pernikahan di Turki

İni sekadar pengalaman pribadi, dan juga hasil pengamatan:D*

Kulture turki, ga semuanya sama, tiap daerah menunjukan kekayaannya tersendiri, sama lah kayak di indonesia, termasuk urusan pesta pernikahan, walau baju pengantinnya: gelinlik*model baju penganten yang udah ngikutin style eropa*

Menikah model di turki : ada 2: nikah imam*saya sih ga ngalamin persis nya gimana, karena menikah di indonesia,* tapi kayaknya sama dengan prosesi ijab kabul seperti umat muslim di indonesia, juga nikah secara catatan sipil aja, terkadang buat mereka yang ga begitu ketat ngikutin aturan agama*walo ktp nya ya islam* cukup nikah resmi secara negara saja, tanpa proses ijab kabul-.-‘ yah kan*ada background sekulerisme yaa*  Jadi agama, di kesampingkan terlebih dahulu* di Turki nikah beda agama bukan suatu masalah dalam pencatatan negara nya*

Dan masalah mahar atau Dowry*kalau orang asia selatan nyebutnya* di kenal juga di Turki, tapi bedanya penentuan mahar di turki agak berbeda, pihak laki laki lah yang memberikan mahar, bukan pihak perempuan yang terbebankan, modelnya kayak gini:1

Nah.lumayan kan:D:D:D boo emasnya-.-” ini juga menunjukan kelas sosial di turki, pemberian mahar gini biasanya pas acara tunangan*nah yang make baju penganten warna pink ini belum resmi menikah, mereka baru tukar cincin dan itu di pestain di gedung*pfiuhh2

Nah bisa make acara potong pita segala nih:))) ni pas tuker cincin.6

Jadi inget pas baca berita tentang relawan indonesia yang menikahi gadis palestina dengan jumlah  besaran maharnya, kalau di pikir pikir ternyata ga jauh beda sama harga mahar yang harus di berikan ke perempuan turki jika ingin menikah*gimana masih ada yang minat  nikah sama perempuan turki:D** Nah kalau bahas bagian ini, si babapanda suka bilang bersyukur lah nikah sama orang indonesia:D ga ribet-.-” cuma butuh tiket pesawat aja:P* Jadi kalau di total2 biaya nikah lebih banyak di tanggung pihak laki laki, tapi ada juga sih katanya pihak dari keluarga perempuan*kalau mempersiapkan rumah, urusan isi dapur tanggung jawab keluarga perempuan, tapi beli rumah, dan isi2 lainnya keluarga laki2.nahhh ini kultur umumnya ya ga bisa di pukul rata juga, ada yang bergaya biasa2 aja karena keterbatasan ekonomi juga banyak*ya kayak kami lah:)) punya rumah kan harus usaha sendiri, ga ujug2 dapat dari mertua*kalau dapat ya bersyukurlah itu* karena ada teman yang nikah sama pria turki, ya udah di sediakan rumah beserta isi2nya lengkap, gitu juga teman suami yang mau menikah 2 bulan lagi, sibuk tuh ngisi isi rumah dulu sebelum menikahi pujaannya..ehm butuh modal banyak ya:D

Dan undangan di turki gimana? ha lucunya biasanya hadiah uang di tempelin di baju pengantinnya*tapi saya ga ngalamin, karena lagi2 beda kultur, di corum modelnya ga kayak umumnya di turki, biasa aja di amplopin persis kayak di indonesia kecuali kalau undangannya ngasih koin emas kayak giniDSCF6113

 

çerek*koin emas, biasanya sekitar 1 same 2gram atau mungkin lebih, umumnya yang menyematkan koin emas seperti ini keluarga terdekat atau sahabat2 dekat, kebanyakan sih ini dari keluarganya suami semua dan sahabat2 dekat mertua:D kalau keluarga inti*kayak si abi, kakaknya suami,ngasihnya lebih dari ini heheh, tapi ya tetep aja ni sebentar lagi kudu ngebalikin:D karena anaknya si abi, keponakan kami mau menikah juga summer nanti:))

Lalu gimana model prasmanan ala turki? nah ini juga tergantung status sosial juga-.- ga kayak di indonesia lah:S umumnya walau pesta di gedung menunya cuma seperti ini:3di jamin sih pulang kondangan, bakalan lapaaar*jadi jangan sama ratakan sama kondangan ala indonesia yang hebat pisan menu prasmanannya*aduh jadi laper-.-**

Tapi kalau yang punya hajat ‘ber-uang’ mereka juga kasian kok sama tamu undangannya:) umumnya mereka nyewa restoran dan ada acara makan bersama juga. kalau model di kampung2 justru lebih royal deh, karena saya masih menemukan tradisi turki yang menjamu tamu2nya di hajatan dengan acara makan bersama13

Nah ini pas sepupu si babapanda hajatan, ada prasmanannya, walau di kampung gini, bukan ibu2nya yang masak bergotong royong, tetep aja sewa katering dari restoran gitu, jadi yang ngelayanin ya orang orang kateringnya, plus pelayan lengkap. Nah itu yang berdasi hitam*harus tetap rapih yaa* pelayannya* acara makan gini mereka ga bercampur baur seperti di kampung saya:D jadi tetap make ‘aturan tidak tertulis’ pria dan wanita di pisah, jadi ini pas di foto pas kaum bapak yang makan, jadwal mereka selesai baru kaum ibu dan anak anak. Menunya apa? ya turkish foods lah:D

Dan!! yang ga bisa lepas dari kultur turki adalah: musik dan joget joget-.-‘ pokoknya saingan deh sama indiahe412 1514

İtu yang model di gedung hajatanya, nari bareng2, dan yang model di rumah*saya pas kına gecesı*khusus perempuan aja joget2nya* dan yang bawa drum itu, pas nari halay ala orang corum, yah pokoknya joget2, nah nari2 gini beda2 tiap daerah juga, kebetulan pas keponakan suami yang dapat orang karadeniz*blacksea* jogetnya model tari horon*lebih atraktif, kalau model nari halay lebih mendayu2.

Sekarang sih musim dingin, belum banyak yang hajatan nih, biasanya mendekati summer karena cuaca hangat, banyak lah yg gelar hajatan. jedag jedug mulu musik di mana mana, belum make acara pawai mobil dengan bunyi klakson kencang2 , nembak pistol ke udara,:o horor dan bikin jantungan awalnya, mending mana sih petasan sama bawa2 pistol pas hajatan-.-‘ karena di Turki banyakan make acara nembak2 ke udara gitu pas nari2…hadeuh…berasa ada perang dirumah sebelah pas sepupu suami hajatan, tapi kalau di gedung kayaknya engga:))8 9 7

Model singgasana pengantin ala turki, ya minimalis gitu kursi 2 dan meja depannya, terus makna pita merah yang disematkan di lengan suami dan di perut saya*ga tahu maknanya apaan, tapi seringnya pengantin turki make pita2 merah gini.

Dan acara motong kue*udah bener2 stylenya ke negara2 tetangga eropa** dan lucunya, si babapanda kudu nempelin bendera duit2 di antara hiasan kue*ga tau juga maknanya apaan*

jadi ini salah satu model rangkaian hajatan orang turki* begitulah:)

Advertisements

27 thoughts on “pernikahan di Turki

  1. Duh jd pengen minta hadiah cincin emas bermatakan berlian nih, mumpung lg pd sale krn mo Val Day, lumayan yg paling murah cincin bermata berlian ‘cuma’ 900lira dr hrg 1500lira sadjah!#PENGSAN!

    Tapi sebenernya adat hadiah emas ini bagus pengaruhnya ke perekonomian negara Turki, thats why Alhamdulilah Turki aman sentosa bahkan semakin maju sementara para negara dan benua tetangganya terkena krisis parah….Hayoooo mari kita budayakan terus ‘koleksi’ emas dr pd koleksi tas buatan disainer terkenal yg hrgnya ga kalah mahal dengan harga tanah di Indo 😛

  2. boleh tanya mbak, kalo saya mau menikah di turki (pasangan indonesia keduanya), saat kami mau berkunjung ke turki nanti…bagaimana caranya yang paling sederhana. yang penting nikah sah. kami membayangkan bisa nikah di blue mosque…

    • tergantung, kl bs dan terbiasa survive dimana aja, bs kok adaftasi, tapi banyaknya temen2 indo ngeluh mulu jg tinggal disini, soal makanan*ya padahal kan ga ada yg maksa tinggal disini:P

  3. share donk mba,saya mau nikah di turkey akhir tahun,,tapi saya masih bingung documment apa aja yg mesti saya bawa dari indonesia,help me please!!

  4. mbak boleh saya mintak alamat email-nya mbk? atau akun media sosial yg lainnya mbk? saya mau cerita banyak dengan mbak. kalau mbak mengizinkan. karna saya sekarang sedang dekat dengan pria turki. terimakasih.

  5. teh biaya menikahi perempuan turki kira2 brp ya ? dr yg plng sngt sederhana, sederhana,…. dan harga rumah di turki kira2 brp ya u kawasan Mugla atau di Manisa

    nuhun pisan teh ..

      • nuhun teh … saya baca lg tulisan saya redaksional bhs nya salah teh ….. maksud nya biaya nikah disana (turki) 🙂 … lier eyyyy kira2 bs abis brp teh perkiraan nya ? thank info nya teh

      • saya kurang tahu juga.krn yang atur dulu keluarga suami,dan mereka ga bilang total nya berapa, itu urusan mereka. biasanya dr sewa gedung yg dua sampe 3 jam-an.

  6. Mba, saya akan menikah dengan orang turki tanggal 25 july nanti, tetapi orang tua saya masih ragu dan khawatir dengan saya yang akan tinggal disana.
    mba boleh minta nomer kontaknya, biar bisa membantu saya apabila saya ada kesusahan di turki
    terimakasih

  7. Teh minta nasihatnya donk! Ponakan saya msu nikah sama pria turkey yg di kenal lwt FB gmn ya? Mrk blm pernah jumpa darat

    • kl jodoh..bs aja..tp sblm ketemu diiringi banyak doa dan sholat juga..biar diketemukan sm pria yg baik, jalan jodoh bs lewat mana aja kan..FB cm media nya saja, tp akan lbh bijak kl kenalan dulu lbh dekat..ketemu keluarga..ga asal mikir mau nikah aja…banyak yg hrs dipikirkan..selain ngurusin kata cinta doang:)

  8. Assalamu’alaikum mbaa.
    Mbaa pleasee sekali, kayanya saya harus ngbrol banyak ma mba, coz sy mau nikah ma cewe turki.
    InsyaAllah

    Bisa minta email mba?
    Ini email saya artigantara@gmail.com
    Plis banget ya mba, mohon bimbingannya 🙂

    Terima kasih sebelumnya 🙂

  9. mbak minta bantuan nya dong..info dan lain lain..krn aku mau menikah juga dgn orang turkey pada waktu dekat ini…bingung acara harus kayak gmn..nentuin mahar dan lain lain..help me pleaseeeee…email aku yaa mbak..

  10. Assalamualaikum mba Rahma, salam kenal sy lina dari kota balikpapan.
    Saya dlm waktu dekat mau menikahke di turki dg wn Turki,insha Allah mohon doanya ya mbak semoga persiapan sy dari tanah air cepat kelar semuanya. Saat ini saya masih memikirkan masalah tiket pesawat, apakah harus beli PP, atau ada cara lain shg sy bisa membeli cukup satu kali perjalanan. Kalo mba Rahma punya solusinya mohon share dong ke saya mbak. Sblmnya makasih.

    • hi erlina, salam kenal, sebenarnya nanti pas urus surat2 dikedutaan turki selepas menikah, kamu bisa minta surat keterangan dr kedutaan turki, bahwa kamu sudah menikah dgn wn turki, surat ini buat jaga2 aja pas nanti di bandara turki kalau ditanya tiket pp, tp dulu sih saya ga masalah juga,surat keterangan itu menjelaskan bahwa sudah sah menikah dgn wn turki dan berniat untuk stay di turki, biasanya kedutaan bisa mengeluarkan,nanti coba tanya aja

      • Lebih jelasnya saya tdk menikah di indonesia, skrg ini saya sdg mengurus form N1 N2 N3 N4. Untuk saya bawa ke turki, menikahnya di turki, pihak calon suami stay di turki (tdk ke Indonesia), jadi saya berangkat sendirian dari Indonesia. Maka itu saya bingung utk mekanisme pembelian tiket pesawatnya mbak. Saya maunya gak PP. Biasanya saya buat e-visa turki waktu sy liburan ke istanbul thn lalu, tiket pp. Mbak Rahma semoga ada informasi solusi utk hal ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s