2

mengejar omar

http://http://www.youtube.com/watch?v=xMu_654ASDk * kok ga kluar link videonya ya, ada yang baru kah*

Baiklah..

Beberapa hari ini lagi ngebut nonton omarseries, itu loh film yang mengangkat kisah umar bin khattab* kan kemarin jadi favorit pas ramadhan di tanah air .* bener ga?

Kayaknya di tv turki juga ada*lupa lupa inget pas ramadhan kemarin* tapi saya ga nonton.*udah puyeng duluan di dubbing in turkche kan-.*

jadi berburu lah di youtube, nemu yang sudah ada translate-an englishnya, walo aslinya juga masih bego make bahasa nya james bond ini, tapi masih lebih ‘akrab’ lah di banding turki*masih tahap PDKT:D

* saya ngebut 1 malem sampe episode 10* ampe jam 3 pagi gitu*gilee, untung masih kedengeran alarm rumah pas si babapanda pulang kerja*kalau dia masuk malam* habis itu lanjut tepar lagi nemenin si babapanda tidur.biasa kalau tugas malem, pagi nyampe rumah acaranya dia yang tidur* kalau di ajak jalan, biasanya gampang emosian karena kurang istirahat.

?? so apa yang menarik dari omar series ini?

Yang pasti saya jadi termehek mehek lah:))

Lagi ngasah si ‘anakpanda’ dalam perut diajak nonton serial pahlawan2 islam:) ngambil pesan pesan positifnya, sambil elus elus perut, hıhıh ngartı aja belum ya dıa.

Yang jelas film serinya emang bagus banget! gimana perjuangan masa masa dakwah rosululloh di tahun tahun pertama penyebaran islam.

Penggambaran si tokoh umar mendekati realnya* tegas, keras tapi hatinya tetap lembut* eh yang menarik sosok tokoh ali bin abi thalibnya, wajahnya benar benar hampir mirip dengan gambar gambar yang ada*biasanya kaum pemujanya seperti di turki dengan alevi* punya koleksi gambar ali bin abi thalib*ehm beneran ga ya wajah beliau emang seperti itu* nah di film ini serius ih mirip sama yang di gambar gambar itu wajahnya*pinter berarti ya pencari bakatnya-.*

Belum kelar sih nontonya:) masih edisi ngebut nonton terus.

Dan sebagai pengamat yang ga jelas:P

banyak dari budaya arab yang di tampilkan di film seri ini, ada di turki! nah jadi pengen jitak kan, kalau orang turki yang ngoceh di cap sama kayak orang arab:P

misal: kayak edisi cium tangan ala arab ke yang lebih tua gitu, sama persis kayak orang turki, pertama cium di  tangan lalu tempelin ke jidatnya.ya ya ya itu sama kayak orang arab lalu urusan  ‘teriak teriak pas nyanyi nyanyi yang main mainin lidah..* huh saya suka protes tuh pas liat orang turki nari nari terus ngeluarin bebunyian kayak suku terasing.. hii ternyata ada di arab juga.mirip persis gayanya.

hee alphabet turki kan sebelum si AT bikin negara modern ala dia*kan alphabet arab juga, *bisa di liat di makam makam orang turki sebelum tahun 1920-an.semua ber abjad arab.

jadi..

ntar saya amatin lagi…

Budaya arab dan islam ya melekat lah di turki*mau menutupin gimana caranya juga tetap ada jejaknya*

1

makam sahabat umar bin khattab di turki

makam sahabat umar bin khattab di turki

*oh ya sedikit kisah tentang makam yang jadi icon kota corum di turki*asalnya si babapanda* orang sana nyebutnya karebi ghazi*in turkche, ga tau kalau nama arabnya tokoh ini siapa, mungkin saya harus ngulik ngulik buku sejarah islam lagi:)

jadi menurut orang corum dan data dari  situs2 bersejarah di turki, beliau ini  adalah salah satu orang yang hidup di zaman rosululloh juga, lalu datang ke turki dan meninggal di turki, beliau lah yang menjadi imam sholat jenazah umar bin khattab ketika sang khalifah ini wafat terbunuh. Punya kedekatan dengan khalifah umar bin khattab.

*Makam para pejuang islam dan sahabat nabi sebenarnya banyak banget di turki* mencar di berbagai kota. paling banyak sih katanya di istanbul,* menurut info salah satu temen mahasiswa, cuma yaitu harus tahu nama mereka dulu dalam 2 bahasa: bahasa turki dan arab nya, kadang di tulis dalam bahasa arab namanya siapa, di bahasa turki kan, suka jauh banget namanya-.* sampe sekarang yang di sebut karebi ghazi aja saya belum tahu nama beliau dalam bahasa arabnya siapa. Orang corum selalu nyebut komplek makam ini: sahabe makam aja gitu.

*tradisi di corum juga* setiap mau nikah, biasanya kudu ziarah dulu loh ke makam sahabe ini, saya juga dulu gitu, mau di pajang di gedung, kudu ke lokasi makam dulu, ya doa aja gitu baca al fatihah sama surah2 pendek..*bukan ngalap berkah atau gimana loh*

dan asyiknya di turki, makam sekelas sahabat nabi aja, ga ketat, makam muhamad al fatih penakluk konstatınopel aja , kıta bısa bebas mendekat buat zıarah* bandıngın sama makam walı songo gıtu, duh aturannya ngalah2ın kelasnya sahabat nabı, dısını ga dıkultuskan kayak dı sana lah:)* ını yang bıkın saya ngerasa beda sekarang..bısa sedekat ıtu dengan orang2 besar dı masa kejayaan ıslam* ngarepnya gıtu dı makam nabı juga* weh kalau ını sıh mımpı besar dan berat:) super specıal

Jadi… ntar ya lanjut ampe kelar dulu, baru episode 15..

Advertisements
3

no msg kalau bisa?

hariini di İSMEK ada promo produk baru magg*.. 2 spg menguasai dapur İsmek dan mulai masak*nasi ayam ala turki dengan mengandalkan produk keluaran barunya*promosi lah, karena İsmek pesertanya banyakan ibu ibu rumah tangga,

Pas jam makan siang, di ruang tunggu, mereka sudah siap membagi bagikan menu lunch nasi ayam yang tentunya sudah dimasak make bulyon dan produk2 andalan mereka*salah satunya buat ayam panggang.

Emang nasinya gurih, terlalu gurih malah, tapi efek hebatnya, karena sudah lama meninggalkan bumbu penyedap rasa di dapurpanda, rasa ga enak di lidah mulai datang, gurihnya gurih MSG, bikin haus terus menerus-.*

Dulu mungkin gak akan merasakan beda nya karena terbiasa dengan penyedap rasa, apalagi di indonesia iklannya bertebaran dan saya termasuk yang sering ngerjain promonya:P:P dulu sepertinya ^bersahabat^deh.

Sekarang, dapurpanda benar benar berusaha membebaskan diri dari bahan bahan itu..

makanan,perasaan sama aja, dengan atau tanpa penyedap rasa* jangan ke makan iklan deh:)* duh apalagi kalau inget iklan iklanya suka make model anak anak pula, dan anak jadi ‘ketagihan’ masakan kalau make bumbu penyedap itu?

Sekarang siasatnya:kalau pengen make kaldu, ya saya rebus dulu ayam yang bertulang di api kecil* atau gaya si mak mertua kalau masak, semua pasti make kiyma*daging giling buat menambah rasa sedapnya*ini benar benar penyedap yang jebol kantong ya:P*

Baiklah ini kan cuman salah satu cara untuk mulai hidup sehat..terapin aja pelan pelan..

4

terawat ıtu ada harga:P

kalau liat foto foto zaman masih single, emang rada terawat ya*duh-.*

sekarang?

bedakkan aja jarang?? ga ada tunjangan make up:D*

Tiap mau jalan, cuma dikasih waktu buat make jilbab, dempul2 dikit udah ngoceh, tapi dia lebih lucu lagi, seperti biasa nenteng sisir uniknya, cukuran elektriknya,  alat buat bersihin lobang idungnya*wew ada ye, dulu ajaib lagi, ada alat kecil buat bersihin upil juga:D*tapi semenjak liat bininya ngupil langsung make telunjuk, jadi ikut2an*ih jorse:D hoekk bay bay.bay manusiawi lah buang hajat dari idung. kira kira kalau di hitung2 bisa 30 menit doang buat dia ngaca2 di depan wastafel sambil bolak balik nyisir rambutya yang seuprit, padahal gitu2 aja modelya-.* pokokya dandan pria:p

Tapi giliran bininya:*me* di crewetin lama lama..

duh ajaib kenapa coba?

Tadi jawaban jujurnya sudah ditemukan: eing ing eing..

*kamu kalau jalan ga usah dandan2 lagi kayak dulu, mending dandan dirumah aja, buat aku sendiri, ga suka ah bawa bını cantık2 bıkın cemburu dı jalan kalau ada pria yang lirik* .:D:D:D:D nyengir deh saya.

Oh pria turki.weww* apa cuma si babapanda doang yeh..

oh pantes* dari dulu pengen beli pelembab, bedak aja kagak di turutin mulu:P:P kalo kondangan doang baru boleh dı dempul*

haha andelan cuma make eyelıner doang sekarang.udah dı prıwıtın kalau lama2 ngaca.jiah …:

Begitulah dunia pernikahan:)))

 

Before marriage, kadang kalau jalan sama genk gonk tercintah afterhours karena anak kantoran jakartah semua*cie.gaya2 dikit walau cuma karokean di inul viz:P

After.marriage: nah kadang gini nih..di ajak ngedadak.ya .cuma jilbaban aja:)) dulu sering sih kenal sama nyalon2 dikit, belajar dari temen2:P*sekarang di turki salon perawatan kecantikan gitu kayaknya cuma buat yang’tebel duit’nya-.*, umumnya salon cuma urusan make up sm tatanan rambut doang.spa2 gitu.., nunggu mudik kayaknya enak di kantong* ada nih di wilayah istanbul asia, spa2 gitu, tapi liat lokasi di hotel berbintang..minder seketika:D langsung meluncur ke toko baharat aja deh…natutral2 perawatan rumahan-.- pengen gitu di pijet2 sambil di lulur kayak di salon langganan di serpong.aduh asli enak bener dah ah…yang mijetnya mbak2 jago bener.ampe serıng ke enakan tıdur.z..z.z, ıtu ga mahal pula, paketan masıh dı bawah 100rb juga dapat.* Jadi ini yang termasuk saya kangenin dari tanah air* baca komen temen2 yang tinggal di benua eropa, sambil ada yang rela belajar ilmu motong rambut, karena mahalnya harga nyalon disana.huhuhuh.Oh indonesia surga dunia buat perawatan2 kecantikan ya:)

2

mirip ga

mırıp ga sama si babapanda pria ini?

dia keukeuh bilang ga mirip sama sekali:P

padahal kalo liat foto, cuma beda di mata doang, selebihnya mirip..

keukeuh ga mau dimirip2in sama orang di foto ini, ya lumayan buat ngeledekin..

padahal ni abangnya sendiri, kakak pas nya..-.- asyik ngeledekin lagi ah* ah ajaib dah si babapanda, diledekin mirip saudara sendiri malah ga suka, masa maunya mirip brad pitt ya kejauhan lah:P

 

15

project dapurpanda* pempek darurat

Hasrat sama bayangan mpek mpek ternyata terus mengoda-.-‘ edisi ngidam yang belum kesampean, sampai terbawa mimpi..makkk! sampe niat beli ikan segar jenis levrek*lewrek*kalo si babapanda nyebutnya.,  : V pasti dibaca W. kalo di turki. Tapi ternyata ni ikan di bersihinya makan tenaga besar dan harus pisau tajam, tulangnya keras2-.* dari sini, jadi timbul rasa males buat ngeblendernya:P akhirnya malah beli ikan jenis mackarel*bener ga ya, yang udah hancur dan di kalengin sih, judulnya edisi males-.- levrek nya biat buat si babapanda makan, karena ternyata dia doyan, sampe di gerogotin tuh tulang tulangnya.

lalu.berhubung ga ada tapioka.sagu, aci ya jenis jenis itu, saya nyoba jenis buğday nisastasi, mirip mirip, kalau untuk project bakso masih sukses tapi ternyata untuk.pempek?Untuk cuko nya, make gula jawa*cuma dikit:) ini juga hadiah dari yusuf annesi waktu kopdar, liat dari googling biasanya make 2 buah gula merah besar* berhubung di negara antah berantah yang sulit nemu gula jawa*duh turkiye pokoknya:) sisanya tambahin gula biasa, untuk  asam, tapi jenis asamnya mirip thailand punya, yang lebih manis, alhasil di bantu perasan lemon 2 buah.

on progress: pempek dan cuko nya.

berhasıl kah??

Jadi ternyata:D lebıh enak kuah cuko nya dı bandıng sı pempeknya huhuhuhuhuhu

tepung nısastası kayaknya kurang cocok buat kasus bıkın empek2:S bısa jadı bubur terıgunya juga kurang banyak..saya juga sempat masukın maızena*ada resep yang make maızena juga pas  blogwalking* berhubung si nisastasinya masih lembek di adonan, jadi saya tambahin maizena, atau ngerebusnya kurang lama? jadi dalemnya belum begitu matang.huhuhuh.*untung belum di rebus semua, sisa adonan saya masukin kulkas, sisa cuko masih banyak, jadi kalau kepengen tinggal olah lagi aja.

Namanya proyek pertama:) seumur umur juga belum pernah bikin..not bad lah..*tertutupi dengan kuah cuko yang enak segar. jadi beneran kayak nyium bau pempek

dulu pernah di kasih teman asli palembang, pulang mudik bawain pempek yang beken disana, asli ueeenakk banget:S kebayang2 deh.

yah demi hasrat:D*

 

2

ngurus perpanjangan ikamet

Tepatnya di emniyet ilce* ga gede banget kantor polisinya, masih agak jadul:) yang gede emang kebanyakan di tetangga belediye*kartal

renzevu via internet tanggal 22 kemarin, belum telat ya:P kan expirednya 18 tapi masa urus2 15 hari sesudahnya.

**turki ke imigrasian di bawah polisi* jadi ngurusian izin tinggal sama yang bikin pasport 1 wadah. antri sama yang bikin pasport turki, tapi saya ketemu pejabat yang urusian ikamet di dalamnya, kemarin  pengen moto tabel harga pasport turki, wew mahal nya:P masih murahan paspor ijo kemana mana*yang tanpa urus make calo:P* pasport turki yang paling mahal kena 300 lira an, kira kira hitung kasarnya 1.6 jutaan -.* kalau make calo bisa 3 juta kali ya:P tapi sejauh ini ga ngeliat praktek percaloan sih disini, yang sliweran bebas merdeka kayak saya dulu bikin pasport di salah satu kantor imigrasi jakarta hohoho.

Data2 lengkap, termasuk foto si sponsor nya*babapanda* tinggal tunggu cek and ricek dokumen, kalau di liat umur pasport ijo yang 2016, tadinya mau ambil langsung  2tahun, eh ternyata dana tidak tersedia kata si sponsor:D* ya sudahlah 1 tahun dulu, bakalan bolak balik lagi tahun depan urusannya dia, sebenarnya ga mahal banget, 1 tahun biaya yang harus di keluarkan sekitar 85 dolar aja, tapi emang bulan ini banyak kefefet:)) cancel ambil 2tahun, sayang sih:)

pertanyaan basinya si babapanda masih berlanjut: setelah 3 tahun.., ambil WN turki ya??

duh asli paling males jawabnya:D

*tapi kemarin saya balikin gini: Kalau misal kamu tinggal di indonesia, baru 3tahunan terus aku suruh ganti WNİ gimana? padahal keluarga masih lengkap ada?

*kayaknya nangis lah.keilangan identitas tanah air ku turki*

nah loh.

coba itu.kamu mikir..

*ya udah perpanjang terus nih?

iya.sampai waktu belum bisa di tentukan, sampai keajaiban dwi kewarganegaraan buat pelaku kawin campur  bisa terwujud*

itu kapan?

tanya sama rumput yang bergoyang:P

yang penting doain aja.., tanpa disuruh juga entar saya ambil-.* tapi ga harus tertanggalkan pasport ijo nya.*masih bermimpi:) tapi pasti bisa jadi nyata.Amin

Pokoknya si babapanda masih suka rewel pengen ‘men-turki-kan istrinya*

*eniwey saya iseng foto2 poster gaya polisi istanbul:D model polisinya udah kayak poster film aja.nggaya tenan:P udah yang dipajang juga yang ganteng2 sama cakep

 

 

0

perjalanan anakpanda

 

kontrol lagi sama pak doter-.* USG lagi, emh berhubung sgk nya lagi beku , jadi bayar USG 10 lira:) poliklinik di kaynarca, ehm sepi.sepi. jajanan pingir jalanya:)..berangkat pagi, belum sempat sarapan banyak, tukang jualan cuma tukang simit*roti bulet kayak cincin* tidak ada pilihan lain dan jajanan beragam seperti abang2 jualan yang banyak mangkal dekat rumahsakit kayak di tanah air..padahal saya ngigau sarapan pagi pengen nongkrong di abang2 tukang soto ayam.slurrp:D

Oh ya, pas menuju poliklinik ini, sebenarnya naik bis ga begitu jauh dari lokasi rumahpanda, tapi rasanya udah kayak naik kapal yang kena terjangan ombak*lieurr.kata orang sunda*

Turun bis, malah hoek2 pusing, parahnya si babapanda, malah ngetawain.*terlalu!!*:P udah biasa..biasa.., malah nyeletuk usil, nah bagus lah kalau naik bis lama lama pusing, berarti hemat ga jalan jalan kita* ah pengertian emang bebek nya.* huihhh