cinta mereka pada produk dalam negeri

Bicara tentang cara orang turki mencintai produk dalam negerinya, memang patut di acungkan jempol.

Mereka*orang turki atau kita singkat OT* tanpa harus di ceramahin:ayo cintai produk negeri sendiri’! umumnya mereka emang lebih milih produk dalam negerinya*dibanding made in PRC atau china*kalau ga kepaksa banget:P*

Untuk bahan pangan saja di market marketnya*sampe susah nyari produk makanan dari negara nan jauh-.-‘ maksudnyaaa ya nemu kecap manis kek gitu* beberapa produk import juga banyak masuk turki, untuk makanan, biasanya terbatas banyak di supermarket gede, kalau supermarket lokal yang jaringannya luas, isinya kebanyakan ya produk dalam negeri semua.

Untuk urusan fashion pun mereka merajai negeri sendiri, produk2 sepatu malah nembus eropa, kalau baju2  macam lc waikiki yang beken mah brand nya produk kelas menengah, model matahari kalo di indonesia*tapi jujur aja lebih bagusan lc waikiki sih kadang  heheh.

Nah kayak si babapanda*kadang suka kerajinan meriksa produk nya dulu sebelum ke kasir* ni buatan turki apa bukan:S wew,

Nah produk elekktronik? duh ini mah agak kejam dikit, pajak yang gede kl buat barang import, tapi kalau produk dalam negeri:asli kualitasnya pun bisa bersaing: kulkas dsb macam merk2 anak bangsa, kualitasnya jempolan, paling produk import kl ga samsung, bosch, bersaing dengan brand2 lokal yang harga dan kualitas sejajar. Dan sebagai ibu Rumahtangga, aduh itu ya porselen2 alat makan produk dalam negerinya bikin ‘meleleh’ semua harga dan desainnya-.- kalau karpet sih ya jangan ditanya, secara  turki beken juga sama karpetnya. Kalau es krim nya gimana:D saya lagi tergila2 sama MADO*hohoho duh mertua datang saya suruh bayarin yang ada*lho* urusan makanan manis2 emang turki juara juga*tapi kalau perempuan manis manis*indonesia lah jagonya*sambi ngaca*

anggur

kismis atau anggur kering

Kalau kendaraan turki masih ketergantungan sama tetangga*karena mobil yg bersliweran di jalan2 model renault, fiat, VW, hyundai sm honda kalau dari asia*eh pernah nemu proton juga sih punya malaysia*keren ya malaysia-.-” Nah kalau bahan pangan sih mereka bener2 mandiri, buah dan sayur terkontrol dan harga jauh lebih terjangkau dengan kualitas bagus2 semua*nah harga apel sekilo sama bensin seliter coba mahalan mana disini:D sama ongkos bis aja deh kadang mahalan ongkos bis-.-‘ jadi untuk menkonsumsi produk sehat hal yang mudah disini dan murah* tapi orang sini demenya ya berdaging2 ya:P*narJadi apa yang saya demen di turki* sesuai gambar* demen nyemil buah2 segar yang harganya terjangkau:)) kalau dulu beraninya beli buah potong di abang2, kayaknya kalau beli kiloan cepet bangkrut kalo ke supermarket.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s