ngamatin orang kurdi

Saya pernah nulis: di Turki: ada beberapa suku, selain suku Turk, dan kurdi dan lainnya. Jujur saya masih sulit membedakan: orang turki, kurdi, laz dsb di Turki, sama  lah kayak di indonesia: orang sunda, jawa apa indonesia timur, kadang susah ngebedain, kecuali kalau dengar dialek bahasanya kali ya.

Di Turki juga sama.

Kalau kata si babapanda* kalo orang laz banyakan di area karadeniz dengan hidung bangir bangir*mancungnya ngalahin orang turki lain* hıhı coba tanya sama orang ordu:)) gara gara itu, saya jadi sering merhatiin keluarga yenge saya di samandira. istanbul: hasilnya: iya tuh hidungnya mancung dan bangir semua..kalah orang corum:D

Oh itu fisik ya: trus saya saya bingung juga dan penasaran adalah: orang kurdi.

Karena di kampung mertua ada gelin dari daerah kurdi..saya perhatikanlah wajahnya*ehmm mirip mirip ke arab ya** eh ternyata 2 yenge nya si babapanda juga orang kurdi

ini salah satu yenge di corum, yang kata si babapanda beliau yenge  dari suku kurdi..nah tetep kan saya ga bısa bedaın:S. Beliau kulitnya bule banget aslinya..putih, matanya kehijauan. Nah ..ga kayak arab dong:)) tapi si yenge 1 nya: alisnya tebal banget..dan mirip mirip sama ibu ibu arab..kulit lebih coklat juga..

Baiklah secara fisik saya masih tetap belum bisa bedain: tapi kalau orang asli turki nya mereka bisa ‘ngenalin’ ni orang mana, suku apa..dari dialek kali ya…,

*yah kenapa cerita2 tentang kurdi: karena saya suka penasaran aja: apalagi di turki kan isu seksi tentang  pemberontak2 kurdi..di perbatasan..jadi penasaran sama orang kurdi, eh ternyata saudara dekat suami ada..*jadi objek pengamatan lagi**

 

Advertisements

8 thoughts on “ngamatin orang kurdi

    • hah jauh bgt jerman*-* suku kurdı kan hıdupnya dı asıa tengah dan arab: antara turkı.syırıa-ırak ırak..nah mereka nyaplok daerah2 ıtu tapı ga pny negara sendırı. pengen bıkın negara dı selatan turkı yg artınya ngambıl wılayah turkı.makanya dı anggep terorıs ıtu.ah mukanya lebıh ke arab2..salahsatu pahlwan ıslam shalahudın al ayyubı kan org kurdı

      • benullllllllllllllll bu panda….btw mantanku sblm baba org kurdi, Alhamdulillah ga jd, secara dia ngomongin PKK muluuuuuuuuuu, duh ga kebayang klo jd sm tuh orang, mana bs eike sibuk nyari mie rebus d REAL :p

        aku udah lumayan bs ngenalin muka kurdi ma…dari bahasanya beda bgt, dialeknya jg, soalnya dulu tetangga lama ku rata2x kurdi….tp tetanggaku baek dan sholeh sih İnsha Allah.
        lah kok jd curcol :p

      • bedaınnya gmn-.- lebıh ke arab kah..apa dıalek ya..*huahh kebayang dah..kl ngomongın pkk ıtu mulu: bısa2 rumah dı ıntaı jandarma terus..weww. lg ngebedaın sı yenge 2 aja dı corum..kl muka sama aja kadang:D kl ngomong krn blm ngartı turkı..ya dengernya sm aja

    • urdu bıasanya pakıstan. kl ordu ıtu nama daerah dıturkı.daerah blacksea. .hıdungnya pun lebıh mancung dan bangır…putıh kulıtnya..mırıp2 ke bule kebanyakan. kalo suku kurdı kebanyakan hıdup deket2 perbatasan arab.secara wajah serupa tak sama. kalo suku turkı ga tau deh dımana:D ..kayakn mukanya sı babapanda.famılynya kebanyakan aslı turk kecualı tantenya 2 yg kurdı. sekılas ya sama aja sıh semua:)) kl menurut saya

      • Turki yg ‘asli’ itu bukannya dr bangsa Mongol ya sipit2x gtu? setauku…..klo blacksea yg area Trabzon ke sana jg beda lg, matanya warna warni haahahha alias biru, abu2x…model Europe. Klo Kurdi ya kebanyakan kaya Arab….dkt Iran, Irak kan.

      • hahha jadı ınget pernah bahasa gınıan sm sı emus..lha kan mongol trus pesek2..ıtu kenapa lu bısa mancung* jawabnya..ya krn udara dıngın suka narık2 ıdung..jadı deh or turkı mancung—gubrakkkk..teorı ajaıb:D kalo gıtu kıta yg lama dı turkı bısa ıkutan mancung dong lama2 hahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s