bim dekat rumahnya dia, *ini salah satu efek belum lancar ‘nangkep’ bahasa turki dalam orolan telpon* miscom, deuh si yenge telpon lagi, jelasin bim deket halkmar*nama market juga* NAH itu mah deket rumahpanda*maklum sodara2 saya mah jarang isi pulsa jadi ngarep di telponin aja , lah hp aja jarang di bawa:)) susah lah kalau urusan pertelponan, punya hp jg dulu lbh buat online aja:P berhubung BB kagak di aktifin internetnya*bak ‘mayat idup’ aja tuh henpon.

So meluncurlah kami ke esentepe, kartal, aih senangnya ibu hamil langsung dapat duduk karena belas kasihan di bis:D ga make bergelantungan dah* U know in  istanbul, 11-12 sama jekardah urusan transportasi massalnya

nyampe di rumah esma abla*nama si tuan rumah* nyantai dulu dikit sebelum menu kahvaltı alias sarapannya nongol*ga sempet terdokumentasikan:) shohibul baitnya susah di foto*krn antar perempuan aja, dia lagi lepas jilbab, lagi juga keburu lapar:D:D

Obrolan panjang..ala ibu ibu turkiye lah*nyimak aja* lagi juga masih terbata bata ngobrol ngikutin mereka.

Pembicaraan akhirnya pada 1 tema: tetangga flat esma ablaJadi ceritanya si esma abla punya tetangga yang hobbbby banget bertamu atau numpang ya tiap hari, bahkan sampai afal jadwalnya. Ni tetangga ‘agak tebel’ muka, ga peduli si tuan rumah lagi kedatangan anggota keluarganya tetap aja ikutan nimbrung, ikutan ngobrol, yang parahnya: she is çok konus banget bahasa gado2: alias banyak omong banget dan ni orang. Tipikal orang yang Hanya mau didengerin tapi ga mau dengerin omongan orang di usir aja kayaknya ga mempan hahah, sungguh baru kali ini ketemu OT yang ajaib, dan sungguh sabar sekali keluarga si esma abla punya tetangga model begini:D

Kalau ngobrolnya asyik atau manfaat sih masih di maklumin, tapi isi Obrolannya:selalu buka aib keluarganya sendiri

 yang masalah sama mertua lah,suami lah, beuh ni si ibu OT, sampe si esma abla ngomong keras: diem, dosa lu ngomongin mulu, eh tetap aja cerita telenovelanya meluncur nah disini untungnya saya belum becus bahasa turki, yang ada suruh ‘nanggep’ si yenge atau si esma abla atau anaknya si derya  kemana aja di intilin hahahahaha asli ajaib lah.

Mereka juga aslinya agak ‘ga nyaman’ sama kebiasaan tetangganya ini, hampir tiap hari dan terjadwal gitu, bertamu, bahkan bawa anaknya semua ckckck, sekalian suka nebeng makan:D*mungkin si esma abla anggep aja sedekah* tapi ni orang ga pernah mau rumahnya di kunjungin xixixi beuh asli sabar bener dah, kalau saya udah ga tahu-.-‘ kadang ga ngertiin kondisi tuan rumah yang kedatangan tamu pun, dia ikutan nongkrong tiap hari datang untuk ‘curhat’ masalah keluarga mulu..ckckck:D umbar aib isi dapur sendiri, ya jengah kan yang didatangin, tapi ga nyadar nyadar:D

Alhamdulilah ya Alloh Maha baik sama esma abla sekeluarga di uji kesabaran mereka punya tetangga ajaib itu, yang mau ga mau bikin suaminya rajin nabung kayaknya hehe, 15 hari lagi mereka akan pindah ke pendik, tetanggaan sama kita, beli apartemen sendiri*karena rumah yang sekarang statusnya sewa* maka akan ‘berpisah’lah sama tetangga ajaib tersebut*ga yakin sih dia bakalan tetap ngelakuin ritual kunjunganya tiap hari kalau rumah jauh: 2x nge bis, kalau bawa anaknya semua:*itung ongkos* wkwkwkw pasti mikir, kalau sesekali mungkin ga apa2 kalau udah kayak ritual harian:D ya kasian gitu sama Tuan rumah ga punya privasi sama sekali:)

Makanya si esma abla, senang banget hahah, selain karena bakal nempatin apartemen sendiri hak milik, juga jauh dari nyonya telenovela, dan berdoa semoga tetangga barunya ga seajaib itu lagi xixixi.

Pesan moralnya: buah kesabaran itu indah* laaa hubunganya apa :D:D:D

*bertahun2 punya tetangga ajaib memacu suaminya giat kerja dan nabung,malah ke beli rumah yang lebih baik buat pindah dengan status punya sendiri* iya toh..jadi mungkin secara ga langsung nyonya telenovela berjasa buat keluarga esma abla:D untuk buru buru pindah ke rumah baru impian mereka *

Jadi itu cerita weekend saya sabtu kemarin, minggu gini si babapanda malah kerja huehue..*oh ya karena 31 maret ganti jam lagi* itu yang ‘moment’ jam dr musim dingin ke musim panas* maju mundur 1 jam..sekarang masuk 31 maret waktu dimajukan 1 jam, so efeknya, alarm si babapanda yang kagak otomatis, bikin dia bakbikbuk pagi2 wkwkwkw.Lupa ya pak:D

 

7

Mbahdukun

Ada mbah dukun yang ngobatinnn pasiennyaaa *jadi inget lirik lagu si alam yg sempat populer*

Pagi pagi muter2 di dunia maya lalu sempat melirik portal berita tanah airbiasanya baca berita ‘sampah’ emang ga bagus buat kesehatan jiwa, iseng sih suka penasaran juga ga apa apa lah.baca berita telenovela artis indonesia..

Jadi praktek Mbahdukun di kalangan selebrutus walo isunya simpang siur, ada yang buka2 an ‘aib’nya juga.oO

:mengerikan:

Sejatinya ilmu sihir, perdukunan udah ada dari zaman baheula, kalau ga salah Rosululloh saja pernah kena sihir:S

Dan praktek syirik kayak gini, udah lintas zaman, sampai kiamat pun masih tetap banyak yang percayaNaudzubillah min dzalik-.-‘ padahal dosa besar ya kayak begini nih: syirik.

Tapi orang yang udah gila keduniawian mana peduli, segala cara ditempuh: kata guru saya dulu  ada 3T: Tahta,Harta,Wanita:

lihat saja baca hiruk pikuk berita di dunia: ga lepas dari unsur 3 itu:S -pemimpin yang ketahuan berskandal sexs lah, yang korupsi lah, yang diktator ga mau turun2 lah.., untuk mewujudkan ‘jalan’ 3T: lebih banyak yang minta saran dari dunia hitam:S lebih  instant* inget ya sesuatu yang instant ujungnya suka ga baik termasuk makanan*haha dihubung2in

 biar penglaris, biar sukses biar banyak yang suka dan biar biar lainnya.. ujungnya : biarin lu ntar masuk neraka

Padahal Alloh SWT  jauh lebih Maha dasyat dari dukun kayak upil itu, sebelnya banyak dukun yang ngebalut2 make kedok agama..

Kalau pengen sukses dunia akherat pan gampang ya, udah di kasih gambaran, cuma tinggal jalanin make hati ikhlas: Sedekah, bantu anak yatim, dhuha, tahajud dsb, ih itu kan gampang banget! cuma butuh waktu aja bukan duit ratusan juta, kalau sedekah ngeluarin harta tapi dijanjikan bakalan balik jauh lebih besarr rezekinya, lah kalo ngasih mbah dukun? emang balik gitu? awal2 mungkin balik duit haramnya ujungnya ber tumbal kan di tambah keguyur dosa maha besar:S

yang jalanin ‘ritual’ mandi kembang lah tengah malem, sampe ada yang mandi malem2 ke laut segala.ckckc atau puasa di kaki gunung apa gitu, semedi, *asli buang2 waktu* mending gelar sajadah,ambil wudhu, bangun malam juga,sholat* alesanya:males i ngantuk, lah tapi kalo yang nyuruh mbah dukun upil, pada mau aja tuh

Gemes kalau ada yang make: lah ini budaya,warisan nenek moyang bla and the bala bala…

pertanyaan saya simpel: lu atheis apa punya agama?

apa nakhoda hati lu?

Jadi sebenarnya hasil ‘kepo’ dari baca berita si eyang eyangan ini

Ternyata: masih banyak ya yang ‘labil’ dan main dukun karena pengen sukses instant.

Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun.” (QS. Al-Maidah: 72)

serem kan itu ‘peringatan’ dari sang Pencipta…

 

8

Muslimah Turki

DSC01646DSC01653

Ceritanya nyolong nyolong motonya:P*begaya paparazi*

apa yang menarik?

ya tentu saja busana muslimah yang di pakai, setelan hitam2, make krudung di mukanya khas, ga kayak biasa, tapi susah di foto:P pada ga mau.

Era kebebasan untuk muslimah mulai  banyak di turki, katanya semenjak bapak erdoğan mimpin, ibu ibu atau wanita muslimah, mau make cadar atau busana khas gini, bebas bebas aja, tetangga rumahpanda ada yang make  baju model gini, dan biasanya kalau di buka, mereka modis modis loh:)) dipake cuma pas keluar rumah, kalau kumpul pengajian atau sesama perempuan, biasanya mereka buka, dan make krudung dan baju gamis biasa. Biasanya dari kalangan cemaat2 gitu*di turki banyak juga ormas ormas keagamaan*

Kata si babapanda sih, model busana khas gini, zaman dulu populer di kalangan muslimah turki pas zaman kekhalifahan ustmaniyah, nah era sekarang banyak yang mulai make lagi tanpa rasa ketakutan kayak  zaman pemimpin sekuler yg kebangetan alerginya sama islam:) alhamdulilah..

9

jalan jalan ke pasar ala turki

pasar mingguan ala turki, biasanya motong jalan besar

pasar mingguan ala turki, biasanya motong jalan besar

penjual zaitun,di tulisnya doğal* termasuk minyak zaitunnya yg di cap alami

penjual zaitun,di tulisnya doğal* termasuk minyak zaitunnya yg di cap alami

tukang jajanan khas turki: roti şimit*maaf ga ada abang bakso disini-.-

tukang jajanan khas turki: roti şimit*maaf ga ada abang bakso disini-.-

mulai banyak strawberry bermunculan di kios pedagang..ehm masih agak mahal sih

mulai banyak strawberry bermunculan di kios pedagang..ehm masih agak mahal sih

orange atau portakal, cukup 1 lira untuk 1 kilo.lumayan murah kan:)

orange atau portakal, cukup 1 lira untuk 1 kilo.lumayan murah kan:)

bawang bombay*soğan*  cukup 1 lira untuk 1 kilo

bawang bombay*soğan* cukup 1 lira untuk 1 kilo

tukang tanaman hiasa juga ada

tukang tanaman hiasa juga ada

sayuran ala negara 4 musim yang pilihannya standar-.-

sayuran ala negara 4 musim yang pilihannya standar-.-

tursu atau acar ala turki, ehmm baunya ..seger,kecut,asem jd satu semerbak

tursu atau acar ala turki, ehmm baunya ..seger,kecut,asem jd satu semerbak

penjual lemon segar...

penjual lemon segar…

bawang putih, se iket  1liraan,sekitar 5000an rupiah saja.

bawang putih, se iket 1liraan,sekitar 5000an rupiah saja.

 

tukang kerudung

tukang kerudung

tukang karpet juga adaaa

tukang karpet juga adaaa

buah lokal yang selalu tumpah ruah di pasar turki,harga murah meriah: ah syurga lah:)

buah lokal yang selalu tumpah ruah di pasar turki,harga murah meriah: ah syurga lah:)

pisang import:kalo pisang model kayak gini susah numbuh di turki, pisang lokal kurus2:D dari daerah antalya biasanya*yg agak panas.

pisang import:kalo pisang model kayak gini susah numbuh di turki, pisang lokal kurus2:D dari daerah antalya biasanya*yg agak panas.

buah2 kering:apricot, kurma, tin.ehmmm enak enak:D

buah2 kering:apricot, kurma, tin.ehmmm enak enak:D

 

penjual rempah rempah: kadang sering nemu rempah yang mirip dengan dari negara tropis

penjual rempah rempah: kadang sering nemu rempah yang mirip dengan dari negara tropis

Pasar ala warga turki, ga punya tempat khusus, dalam bentuk  deretan toko2 seperti di indonesia, umumnya mereka makai badan jalan raya atas persetujuan pemerintah daerah*jalannya di tutup seharian* dan para pedagang menggelar lapaknya masing2 sepanjang jalan yang di izinkan, warga akan tumpah ruah sampai sore, sampai waktu yang di sepakati, biasanya menjelang malam, lapak harus segera di tutup, kalau bandel ada petugas zabita*semacam satpol PP*yang memperingatkan sambil keliling:D pasar bubar,gantian tim petugas kebersihan kota yang kerja keras, membereskan sampah2.agar jalan raya bisa di pakai kembali..Nadi ekonomi rakyat seminggu sekali, kalau dekat rumah panda, hari senin, tiap daerah kadang beda beda:)

7

di ujung surah attiin

bala waana ala jaalika minasyahidiin..

pernah baca kalimah ini ga, pas terakhir baca surah attiin?

kalau nyari di surah nya sendiri, jelas ga tertulis, saya dulu di ajarinnya di akhir surat attin  membaca: bala waana ala jaalika minasyahidiin, 

Saya lupa lupa ingat, tepatnya sih banyak lupa nya hehe, tapi kemudian nanya sama temen mahasiswa indonesia yang kuliah di turki, kebetulan dia dulu juga anak pesantren:) semoga orangnya ga keberatan saya posting penjelasannya*belum minta izin:D karena via japri -inbox* semoga jadi amal kebaikan buat si adik mahasiswa ya bagi2 ilmunya:)

Surah Tin adalah surah yang berisi sumpah sumpah Allah..
Contohnya ayat pertama, kedua, dan ketiga : Demi buah tin, buah zaitun, dan gunung sinai, dan demi negeri yang aman ini (Mekah), dilanjutkan dgn ayat ke 4, 5, dst : Telah kami ciptakan manusia dalam sebaik2 rupa, kemudian kami kembalikan dalam hal yang seburuk2 (serendah2nya), kecuali orang2 yg beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka bagi mereka nikmat yang tak ada putus2nya, maka apakah yang membuat manusia mendustai hari akhirat? Bukankah Allah adalah seadil2nya hakim?

Nah, jika kita lihat di akhir ayat adalah sebuah pertanyaan, “Bukankah Allah sebaik2 hakim?” dan juga sebagian besar surat berisi “sumpah Allah”, maka sebagai hamba-Nya, kita menjawab “Balaa wa anaa ‘ala dzalika minas syahidiin yang artinya Iya, dan aku juga bersaksi (atas kebenarannya)

Note : terjemahan diatas, tidak didasarkan pada meal (Qur’an terjemah), cuma terjemahan ane sendiri yg baru bngun tidur, hehe
jadi tolong dicek lg ya takut ada yg salah 
dan juga arti “Wa ana ‘ala dzalika minas syahidin” itu sebenarnya “Dan saya juga (atas hal itu” dari orang2 yg bersaksi”
cuma sy rubah untk menyesuaikan dgn bhs indo ..

Nah, menarik kan? ada yang punya sumber lain lagi kah penafsirannya? mari berbagi ilmu :)) 

kayak di link ini: hoca inipun membaca kalimah tersebut: http://www.youtube.com/watch?v=a8NUC4qsWq4