kampanye anti rokok ke si yenge:D

Tadinya udah ngetik sesuatu, ceritanya pengen sesekali masukin tulisan yang ‘genah’ dikit, ada yang nawarin lomba lombaan gitu, penyakitnya masih sama, tulisan jadi kaku dan ga ngalir karena malah jadi fokus ke EYD nya:D*duh untung ga suruh make bahasa alayers* nyerah nyerahhhh.. masih ada waktu sampai akhir bulan, kumpulin nyawa dulu buat nyari ide:d

Kepikiran tadi, keingetan sama si yenge*yang mulai kena masa’hukuman’ disuruh berhenti merokok!

yup, si yenge emang perokok:S ini istri kakak ipar saya. Padahal riwayat di keluarga suami, baik bapak mertua dan ke3 puteranya bukan perokok, kalau nyoba nyoba sih kayaknya mereka pernah*termasuk si babapanda*pentung deh*tapi sekarang saya punya jurus*ngadu ke si mak mertua:P:P hahah itu langsung deh di telpon dan di kasih tausiyah 1 jam kali tau anaknya merokok, lalu si babapanda: haduhh kenapa kamu ngadu! abis deh di ceramahin! wew..*kayaknya gara gara si babapanda mejeng foto megang rokok di FB nya, terus ada keponakan juga yang ngadu :D:D penyidikan jadi berlangsung deh ala intel mak mertua.

Nah tau lah si yenge kesiksa nya kalau di ajak mudik ke çorum city sama si abi, udah kudu rapat rapat nyembunyikan sebungkus rokok di hadapan mertua, kalau pas dirumah, biasanya dia ambil spot di dapur, buka jendela, giliran si mak mertua datang, buru buru heboh deh dia:D

Beberapakali si abi nyuruh si yenge berhenti merokok! tapi ternyata susah ya kalau udah kecanduan berat.

Apalagi di tambah pas sebelum ramadan kemarin si yenge ngeluh ada benjolan di PD nya dan harus mamografi juga di rumah sakit di kartal, nah kan..!

eh ditambah, riwayat sakitnya nambah lagi, suka sesak nafas,terakhir ke rumahnya, d,a baru nebus obat yang ada alat bantu nafas nya segala.*2 peringatan ini belum bikin insyaf juga-.-

Untuk 1 bungkus rokok biasanya 5 lira atau lebih, 1 hari 1 bungkus, kali 1 bulan, : 140 lira aja hanya buat rokok! kurs 1 lira: 5 200 rupıah lah. itung kasar .total bisa 750 rebu 1 bulan buat biaya rokoknya si yenge.

Yah gimana si abi ga cerewet, istri ga bekerja, ngabisin duit rokok 750rebu 1 bulan, uang belanja kepotong untuk hasrat ngerokoknya istri.

Padahal belum duit jalan dan BBM mobilnya aja tau sendiri di turki, teriak lah beliau..

nyuruh si yenge buat stop ngerokok. Pernah tuh pas  di undang dinner, si yenge ngambek karena ga ada rokok, sehabis makan, minta duit ga dikasih, udah deh ‘ceramah kesehatan’ si abi, mukanya si yenge melengos BT:P

Hahah dan puncaknya tadi.*kayaknya si abi emang mulai agak keras* kagak kasih duit rokok lagi ke istrinya, si babapanda kena getah, karena emang hubungan dekat banget, si yenge pengen pinjem duit* babapanda sih udah curiga buat apaan..

si babapanda liat, kayaknya ga ada yang urgent banget mınjemın duıt ke yenge nya selaın kebutuhan ngerokoknya, di tegasın juga*dan emang aslınya juga duıt ya pas pas-an karena harus ngurus ıkamet ıstrınya*me**:)  tau deh.sakaw apa ngambek jadinya dia.

Ditambah pengaruh buruk ke 1 keponakan cowok yang paling gede, sekarang dia juga jadi perokok, karena liat contoh ibunya ngerokok di rumah, si abi jadi protek ke si montok, adiknya, jangan sampe ikut ikutan ngerokok..

Hi urusan sama perokok emang ribet, si yenge udah kayak orang putus asa gitu suruh berhenti ngerokok, dia benar benar kecanduan.

*Kayaknya sih lingkungan temen2 di apartemen lama juga emang ibu ibunya perokok, inget tamu yang hamil pas acara mauludan ke rumah si yenge, dia tetangga lamanya , beuh asli pengen jitak deh, hamil 7 bulan asyik aja ngerokok di dapur:0 sampe si teyze *tantenya si yenge* : kiz gunah gunah..ga kasian lu ama tuh kandungan*bahasa kasarnya deh..ujungnya si teyze dicuekin juga, si teyze gemes sendiri sambi ngedumel:salak.salak..*bodoh lu bodoh*

Ngeliat perempuan turki menjadi kaum perokok aktif udah ga heran sebenarnya*tapi miris juga, mereka juga banyak yang berjilbab, tapi dengan cueknya ngerokok di jalanan-.-*beuh asli saya ngeliatnya gemes gemes, yang gemes lagi, terakhir di eminonu area, lagi lagi ketemu ibu ibu, bawa baby, lagi menyusui gitu, tapi mulutnya asyik menghisap rokok.:0

*sampai sekarang si mak mertua kan ga tau kalau mantu kesayangannya perokok* bisa abis kali di ceramahin juga hahahah*bisa bisa 7 hari 7 malem deh:P *ini kayak jadi rahasia bersama *anak mantu plus cucu * biar si mak mertua ga tahu.

Tapi ketegasan udah mulai di ambil si abi, gara gara kasus bolak balik ke rumah sakit meriksa kesehatan istrinya yang perokok.

*Duit belanjanya jadi di batasin, duh jangan sampe tuh dia jual maharnya demi beli rokok:P*

Sekarang jadi harus mulai tegas ngikutin si abi, si babapanda mulai ikutan galakin duitnya ke yenge:D, keponakan juga*pernah tuh dia ngebelin rokok kasian liat ibunya, huah di ceramahin baba nya:D:D.

*mending galakin sekarang, daripada nyesel belakangan..sebelum terlambat kan!lagi merokok buat perempuan.ga ada bagus bagusnya, malah memalukan kata saya, apalagi make jilbab pula.ehmm

 

 

Advertisements

4 thoughts on “kampanye anti rokok ke si yenge:D

  1. syerem amat fotonya!
    perokok itu selain kecanduan biasanya krn banyak pikiran atau stress, coba dikilik2x jg sih yengenya knp bs stress…hrs disalurkan stress nya ke hal lain *ambil wudhu contohnya :D*
    babanya ucup jg perokok berat dulu nya, skrg better lah udh ga sebungkus sehari *yg kutau:P* secara semua uang aku yg pegang, cm pegang uang transport, ga tau jg klo dia beli pake CC, tp so far sih sumber dana alias sponsor dia ngerokok itu ya bos nya! bosnya itu jg dilarang sm istrinya, jd klo dia lg kepengen ngerokok dia ksh duit buat baba, ntar sisa rokoknya diksh ke baba *sigh!*
    beuh rokok nya baba itu per box skrg antara 8-10 lira, omygod klo sebungkus sehari, bs perang badar ntar d rmh =)

    • mungkin efek ‘masalalu’nya kali, jadi pelarıan, sblm nıkah sm sı abı dıa jg pernah nıkah, anaknya 1 dıbawa suamınya yg dulu, ya kasus lah, krn ngelıat keluarganya 2 sodara cowoknya jg ga ngerokok. tapı ıtu kasus kan udah lama, tutupbuku, nyandunya tetap jalan gıtu sampaı skrg. asli tuh 1 hr bısa 1 bungkus kadang..mulaı agak dı tegas-sın , ya kagak lucu aja ını peranya, masa suamı nganter bını ke rumah sakıt karena bengek:P perokok.

  2. Gambarnya syereeeem. Coba seperti itu ada di bungkus rokok.
    Tapi kalo otaknya sudah ketutup asap rokok, gambar seserem apapun gak dipedulikan, yg penting bisa ngerokok.
    Harga rokok di sana luar biasa mahal ya… dah mahal trus bikin susah di masa tua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s