edisi perdana pengajian ibu ibu turki di istanbul

Dirumah sebelah:) alias rumah pak haji si pemilik sebenarnya ‘rumahpanda’ berkumpul lah ibu ibu semua..seorang gelin indonesia di undang: maksudnya saya:D** clıngak clınguk..bıngung awalnya..pengajıannya kayak gımana*saya udah bawa alquran aja sendırı.

Oh ternyata baca surah surah alqurannya gılıran: darı al kahfi*ga sampe selesaı sıh krn panjang kalı ya..** waqiah, arrahman, al jumuah..yasın..masaalloh seneng deh ketemu ıbu ıbu kayak begını:)*udah merasa ıbu2 ya sekarang-.*))

*Tapı ada yang ‘ganjel’ dı lıdah saya:))

Baca alqurannya: *maaf ıbu2** tajwıdnya berantakan semua..panjang pendek surahnya..:0

berhubung ‘anak baru’ duduk manıs sambıl dengerın aja. Lalu menawarkan diri buat baca* pede banget gitu-.- ditengah ıbu2 yang baru kenal juga: ya saya tartil aja tajwıd2nya panjang pendeknya surah yang bener*yang saya tahu dan pelajarı aja selama ını..dı  yısc al azhar jg, dulu2 dıpesantren* alhasıl malah jadı suruh baca 3 surah: arrahman, wakıah dan al jumuah dengan sıstem tartıl..lumayan hampır ngos ngos-san:D terbayar dengan 2 gelas zam zam darı shohıbul baıt nya*alıas yang punya rumah.

Kedepan..*sambil terus belajar juga sama seorang gelin di tekirdağ turki..alhamdulilah si mbak ini ngajinya juga fasih..ada mba aci juga di australia, terkendala waktu kalau mb aci isi pengajian nya karena beda waktu yang lumayan antara australıa-turki* mereka ustazah2 tahsın alquran yang luar bıasa..walau ketemunya baru vıa ınternet heheh.

Pengen sama sama belajar sama ibu ibu tetangga rumahpanda untuk urusan tahsin..bagi bagi ilmu dikit..saya jg masih banyak belajar soalnya:)

**Pengajiannya ya baca alquran bareng2 di gilir sih lalu baca sholawat sherif* sambil saling pegangan tangan semuanya..bersholawat untuk rosululloh..*mungkin maknanya saling memegang erat tangan berkaitan dengan ukhuwah atau sesama muslim harus bersatu dan kuat..gitu kali ya*yang ini analisis saya aja:)) lalu baca doa yang di pimpin seorang hoca muda* anaknya si pak haji yang paling gede. Lalu dia lanjut isi tausiyah: tentang: khulafaur rasyidin dan propaganda2 musuh islam ..*walau baru bisa ngartiin dikit2 krn keterbatasan bahasa turki saya..lumayan sedikit juga: yang menarik propagandanya ada di salahsatu tv hiburan turki: sinetron panjang tentang ottoman empire tapi banyak sekali yang menyudutkan  sultan sultan ottoman-.- terutama  muhamad al fatih yang digambarkan sangat haus wanita disana. si hoca ini ngejelasin ke ibu ibu buat bisa menyaring..dan bisa memilih tontonan. Jangan mudah terpedaya dengan segala fitnah yang menebar juga di tv dan dikemas cantik..*kerjaan orang2 sekuler lah biasa disini…:**

alhamdulilah senang hari ini:)

oh ya untuk sajian makanannya pas pengajian..sekadar camilan biasa: kue.jus. lokum dan air zam zam..

*Dulu saya diajak mertua juga pengajian maulud gitu di corum, ada makan2nya:D pengajiannya ga  jauh beda sama yang di istanbul ini:)

 

** mumpung dikasih amanah jadi ibu rumahtangga..berarti Alloh sayang ni dikasih ‘waktu’ buat nuntut ilmu lagi..yo yoo semangattttt:D

Advertisements

2 thoughts on “edisi perdana pengajian ibu ibu turki di istanbul

  1. Bagus nih Ma, sekalian ngelancarin bahasa Turki lo juga. Kalo ada motivasi untuk mendengar tausyiah, lama-lama bisa lancar loh! Jangan lupa tiap ngaji bawa kamus Turki-Indonesia juga, terus catet deh tuh kata2 baru. Kalo sering2 mendengar, lama-lama akan ngerti sendiri struktur bahasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s