oretan tentang Turki

gbr from google

hampir 1 tahun tinggal di negara Turki hmm mulai merasakan apa itu yang namanya perbedaan budaya yang kerasa..

kalau dari urusan kuliner pasti. Tapi lama kelamaan karena lidah saya mulai bisa di ajak kompromi..sedikit demi sedikit bisa menyesuaikan: terutama urusan sarapan*sekarang masih selang seling..kalau pas ada nasi, saya makan dengan nasi, kalau lagi malas masak:ngikutin sarapan ala suami, kalau di pikir pikir menu sarapannya jauh lebih sehat dibanding gaya sarapan saya  pas jaman di jakarta: mie ayam . bubur ayam..kadang soto berkuah santan..plus gorengan pagi pagi..heheh itu sarapan ya-.– beraaaaddd.

Kadang segelas teh dan poğaca*roti campuran yoghurt* enak juga buat memulai hari:) diselang seling sambil makan buah zeytin*akhirnya bisa juga menikmati rasa buah anehnya:D abaikan rasanya..selalu inget tentang khasiat khasiatnya:)
ini soal makanan* kalau di pikir pikir gaya masak orang sini dengan minimalis bumbu..lumayan agak sehat* selain berbagai jenis salad nya khas mediteranian juga,  karena: mereka masak jarang make penyedap alias MSG:) *jangan percaya iklan yang itu deh-.*

MSG itu tdk membuat masakan mjd lbh enak tp hy membuat kerja syaraf otak bagian perasa merasakan enak….enak atau tidak masakan bergrg pd bumbu yg pas dan seimbang bkn pd penyedap, contohnya masakan padang asli, mrk gak pernah pake penyedap …))))kutipan koment temen saya:)

jadi saya pun untuk urusan gaya masak seperti ini, jadi cenderung mulai mengikuti kebiasaan dimana saya tinggal sekarang, hitung hitung investasi kesehatan:) good bye MSG..*sekarang elu sama gue END** ngikut gaya abg:D

Baiklah itu dari sisi makanan:

lalu sisi bermasyarakatnya:? sebagaimana yang sering saya tulis di blog: turki itu unik, turki itu negara yang galau:D

Galau kenapa?

mau ngikut gaya timurtengah mereka ga merasa ber gen arab katanya, mau ngikut eropa*orang eropa bilang kulitnya beda*emang tes kulit juga ya:D* mau ikut asia tengah: lha idung mereka lebik mirip ke eropa sm arab..jadi galau: makanya lebih suka cukup disebut bangsa turk aja: bangsa 2 benua:D karena  bisa menemukan muka yang kok mirip arab banget..mukanya kok mirip orang asia tengah..mukanya kok bule banget..semua ada.* ada teman yang pernah ngajak ngobrol:mungkin karena dia hanya ketemu muka turki yang dia kenal kebetulan lebih muka arab..jadi tahunya ya mentok ke si arab aja: lalu jelasin dikit dikit: kalau mau liat bentuk orang turki lainnya..datang lah ke negaranya dan lihat:) ga semua wajah mereka seperti gambaran si temen ini…karena: suami saya pun punya teyze*tante* mungkin gen nya lebih ke balkan atau skandinavia: walo berjilbab ga bisa menutupi wajah unik bulenya: dengan mata biru yang cantik dan rambut pirang yg tertutupi hijabnya kontras dengan suaminya yang wajah turk asli:D

oh itu dari penampilan fisik:) kalau kehidupan bermasyarakatnya???

🙂 lumayan hangat sebenarnya, mereka sangat memuliakan tamu, ada beberapa kultur kehidupan islam yang masih terjaga dengan baik: semisal: perempuan dan laki2 dilarang berduaa kalo bukan mahraam*walo kenyataan byk jg yg langgar:))* urusan  bertamu atau kumpul bersama: selalu terpisah antara kaum pria dan wanita, bahkan untuk acara resepsi undangannya pun masih ada yang memisahkannya, kalau terpaksa 1 gedung: duduknya ya misah..kaum bapak dan ibu, kecuali anak2 bebas dimana aja*dengan catatan: ini yang masih kuat megang kulturnya ya: kalau udah tercampur sekuler..semua ditanggalkan: bahkan busana khas kına gecesi atau malam midodareni kalau di jawa* aslinya kan busana muslimah khas ottoman..tapi seiring jaman banyak yang memodifikasi menjadi busana modern yang lehernya terbuka..seksi sebagimana baju yg cuma kembenan aja-.- miris..tapi itu yang saya bingung kemajuan apa kemunduran jaman ya.

Banyak sebenarnya warisan islam yang masih kuat melekat di masyarakat turki umumnya, tapi ya itu lah: sekulerisme yang menggerogoti mereka..hingga membuat mereka sebenarnya semakin menjadi bangsa yang kehilangan identitasnya.Dİ bilang muslim, yang kenal sholat sama alquran sebatas seremonial biasa, karena sistem yang membuat mereka semakin terpuruk atau menjadi bangsa kelas 2 di eropa. EHmm jadi ga heran, kalau banyak baca hasil share teman teman, bagaimana kehidupan imigran2 turki yang terdiaspora..:ada yang negatif , yg positif atau sukses jg banyak.
Kalau melihat visi misi pemimpinya sekarang, erdoğan* ini lepas dari urusan politiknya beliau ya** beliau seperti terus membangkitkan ‘harga diri’ sebagai bangsa turki dimata dunia, seperti macan tidur selama 88th sekulerisme menjerat tanah airnya..

menindas agama tapi masih mencari jalan spiritualitas. Artinya menjadi sekuler atau liberal bukan pilihan cerdas tapi membingungkan diri sendiri dan orang lain:

Kutipan yang saya suka dari sebuah ulasan di web nya İNSİST:) itu kok saya merasa kayak menonjok bangsanya suami saya:D makanya saya sebut bangsa yang galau kan.

Dan sekarang berbagai perubahan ke arah positif banyak dilakukan, sebagai pendatang saja di turki, jelas saya benar benar merasakan banyaknya perubahan yang terasa, misal di tahun 2011: ketika saya urus izin tinggal: harga ikamet or resident permit turki aja udah terus di turunkan harganya, semua WNA di cover juga dengan asuransi pemerintahnya, asal pajaknya di bayar* dapat fasılıtas kesehatan gratıs atau setengah harga jıka dı rumah sakit swasta*dengan catatan terdaftar dı asuransı pemerıntahnya*yang artınya ıtu tanggung jawab sı sponsor daftarın atau engga:D

Untuk urusan krisis global, sebagaimana berita di berbagai media: disini mulai lebih stabil di banding  negara tetangganya kayak yunani atau spanyol dkk, proteksinya begitu kerasa. Sampau urusan bangkrut jaringan waralaba asal france aja mungkin di anggap biasa aja*engga buat saya:D ya makanan asian nemunya disana:P** tuan rumah jadi raja di urusan ekonomi negaranya.

Untuk urusan pendidikan: untuk kurikulum saya belum begitu paham-.- tapi untuk urusan administrasi: sekolah gratis sampe SMA di sekolah pemerintah masih berlaku, dan biaya daftar ulang di kampus pemerintah mulai di kurangi*belum gratıs..tapi lumayan membantu*ini karena si kepalasuku alias suami kemarin urus2 jadi tahu:D..kurıkulum masıh terus dı rubah2 kayaknya..mulaı masuknya pılıhan tentang belajar agama ıslam dı sekolah2..langkah langkah kecıl tapı dı syukurı aja*yang masıh kendala hanya jılbab dı sekolah umum*kecualı ımam hatıp*sekolah berbasıs agama yg resmı* karena kasus salah satu teman ındo, anaknya dı tolak masuk sekolah karena berjılbab-.- lalu mereka ngadu ke menterı pendıddıkannya langsung..dan syukur dapat respon*ini juga sepertinya dengan catatan: menterınya orang separtaı dengan erdoğan:D*yg mengusung islam. alhamdulilah aja gitu, karena sebelum itu surat protes nyampe ke menterinya, mereka malah di ceramahi dengan sedikit omelan sama stafnya*jadi saya curiga stafnya orang sekuler** haha tetep ya di turki terkotak kotak gini:)

Negara ini terus melangkah..setapak demi setapak mereka seperti ingin meraih kembali kejayaan masalalunya di tangan sang penakluk konstatinopel: Fatih mehmet han atau muhamad al fatih yang mansyur…, bagaimana sikap tegas sebagai pemimpin negara mayoritas muslim, mereka mulai bersuara! mulai membela kehormatan agama yang terus di pojokkan di panggung dunia, 1.6 milyar tapi tak berkutik ketika berbagai isu keji menghantam..tidak banyak  adu argumentasi atau ratusan pidato, aksi nyata yang jelas kentara..*dan inipun masih banyak yang menaruh kecurigaan** ehm masalah dalam negeri belum tuntas* hasil kerjaan usil para pemimpin sekuler terdahulunya yang menyalakan dendam kesumat salah satu suku bangsa turki:kurdi. Dan menjadi PR pemimpn pemimpin barunya untuk merangkul….dan isu didalam negeri selalu menjadi ‘kartu’ buat bangsa2 yang tidak menyukai negara ini kembali bangkit seperti leluhurnya…tidak ada bangsa yang sempurna di dunia ini..right? begitu juga turki. Tapi saya yakin kedepan akan terus banyak sinar perubahan di tanah baru ini, tanah yang harus saya sebut rumah kedua bagi saya..karena ikatan pernikahan.**selalu mencintai indonesia tanah air ku dan tanah kelahiranku..dan cinta tersendirinya untuk rumah keduaku** ikatan iman dan islam yang membuat saya mencintai ke 2 bangsa besar ini.:) semoga kelak dari ke 2 bangsa ini..lahir kembali pemimpin pemimpin islam yang besar.

Semoga bisa! dan dalam politiknya*untuk Turki!! semoga pemimpinnya tidak jatuh kembali ke tangan orang sekuler:( yang ada hanya  ketidakjelasan..dan masa yang suram buat ummat islam.

catatan kecil tentang negara suami:)

salampanda:)

Advertisements

7 thoughts on “oretan tentang Turki

  1. Tulisan yang bagus mba, tapi itu dari pandangan orang indo. Coba mba tulis pandangan orang turki terhadap negara kita ? Ntah itu pandangan terhadap orang indonesia atau pandangan terhadap negaranya. Share dari pengalaman mba aja yg sering ngobrol sama orang lokalnya. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s