serba manis hari raya di Turki

İni hari raya idul adha ke 2 di turki, tahun lalu di sebuah kota kecil, di kota kelahiran suami, menu yang di hidangkan ga jauh beda: serba manis, manis dan bakalan menumpuk lemak di perut. Dan ritual silaturahmi lebaran di turki seperti ini:

1. Pas datang bertamu, baru duduk gitu, umumnya si tuan rumah nyodorin model coklat seperti di gambar atau permen permen

Biasanya sebelumnya di kasih air cologne gini, buat bersihin tangan sebelum makan*inget kan orang turki agak agak doyan apa apa yang serba higienis:)) biasanya tuan rumah sebelum nawarin coklat atau permen, nuangin air cologne ini ke tamu2nya buat ngebersihin telapak tangan para tamu, baru ambil coklat atau permennya*bahkan di beberapa restoran pun mereka suka  nuangin air cologne ke tangan tamu2nya, nawarin.

Dan lalu:

panganan manis ala turki ini selalu nongol di hari raya, dan umum di hidangkan , tiap tamu minimal di kasih 4 potong baklava* di kasih piring masing masing, oh dalam 1 piring bukan cuma baklava tapı ada :

pendamping si baklava: bisa paşta*kue tart* atau yaprak sarmasi* daun anggur yang di gulung dan di isi nasi..taburan minyak zaitun.

EHmm keliatan enak kan:)) nah berhubung hari raya kurban, menu daging pas bertamu pun di keluarkan, ga mesti dalam menu hidangan makanan utama, tapi di ruang tamu..makan bareng juga ngemil dagingnya

Jenisnya bisa et sote: daging di tumis sama sayur: biasanya cuma bombay, tomat sama cabe yang ga pedas khas turki, atau daging yang cuma di bumbu merica dan garam aja:D

*ga bau amis kok:)) ga tahu ya, selama di turki makan yang berbau daging di sini, bau amisnya ga begitu kerasa, bau daging kambingnya juga, letak bedanya di mana ya: apa karena beda musim: negara 4 musim dengan hewan ternak di daerah tropis??**tolong kasih tahu saya:D

Pendamping lainnya: ya apalagi kalau bukan çay: blacktea yang biasa di minum orang turki.

Sekarang bayangin: kalau 1 hari silaturahmi ke beberapa rumah dan menghidangkan menu yang sama dan  kita ga bisa nolak gitu aja, minimal di icip icip..semua..

jrenk!! mungkin ini salah satu jawaban kenapa body orang turki*biasanya perempuannya: gede gede:))) serba manisss dan maaaniss juga lemakkk dan lemaaaakkk:D

**sumberfoto: kakek google dan doc pribadi

Advertisements

5 thoughts on “serba manis hari raya di Turki

  1. WAw,, budaya yang menarik,, ooo jadi di turki kalo idul adha kumpul2 keluarga , silaturahmi ke kerabat dekat dan heboh sama makanan2…laaH beda banget sama indonesia,, idul adha, SEpiii ,,, paling cuma heboh nyate nyate nya aja,, apa Kalo apa idul adha diturki itu lebih hebooh dari pada idul fitrinya??

  2. yang bikin menarik dari si halwa adalah penampilannya yang atraktif, ya. Penuh warna-warni dan hiasan, ibaratnya rainbow cup cake yang sekarang sedang ngetrend di kampung halaman. Tapi…manisnya itu manis thok. Tanpa ada gurih sedikit pun, jadi makan satu potong saja sudah berasa ‘kenyang’. Tapi, kalau mau makan tangannya dicuci sama cologne apa gak campur bau minyak wangi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s