operasi kuruş

Manusia memang tidak akan pernah puas?

Sepertinya saya meng-amini- kata kata itu, Sekali dua kali keinginan tercapai..lalu timbul keinginan lagi: Mencoba untuk bisa terus bersyukur itu juga bukan hal yang mudah, tapi harus belajar terus biar bisa, antara ucapan dan hati sepakat.

Ada aja sekelebatan pikiran yang terlalu menjurus ke duniawi.., ga munafik juga:  keinginan bersifat materialistis suka timbul. Tapi harus tahu diri dengan kondisi ekonomi, ngeliat teman yang  bisa ‘ngomong enteng’ tiap tahun bisa kok mudik PP ke tanah air:  Dan kata ‘seandai’nya juga muncul  di benak saya. Seperti seandainya punya rumah sendiri, seandainya di beliin kapal pesiar**??? :)r*waduhh ketinggian ya mau nya:D** atau seandainya yang lainnya lagi. Dalam diam, pikiran pikiran seperti itu suka muncul seketika.

Ehm mungkin ini cuma cara saya aja: ketika jalan jalan keluar masuk toko, melihat barang barang yang ‘wah’ atau masuk area Mall juga. Ngeliat sesuatu yang belum kesampaian:make jurus operasi kuruş, apa itu? lanjut baca yah:)

Berjalan…sambil mencari cari sesuatu di pinggir jalan:

Masih melihat seorang tua yang susah payah mendorong gerobak jualannya* di turki juga ada*

Masih melihat orang yang ‘disibukkan’ mengais sampah juga,

Seorang nenek tua yang mengharapkan iba di pinggir jalan.

Seorang anak yang sibuk ikut mengais rezeki di paazar.

Lalu? untuk di posisi melihat kondisi seperti mereka, saya berkaca sama diri sendiri, bahwa nasip saya masih lebih baik. Kalau melihatnya sama yang lewat naik ferrari sih ya hawa nya beda:))

***Cara ke 2 saya  ‘menyingkirkan’ pikiran pikiran seperti itu dan terus belajar bersyukur: adalah: berusaha rutinkan sedekah.

*di rumahpanda, ada wadah ‘amal jariyah* hehe kayak di mesjid aja

wadah itu: sebuah mangkuk kecil: biasanya buat keluargapanda ngumpulin koin koin surga*nyebutnya gitu:)) ternyata kian hari kian banyak. Kalau ada sisa belanja, kami ga pernah simpan di dompet atau tas langsung ke wadah itu

Setiap jalan berdua sama suami: pasti langsung ‘merauk’ isi wadah, masukan kantong atau tas, lalu ‘berburu’ pengemis di jalan:) pokoknya isi wadah harus kosong.*ajaibnya kok banyak terus-.*

Pernah si babapanda, karena nyari koin 1 lira susah, dia asal ambil aja dari wadah buat beli ekmek: heheh saya bilang: itu buat fakir miskin, itu kumpulan koin surga buat nyicil istana di surga*wedewww bahasanya:D’ lain kali jangan di ambil, kalau udah masuk wadah bukan hak kita lagi, hak orang.

Tamam, jawab nya, khilaf dikit..

setelah itu ga berani nyentuh lagi:)) tapi saling ngingetin kalau mau jalan: bawa kumpulan koin ga.

Si babapanda paling suka ngasih ke anak kecil yang  duduk di depan mal sini, atau di daerah pusat perbelanjaan, biasanya mereka menawarkan jasa timbangan atau jual tisu, ga menadahkan tangan langsung. Sambil kasih kumpulan koin, sambil kasih pesan sponsor: ni koinnya buat beli peralatan sekolah ya atau beli buku buat belajar *in turkish tentunya dia kasih petuah*

Jadi sekarang menjadi kebiasaan dia, setiap dari market atau beli sesuatu: bersihin kantong atau dompetnya dari koin2 kecil itu* kalau 1lira sih jarang2 karena buat ongkos atau beli ekmek: 5-25 krs* koin2 kecilnya.

Mungkin jumlahnya kecil..kalau banyak..ya lumayan..*awalnya sih emang karena suka males nemu koin2 kecil ini di sisa uang belanja, Tapi buat yang membutuhkan ya pastinya berharga juga…jadi selalu bikin ‘operasi koin’ berdua.

Kadang pas nemu kotak amal di sebuah toko*biasanya dekat kasir*  sibuk sendiri berdua…lha masukinnya  ‘printilan koin kuruş*pecahan terkecil dalam mata uang turkish lira: kuruş..bukan montok:D

Pokoknya kalau selesai ‘operasi kuruş‘ suka enteng aja gitu pikiran, dan keinginan keinginan yang berbau duniawi: selalu tergantikan muncul dalam sebuah energi positif, dan muncul gitu di benak: entar kalau ada rezekinya juga bisa ke beli..atau bisa mudik tiap tahun..:)

Emang ga pernah puas kan manusia:) adaaa aja mau nya yang belum keturutan…..walo kuruş..terus nambah jumlahnya..siapa tahu …hal yang awalnya terlihat mustahil suatu saat tercapai* maksudnya kapal pesiar??? wah ini kayaknya masih ngigau sih:D..Membeli impian dengan sedekah..ehmm katanya si motivator di sebuah buku gitu.

 

**pesanpanda**tulisan hanya sekadar share dan hanya ber nawaitu share bukan riya irawan

Advertisements

3 thoughts on “operasi kuruş

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s