2

goreng tempe alternatif:D*make mercimek

DSC01206ini hasil nyoba resep dari grup gitu:) rasanya hampir mirip goreng tempe, lumayan buat yg males bikin tempe atau beli*karena di turki juga susah ya*

bahannya:

mercimek*lentil: cuci bersih lalu rebus sampe empuk lalu tiriskan.

roti tawar buang kulitnya campur sama 2 butir telur aduk2 sampe rata.

campur mercimek ke adonan roti tersebut plus ketumbar bubuk, lada bubuk atau merica, garam, aduk2..

kukus.*make cetakan*kl bisa di alasi, saya alasi make plstik buat oven atau aluminium foil juga bisa. setelah matang, diamkan sampai dingin dan agak mengeras.

lalu..goreng sesuai selera make tepung, seperti goreng tempe biasa..

nyam nyam…*beginilah hidup di tanah baru: tak ada rotan akar pun jadi:D*

lentil atua merçimek kandungannya juga ga kalah keren sama kedelai.. yupp

lalu

 

Advertisements
4

catatan akhir tahun*

Jadi pengen flashback 2012^-* *eh ini akhir tahun ya:D tahun yang luar biasa*alhamdulilah kiamat suku maya nya ga jadi* aih heboh bener soalnya:)

ortakoy

ortakoy-incesu-çorum turkey

yang paling di tunggu tentu saja, pindah dari mertua residence:)) di corum, majang foto ortakoy,salah satu daerah wisata yang susah di akses kendaraan umum karena letaknya yang susah di tengah gunung:P*penting ya** heheh kalau ngebahas keunikan alam turki juga bisa panjang lebar, ini cuma salah satu daerah aja yang kebetulan saya tinggal pertama kali di turki:çorum city, kota kecil 9-10 jam dari istanbul. yuhuuu rasanya ‘keluar’ dari rumah mertua itu kayakkkk..wow gitu:D

Yah namanya rumahtangga kan pepatahnya sebaik2nya mertua masih enakan hidup mandiri, betul ga? alhamdulilah ‘mesantren’ di rumah mertua cukup 8 bulan aja.

turki

istanbul here iam!

tepatnya pertengahan 2012, saya dan babapanda resmi pindah kota dan mulai hidup mandiri*tepatnya sih nebeng dulu di rumah ipar, sambil cari sewa apartemen yang cocok di kantong, sebulan dirumah ipar*ramadhan* resmi nempatin rumah sendiri:) rasanya..alhamdulilah nikmat banget gitu heuheuheu walo sampe sekarang tv belum punya*ini penting ga yak*

Lalu setelah idul adha*tepat di 1tahun usia pernikahan kami, masih lucu lucunya gitu:P Alhamdulilah Alloh kasih amanah yang luar biasa: kehamilan:)

yah rasanya luar biasa ngejalanin proses kehidupan rumahtangga:) dari berdarah2 hohoho sampe nyicil dikit2 punya sesuatu yang kami tempati sekarang^-^ buat saya ini adalah salah satu pintu rezeki dariNya lewat pernikahan.

Alhamdulilah:)

Tahun depan, semoga semua di lancarkan, salah satu moment penting tentu saja kelahiran junior kami:) summer mendatang….

yah ini lah kehidupan, terjadi selain campurtanganNya juga pilihan kita sendiri.

Disyukuri..

tahun baru pertama kami 2012: lagi saljuan dingin*tidur dengan nikmatnya*

sekarang: tetap ah nothing special:D kecuali ada yang ngajak makan di warung sunda make sayur asam*oalah masih aja ni ya kebawa2 mimpi-.* ngidamnya ckckck

 

3

familia

lagi kangen sama si bapak-.-*

dari beliau lah saya belajar ketegaran*walo ga lulus 100 persen*

gimana  ga tegar: dari usia anak2, bapak saya anak yatim piatu, di asuh pihak nenek,kebayang lah hidup2 di zamannya, kakaknya bapak saya *selain yg meninggal waktu kecil* ada 2: yang paling tua, udah meninggal, adiknya juga udah meninggal, apa karena ‘sudah terbiasa’ melihat kematian dari orang2 terdekatnya, bapak saya udah jarang ngeluarin airmata.

İnget aja ketika abangnya meninggal dunia, dan semua keluarga menangisi, beliau dengan tegar bilang: udah ga usah di tangisi, kasian, orang hidup pasti bakalan ketemu azalnya..,

sekarang tinggal 2 saudara lagi: kakak perempuan dan adik bungsu*yg beda ibu*

kata uwak*pangilan buat tante saya dari bapak*

bapak saya galak banget orangnya:D*kebaca*

tapi urusan rasa peduli sama sodara, nomer 1: *barusan baca status kakak, bahwa om saya, si adik bungsu bapak, kecelakaan, bapak saya lah yg sibuk urus2, walo sodara tiri ga ngebeda2in, sekarang jadi yang ‘dituakan’ sepeninggal kakak laki2nya, semua urusan keponakan2, walo udah senior2 umurnya, tetap respek sama si om nya alias bapak saya.

walo galak kalau kumat*jieh.tapi aslinya beliau bijaksana banget, ga pernah keluar larangan2 ajaib buat anaknya selama masih dalam koridor kebaikan. Pikirannya juga terbuka, nah buktinya minta izin nikah sama mahluk antah berantah*babapanda*yg gak bawa rombongan keluarganya, izin kluar dengan bijaksana,setelah pdkt bentar., sreg aja gitu.

Makanya si babapanda lagi kukumpul uang, ngarep bisa ngajak baba mertuanya berkunjung ke turki*tapi kenape kagak mikirn bini yang pengen mudik kadang:S suka di alih2kan terus-.-**

semoga panjang umur lah si bapak, sehat terus, dan ga banyak ngeluh kl skrg udah ompong hehe*gara2 punya sakit gusi nih, udah ompong aje beliau-.-‘bap

8

winter edisi 2 keluargapanda

DSC01197DSC01201DSC01190DSC01186DSC01203DSC01182

 

Hariini 20 desember 2012: salju turun pertamakalinya di hampir seluruh wilayah istanbul, dan langsung deras..

ehm padahal ada jadwal ke dokter, ngintip anakpanda lewat usg*subhanalloh takjub juga, kendati masih mungil gerak2 nya udah aktif:) ..*inshalloh sehat.

Lalu bu dokter kandungan yang baik*alhamdulilah lagi ada pergantian dokter, sebelumnya kan bapak2 yang ga asyik dan pelit bicara:P hari ini dokternya ibu2, jauh lebih cerewet dalam artian positif, nanya keluhan, langsung ada jawaban memuaskan, karena sepertinya beliau ya sudah pengalaman menjadi bumil, bahkan dengan baik hatinya menerangkan arti bahasa2 di layar usg, ngitung ukuran janin gimana.., layarnya pun di kasih ke posisi saya yang tiduran*kalo dulu boro boro,kalau dokter cowok benar2 berdasarkan teori yg dia tau aja-.* jawabannya ga memuaskan banget, nah si ibu ini, lebih detail, sampai nanya ulang , haid hari terakhir lagi,..

Dan bu dokter baru ini antriannya langsung panjang ternyata:P*sebelahnya sepi2 aja*karena bapak2 dokternya* jadi bumil2 pada nyerbu dokter ibu2 ini juga, biar leluasa, apalagi bumil yang bercadar, wah keliatan happy banget dokternya perempuan, saya juga:D ga risih lah gitu:)*dan kenapa dokter kandungan banyakan cowok ya??

*rangkaian test di mulai! hari ini cek darah sama urin di lab, minggu depan suruh balik lagi buat nerima hasil, katanya ada test lagi, kalau ga salah test kromosom, ehm katanya kalau test kromosom bisa ngecek juga jenis kelamin ya., test apa lagi sesudahnya-.* dengar dari pengalaman teman teman di turki, banyak rangkaian test test selama kehamilan di sini, weh weh…

Ok itu cerita dokternya, pulangnya? main saljuuuu!! di depan kliniknya heheh.itu foto2 pas pulang dari test darah dsb nya, iseng mainan salju dulu, karena pas momentnya turun salju hari pertama di istanbul.

welcome winter!

4

ketemu pak polisi

Sebenarnya kisahnya sudah lama, cieh *penting yak-.*

*berhubung warga baru, masih segitu heboh di panggil pak polisi*

Minggu lalu sih tepatnya, kebetulan lagi kursus di İsmek, si babapanda lagi libur dan nyantai nyantai aja dirumah, datang lah polisi ke rumah, nyari saya:D* Ya si babapanda bilang bininya lagi ga dirumah, terus si pak polisi nyuruh besoknya kami ‘nyetor muka’ ke polisi di kantornya.

Pagi pagi sekitar jam 10-an, dengan bawa bekel* ikamet, pasport dan buku nikah turki* jalan kaki ke polsek esenyali* sejenis polsek lah kalau di indonesia, bangunan 3 lt yang tulisannya kantor polisi lokal*

Mulai deh, proses interview si petugas: beramah tamah dulu, dengan suguhan 2 gelas teh pagi pagi*emh baik ya pak polisi:) *masih baik  lagi sih polisi yang di corum, sampe ngejajanin saya es krim segala di koperasi kepolisianya *lho* kok bisa:D*iya bisa:) polisinya teman si babapanda soalnya hehehe. Tapi yang polisi di tempat tinggal sekarang baik juga keliatannya.

İnterviewnya sih rileks: pertanyaan2 tentang: bagaimana pertama ketemu, nikah dimana, nama paman nya siapa, nama kakak nya siapa, ya info info detail gitu,..ternyata tujuannya emang untuk menggali informasi sedetailnya tentang orang asing yang datang ke turki, karena banyak yang menyalah gunakan visa izin tinggal, pura pura menikah,malah ternyata punya profesi lain, seperti wanita ‘jadi2an’ heheh apa tuh-.* yah yang kerjanya gitu dah.

Walau udah 1 tahun di turki, saya baru kemarin itu di datangin pak polisi ke rumah* soalnya dulu pas pertama di turki, tinggal di kota kecil, dan si babapanda punya teman polisi yang lumayan senior, udah gitu di lewatin aja tanpa di interview:D* soalnya si mustafa bey*kebetulan namanya juga mustafa* malah datang pas pesta nikahan kami di turki, nah nunguin polisi datang ke rumah ga ada mulu-.* malah amplop hadiah nikahanya yang nyampe heheh* bukan kkn lah, namanya kota seuprit,warganya banyak yg saling kenal, jadi percaya percaya aja gitu. Jadi di istanbul pengalaman pertama di interview polisi:)hbr-lnk_50ae0fee8510b

2

hikmah hidup di rantau*

mau agak serius ah nulisnya:)

gara2 baca2 situs berita online seperti ini: http://megapolitan.kompas.com/read/2012/12/14/22320135/YLKI.Kecam.Produsen.Bakso.Oplosan?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp *copas aja ya* ga ngelink:)*

wah ternyata produsen nakal ga kapok2 ya, demi keuntungan segala cara di lakukan, inget aja dengan investigasi khusus gitu di salah satu tv swasta yang suka angkat kecurangan2 produsen buat meraup untung* sumpah serem serem*-.-

Boro boro mikirin segi kehalal-an, kesehatan aja di abaikan, make zat2 yang berbahaya, nambah serem kan, jajan di luar:S

*jujur saya juga jaman ngantor di jakarta, favoritnya jajan ke abang2 gitu, selain harganya lebih murah kan, kalau ke mall terus ya bangkrut:) sesekali makan soto kudus langganan di sebuah restoran dekat kantor, emang enak, tempatnya juga bersih ber Ac , harganya nguras kantong aja, seporsi kecil yang aslinya ga kenyang* udah 7rebu sendiri, kalo di luar harga yg sama udah porsi normal, nah ini porsi balita:D belum krupuk kulitnya yang enak, dan lagi2 mahal:S mereka ngejamin krupuknya juga,bukan dari kulit bekas,apalagi kulit bekas sunat.*yiyy apa mungkin ya?mikir*

Nah barusan baca baca lagi di media online, lagi lagi kasus kecurangan produsen bakso, duh gemes kan:S buat non muslim bukan masalah besar mungkin, tapi di indonesia yang mayoritas muslim tentunya masalah besar, hak konsumen buat dapat makanan halal di manipulasi terus.

Jdi mikir:jangan2 dulu saya juga pernah ngonsumsi yang ga halal karena faktor ketidaktahuan jajan di abang2:S* kadang dulu saya kalo beli bakso suka banyak ragu nya di tempat yang ga kenal, suka bela2in pas pulang ke rumah ortu dan beli di tukang bakso langganan di perum*karena tau prosesnya, dia bikin sendiri bakso nya di rumah, bukanya aja selalu  siang:P walau udah banyak pesaing tukang bakso baru, orangnya ga khawatiran gitu, rezeki sudah di atur katanya:) dan selalu setia dengan proses bikin bakso sendiri, emang bakso nya ga sebagus bikinan pabrik , malah kadang bentuknya ga bulet2:D tapi asli enak, fresh, dan dia selalu ngandelin 1hr harus habis. Kpan2 kalau mudik saya mau foto2 deh sama tukang bakso langganan, namanya mas nur:) *lho ngelantur ke si mas nur ya. Dan pengen belajar ilmu bakso nya yang enak.

So jadi balik lagi:)

sekarang hidup di negara baru, ilmu yang pertama harus di pelajari selain bahasa adalah ilmu perdapuran:D

bakso

karya saya: mie ayam bakso* ga kepikiran kalo dulu ngolah sendiri, kalau ada tukang bakso langganan dekat rumah:P

apalagi yang punya ‘lidah indonesia mbanget’ dan pengen memenuhi selera rindu makanan kampung halaman, mau ga mau, terkondisikan buat ‘terjun’ dan belajar, kalau pertama ketemu kegagalan adalah ‘proses’ saya juga pertama bikin bakso hasilnya GJ alias gak jelas, baca resepnya ngawur, telor kuning sama putihnya di masukin semua, alhasil rasanya agak aneh:D, seperti kasus pempek kemarin juga:D pertama kali, sekarang banyak masukan, semoga kalau mau bikin lagi udah enak heheh., bikin tahu alhamdulilah udah ngarti, proses penyempurnaan aja 🙂 tempe juga, risoles..yang belum di coba rendang*ada sih hadiah bumbu praktisnya dari teman:)

Seharusnya sih ga dengan alasan ‘hidup di luar negeri’ jadi jauh lebih sehat? kalau ada niat tersendiri mulai hidup sehat, bisa di lakukan di indonesia juga*niatnya harus bulet2:D ga gampang goyah* lha makanan enak berjejer di mana2, di mall dsb, mikir waktu dan tenaga pasti lebih milih praktisnya kan:)*kayak saya deh dulu*..* mana kepikiran bikin bakso sendiri, sedang tukang bakso langganan kalo lewat aja selalu menyapa:P

coba kalau saya nyuruh emak saya bikin mie ayam sendiri: pasti bilangnya lha ngapain bikin, itu di perum tukang jualannya berjejer:D* bikin sendiri kalau di hitung2 emang jatuhnya bakalan lebih mahal. Biaya gas, minyak, belum beli dagingnya dulu:D iya kan..

hahah saya juga bikin bakso ga tiap bulan:P kasian suami, minta belin daging sapi buat istrinya sendiri*dia ga suka bakso -.-‘ jangankan bakso kofte alias meatballs ala turki aja dia ga doyan* daging juga sama di sini juga mahal:)

Hikmah nya sih: pas milih dan nyampur2 bahan buat ngolah makanan, kita jadi tahu sendiri kandunganya, make penyedap atau ga, bumbunya apa, mungkin ga seenak makanan di rumah makan terkenal, tapi dari segi kehalalan karena proses sendiri makanya ga ragu dan bertanya2: eh tetap sih bertanya2..*ntar kalau abis bikin lagi kapan ya:D**

 

0

(edisi flashback) edisi gaul jadi anak remaja masjid

3yisc46yisc7yisc8

Tahun 2010 saya di ajak teman kenalan, ikutan gabung di Yisc al azhar kebayoran, masuk di angkatan azzawawi, awalnya iseng aja sih nemenin teman. tapi lama lama asyik juga:)

*edisi tobat gitu, pengen belajar agama lagi, di luar rutinitas kerja kantoran, jadi hari ahad saya isi ikut kajian kajian di masjid al azhar, dan alhamdulilah ketemu teman teman yang asyik dan menjadi dekat sampai sekarang, kegiatan di yisc seru seru, dan alhamdulilah asyik aja, banyak kegiatan positif dari bedah buku, kegiatan sosial, seperti buka bersama anak yatim*sukarela selalu seru ikutan jadi kakak pembina:) teman teman dekat saya,

sebagian teman saya emang belum berhijab, hanya ketika ke yisc mereka berjilbab,*ya namanya masih belajar, syukur2 kelak mereka nutup auratnya semua:)frenkarena kebanyakan anak kantoran, di luar kegiatan yisc kami ngebentuk ikatan pertemanan sendiri, sering kumpul kumpul di plaza semanggi:P *gaul afterhours lah* lokasi strategis dari mana2keren2yesfrennfrensPerasaan kok lebih banyak mainnya ya dari pada ngaji nya:P eaa..* ini masa masa saya awal kenal si babapanda juga, dan mereka suporter terhebat:) jadi benar benar ngerasa kehilangan pas  harus pindah ke turki, bakalan kangen masa masa ‘jadi anak gaul jekardah’ gaul yang cuma wisata kuliner doang sih banyaknya, sama jalan jalan:)) kalau gaul ke disko disko bukan lawannya*malu dong kan ketemu nya di masjid:D*

jadi kangen-.-‘ pas mudik yang saya kangenin salah satu nya kumpul sama mereka:))