resep mertua: noghut çorbasi* sup chikpea ala turki

DSC01133*karena malas foto di mangkok, langsung dari pancinya aja ya:D* Jadi ceritanya di ajarin bikin sup ini. simpel sih:)

Bahannya:

noğhut*chikpea*eh bener ga nulisnya, atau kacang arab ya bahasa gaulnya.

2 mangkuk kecil kacang noghut, di cuci bersih lalu di rendam 1 hari 1 malam agar empuk!

1 bawang bombay*setengahnya aja sih.

salca*pasta tomat.

Daging sapi  sesuai selera.

garam secukupnya

cabe bubuk sesuai selera

2 mentega  dan olive oil secukupnya.

cara masak:

1. panaskan mentega dan minyak zaitun di panci

masukan daging,  sampai habis airnya, biasanya berair, masak sampai daging agak kecoklatan dan berkaldu.

lalu masukan bawang bombay yang sudah di rajang halus, aduk2

lanjut salca 2 sdk makan atau sesuai selera. aduk aduk lagi,  sekitar 3 menitan.

baru masukan kacang noghut yang udah di rendam 1 hari 1malam, dan kacang terasa empuk.

masukan air panas, garam dan cabe bubuk sesuai selera, mau pedas atau sedang2 aja. Masak dengan api sedang atau kecil.

Masak kira2 setengah jam-an atau lebih , sampai daging terasa empuk dan kuah semakin mengental dengan permukaan minyak terlihat jelas.

Afiyet olsun:)

*kunci enak nya sih dari perebusan dagingnya di api kecil sampai seperti mengeluarkan kuah kaldu yang bercampur mentega dan minyak zaytun itu**

 

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “resep mertua: noghut çorbasi* sup chikpea ala turki

    • masakan turki sebenarnya jauh lebih gampang di banding masakan indo atau asia, karena aslinya minim bumbu, dan bumbu2 hanya berputar di sekitar bawang bombay, pasta tomat,daging giling sbg penyedap, blackpepper atau cabe bubuk, bawang putih aja jarang, dan biasanya kl make bawang putih mereka ga lansung di tumis seperti bombay, nunggu di kasih air dulu baru dimasukin bawang putihnya, pernah tuh di tumis iseng, pada protes sama baunya:P: bahan dasar hampir semua masakan turki itu: bombay, pasta tomat dan kiyma*daging giling* hampir pasti! semua make ini. ga skreatif indo ya:P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s