5

serba manis hari raya di Turki

İni hari raya idul adha ke 2 di turki, tahun lalu di sebuah kota kecil, di kota kelahiran suami, menu yang di hidangkan ga jauh beda: serba manis, manis dan bakalan menumpuk lemak di perut. Dan ritual silaturahmi lebaran di turki seperti ini:

1. Pas datang bertamu, baru duduk gitu, umumnya si tuan rumah nyodorin model coklat seperti di gambar atau permen permen

Biasanya sebelumnya di kasih air cologne gini, buat bersihin tangan sebelum makan*inget kan orang turki agak agak doyan apa apa yang serba higienis:)) biasanya tuan rumah sebelum nawarin coklat atau permen, nuangin air cologne ini ke tamu2nya buat ngebersihin telapak tangan para tamu, baru ambil coklat atau permennya*bahkan di beberapa restoran pun mereka suka  nuangin air cologne ke tangan tamu2nya, nawarin.

Dan lalu:

panganan manis ala turki ini selalu nongol di hari raya, dan umum di hidangkan , tiap tamu minimal di kasih 4 potong baklava* di kasih piring masing masing, oh dalam 1 piring bukan cuma baklava tapı ada :

pendamping si baklava: bisa paşta*kue tart* atau yaprak sarmasi* daun anggur yang di gulung dan di isi nasi..taburan minyak zaitun.

EHmm keliatan enak kan:)) nah berhubung hari raya kurban, menu daging pas bertamu pun di keluarkan, ga mesti dalam menu hidangan makanan utama, tapi di ruang tamu..makan bareng juga ngemil dagingnya

Jenisnya bisa et sote: daging di tumis sama sayur: biasanya cuma bombay, tomat sama cabe yang ga pedas khas turki, atau daging yang cuma di bumbu merica dan garam aja:D

*ga bau amis kok:)) ga tahu ya, selama di turki makan yang berbau daging di sini, bau amisnya ga begitu kerasa, bau daging kambingnya juga, letak bedanya di mana ya: apa karena beda musim: negara 4 musim dengan hewan ternak di daerah tropis??**tolong kasih tahu saya:D

Pendamping lainnya: ya apalagi kalau bukan çay: blacktea yang biasa di minum orang turki.

Sekarang bayangin: kalau 1 hari silaturahmi ke beberapa rumah dan menghidangkan menu yang sama dan  kita ga bisa nolak gitu aja, minimal di icip icip..semua..

jrenk!! mungkin ini salah satu jawaban kenapa body orang turki*biasanya perempuannya: gede gede:))) serba manisss dan maaaniss juga lemakkk dan lemaaaakkk:D

**sumberfoto: kakek google dan doc pribadi

4

jadi harus berterimakasih sama kakak ipar?

foto jadul yg terkenal dı keluarga suamı:) emak mertua dan ke 4 anaknya*suamı saya kagak ada..krn emang blm dılahırın:P

Kemarin nginep di rumah kakak ipar 1 hari: sarapan pagi, sambil dengerin ceramah abangnya suami:D

*Alhamdulilah:)) Kakak ipar dan istrinya: ngajak ngobrol suami:

Tentang: rencana punya anak.

Suami masih terus saja berkelit tentang ‘seribu alasan yang dia cari cari, karena secara mental merasa belum siap aja jadi orangtua-.-‘

Lalu mulailah si Abi*panggilan buat kakak laki laki* ngomongin adiknya ini, yang bikin gemes:)

Transletan bebasnya kira kira seperti ini:

Umur kamu tahun depan udah 30th, terus mau nunggu sampai kapan, banyak orang pengen punya anak, kok pikiran kamu masih aja kayak hidup bujangan….

Anak itu rezeki: liat abi,  awal datang ke istanbul, kerja apa aja, engga kayak kamu sekarang, jauh lebih enak.

Apa yang di takutin?

Takut ga bisa biayain anak? Kamu tahu abi kerja apa dari dulu, ufuk. yunus bisa sekolah, yunus bisa kuliah tanpa biaya, rezeki itu selalu ada.

Terus nanti kamu kepikiran ga, kalau tua , siapa yang ngurus?

kamu ga selamanya hidup bareng anne, baba, atau saudara saudara, kamu punya keluarga sendiri sekarang.

Tujuan pernikahan, salah satunya berketurunan…**jiahh demen deh udah si abi ceramahin adiknya:))

*Agak mulai lunak hatinya sekarang:D**Udah  luluh, mau kontrol ke dokter..ehmm.

Jadi agak merasa ‘beruntung’ dekat sama kakak ipar yang pengertian itu, kalau ngajak ngomong suami suka kepentok sama ego-nya, kalau yang ngomong abangnya, dia mau mikirin..:)

Mungkin juga karena si babapanda sangat ngehormatin abangnya ini, dia sayang banget, kalau ngomong atau di ledekin  keponakannya: abang saya cuma 1: birtanem.., *yang 1nya kagak di anggap sama dia:D**kurang dekat:)) lalu abangnya godain balik: loh kakak kamu  si erdal ga di anggep: *ini kakak pas nya* ..engga: abi saya cuma 1: huahahaha..*untung emaknya ga denger..bisa ngoceh salah satu anaknya ga di anggep 😀

**ya tahu lah gimana respeknya sama si abi:) kalau tanpa ‘restu’nya si abang ini, jalan kepernikahan dulu agak susah juga:)) karena di back up sama abi nya, yang lain termasuk emaknya nurut:)))

6

akhirnya keluargapanda memutuskan: ga mudik:s

Awalnya si babapanda nyuruh saya mudik sendiri, 1 bulan aja*kok berasa kurang ya segitu* tapi lalu kepikiran, dia pengen menuhin janji ke bapak mertuanya*dulu pas awal nikah dia ngomong: nanti bapak main ke turki ya’ nah mau beli tiket antara bimbang dan dilema, istri mudik atau mertuanya yang ke turki, mau nya istrinya mudik terus pulangnya ngajak si bapak ke sini, yang artinya bakalan dobel tiket.

Akhirnya mikir buat hemat budget: mending si bapak yang ke turki, tapi si bapak awalnya bilang: mending kamu pulang, keluarga banyak yang nanyain buat cerita cerita?yahh kalau buat di ‘tanggep’ doang, *apalagi tipikal saya malesan ngobrol ngulang2 terus ceritanya:S mending bapak yang ke turki dan liat kondisi sebenarnya anak mantu, kalau saya pulang lalu cerita2 sama keluarga, kan ga ada buktinya, ga ada saksinya. Kalau bapak saya kan ‘hobby’ ngobrol:D

Lalu si bapak bilang: ga mau sendirian**tuhhh kan benerrr**mana bisa dia sendirian jauh jauh dari yang ‘suka ngurus2’nya alias si emak. kalau gitu 1 tıketnya ntar dı usahaın aja darı ındo..nahh…

Tinggal sekarang mıkırnya: tıket murah  dan gımana  ‘mandu’ mereka ke turkı:S

*Mikir saya sama suami: kapan lagı bısa nyenengın  ortu,  kalau kıta masıh muda, jıka panjang umur ınshaalloh beberapa tahun ke depan bısa mudık berdua*sembarı sı babapanda ngumpulın jatah cutı yang banyakan sambıl ngarep kenaıkan gajınya :P:P’

Kala ortu beberapa tahun ke depan ..semoga terus panjang umur, tubuh mereka menua..malah bakalan jauh lebıh susah nantınya kalau pergı perjalanan jauh.

jadi saya pengen ngalah dulu, kami pengen nyenengin ortu..huuu gımana ya..

*jadı sekarang fokus: carı tıket dan tımıng yang okeh

0

cevıslısucuk*rahasıa awet muda:katanyaaaa:d

 

Kemarin calon mantunya kakak ipar datang ke istanbul, bawa oleh oleh dari rize city, kota tempatnya tinggal, daerah blacksea di turki.

Di bawain jenis cemilan: cevislısucluk* ehm bentuknya emang aneh, tadinya saya kira dodol:D

isinya hazelnut* rasanya si kulit coklat nya itu asem manis plus sedikit kenyal.

katanya cemilan ini lumayan menyehatkan: terutama untuk perempuan karena mengandung anti aging:

Sebenarnya, apa itu anti aging? Sesuai asal katanya, anti berarti menahan atau melawan, sementara aging berarti umur/penuaan maka bila diartikan secara harfiahnya anti agingadalah menahan atau melawan terjadinya penuaan sumber dıhttp://www.sarakimbeauty.com/2011/06/25/artikel-anti-aging-1-sehat-dan-bugar-dengan-terapi-anti-aging/

 

ada juga yang berbentuk selai*saya kurang tahu bahan2nya apa* lain kali saya tanya si mak mertua ah, beliau suka bikin juga di rumah, rasanya asem asem, sekilas mirip coklat cair.

Nah berhubung katanya ‘salah satu rahasia awet muda’ makanan orang blacksea ini: jadi hayoo habiskan:D jangan liat bentuknya..tapi khasiatnya, di tambah isi nya kan hazelnut juga..ehmm